-->

5 Ide Bisnis Dari Hobi Naik Gunung

 Naik gunung bisa dapat uang? Ini dia 5 cara mendapatkan uang dari hobi mendaki gunung.


Penambang belerang Ijen

Mendaki gunung merupakan kegiatan luar ruangan yang memiliki banyak sekali peminat. Di samping itu, kegiatan mendaki gunung memiliki berbagai resiko yang dapat menimpah setiap pegiat kegiatan ini, mulai dari tersesat, gangguan kesehatan seperti hiportemia dsb, hingga kematian. Meskipun memiliki banyak sekali resiko yang bisa terjadi kepada siapapun dan dimanapun tapi tak membuat kegiatan outdoor ini sepi peminat setiap tahunnya. Bahkan sekarang sudah banyak orang yang memiliki hobi mendaki gunung dari berbagai usia dan gender. 

Selain berbagai resiko yang bisa saja terjadi itu, mendaki gunung juga merupakan aktifitas liar ruangan yang membutuhkan banyak equipment untuk menunjang keberhasilan, keselamatan dan kenyamanan pegiatnnya. Banyaknya perlengkapan yang dibutuhkan tentunya menjadikan kegiatan mendaki gunung ini juga perlu biaya yang tidak sedikit. Sekarang kita analogikan sederhana, perlengkapan standar berupa tempat tidur atau tenda dapat anda beli mulai harga Rp 300.000 atau persewaan rata-rata Rp 25.000/hari, kemudian sleeping bag dapat didapati mulai Rp 100.000 atau persewaan Rp 10.000/hari, belum lagi perlengkapan memasak, bahkan pakaian mulai dari atas, sampai dengan sepatu tentunya memiliki standaritas sendiri dalam kegiatan ini. Dan harga diatas belum termasuk perjalanan dari rumah sampai ke tempat pendakian mulai dari biaya transportasi, logistik dan juga biaya tiket pendakian. 

Menjadi seorang traveller yang mendapat bayaran dari setiap perjalanannya merupakan impian setiap penghobi hikking. Tentunya menjadi traveller yang mendapat bayaran dari perjalanannya oleh suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah. Tapi, bisakah kita mendapat uang dari kegiatan mendaki gunung? Menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu sumber pemasukan? Yupp...sangat bisa dong sob...

Begini caranya:


1. Menyelenggarakan Open Trip / Membuka jasa Private Trip

Kegiatan mendaki gunung tentu merupakan kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran terutama saat kalian dimanja oleh pemandangan yang ada. Keindahan pemandangan yang ada tentunya dapat memikat berbagai kalangan, apalagi sekarang jaman udah maju. Setiap orang dapat melihat keindahannya terlebih dahuklu di gawai mereka yang membuat tekad untuk pergi ke tempat itu. Sebagai seorang yang awam tentu juga tetap akan melihat kegiatan mendaki ini bukanlah kegiatan yang main-main dan jauh dari resiko. Open Trip / Private Trip merupakan salah satu jasa yang dapat di temui dalam aktivitas mendaki gunung, dengan tergabung dengan open trip / private trip tentunya akan membuat orang awam sekalipun merasa lebih nyaman dalam perjalanan mereka. Namun, membuat open trip / private trip bukanlah hal yang mudah dan juga tentunya membutuhkan berbagai faktor yamg harus kamu kuasai terlebih dahulu, seperti: pengenalan jalur/tempat pendakian yamg sangat detail, cara penanganan pertama dalam kecelakaan terutama yang mungkin terjadi saat mendaki, pandai dalam melihat kondisi orang lain , memiliki management yang matang, fisik dan mental yang lebih kuat, dan tentunya tim yang memadai dan masih banyak lagi lainnya. Akan jauh lebih baik dalam setiap open trip / private trip selalu memiliki seorang yang sudah ter-sertifikati terutama sebagai seorang pemandu gunung.


2. Brand ambassador (duta merk)

Menjadi brand ambassador tentunya membuat kita mendapat penghasilan dari brand yang kita perkenalkan dan pasarkan tersebut. Belum lagi menjadi duta dari sebuah brand dapat membuat kamu dapat pergi kemana-mana saat brand tersebut membuat event yang kamu perlu ada disana. Tapi....hehehe tentunya menjadi seorang ambassador tidaklah mudah, di samping prioritas good looking, pengetauhan tentang kegiatan outdoor-pun harus terpenuhi serta sudah memiliki nama atau literally memiliki banyak follower.


3. Membuka jasa rental perlengkapan pendakian

Lebih mudah dari yang lainnya, membuka jasa rental tidak memerlukan persyaratan yang sangat banyak terutama syarat harus good looking hehehe. Selama kita mempunyai perlengkapan pendakian yang dirasa sudah cukup banyak kita sudah dapat membuka jasa rental itu. Perlu management yang baik pula dalam membuka jasa rental terutama jelasnya kita tidak bersama alat-alat yang kita punya itu dan sering lagi banyak orang yang tidak kita kenal juga ikut menggunakan jasa rentak kita. Biasanya rentalan perlengkapan outdoor akan mebggunakan ktp/sim dsb dari customernya sebagai jaminan perlengkapan rental yang mereka berikan.


4. Mentor 

Selain perlengkapan yang memiliki harga mahal, ilmu dan pengalaman tentunya merupakan suatu hal yang sangat mahal. Dengan menjadi seorang mentor khusus seperti navigasi, climbing, frist rescue dll dengan syarat ter-sertifikati tentunya akan membuat banyak organisasi yang membutuhkannya (memanggilnya) sebagai pengajar organisasi tersebut. Selain ter-sertifikati tentunya teknik komunikask yang friendly akan menjadi faktor besar juga dalam kesuksesan karir menjadi mentor.


5. Menggunakan media cetak dan media digital

Dalam mendaki gunung tentunya banyak cerita dan pengalamanan baik biruk maupun baik, sesuai logika maupun diliar logika, realita maupun spiritual. Berbagai hal menarik itu dapat kita gambarkan dalam berbagai media online ataupun offline seperti menulis sebuah buku ataupun yang lebih sederhana adalah dengan menulis blog yang menggunakan adsense sebagai sumber bayaran kalian. Namun, kalau kalian tidak paham dengan SEO atay masih dalam tahap belajar, sobat dapat bergabung dengan forum penulis yang dapat memberikan kalian royalti dari tulisan kalian.


Kalau malas menulis? Kalian bisa menggunakan adsense yang di berikan youtube kok, yaa meskipun dalam menulis blog ataupun membuat youtube tentunya memiliki persyaratan khusus yang harus kalian penuhi terlebih dahulu sebelum kalian dapat mebdapat bayaran dari itu. Oiya selain itu kalian dapat juga membuat podcast-podcast kalau kalian malas menulia dan gak pandai edit video. Selain itu, ada juga yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan microstock bagi kalian yang hobi mengambil gambar, di situs microstock kalian dapat menjual karya foto kalian di setiap perjalanan yang sudah di lalui. 

0 Response to "5 Ide Bisnis Dari Hobi Naik Gunung"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed