-->

Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer (Informasi Wisata, Lokasi dan Toket)

Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer (Informasi Wisata, Lokasi dan Toket) - Taman Nasional Gede Pangrango memiliki berbagai keindahan yang dapat ditelusuri seperti jembatan yang punya panjang ±250 meter dan lebar 2 meter, namanya adalah "Suspension Bridge of Situ Gunung / Jembatan gantung Situ Gunung. Jembatan yang membentang melewati jurang yang dalam serta dengan panjang seperempat kilometer ini berada diketinggian altitude ±950 mdpl. Keeksotisan wisata ini belum sampai disitu, setelah melewati jembatan gantung yang sangat panjang ini sobat dapat menemui lokasi wisataa eksotis lainnya seperti Curug Sawer dan danau/telaga Situgunung. Nah sob, berikut adalah ulasan perjalanan dari tim Sobat Hiking dan infoasi wisata yang semoga dapat bermanfaat jika sobat ingin berkunjung kemari.

Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer
Dokumentasi penulis

Lokasi, Rute dan Tarif Tiket

Jika sobat berangkat dari arah Jakarta menuju Sukabumi nantinya sobat akan mendapati papan nama besar Situ Gunung nahh dari situ lurus saja, sampai melewati daerah Kududampit sebelum memasuki kawasan Situ Gunung, akan ada papan nama wisata Cinumpang di sebelah kanan. Ini adalah jalur pertama untuk menuju curug.  Jalur disitu cukup mudah kalian hanya harus berjalan lebih kurang 1 jam atau bisa menggunakan ojek yang ada disitu untuk menuju curug.

Untuk dari arah timur sendiri apalagi jika sobat seorang railfans kalian dapat menuju ke stasiun Cisaat nahh dari situ kalian bisa gunakan jasa ojek pangkalan ataupun sewa angkot yg harganya ±150.000 untuk 8 orang, kemudian untuk kalian yang hobby touring / ridding untuk menuju lokasi kalian dapat menjadikan polsek cisaat sebagai patokan utama karena dari situ jalan sudah jelas.
Untuk rute lain yang lebih seru kalian dapat melewati suspension bridge dengan tambahan cost tiket masuk utama sebesar RP 18.500 untuk weekend dan RP 16.000 untuk weekday,  plus juga biaya masuk suspension sebesar RP 50.000 untuk dewasa dan RP 25.000 untuk anak-anak.  Harga yang sangat murah bukan untuk tempat wisata yang sangat mempesona ini.


Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer
@nurazizatul ana, bersama penulis


Fasilitas dan daya tarik wisata-

Sebelum dan setelah melewati suspension bridge atau jembatan gantung Situ Gunung, sudah terdapat banyak warung-warung camilan jajahan warga dan ataupun kafe sekaligus, bahkan disink terdapat juga kafe instagramable dengan apot foto menarik yaitu jaring-jarung yang berada di atas jurang.

Jembatan yang panjang, air terjun yang indah, telaga yang eksotis, pastinya butuh waktu lebih dari sehari untuk bersenang-senang dan menikmati lokaso wisata yang mauk bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrangi ini, nahh sob untuk kalian yang ingin berlama-lama disini tenang aja kok kalian bisa camp disini dengan biaya tambahan Rp 35.000/orangnya atau kalian bisa manfaatkan pondok-pondok yang di sediakan disana yang harganya mulai dari 300-800 ribu per tempatnya.
Untuk fasilitas sendiri sudah lengkap  termasuk kamar mandi yang bersih,  tempat makan,  bahkan di beberapa sudut ada yg menjual oleh-oleh khas Situ Gunung dan yang lebih seru lagi yaitu harganya yang tetep ramah dikantong. Jika sobat beruntung, di salah satu yang ada disana juga kerap menampilkan pertunjukan tradisional tarik dan musik dari masyarakat sekitar.


Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer
dokumentasi penulis


Mitos dan Cerita yang Berkembang Curuf Sawer-

Setiap tempat selalu memiliki cerita yang berkembang ataupun hal berbau mistis lainnya. Setelah tim LetsGoHiking bertanya pada sebagian warga di wilayah tersebut dapat disimpulan bahwa cerita di Curug Sawer (air terjun yang ada disana) sendiri bermula dari seorang yang sakti dari kaki gunung Ciremai yang sering menyelenggarakan upacara saweran di sungai Cipada dengan maksud dan tujuan untuk mendapat berkah bagi dirinya dan keturunannya.  Dia pun bertapa selama bertahun-tahun hingga wafat,  namun pada kematiannya jasad pertapa itu tidak hancur melainkan berubah menjadi sosok ular besar yang hidup secara ghaib.
Untuk yang tidak percaya hal-hal seperti ini ada kok pernyataan yang berbeda yang dituturkan oleh petigas TNGGP mengenai nama curug sawer sendiri diambil karena debit air yang sangat besar dari air terjun dengan tinggi 20 meter itu yang mana percikan airnya bisa sampai menyebar sampai radius 100 meter yang artinya percikan itu "menyawer" pengunjung dengan percikan airnya oleh karena itu dinamakan curug sawer.

Oiya sob, air terjun ini memiliki air yang sangat dingin yaa hingga bersuhu dibawah 17°C
Dengan kedalaman di kolam air terjun 2 meter lebih ditambah lagi dengan kondisi medan yang penuh dengan pohon-pohon besar sehingga untuk kalian yang mau kesini jangan lupa bawa pakaian hangat yaa, oiya meski tidak ada larangan dilarang berenang tapi kalian jangan terlalu lama bermain air ya karena dengan suhu yang sangat dingin bisa bisa tubuh kalian menjadi kram atau bahkan hipotermia.

Seperti kata Wiji Thukul
"Ini tanah airmu disini kita bukan turis"

Jadi tetap untuk memegang teguh cinta tanah air, menjaga tanah air dengan apa yang kita dapat lakukan, serta terus membawa nama baik tanah air kita kearah internasional dalam berbagai bidang termasuk pariwisata.


0 Response to "Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer (Informasi Wisata, Lokasi dan Toket)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed