-->

Cara Memilih Sepatu Mendaki Gunung dan Olaraga Outdoor

Jangan salah memilih sepatu untuk hikking #backtobasic


Kalau dari pandangan orang awam, orang yang melakukan hikking seperti mendaki gunung tentunya akan memakai sepatu bot tinggi. Terus kata sebagian orang lain "klo naekk unung haluss pake gitu emang bial septi" wkwk so gimana sepatu yang cocok untuk hikking? Apakah para pendaki harus bersepatu boot tinggi? Mungkin ini juga bisa menjadi refrensi yang tepat sebelum anda membeli sepatu.




1. Kenali dulu jenis-jenis sepatu untuk hikking:

• Sepatu hiking ringan:

Sepatu hiking ringan umumnya cocok untuk dataran rendah gunung dan hutan, 1-2 hari hiking ringan dan kegiatan di luar ruangan, cocok untuk koefisien pendakian gunung dengan kesulitan rendah dan kegiatan kebugaran biasa, tetapi juga untuk pakaian santai sehari-hari. Jenis sepatu hiking adalah sepatu outdoor yang paling sering dipakai. Model sepatu umumnya bagian atasnya rendah atau menengah.

Contoh: M ultra goretex surround


• Sepatu hiking berat:

Sepatu hiking yang berat umumnya cocok untuk lingkungan pegunungan yang rendah dan pakaian medan yang rumit. Sangat cocok untuk jarak jauh, trekking dan pendakian mudah. Namun sayangnya sepatu inu lebuh berat dari jenis sebelumnya. Mod sepatu ini adalah menengah dan keatas. Breathability dari jenis sepatu hiking tidak lebih baik dari sepatu hiking ringan, dan sol sepatu berat dan keras. Untuk meningkatkan kinerja cengkeraman dan kinerja penahan beban.

Contoh: W hedgehog EVO Mid GTX



• Sepatu lari off-road

Ada beberapa kesamaan antara sepatu lari off-road dan sepatu hiking ringan, yang umumnya cocok untuk lari off-road, hiking ringan, kegiatan luar ruang santai dan pakaian santai perkotaan di lingkungan ketinggian menengah dan rendah. Bahkan untuk olahraga indoor dan outdoor, sepatu jenis ini adalah salah satu sepatu outdoor yang paling sering dipakai. Untuk beradaptasi dengan karakteristik olahraga dalam jumlah besar, sepatu lari off-road umumnya bagian atasnya rendah. Bahan atas sebagian besar terbuat dari kain nilon yang tahan air dan tahan aus, dan beberapa terbuat dari kulit PU dan kulit yang disambung dengan bahan nilon. Sol besar sepatu lari off-road lembut, naungan dangkal dan padat, permeabilitas udara kuat, kinerja anti-selip umumnya baik, dan kinerja bantalan sepatu bagus.

Contoh: M corvara



• Sepatu gunung tinggi

Sepatu gunung tinggi, termasuk sepatu pendakian ketinggian tinggi, yang dapat digolongkan ringan dan berat. Umumnya digunakan untuk pendakian diatas 5000masl di atas pendakian campuran salju dan medan batu. kinerja pelindung juga sangat kuat. Bagian bawah yang besar sebagian besar gigi besar dan teduh. Untuk beradaptasi dengan pendakian ketinggian tinggi, kebanyakan dari mereka dilengkapi dengan slot gripper es.

Contoh: S/LAB MTN BOOTS



2. Apa harus waterproof?

Sepatu yang digunakan harus waterproof atau tidak tergantung pada medan yang akan kita jalani, jika kita berjalan di wilayah salju tentunya waterproof menjadi hal yang utama namun untuk pegunungan yang memungkinkan untuk berjarang jarang melewati wilayah perairan sepatu quickdry lebih baik dari pada waterproof dan saat cuaca hujan air pun sepatu quickdry lebih baik dari pada waterproof karena mengurangi efek sepatu menjadi kolam karena air yang gak bisa keluar dan menjadikan kulit lebih tidak memiliki sirkulasi.

3. Apa harus sepatu boot?

Sesuai dengan penjelasan point nomer 1 tentunya kita tidak perluh selalu menggunakan sepatu boot tinggi. Menggunakan sepatu trail ataupun hikking rendah tentunya menjadi pilihan yang baik asalkan kita melakukan hikking dalam jarak jauh dan waktu yang gak terlalu lama, tentunya anda juga bisa lebih leluasa dalam bergerak, namun untuk barang bawaan yang berat sepatu traik tidak sangat direkomendasikan. Untuk jarak lama dan jauh tentunya sepatu hikking tinggi sapat menjadi pilihan karena itu dapat membantu kekuatan kaki anda dalam menjaga tubuh.

4. Gimana cara menentukan sepatu yang pas di toko offline?

• Apakah sepatu terasa sempurna untuk paket kaki lengkap? Beberapa sepatu memiliki bantalan pergelangan kaki yang sesuai dengan lekuk pergelangan kaki di bagian dalam atas, yang dapat lebih membungkus dan mendukung pergelangan kaki.
• Kaki depan di sekitar ruang tidak boleh besar agar sesuai dengan sedikit tekanan atas menjadi lebih baik. Seluruh telapak kaki tidak tergelincir ke dalam sepatu
• Untuk berdiri tegak di tangga atau tepi jalan dengan sol depan satu kaki. Sekarang berayun bolak-balik untuk merasakan apakah sol cukup baik untuk menopang tubuh.
• Periksa apakah sepatu Anda nyaman dengan kaki Anda dan apakah Anda merasa longgar? Jika sepatu dan kaki memiliki rasa yang lebih baik dari keseluruhan, itu bagus
• Jika kondisinya memungkinkan, berjalanlah beberapa langkah atau naik turun dengan beban untuk menguji sepatu. Rasakan apakah sol cukup kuat untuk menopang kaki dan tubuh, dan jika kinerja bantalan sepatu cukup baik (sepatu lari off-road tidak termasuk dalam tes ini).
• Sepatu lari off-road dapat dipakai untuk menguji kinerja bantalan dengan lompat tinggi dan jongkok. Kaki dan tumit tidak memiliki dampak yang jelas, mendarat dengan ringan, dan tanah tidak terlalu keras.
• Dalam tes sepatu yang sebenarnya, kita juga harus memperhatikan mendengarkan, jangan memilih sepatu yang mengeluarkan suara abnormal.

5. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam membeli sepatu

Setelah melihat sekilas jenis-jenis sepatu luar ruang, mari kita lihat cara membelinya. Kita harus memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan olahraga luar ruangan kita, sehingga mencapai efek mengenakan yang paling nyaman.
bahan sepatu: lapisan terluar sepatu, lapisan tahan air (jika diperlukan), outsole dan insole
penampilan dan aksesori: jahitan, Kait tali sepatu (lubang).

Namun penulis memohon maaf untuk point nomer 5 tidak dapat menjelaskan lebih detail karena pengetauhan akan bahan masih dalam tahap pengembangan jadi kalian dapat bergulir ke situs lain hihihi dan jangan lupa mampir kemari lagi. Have a great day.

0 Response to "Cara Memilih Sepatu Mendaki Gunung dan Olaraga Outdoor"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed