-->

Meningkatkan Kreativitas Untuk Menciptakan Peluang Usaha dan Memanfaatkan Teknologi Digital di Masa Pandemi

 

Illustrasi, sumber: penulis

Pandemi adalah bencana yang mengancam kesehatan manusia secara global. Penyebarannya yang sangat luas dan cepat maka harus mendapat tindakan khusus dalam penanganannya. Salah satu upaya penanganan pandemi adalah dengan pemotongan mata rantai dari pandemi. Hal ini harus diutamakan terlebih dahulu dalam upaya penanganan pandemi dimana agar dapat menggentikan efek domino yang terjadi.

Dalam upaya pemtongan mata rantai, perlu dilakukan beragam kebijkan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Karena sifat dari pandemi sendiri yang menjangkiti manusia secara global maka salah satu bentuk upaya pemotongan mata rantai yang dapat dilakukan adalah dengan pembatasan mobilitas sosial termasuk pada sector ekonomi. Ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi pandemi dapat menimbulkan permasalahan tersendiri teruutama dari sisi ekonomi.

Terbatasnya kegiatan untuk menjalankan perekonomian dalam kebijakan pembatasan mobilitas sosial bukanlah suatu yang dapat ditawar dalam penanganan pandemi. Kesadaran diri yang tinggi harus dimiliki setiap orang meskipun kebijakan ini dapat berimbas buruk bagi perekonomin semua orang. Untuk mengatasi turunnya angka ekonomi setiap orang mulai mengatasi dengan melakukan beragam tindakan bisnis yang dapat membantu meringankan beban ekonomi dengan tetap melakukannya sesuai protokol kesehatan. Di era teknologi ini, kegiatan usaha yang dilakukan secara digital sudah menjadi hal yang biasa, jangkauan pasar yang lebih luas menjadi bentuk positif tersendiri sehingga menggunakan media digital adalah kegiatan usaha (bisnis) yang sangat direkomendasikan.

Melalui keteramplan dan kreatifitas yang dimiliki, banyak yang telah membuktikan jika dalam pengolahan kreatifitas yang baik dapat berguna untuk membuka peluang usaha di masa pandemi, misalnya saja keterampilan dalam menciptakan masker. Lebih dari itu setiap bentuk kreativitas dan keterampilan lainnya juga dapat berguna untuk membantu produktif di masa pandemi. Sebelum dapat mengembangkannya menjadi peluang usaha, peningkatan kualitas keerampilan dan kreativitas perlu dilatih terlebih dahuluagar dapat menemukan ide-ide kedepannya. Peningkatan kreativitas dan keterampilan sendiri dapat dilakukan dengan 4 cara terlebih dahulu, yaitu


Memperluas Wawasan

Seperti dalam pepatah “diatas langit masih ada langit”, kretivitas yang dimiliki manusia selalu masih memiliki batasan yang mana masih dapat dikembangkan agar lebih baik. Mempeluas wawasan adalah tidakan wajib untuk dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan manusia. Selain mencari kekurangan dan solusi untuk meningkatkan kualitas, memperluas wawasan dapat juga menjadi modal awal untuk mencari jalan atau peluang bisnis dari kreativitas yang sedang dikembangkan.

Memperluas wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari mencari tau secara otodidak di berbagai sumber atau saring bersama orang-orang yang memiliki kreativitas yang sama, melalui media digital kalian dapat memperluas wawasan dengan sangat mudah, naik dengan wujud tulisan, audio ataupun audio-visual dapat dengan mudah ditemui, sharing di media sosial juga dapat dilakukan dengan mudah, melalui media digital selain kemudahan yang didapat kalian juga dapat melakukannya dengan ringkas di rumah dan tentunya tidak melanggar protokol kesehatan apapun.

Saat memperluas wawasan pastikan kalian mencari beragam informasi yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas dari penerapan keterampilan kalian. Jangan terburu-buru untuk menemukan peluang usaha, pada tahap ini berfokuslah terlebh dahulu kepada tujuan peningkatan kualitas dari kreativitas kalian, pastinya kualitas atau hasil yang sangat baik tidak akan menghianati hasil.


Mencatat dan Mengumpulkan Ide Kreatif

Setelah telah mendapat cukup wawasan yang dapat mengembangkan kreativitas, mulailah mencatat dan kumpulkan ide-ide kreatif yang mana akan kalian realisaikan dalam sebuah usaha. Pengumpulan ide mulai dari rencana produk hingga pemasaran produk sangat perlu untuk diketauhi terlebih dahulu. Rencana produk yang baik serta tata cara pengolahan sehingga memiliki nilai dapat kalian temukan pada saat memperluas wawasan, perhitungkan juga beragam pegembangan dari produk-produk untuk hasil pasar yang lebih baik.

Pastikan juga kalian telah mengetauhi target pasar dan lokasi pemasaran. Selain memasarkan produk secara tradisonal dilingkungan sekitar, pemasaran produk melalui media digital sangat direkomendasikan dalam melakukan usaha. Jangkauan pasar yang luas menjadi kelebihan tersendiri dalam melakukan pemasaran secara digital. Namun, dalam pemasaran secara digital sekalipun kalian masih harus mempunyai lahan promosi yang tepat dengan apa yang kalian tawarkan. Belajar dari pemasaran tradisional, pastinya tidak ada orang yang menjajakan baju ditoko sembako, begitupun dengan pemasaran secara digital pastikan kalia tlah mengetauhi tempat pemasaran dan upaya lain untuk mempromosikan lebih luas produk kalian.


Mulai Berlatih dan Bereksperimen

Meskipun telah memiliki cukup wawasan danmenemukan pasar sekalipun, pastikan untuk terlebih dahulu melatih keterampilan untuk kalian. Dalam proses latian jangan lup untuk tetap mengawasi dan memperhitungkan apa yang masih kurang dalam produk kaian. Memperbanyak latian juga akan mengembangkan kemampuan sehingga akan menjadi lebih terbiasa dalam proses produksi nantinya dan mendapat hasil produk yang maksimal.

Bukan hanya berlatih dan memberikan memberikan penilaian sendiri, agar mendapat hasil yang lebih baik sangat direkomendasikan untuk memberikan kesempatan orang lain untuk menilai baik dari baik dari orang lain yang nantinya sebagai target kustomer atau orang lain yang sebelumnya kalian ajak sharing. Penilaian sangat penting untuk kedepannya dan proses pemasaran sehingga kustomer tidak akan merasa kecewa serta untuk pengembangan produk kedepannya.


Mulai Membangun Proyek

Barulah pada tahap akhir dimana setelah terkumpul persiapan mulai dari wawasan, pasar dan telah melakukan  banyak latian, membangun proyek mulai dapat kalian lakukan. Mulailah membangun proyek dari hasil perbaikan produk tahap prototype yang sebelumnya kalian eksperimenkan. Mulailah bangun proyek pada ruang lingkup kawasan rumah terlebih dahulu dan mintalah komentar membangun dari kustomer kalian sebelum kmulai memasarkannya secara lebih luas melalui media digita. Dapat dipastikan setelah melakukan 3 tahapan sebelumnya, banyak kemungkinan kalian akan dapat mendapat hasil yang memuaskan. Tetap pastikan sikap menerima komentar dari kustomer yang didapat dan melakukan perkembangan serta perbaikan produk yang lebih baik untuk kedepannya.


Melalui pengembangan kreativitas, keterampilan dapat diciptakan dan dikembangkan menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan. Disituasi pandemi yang mengancam kesehatan serta perekonomian setiap orang perlu adanya upaya agar dapat bertahan pada situasi pandemi, salah satunya adalah dengan menambah peluang usaha dari mengembangkan kreatvitas. Pemanfaatan teknologi digital juga sangat penting pada situasi pandemi, selain meningkatkan pasar melalui pemanfaatan teknologi digital kalian juga dapat berkontribusi dalam pemutusan pada rantai pandemi yang berlangsung dengan cara pembatasan sosial.

#BanggaBersamaSundaXploit #1tahunSundaXploit

0 Response to "Meningkatkan Kreativitas Untuk Menciptakan Peluang Usaha dan Memanfaatkan Teknologi Digital di Masa Pandemi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed