-->

Membangun Kepedulian Untuk Bertahan Hidup dan Melepaskan Diri Dari Pandemi

gambar: pinterest/Hello Vector
Pandemi menjadi sebuah bencana besar yang mengancam kehidupan manusia dengan skala luas. Bencana global ini tidak memandang perbedaan manusia sebagai korbannya, disinilah arti dari pandemi sebagai kasus masalah yang harus dihadapi bersama. Sikap saling peduli menjadi kunci dari menghadapi masalah pandemi, hakikatnya manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan peran orang lain dalam menjalani hidup. Hidup berdampingan sebagai satu kesatuan, rasa saling peduli adalah sifat yang harus dimiliki semua manusia, sikap saling peduli akan mewujudkan hubungan antar manusia yang harmonis dan berguna bagi pemecahan berbagai masalah termasuk pandemi.

Dalam menangani pandemi, kepedulian dapat diterapkan sebagai pemutus penyebaran pandemi serta membantu dalam menstabilkan permasalahan bagi yang terdampak pandemi pada bidang perekonomian. Berlomba untuk saling membantu adalah sikap kemanusiaan yang muliah, tidak lagi selalu atas nama pribadi, sikap tolong menolong dapat dilakukan dengan berada dibawah naungan lembaga agar mendapat hasil kuantitas yang lebih besar, seperti pada UNPAR yang membantu biaya pendidikan mahasiswa yang terdampak pandemi.

kepedulian datang dari kesadaran dan rasa murah hati, sifat ini menuntun manusia untuk saling mengasihi satu sama lain. Namun kondisi kehidupan manusia yang beragam membuat batasan dan halangan tersendiri bagi manusia dalam mewujudkan kepedulian. Kepedulian dalam menghadapi pandemi tidak hanya berwujud pada pemberian materi saja, kepedulian dalam menghadapi pandemi dapat diterapkan pada berbagai bidang lain sesuai dengan kemampuan individu. Berikut adalah bentuk-bentuk kepedulian yang dapat dilakukan guna menghadapi pandemi.

Peduli Prokes Menyelamatkan Nyawa Diri Sendiri dan Orang lain

Protokol Kesehatan (prokes) adalah bentuk usaha sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk memutus penyebaran pandemi. Menerapakan prokes termasuk dalam sikap kepedulian menghadapi pandemi, virus pandemi dapat sangat mematikan dan setiap orang dapat berperan sebagai media penyebaran virus pandemi, oleh sebab itu kepatuhan menjalankan prokes harus diperhatikan seakan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Prokes mengatur jalannya mobilitas manusia di era pandemi, semua kegiatan manusia diberbagai bidang memiliki peran dalam menjalankan prokes secara maksimal. Prokes memang dapat merubah gaya hidup manusia, tapi dalam penerapannya kebijakan prokes bukan menjadi masalah yang besar dan malah memberikan dampak baik di luar terkait masalah pandemi yang terjadi, contohnya wajib memakai masker yang membuat manusia dapat lebih terjaga dari berbagai jenis virus, mencuci tangan yang dapat meningkatkan kebersihan diri dan menjaga jarak guna mengurangi dampak terjangkitnya masalah Kesehatan termasuk diluar pandemi.

Menjalankan prokes dengan maksimal tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, orang lain juga akan mendapat dampak baiknya termasuk pada lingkungan keluarga. Saat beraktivitas keluar dari ruang lingkup keluarga kita tidak pernah tau apakah ikut membawa penyebaran pandemi atau tidak, penerapan prokes ini menjadi sebuah tindakan pencegahan dalam menyebarkan virus pandemi dan pastinya dengan menerapkan prokes secara maksimal sama artinya dengan menyelamatkan nyawa diri sendiri dan orang lain.

Murah Hati Untuk Terpenuhinya Kebutuhan Bertahan Hidup

Prokes turut mempengaruhi perubahan pada mobilitas manusia di berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi. Dalam upaya menangani pandemi, semua kegiatan manusia harus dijalankan dengan prosedur yang berbeda. kegiatan perekonomian adalah hal yang dilakukan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, kegiatan perekonomian ini berjalan setiap hari pada berbagai sektor, terganggunya kegiatan perekonomian dapat menimbulkan kesenjangan atau permasalahan ekonomi.

Terganggunya kegiatan perekonomian di era pandemi diyakini menjadi alasan dari meningkatnya angka kemiskinan, tidak dapat dipungkiri saat pandemi terjadi banyak orang yang mendapat masalah yang menyakut ekonominya mulai dari di-PHK, berkurangnya pendapatan hingga meningkatnya harga kebutuhan pokok.

Semua orang memang terdampak pandemi, tapi tidak semua orang mendapat dampak masalah hidup yang sama. Disinilah peran sikap murah hati dan peduli dengan orang lain sangat diperluhkan, saling membantu memenuhi masalah kurangnya kebutuhanya pokok adalah hal yang paling sederhana. Selain membantu kebutuhan untuk tetap dapat bertahan hidup, saling membantu menyelesaikan masalah kemiskinan adalah cara untuk mencegah terjadinya tindakan penyimpangan atau anomali hukum di masyarakat, terlebih lagi masalah perekonomian yang sering menjadi latar belakang dari seseorang nekat melakukan tindakan penyimpangan.

Memberikan Dorongan Motivasi Hidup dan Ajakan Saling Peduli

Selain menerapkan sikap kepedulian dengan menjalankan prokes dan membantu kebutuhan pokok, memberikan dorongan semangat merupakan tindakan usaha untuk memperbaiki masalah psikis. Bencana yang menyangkut keselamatan nyawa manusia dan berdampak pada kemunduran kualitas hidup ini dapat menghancurkan semangat manusia untuk tetap hidup dan menciptakan perasaan sedih yang mendalam. Terganggunya masalah psikis ini dapat menjadi sebuah awalan dari masalah kejiwaan yang lebih dalam, masalah psikis juga dapat mengurangi semangat sehingga kesenjangan dapat terjadi.

Memberikan dorongan semangat dan motivasi bagi mereka yang mengalami masalah psikis di masa pandemi menjadi tindakan preventif untuk mencegah hal yang lebih buruk. Dalam memberikan dorongan dan motivasi tidak diperluhkan harga (material), sehingga setiap orang dapat berperan dalam melakukanya. Memberikan dorongan ini dapat dimulai dengan berusaha untuk memahami perasaannya, kemudian dorongan semangat atau motivasi dapat diberikan ketika kondisi psikisnya mulai membaik.

Selain berusaha menjadi dorongan motivasi kepada mereka yang psikisnya terdampak, sikap untuk saling mengajak dan peduli terhadap penangan pandemi juga dapat dilakukan. Ajakan ini dapat diwujudkan dalam beberapa tujuan, seperti ajakan dalam menjalankan prokes, ajakan saling saling berbagi dan murah hati serta ajakan untuk dapat menjadi penyemangat kepada orang lain.

Situasi pandemi adalah masalah bersama, setiap tindakan penanganannya menjadi tanggung jawab setiap orang. Sikap kepedulian antar sesama menjadi kunci solutif untuk keluar dari masalah pandemi, rasa kepedulian tersebut dapat diwujudkan dalam berbagai hal baik yang melibatkan harta benda ataupun tidak. Setiap orang dapat mengambil peran dalam menangani kasus pandemi, baik dengan mengatasi penyebaran serta membangkitkan kondisi kehidupan yang terpuruk karena pandemi baik secara psikis maupun ekonomi. Dengan bergeraknya setiap orang dalam penanganan pandemi, dapat dipastikan jika masalah penyebaran dan menurunnya kualitas kehidupan yang terdampak akibat pandemi bisa menjadi lebih baik.

 

0 Response to "Membangun Kepedulian Untuk Bertahan Hidup dan Melepaskan Diri Dari Pandemi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed