-->

Informasi Wisata Pura Besakih, Pura Terbesar di Indonesia dan Peninggalam Megalitikum di Bali

pura hindu terbesar di indonesia
sumber gambar ig @yanfhoto

Informasi Wisata Pura Besakih, Pura Terbesar di Indonesia dan Peninggalam Megalitikum di Bali - Destinasi Pura Besakih merupakan tempat persembahyangan atau ibadah oleh umat Hindu masyarakat Bali. Selain menjadi tempat ibadah, Pura ini juga kerap menjadi detinasi tujuan wisata bertema Pura di Bali. Baik wisatawan dalam maupun luar negerikerap menjadikan Pura Besakih menjadi salah satu dari tujuan wisata karena keindahan yang bertema cultural (budaya).

Bentuk arsitektur bangunan Pura selalu berbeda satu sama lain dan tak jarang setiap Pura selalu memiliki keunikannya tersendiri. Pada Pura Besakih, dibagian dalamnya terdapat Pura pendamping sebanyak 18 buah dengan Pura Penataran Agung sebagai Pura terbesarnya. Karena sebab bentuk arsitekturnya ini Pura Besakih menyandang predikat sebagai Pura terbesar di Indonesia dengan nama Pura Agung Besakih. Menurut kepercayaannya, Pura ini dibangun oleh seorang tokoh agama Hindu di India yang menetap di Jawa dengan nama Rsi Markandeya.

Penamaan Besakih diyakini berasal dari kata “Basuki” yang mana pelesetan kata “wasuki” yang artinya Keselamatan didalam Bahasa sansekerta. Sama seperti Pura Luhur Uluwatu yang terkenal sebagai salah satu tempat untuk menyaksikan petunjukan kesenian tari kecak. Pura ini juga masih aktif menjadi pusat kegiatan dari seluruh Pura di Bali oleh masyarakat Hindu Bali.

Lokasi Pura Besakih

Terletak di kaki gunung agung di Bali, Pura ini berada di Desa Besakih, kecamatan Rendang, Kab. Karangasem, Bali. lakasi Pura Besakih ini lebih kurang 2 jam atau berjarak 65 km dari pantai kean dan pantai Jerman yang berada disekitar Bandara Internasional Ngurah Rai.  Sementara dari Kawasan Kuta dan Seminyak lebih kurang berjarak 63 km. Agar kalian tidak tersesat dan memudahkan perjalanan kalian dapat mengakses google maps berikut: lokasi Pura Besakih.

Rekomendasi Hotel disekitar Pura Besakih

Berikut adalah daftar rekomendasi hotel dari penulis yang dapat kalian pilih saat berlibur di Bali dan ingin menginap dengan harga murah dan fasilitas baik yang terletak di sekitar Pura Besakih.

Nama Penginapan

Rentan Harga

Warung Bu Made

Mulai dari Rp 165.000

Puri Karang Besakih

Mulai dari Rp 300.000

Artha Agung Resort & Restaurant

Mulai dari Rp 400.000

Puri Agung Inn

Mulai dari Rp 210.000

 Tarif Tiket Masuk dan Jam Buka

Tarif tiket yang dikenakan kepada pengunjung untuk berkunjung di Pura Besakih dikenakan harga yang sama pada rentan usia berapapun yaitu Rp 15.000. sementara jika sobat datang dengan menggunakan kendaraan pribadi maka persipkan biaya tambahan sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Jam operasional Pura ini sendiri dibuka 24 jam untuk masyarakat Hindu Bali beribadah, namun untuk kujungan wisata Pura ini dibatasi mulai pada pukul 8 pagi hingga 5 sore. Jadi jangan heran jika saat berkunjung kemari, didalam Pura akan aada juga masyarakat Hindu Bali yang sedang beribadah. Inilah salah satu keunikan berwisata di Bali.

Setiap tempat wisata di Bali selalu memiliki keunikan tersendiri yang menjadikan setiap lokasinya memiliki alasan untuk dikunjungi, misalnya saja campuhan ridge walk yang menawarkan suasana alam pedesaan asri, kolam air suci di Pura Tira Empul dan pemandangan lumba-lumba di Pantai Lovina. Begitupun dengan Pura Besakih, berikut adalah keunikan Pura Besakih yang membuatnya berbeda dari pada destinasi wisata lainnya.


masyarakat hindu bali
sumber gambar ig @pura_agung_besakih

Pura Terbesar Di Indonesia

Kompleks Pura Besakih terbentuk atas 1 Pura utama yang dikenal dengan Pura Penataran Agung Besakih dan diisi dengan 18 Pura pendamping dimana salah satunya adalah Pura Basukian. Keistimewaan menurut kepercayaan disana, ini adalah tempat diterimahnya wahyu tuhan oelh Hyang Sri Markendya yang menjadi ckal bakalagama Hindu di Bali. Di Pura utamaynya atau Pura Penataran Agung ini terdapat 3 pelinggih uatama (Padma 3 simbol stana yaitu, Sada Siwa dan Para Siwa) serta Tri Purusha yang merupakan 3 tingkatan kesadaran rohani.

Bukit Peninggalan Zaman Megalitikum

Selain sebagai Pura terbesar di di Indonesia, keunikan lain dari Pura Besakih ini adalah di bangunan Pura ini terdapat peninggalan kuno yang telah berusia ratusan tahun yang berasal dari zaman Megalitikum. Bukti peninggalan kuno ini dapat dilihat dari model arsitektur bangunannya serta benda-benda lain disana seperti menhir, tahta batu hingga struktur teras pyramid Pura Besakih. Keunikan arsitektur ini tentunya juga dapat menjadi spot foto menarik saat berkunjung kemari.


0 Response to "Informasi Wisata Pura Besakih, Pura Terbesar di Indonesia dan Peninggalam Megalitikum di Bali"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed