-->

Rangkuman pohon benuang laki - Duabanga moluccana



BENUANG LAKI- Duabanga moluccana

Benua laki menghuni antara lain di Jawa bagian Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Talaud, Maluku, Irian dan Filipina. Jenis ini tumbuh di tempat-tempat dengan ketinggian antara 60 sampai 1200 mdpl. Di Gunung Tambora, Sumbawa,  jenis ini merupakan pohon yang dominan. Umumnya Benuang laki tumbuh di hutan-hutan primer sepanjang sungai dan dapat menjadi tumbuhan utama dalam belukar di daerah penebangan kayu, tetapi dapat pula tumbuh di lereng-lereng gunung pada tanah liat dan tanah berpasir. Jenis ini termasuk suku sonneratiaceae.

pohon Benuang laki umumnya dapat mencapai tinggi 45 m dengan diameter sampai 150 cm.  Batangnya tegak, bulat torak, tidak berbanir, dengan panjang bebas cabang sampai 25 m. Kulit batang berwarna abu-abu atau coklat, beralur dangkal, sedikit mengelupas. Pepagannya berwarna coklat sampai kuning muda, pada bagian dalam putih atau kuning muda. Tajuk bulat, percabangan agak mendatar. Ranting muda dan daun muda tertutup bulu coklat yang pendek dan lebat. Daunnya tunggal, berpasangan, tebal, kaku, bundar panjang sampai Lanset, yang dasarnya berbentuk hati dan ujungnya melancip. urat daunnya banyak sekali dan melengkung pada tepi dan membentuk urat daun pinggir. Urat daun yang lebih kecil tersusun seperti jala. Bunga tersusun pada perbungaan yang berbentuk malai dan tumbuh di ujung ranting. Buahnya berupa buah kotak yang bila sudah kering pecah, berbentuk bulat telur memanjang. Musim berbunga dan berbuah pada bulan Juli-Agustus.
Kayu teras benuang laki berwarna coklat sampai coklat tua, kayu Gubalnya putih dengan batas yang tidak jelas antara kedua bagian kayu tersebut. Kayu ini ringan dengan kelas keawetan IV-V dan kelas kekuatan III-IV, Mudah dikerjakan dan cocok untuk kayu lapis (plywood), bahan konstruksi dalam dan bahan untuk perahu. Di Nusa Tenggara kayunya diekspor.

Perbanyakan jenis ini dilakukan dengan biji. Dilaporkan bahwa merupakan jenis yang tumbuh cepat. Kecepatan tumbuhnya dua kali kecepatan tumbuh Shorea leprosula (Meranti bunga). Melihat sifat-sifatnya jenis ini mempunyai prospek yang baik sebagai jenis pohon untuk hutan industri dan mungkin juga dapat dipakai untuk penghijauan. Pembudidayaan belum diusahakan, penelitian sampai saat ini baru terbatas pada segi taksonominya sehingga penelitian tentang segi lainnya, seperti ekologi dan silvikultur, perlu dilakukan.

Sumber informasi:
Kayu Indonesia (Lembaga Biologi Nasional-LIPI)
National Geographic 

0 Response to "Rangkuman pohon benuang laki - Duabanga moluccana"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed