-->

Rangkuman pohon gerunggang - Cratoxylum arborescens



GERUNGGANG - Cratoxylum arborescens 

Kayu geronggang cukup ringan. Kekuatannya termasuk ke dalam kelas III-IV dan keawetannya kelas IV. Kayu gerunggang dapat digunakan sebagai bahan bangunan, kayu lapis dan bahan pembungkus. Di Kalimantan Timur orang Dayak memanfaatkan gerunggang sebagai sirap.

Gerunggang adalah satu jenis dari suku Hypericaceae. Pohonnya berukuran sedang sampai besar, dengan tinggi sampai lebih dari 40 meter dan diameter sampai 200 cm. Batangnya lurus dan tidak berbanir. Kulit batangnya berwarna coklat tua, beralur dalam atau beralur dan bersisik tipis. Pepagannya berlapis-lapus, berwarna merah jambu dan bertekstur seperti karet. Tajuknya berbentuk bulat dan lebat. Rantingnya berwarna coklat dan bersisik, serta bekas daun penumpu tampak nyata sekali. Daunnya tunggal, berhadapan, tebal. Ibu tulang daun pada permukaan atas tenggelam dan pada permukaan bawah menonjol sekali. Tangkai daun pendek yang pada pangkal bawahnya sering melebar. Bunganya kecil, merah dan tersusun dalam malai. Buahnya berupa buah kotak kecil dan berwarna keungu-unguan.
Gerunggang tersebar di Birma, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa dan pulau Kalimantan. Tumbuhan ini banyak ditemui di hutan Rawa gambut dan hutan daratan, seperti hutan primer campuran, hutan kerangas dan belukar, pada ketinggian sampai 1700 mdpl. Pohon-pohon yang tumbuh di bukit agak berbeda daunnya lebih tipis dan urat daun lateral lebih jelas daripada di tempat-tempat lain. Pohon yang mempunyai sifat demikian dahulu dikenal dengan nama Cratoxykun formosum var. miquelii.

Gerunggang termasuk salah satu jenis pohon pionir di bekas tebangan hutan dan bekas ladang yang ditinggalkan. Pertumbuhan batangnya tampaknya cepat. Dalam belukar tua yang berumur sekitar 30 tahun di Kalimantan Timur, pohon gerunggang telah mencapai tinggi kira-kira 30 m dan diameter sekitar 50 cm. Perbanyaknya jenis ini adalah dengan biji, cara lain untuk perbanyakan belum diketahui sampai saat ini gerunggang belum dibudidayakan.

Sumber informasi:
Kayu Indonesia (Lembaga Biologi Indonesia - LIPI)
Flying fish friends



0 Response to "Rangkuman pohon gerunggang - Cratoxylum arborescens"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed