-->

Semangat Perubahan Lingkungan Berseri di KBA Lenggoksono

Warga KBA Lenggokson melakukan gotog royong setiap sabtu
Gotong Royong Masyarakat KBA Lenggoksono

Sebuah desa yang asri, bersih, dan berseri, lingkungan seperti itu menjadi gambaran bagaimana kondisi impian dari sebuah tempat untuk ditinggali. Lebih dari sekedar rumah dan halamannya, lingkungan sekitar desa juga perlu diperhatikan untuk menciptakan suasanya yang nyaman dan membuat betah. 

Namun sayangnya banyak persoalan lingkungan yang masih menjadi permasalahan diberbagai wilayah, masalah-masalah seperti membuang sampah sembarang, pengolahan sampah yang buruk, kurangnya tanaman dan pepohonan hingga tidak adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi momok yang sering ditemui di berbagai tempat. 

Untuk mewujudkan lingkungan impian yang berseri pastinya membutuhkan solidaritas masyarakatnya, sobat tentu tidak dapat membuat perubahan itu sendiri, tapi perubahan juga tidak akan terjadi tanpa ada memulainya.

Seperti apa yang terjadi di Kampung Berseri Astra (KBA) Lenggoksono, cerita terbentuknya kampung dengan lingkungan yang hijau berseri dan masyarakat dengan kesadaran tinggi ini terbentuk dari semangat salah satu pemudanya yang kini melahirkan banyak insipiratif dan dapat mendorong perubahan lingkungan seperti yang kalian diimpikan.

Pemuda tersebut Bernama Agung Triono, sebagai perintis dari KBA Lenggoksono yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, pada awalnya menjelaskan bahwa kondisi lingkungan disana jauh dari kata bersih dan sehat, masalah-masalah seperti membuang sampah di sungai membakar sampah, hingga penebangan liar yang didasari kurangnya kesadaran dan edukasi masyarakat menjadi PR yang harus diselesaikan untuk menciptakan lingkungan yang hijau berseri.

Dilihat dari kondisi KBA Lenggoksono sekarang, perubahan lingkungannya bisa dikatakan berubah 180 derajat, di area sekitarnya tidak lagi ditemukan sampah berserahkan, polusi udara pembakaran sampah atau pencemaran air, bahkan terlihat jelas suasana kampung yang hijau dan terawat.

Penasaran dengan cara yang dilakukan Agung Triono selaku perintis KBA Lenggoksono dalam perubahan lingkungannya? Berikut adalah beberapa ide yang dapat sobat ikuti.


Edukasi Pentingnya Mejaga Lingkungan

Permasalahan lingkungan sering kali datang dari manusianya sendiri, kurangnya pemahaman dan kesadaran menjadi hal utama yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan perubahan di lingkungan desa. Oleh sebab itu sebelum melangkah ke berbagai program pengolahan sampah atau kegiatan kebersihan lain, sangat penting bagi sobat untuk terlebih dahulu meningkatkan solidaritas bersama dengan pemikiran yang sama atas dasar pentingnya menjaga lingkungan.

Merubah hal kurang baik yang telah wajar dilakukan dimasyarakat seperti membuang sampah di sungai memang cukup sulit, bahkan mas Agung Triono sendiri pada awalnya mendapatkan berbagai kritik dan komentar dari masyarakat yang tidak bisa memahami maksud baik dari upaya perubahan lingkungan tersebut.

Selain memberikan edukasi, kalian juga perlu memulai atau menyiapkan untuk langkah selanjutnya seperti misalnya arahn untuk mengumpulkan sampah botol plastik dan sebagainya yang dapat diubah menjadi ragam benda bermanfaat yang dapat kalian lihat disepanjang KBA Lenggoksono.

Hal terpenting dari edukasi tidak hanya memberikan pemahaman jika kebiasaan yang salah harus dihilangkan, ide solusi dari perubahan itu juga harus diberikan kepada masyarakat, misalnya sobat memberikan edukasi tidak boleh membuang sampah di sungai atau membakarnya, jadi jangan lupakan juga untuk memberitaukan bagaimana langkah yang seharusnya diambil, dan lebih penting lagi coba sobat pahami dasar permasalahannya seperti mereka yang membuang sampah di sungai karena tidak memiliki lahan untuk mengubur sampah dan sebagainya. 


Kegiatan memberishkan kampung di KBA Lenggoksono
Warga sedang menyapu membersihkan lingkungan

Pengolahan Sampah yang Kreatif dan Penghijauan

Di KBA Lenggoksono sobat bisa saksikan ada berbagai olahan kreativitas berbahan dasar sampah yang tertata rapi dan menjadi hiasan diseluruh kampung. Ide ini menjadi solusi sederhana dari pengolahan sampah non-organik seperti botol platstik yang tidak dapat dikubur. 

Pengolahan sampah ini bisa menjadi media penghias untuk mempercantik suasana, tidak hanya mengolah sampah plastic untuk menambah kesan segar dan membuat udara yang lebih sehat, pengolahan sampah ini bisa dikolaborasikan dengan upaya penghijauan. Tidak harus menanam pohon besar, mengolah sampah plastik menjadi pot atau media taman kemudian menanaminya dengan ragam sayuran juga dapat dilakukan. Tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dan kebersihan lingkungan denga ini masyarakat juga dapat merasakan dampak positif lain dan pastinya terus bersemangat dalam menjaga lingkungan.

Ada banyak ide pengolahan sampah yang dapat dilakukan, seperti membuat pot dari sampah plastik atau kain bekas, membangun taman kecil lengkap dengan hiasanya dengan sampah plastik lain, atau bahkan membuat perkebunan sederhana memanfaatkan kreativitas pengolahan sampah.


Kondisi kampung berseri astra Lenggoksono
Kondisi lingkungan KBA Lenggoksono

Program Gotong Royong

Tidak hanya berfokus pada perubahan, sobat juga perlu menyiapkan upaya untuk terus mempertahankan kondisi kampung yang berseri ini. Bayangkan saja, jika sebelumnya telah dilakukan pengolahan kreatifitas sampah namun tidak mendapat perawatan untuk mempertahankannya, tentu selain hanya merusak beragam kreatifitas dan apa yang telah dibangun sebelumnya, bisa dipastikan juga dapat menimbulkan sampah yang lebih berserakan disekitar lingkungan.

Mengantisipasi hal tersebut dan dalam updaya mempertahankan kebersihan KBA Lenggsoksono, ide kegiatan gotong royong akhirnya. Kegiatan gotong royong ini berlangsung pada setiap hari sabtu di lingkungan warga sekitar KBA Lenggoksono dan satu bulan sekali diadakan gotong royong membersihkan area pantai Lenggoksono. 

Selain untuk mejaga kebersihan lingkungan, kegiatan gotong royong ini juga bermanfaat untuk merekatkan tali kekeluargaan antar masyarakat. Bagaimana? sangat menarik bukan ide-ide yang dilakukan mas Agung Triono dalam pembentukan KBA Lenggoksono.

Permasalahan lingkungan yang sulit untuk dipecahkan dan dipertahankan ini rupanya dapat dilakukan mas Agung bersama masyaarakatnya kurang dari waktu 1 tahun dan terus berjalan hingga kini. Perbaikan kebersihan lingkungan memang sangat penting untuk diprioritaskan, apalagi mengingat dampak dari permasalahan lingkungan dapat mengancam kesehatan kesehatan masyarakatnya. 


0 Response to "Semangat Perubahan Lingkungan Berseri di KBA Lenggoksono"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed