-->

Rangkuman pohon Cempaka - Michellia Champaca L.



CEMPAKA - Michelia champaca L.

Cempaka tumbuh liar di hutan yang agak biasa di Nepal, India dan Birma. Banyak ditanam di India dan di seluruh kepulauan Indonesia. Tumbuh baik pada ketinggian sampai 1200 m dpl.

Cempaka atau Michelia champaka termasuk dalam suku Magnoliaceae. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sampai 50 m dan diameter 50 cm. Batangnya lurus, bulat dan tidak berbanir. Kulit batangnya halus, berwarna coklat keabu-abuan, berlentisel banyak yang tersusun melintang. Tajuknya agak jarang dan agak melebar, dengan percabangan yang tidak teratur. Daunnya tunggal, berseling, berbentuk langset yang agak melebar, berukuran sedang dan berbulu halus pada permukaan bawahnya. Bunganya berwarna kuning tua, harum, berukuran agak besar dan dalam untaian yang tumbuh pada ketiak daun. Buahnya agak bulat, berwarna hijau yang kemudian menjadi coklat, tersusun dalam untaian bijinya berwarna merah tua. jenis ini berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

Kayunya mempunyai kelas keawetan II dan kelas kekuatan III. Dilaporkan bahwa kekuatan kayu ini ada hubungannya dengan kehadiran senyawaan kimia yang rasanya pahit dalam kayu. Kayu Cempaka dapat digunakan sebagai bahan bangunan, papan, mebel, panel perahu dan peti. Pepagannya sering digunakan sebagai ramuan obar demam. Demikian juga daun dan bijinya, Minyak cempaka yang biasa di ekspor dihasilkan dari daunnya.


Sumber informasi:
Kayu Indonesia (Lembaga Biologi Nasional - LIPI)
garden plants 

0 Response to "Rangkuman pohon Cempaka - Michellia Champaca L."

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed