-->

8 Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Paling Instragamable dan Wajib Dikunjungi

8 Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Paling Instragamable dan Wajib Dikunjungi - Banyuwangi adalah kota diujung timur pulau jawa yang mana destinasi-destinasinya sudah terkenal hingga ke dunia pariwisata internasional. Menjadi kota tempat penyeberangan kapal menuju Bali, tentunya banyak wisatawan yang sering menuju Banyuwangi saat mereka sedang di pulau Bali sekalipun.

Di balik kebudayaan osing yang masih kental disana, destinasi bernuansa alam yang sangat menarik perhatian dan instagramable ada di kota ini. Contohnya saja pesona tanah gersang Little Africa (Taman Nasional Baluran), fenomena alam mengagumkan blue fire di kawah gunung Ijen, pesona wisata perairan tersembunyi yang menenangkan di Teluk Ijo, hingga pantai yang menjadi tujuan para surrfer berselancar juga ada di Banyuwangi.

Kesigapan pengelolaan wisata di Banyuwangi yang sangat di perhatikan oleh pemerintah dan masyarakatnya membuat destinasi disini sudah sangat terawat dan sangat ramah untuk dikunjungi pata wisatawan. Mulai dari wisata religi, air terjun, pantai, gunung semuanya ada di kota ujung pulau Jawa ini. Makanya banyak traveler luar dan dalam negeri, influencer, hingga artis dan tokoh papan atas lain yang kerap menjadikan Banyuwangi sebagai tempat kunjungan wisata mereka. Nahh diantara banyaknya deatinasi wisata di Banyuwangi kali ini Lets Go Hiking akan memberikan rekomendasi  7 tempat destinasi wisata ya g sangat fenomenal, instagramable, dan wajib sobat hiking kunjungi saat di Banyuwangi.

1. Gunung Ijen

Menjadi lokasi pertambangan belerang terbesar di Indonesia, rupany Gunung Ijen juga berhasil menarik daya minat wisatawan untuk mengunjunginya. Dengan keindahan kaldera (kawah gunung) berwarna biru cerah, dan jalur pendakiannya yang cukup mudah dilalui oleh siapa saja, terutama masih tersedianya jasa angkutan becak pendaki yang disediakan warga sekitar.

Pesona alam Ijen terkenal dengan fenomena alam Blue Fire yang ada di sana, untuk melakukan pendakian disini. Wisatawan harus melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui https://tiket.bbksdajatim.org . Dengan biaya tiket yang terjangkau yaitu hanya dengan Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 100.000 untuk wisatawan asing, dan akses lokasi yang dapat ditempuh dari jalur Banyuwangi kota ataupun Bondowoso, pastikan destinasi wisata alam Kawah Ijen ini masuk kedalam daftar tujuan kalian saat di Banyuwangi.


Gunung kawah Ijen
sumber gambar


2. Air terjun Coklak

Terletak di Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun ini sangat cocok dikunjungi untuk kalian yang suka destinasi menantang terutama penjelajahan. Oiya sob, air terjun ini juga memiliki keunikan tersendiri, yakni memiliki bermacam macam warna air dan memiliki tebing-tebing yang indah. Hntuk mendatangi lokasi air terjun ini sobat harus menempuh jalan yang terjal dan agak jauh dengan berjalan kaki dan di beberapa titik diberi pagar bambu dan tangga, sebagai pegangan agar tidak tergelincir ke jurang, dengan estimasi perjalanan rata-rata 30 menit. Jadi pastikan fisik sobat hiking sangat baik ya sebelum mengunjunginya. Tenang saja sob, segala perjuangan hiking tadi akan terbayar saat kalian sampai di lokasi air terjun ini.


Air terjun Coklak
Sumber gambar


3. Baluran

Secara letak wilayahnya  Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, akan tetapi dengan jarak hanya 40 kilometer dari Banyuwangi dengan estimasi 1 jam perjalanan. Taman Nasional Baluran menawarkan destinasi unik yang jarang dijumpaj di tempat lain seperti savana bekol yang merupakan padang gersang yamg sering dijumpainya binatang liar seperti kerbau dan merak, Baluran juga menawarkan pesona pantai yang cukup indah, oiya perlu diperhatikan saat sobat di wilayab pantai haral jaga perbekalan sobat agar tidak diambil monyet ya, dan jangan beri makan juga monyetnya untuk menjaga kelestarian disana. Perairan di wilayah Baluran ini merupakan Selat Madura di utara dan Selat Bali di Bagian Timur.

Menjadi Taman Nasional Tertua di Indonesia beberala objek yang dikenal dari baluran antara lain Evergreen yang merupakan lorong hutan hijau yang lebat dan alami, Savana Bekol padang gersang seperti di tanah tandus yang mana ini menjadi cikal bakal penyebutan Taman Nasional Baluran sebagai little africa atau sepenggal kecil daratan Africa di tanah Jawa, dan yang terakhir Pantau Bama atau sebuah pantai berwarna biru dengan pasir putih dengan ombak dan angin yang tenang sehingga membuat wisatawan akan betah berlama-lama saat di lokasi ini.


Taman Nasional Baluran
Sumber gambar


4. Bangsring Underwater

Bangsring Underwater atau yang sering disebut "Bunder" oleh masyarakat sekitar adalah destinasi wisata alam berbasis konservasi terumbu karang di wilayah perairan selat Bali. Oleh karena itu pula pada tahun 2017 tempat ini mendapatkan penghargaan kategori Penyelamat Lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Salah satu ikonik dari Bangsring Underwater adalah terdapatnya rumah-rumah yang terapung di seluas 27 kali 7 meter. Disini juga telah tersedia fasilitas penyewaan kano (17 buah) dan banana boat (4 buah) yang dapat sobat gunakan untuk berkeliling disana. Oiya sob, Rumah Apung Bangsring itu merupakan tempat penjinakan ikan hiu yang ditempatkan dalam beberapa keramba berukuran 3x3 meter. Untuk lokasi keramba hou ini sendiri terletak agak jauh dari pantai yaa, karena tentunya agar membuat hiu disana hidup dengan nyaman. Sobat hiking juga bisa ko menikmati sensasi diving atau free diving di sana.

Seperti dalam namanya "underwater", Snorkeling adalah salah satu aktivitas utama yang menjadi daya tarik khusus para wisatawan yang berkunjung di sini, terutana karna kejernihan airnya dan kedalaman karang yang dangkal ditambah dengan keragaman hayati bersama berbagai jenis biota laut, bangsring menjadi spot favorit penggemar diving. Untuk sobat yang baru pertama kali akan mencoba sensasi snorkling tenang saja sob, karena disini juga tersedia pemandu yang siap membimbing sobat untuk snorkling dengan aman.

Fasilitas di tempat ini juga sudah cukup lengkap untuk melengkapo perjalanan sobat disini, diantaranya ada gazebo, penyediaan alat snorkeling, kamera underwater, kano, banana boat, hingga chasing waterproof. Oiya penyewaan perahu tradisional juga dapat sobat pilih untuk melanjutkan perjalanan ke pulau Tabuhan.

Lokasi Objek Wisata Bangsring Underwater berada sekitar 20 kilometer ke utara dari Kota Banyuwangi. Rute terbaik untuk ke sana adalah dari Stasiun Banyuwangi Baru. Kemudian jika naik bus, bisa melanjutkan ke Terminal Sri Tanjung dan naik bus jurusan Situbondo kemudian turun di jalan raya Bangsring, dari jalan raya lokasi pantai masih 1,5 kilometer lagi ya sob.

Update awal tahun 2021 harga tiket masuk dan segala keseruan di Bangsring bisa disimak pada tabel berikut. 

Bangsring Underwater


Bangsring Underwater
Sumber gambar


5. Gunung Raung

Gunung Raung adalah gunung dengan ketinggian 3.332 M dpl yang memiliki 2 jalur pendakian yaitu jalur klasik/lama (via Sumberwringin Bondowoso) dan via Kalibaru. Untuk menikmati jalur pendakian yang memiliki predikat jalur terekstream di pulau jawa, jalur pendakian via Kalibaru (Banyuwangi) adalah pilihan yang tepat. Jalur via kalibaru akan mengajak sobat untuk melintasi jalan setapak yang dikenal dengan "jalur siratal mustaqim gunung Raung).

Untuk menikmati pendakian gunung via Kalibaru, sejak tahun 2017 para wisatawan diwajibkan menggunakan jasa guide yang ada disana, terutama karena medan yang sangat ekstream dan memperlukan perlengkapan safety climbing (karmantel, helmet etc.)

Biaya yang diperluhkan untuk mendaki disini juga cukup murah, untuk guide dan porter sendiri biasanya berkisar diharga Rp 350.000 - Rp. 600.000 tergantung fasilitas yang sobat inginkan dan jumlah personel pendakian.

Untuk mendaki gunung ini diperluhkan waktu lebih kurang 3 hari ya sob. Oiya sob, pastikan jangan lupa menikmati sensani kopi gunung Raung dan pastikan membawanya juga sebagai buah tangan untuk keluarha dan teman.


Gunung Raung
Sumber gambar


6. Pulau Merah

Terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggerahan, Pantai Pulau hu Merah atau yang biasa disebut "puli merah" terletak sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi. Dengan garis pantai sepanjang 3 km dengan pasir putih bersih dan ombak yang bisa mencapai 5 meter, selain menjadi destinasu wisata keluarga atau kopi darat, tempat wisata ini menjadi primadona tersendiri bagi penggemar surfing, untuk sobat hiking yang ingin berselancar tapi belum bisa tenang saja yaa sob, karena disini juga terdapat jasa pemandu dan pembimbing yang siap mengajari sobat.

Penamaan merah sendiri diambil karena pasir pantai yang terlihat agak kemerahan saat sore hari, Alasan penamaan pulau merah lainnya adalah adanya sebuah bukit yang memiliki tanah berwarna merah. Selain itu ikonik lain dari tempat ini adalag sebuah bukit besar yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Nama ini adalah nama baru dari pergantian sebelumnya dengan nama "Pantai Ringin Pintu".

Pulau merah juga dapat menjadi destinasi tujuan bagi kalian yang gemar camping (berkemah) di pantai, terutama bagi pemburu golden sunset, tempat ini adalah wisata yang sangat sesuai. Memandang pulau mereh sebagai salah satu ikonik wisata pantai di Banyuwangi, fasilitas disini juga sudah sangat sob, diantaranya ada gazebo, warung camilan, penyewaan papan selancar, kamar bilas, wc, mushola, tempat parkir, camp area dsb. Dengan jam operasional mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore dan buka setiap hari, berikut adalah tabel estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati berwisata disini.


Pulau Merah
Sumber gambar


7. Teluk Ijo (Green Bay Banyuwangi)

Wisata alam eksotis yang masih jarang banyak orang ketauhi ini terletak di dalam area Taman nasional Meru Betiri, Sarongan-Pesanggrahan. Berada sekitar ±90 Km dari pusat kota Banyuwangi, rute yang dapat sobat ambil untuk menuju lokasi ini adalah melalui Pesanggrahan-Sarongan-Sukamade. Sementara dari arah Jember sobat bisa melakukan perjalan melalui gumitir, Kalibaru, Glenmore, dan genteng sampai tiba di persimpangan genteng kulon. Ikuti jalur menuju pantai Rajegwesi, dan kendaraan pribadi diparkir disanayaa sob karena untuk menuju pantai teluk hijau ini sobat hiking  harus berjalan kaki dahulu kira-kira 1 km.

300 m sebelum tiba di Teluk Ijo (Green Bay) nanti sobat hiking akan menemui pantai batu, penamaan ini dikarenakan tidak seperti pantai pada umumnya yang pesisirnya adalah pasir, disini adalah batu-batu kecil yang cukup panjang. Selain itu bonus lain saat sobat berkunjung ke Teluk Ijo adalah adanya air terjun mini setinggi 8 Meter.

Biaya tiket yang harus sobat keluarkan untuk mengunjungi Green Bay ini adalah Rp  5000 untuk hari Senin-Jumat dan Rp 7500 untuk weekend.

Dengan adanya fasilitas toilet dan mushola, dan melihat kondisi geografis wilayah yang cukuo terbuka dan beberapa titik dengan vegetasi rapat beragam aktifitas yang dapat sobat hiking lakukan saat berkunjung disini adalah bermain air (tidak disarankan bermain terlalu jauh dari pantai ya sob, karena ombak disini arus baliknya cukuo kuat), dapat juga berjemur, berkunjung ke pantai Batu, bermain air di air terjun mini, dan untuk aktifitas caming sendirj memang saat ini sudah diperbolehkan namun pengunjung memerlukan ijin terlebih dahulu yang dapat kalian minta di sekretariat disana.


Teluk Ijo (Green Bay Banyuwangi)
Sumber gambar


8. Air Terjun Jagir

Air terjun jagir ini berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Keunikan air terjun ini adalah berbeda pada air terjun pada umumnya yang memiliki akses cukup sulit dan biasanya jauh dari pusat kota, air terjun ini hanya terletak ±13 km dari pusat kota Banyuwangi. Hal menarik lainnya dari air terjun ini yaitu terdapat tiga air terjun di satu kawasan. Dengan 2 air terjun diantaranya bahkan berdekatan yang sering disebut dengan air terjun kembar. Sedangkan satu air terjun lainnya berjarak 300 meter di sebelah barat air terjun kembar. Air terjun ini lebih tinggi dari air terjun kembar, dan berasal dari hulu air yang berbeda. 

Dikelolah oleh masyarakat sejak 2016, saat ini fasilotas wisata disini sudah cukup lengkap yaitu toilet umum, kamar ganti, mushola, tempat parkir sepeda motor dan mobil, dan warung-warung camilan. Dengan jam buka setiap hari mulai pagi sampai sore, biaya yang harus dikeluarkan sobat untuk mengunjungi air terjun ini juga sangat murah yakni Rp 5.000 untuk tiket masuk pribadi, dan Rp 3.000 untuk parkir kendaraan. Lokasinya yang sangat dekat dengan pusat kota tentunya destinasi ini dapat menjadi tujuan dadakan untuk melepas penat sobat hiking.


Air Terjun Jagir
Sumber gambar




1 Response to "8 Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Paling Instragamable dan Wajib Dikunjungi"

  1. Blognya hiking ... bagus utk wisata ini ... Mampirlah ke blog sy MindaFilm.com Terima kasih ...

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed