-->

9 Misteri Lautan di Dunia yang Penuh Tanda Tanya dan Misteri

 


Lautan adalah bagian terbesar yang melapisi seluruh Bumi, bahkan lautan mendominasi 70% bagian di bumi, dan hanya 30% nya saja daratan si bumi. Dengan luas lautan yang sangat luas ini sobat jangan heran jika masih sangat banyak bagian laut yang belum ter-ekspos dan menyimpan banyak misteri yang belum diketauhi manusia.

Sebagai tempat yang menyimpan berbagai keindahan laut juga kerap digunakan manusia sebagai tempat olaraga dan berwisata, kekayaan laut juga membantu kehidupan manusia melalui keanekaragaman hayati yang dapat dikonsumsi manusia.

Lautan adalah wilayah perairan yang memilki kedalaman sangat dalam. Karena kedalamannya, laut dibagi menjadi 4 bagian berdasarkan kedalamannya yaitu Laut zona litoral (lithoral), Laut zona neritik (neritic), Laut zona batial (bathyal), Laut zona abisal (abysal).  Nah kali ini LetsGoHiking akan memberikan informasi mengenai 9 misteri lautan di dunia yang dapat menambah wawasan dan pengetauhan sobat.


1. Benda Misterius di Laut Baltik

Pada tahun 2011 ada penjelajah di laut menemukan suatu hal yang sangat aneh, yaitu objek lonjong misterius di dasar Laut Baltik. Objek yang berada di kedalaman 914 meter ini dipindai dengan menggunakan cahaya sonar, hasilnya pun mengejutkan. Penjelajah mendapat bentuk aneh yang sama sekali tidak natural. Teori-teori konspirasi mulai bermunculan, teori paling ramai diperbincangkan tentang penemuan ini adalah anggapan mengenai jejak alien di bumu. Selain itu ada pula yang mengatakan itu adalah teknologi perang rahasia.


2. Monumen Yonaguni di Jepang

Penemuan ini bermula dari sebuah penjelajahan dalam misi mencaru hiu martil di Samudra Pasifik, alih-alih menemukan hiu martil yang dicari, mereka rupanya menemukan sesuatu yang sangat misterius dan mengagumkan. Penemuan itu adalah Monumen Yonaguni yang terletak di dekat negara Jepang. Monumen itu terlihat seperti bangunan kuno yang terbuat dari batu. Panjangnya 50 meter dan lebarnya 20 meter.

Dalam penemuan yang menggemparkan ini, masyarakat masih menyakini bahwa monumen itu adalah buatan manusia dan tanpa ada teori konspirasi lain. Sedangkan menurut para ahli, Monumen Yonaguni sudah berusia lebih dari 9.000 tahun. Tetapi tidak ada yang tahu darimana asalnya dan mengapa bangunan tersebut bisa tenggelam.


3. Palung Mariana 

Jika sobat mempunyai pertanyaan dimana letak perairan di laut atau samudra yang terdalam? Maka palung Mariana dapat menjadi jawaban dari pertanyaan sobag. Palung Mariana berkedalaman mencapai 11.034 meter. Bahkan palung Mariana bisa menenggelamkan Gunung Everest yang tingginya 8,8 ribu meter. Dan ada apa disana? Hingga saat ini, belum ada yang bisa menjelajahi kedalaman Mariana. Penjelajahan paling jauh yang bisa dieksplorasi yaitu sampai kedalaman 2,13 ribu meter saja. Bukan tanpa sebab, tekanan air yang sangat besar dan lokasinya yang sudah 0% cahaya matahari masuk kesana, untuk saat ini belum ada teknologi yang mampu untuk melakukan eksplorasi di tempat berbahaya ini.


4. Misteri Kraken 

Kraken adalah monster laut kuno yang beredar dilegenda dunia, khususnya di negara Yunani dan Norwegia. Bentuk makhluk tersebut menyerupai gurita tetapi ukurannya besar. Namun apakah makhluk ini nyata? Dilansir List 25, seorang pelaut Jepang mencoba mencari Kraken di Samudera Pasifik. la berhasil menemukan cumi-cumi besar tetapi itu bukan Kraken. Kira -kira Kraken benar ada atau tidak?


5. Sungai Misterius di Dasar Laut di Meksiko

Penemuan sungai di dasar Laut Meksiko pada tahun 2017 membuat heboh masyarakat luas khususnya diwilayah perairan Meksiko. Masyarakat menamainya Cenote Angelita yang artinya bidadari kecil. Sungai yang menghebohkan masyarakat ini berkedalaman 35 meter di bawah permukaan laut. Uniknya lagi  sungai misterius Cenote Angelita ini memiliki tumbuhan dan pepohonan di pinggirnya. Arusnya juga mengalir dengan normal Terdapat air tawar dan air asin di area yang berbeda, anomali ini sulit dijelaskan. Peneliti belum memilikijawaban mengapa ada sungai di bawah laut.


6. Segitiga Bermuda 

Miami, Bermuda, dan Puerto Rico, ketiga titik ini membentuk segitiga kira-kira 440.000 mil persegi laut yang telah menghilangkan lusinan kapal dan pesawat. Meskipun cuaca sedang baik, tetapi kawasan ini tetap membuat kapal dan pesawat yang melintas menghilang. Ketika Christopher Columbus berlayar dan melewati Bermuda Triangle saat pelayaran pertamanya menuju New World,ia mengatakan ia melihat api besar, yang diperkirakan itu adalah meteor jatuh ke laut, diikuti cahaya aneh dari kejauhan beberapa minggu setelahnya.

Dalam seratus tahun, setidaknya seribu nyawa, 75 pesawat, serta ratusan kapal yang hilang ketika melintasi area ini dengan rata-rata ada 4 pesawat terbang dan 20 yacht yang hilang setiap tahunnya di lokasi misterius ini. Sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiah yang memastikan fenomena laut ini.

7. Devil's Sea 

Selain Bermuda Triangle, terdapat kawasan dekat pantai di Jepang di Samudera Pasifik bernama Devil's Sea. Dikatakan The Great Khan dari kekaisaran Mongolia dan juga cucu dari Genghis Khan berupaya untuk menguasai dan memajukan Jepang pada tahun 1274 dan 1281. Namun upaya memajukan Jepang tersebut rupanya gagal karena mereka harus kehilangan banyak kapal dan 40.000 awak ketika berusaha melewati kawasan ini. Legenda kuno mengatakan bahwa tempat ini hidup naga raksasa yang bersembunyi di bawah perairan, dan mitosnya mereka mengintai aktivitas di perairan ini.


8. Ditemukannya Bola Mata Besar di Pantai Florida 

Bola mata raksasa ditemukan di pinggir pantai Pompano, Florida. Bola mata ini ditemukan oleh seorang Beachcomber, orang yang mencari dan mengamati benda-benda menarik di pantai dan kemudian memberikan penemuannya ke Florida Fish and Wildlife Conservation Commission. Carli Segelson, juru bicara Fish and Wildlife Research Institute di St. Petersburg Florida menuturkan  kepada NBC News jika para ilmuwan melakukan tes genetik untuk mendapat jawaban dari misteri ini dengan agar mengetahui asal mata raksasa itu. la juga mengatakan dugaan mengenai asal muasal bola mata tersebut berasal dari ikan yang berukutan sangat besar.

Menurut Robert L. Pitman, ahli biologi kelautan di Nation al Fisheries Service di La Jolla, California, mengatakan bisa jadi mata tersebut milik cumi-cumi atau hewan apapun yang matanya besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata tersebut memiliki tulang sehingga tidak mungkin itu cumi-cumi. Sampai saat ini belum teridentifikasi hewan jenis apa itu. Bisa dibayangkan hewan apa yang besar bola matanya sampai digenggam kedua tangan manusia?


9. Kereta Misterius Yang Tenggelam

Telah ditemukan kuburan kereta api lokomotif langka tahun 1850-an dekat pantai New Jersey terletak 90 kaki di bawah air. Asal-usul kedua lokomotif ini masJh misteri. Tidak ada sejarah kapan mereka dibuat, dan juga tidak ada sejarah yang mengatakan kereta api tersebut hilang. Jenis kereta api ini adalah Planet Class 2-2-2 T yang sangat langka dan telah berhenti diproduksi setelah tidak lama diJuncurkan. Kabarnya, lokomotif ini diangkat ke permukaan laut untuk diteliti.


0 Response to "9 Misteri Lautan di Dunia yang Penuh Tanda Tanya dan Misteri"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed