-->

Perlengkapan Tidur (Sleeping System) Mendaki Gunung, Kunci Tidur Nyenyak

Perlengkapan Tidur (Sleeping System) Mendaki Gunung, Kunci Tidur Nyenyak - Setelah mengalami kelelahan sepanjang hari tentunya istirahat dalam tidur menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk mengistirahatkan lelah itu. Namun jangan lupa kalau kita sekarang sedang berada di gunung, bukan di rumah. Kita berada di tempat dingin, bukan tempat hangat apalagi yang kita bisa atur sendiri udaranya dari AC. Kata siapa kita tidak bisa tidur nyenyak selama mendaki gunung. Simak berikut ini jika kalian belum pernah dan ingin merasakan tidur nyenyak digunung.

1. Komponen sleeping system



Sama seperti layering system dalam berpakaian. Tidur pun memiliki beberapa komponen yang terpenuhi agar tercipta kondisi tempat tidur yang sangat nyaman selama digunung, komponen itu terdiri dari: Ground Sheet, sleeping pad, Sleeping Bag or Quilt, backliner, clothes and pillow

Ground sheet : lembaran (footprint) yang melindungimu dari alas utama tenda dan kelembaban akibat kondensasi yang ada. Meskipun dalam tenda sudah memiliki alas yang langsung bersentuhan dengan tanah tentunya masih diperluhkan untuk menambahkan lapisan lagi yang sebagai pelindung karena tentunya lapisan yang bersentuhan dengan tanah itu pasti bakal terasa dingin. Biasanya para pendaki sering melapisi dengan footprint ataupun matras.

Sleeping pad: Ini adalah barang penting yang sering diabaikan oleh penggiat hikking karena harganya yang cukup mahal. Sleeping pad ini memumpuni dua tujuan utama: dilain sisi yang sudah terlihat akan kelebihan utama yaitu dari sisi kenyamanan, sleeping pad sendiri memberi jarak batasan lebih tinggi dari tanah ataupun groundset yang kita gunakan, hal itu membuat badan kita lebih tinggi dari meredam dingin yang timbul dari tanah lebih baik dari matras biasa.



Sleeping Bag and qluit: sebut saja sebagai isolasi antara Anda dan udara. Bagian yang memberikan perangkap bagi udara. Lapisan outter sleeping bag pun di harapkan memiliki kemampuan anti angin sehingga udara tidak dapat keluar masuk dari semua sisi. Tentunya hal itu akan membuat tidur anda menjadi  hangat. Bahan isolasi yang memiliki kualitas terbaik dan menjadi bahan utama bagi sleeping bag dari berbagai merk ternama
adalah bulu angsa dan microfiber.


Bag Liner : ketika ada kemungkinan malam yang sedikit lebih dingin dan masuk menembus sleeping bag, anda dapat memberi lapisan lainya seperti menggunakan alumunium foil atau semacam thermal bivy untuk meng karungi sleeping bag mu, tentunya selain membuat lebih hangat hal itu dapat menjaga sleeping bag anda tetap bersih.


Pakaian :  dapat memberikan kenyamanan (kehalusan) yang dirasa dalam kulit dan dapat berfungsi dengan baik selama pakaian Anda bersih dan kering. Mengenakan pakaian basah, kotor, dan berkeringat ke tempat tidur tentunya bukanlah hal yang baik dan membuat tidur anda tidak akan nyaman lagi. Lapisi semua bagian dengan pakaian halus termasuk kaos kaki, sarung tangan dan kupluk tentunya membuat anda merasa lebih nyaman.

Bantal : mengisi beberapa pakaian lembut dalam tas kecil menjadi bantal yang bagus, kecuali jika Anda mengenakan semua pakaian Anda. Kalau tidak, ada banyak bantal tiup ringan yang tersedia yang dapat membuat istirahat malam yang jauh lebih nyaman.

2. Memilih sleeping bag yang tepat


Meskipun sleeping bag dapat dikatakan sebuah kantong tidur tentunya kita perlu mempertimbangkan hal-hal di dalamnya. Mulai dari lapisan isolasi sleeping bag anda dapat memilih yang menggunakan material bulu angsa atau micro fiber untuk kehangatan yang lebih baik dari pada lapisan dacron ataupun polyester.
Kalau dapat di lakukan juga pilihlah sleeping bag yang memiliki resleting body sehingga anda masih dapat bergerak leluasa di sleeping bag anda. Serta carilah sleeping bag yang memiliki resleting karena tentunya tidur dengan keadaan panas juga bukan hal baik jadi anda dapat menjaga sirkulasi udara dari lubang resleting atau zipper itu.

3. Kebiasaan sebelum tidur


Sama seperti dirumah kita jangan tidur langsung setelah makan, hindari alkohol, hindari kafein sebelum tidur karena di gunung pun segala bentuk keselamatan harus kita jaga.tidue lah dengan posisi yang menyehatkan dan anda merasa nyaman. Matikan lampu dalam tenda ketika hendak tidur dan yup intinya adalah segala gaya hiduo sehat yang terealisasikan diatas gunung.

0 Response to "Perlengkapan Tidur (Sleeping System) Mendaki Gunung, Kunci Tidur Nyenyak"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed