-->

7 Makhluk Mitologi Indonesia yang Fenomenal


Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai kekayaan di dalamnya. Kekayaan di Indonesia sangatlah beragam, mulai dari sisi alam, manusia bahkan kepercayaannya. 


Di balik kekayaan Indonesia pada penyebaran atas keberagaman suku dan ras-nya tentu saja akan tercipta juga berbagai kepercayaan lainnya. Kepercayaan tidak hanya berupa kepercayaan akan sesembahan. Mitos dan legenda juga merupakan bentuk pengembangan dari suatu kepercayaan, salah satu objek mitos ataupun legenda yang ada adalah makhluk mitologi. 


Makhluk mitologi adalah mahluk yang keberadaan didasarkan pada cerita-cerita kuno yang tumbuh ditengah-tengah masyarakat sejak masa lampau. Makhluk mitologi sendiri sering kali digambarkan sebagai sosok yang sangat unik dan berbeda dari makhluk lain pada umumnya ntah itu pada ukurannya, bentuk dan postur hingga kebiasaannya yang terkadang dipercaya cukup menyeramkan.


Cerita keberadaan makhluk mitologi sendiri hanya berkembang di beberapa kawasan tertentu dari cerita turun temurun setempat, oleh karena itu sering kali keberadaan makhluk ini hanya dipercaya oleh masyarakat pada ruang lingkupnya saja. 


Bukti keberadaannya sendiri sangatlah minim, selain dari mulut kemulut keberadaanyaa hanya berupa pandangan personal tanpa saksi mata lain ataupun bukti video maupun gambar sehingga bukti tersebut tidak dapat digunakan untuk memberikan keyakinan luas terhadap keberadaannya.


Beberapa makhluk mitologi keberadaanya dipercaya masih ada hingga sekarang, namun karena mahluk ini biasanya dihubungkan dengan hal mistis lainnya ataupun sifatnya yang sangat tersembunyi menjadikan mahluk ini sangat sulit untuk diteliti kebenarannya. 


Bentuk dari mahluk legenda ini biasanya berbentuk seperti hewan mulai dari primata, aves ataupun binatang air. Beberapa cerita makhluk lainnya juga menjabarkan mengenai bentuk yang merupakan hasil perpaduan beberapa jenis binatang. 


Diantara banyaknya makhluk mitologi yang lahir dari berbagai daerah, berikut adalah 7 makhluk mitologi yang ada di Indonesia.


1. Aul

Aul rnerupakan makhJuk yang kabarnya hidup di sekitar     lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah. Konon, Aul      dahulunya merupakan manusia sakti yang bisa menyatukan kembali anggota tubuhnya yang lepas. Suatu hari, ia dipenggal oleh seseorang di pinggirjurang. Karena    jatuh terlalu dalam, kepala Aul nggak bisa dlambil.    Akhirnya,ia menggantinya dengan kepala serigala.


2. Ebu Gogo

Di Flores ada makhluk menyerupai manusia purba yang     tingglnya taklebih dari 1 meter dan seluruh tubuhnya  tertutup bulu. Mulutnya besar, Ndungnya Iebar, tellnganya  sedikit menjulur, dan jalannya klkuk. Seiring bertambahnya Jumlah penduduk makhluk Ini perlahan punah. Dalam Bahasa  Flores Tengah Ebu artlnya nenek, sedangkan Gogo artinya makan apa aja. Walaupun Ebu Gogo bisa makan apa pun, tapi makanan favorttnya adaiah bayi manusia.


3. Leak

Makhluk mitologi yang satu ini kerap muncul dalam klsah- kisah di masyarakat Bali dan digambarkan sebagai penguasa roh-roh jahat. Menurut masyarakat Ball, Leak adalah seorang  manusia yang mempraktekkan ilmu hitam. Di saat matahari   maslh nampak, ia hanya seorang manusia biasa. Namun ketika malam telah tlba, kepaJa dan isl tubuhnya memisahkan diri dari tubuhnya guna mencari bayi untuk dlmangsa.


4. Nabau

Berdasarkan legenda Suku Dayaklban dI Kallmantan,  ada hewan mirip ular berukuran super besar yang  hldup dI dalam hutan. Nabau serlng dlsebut punya  lebar tubuh sebesar bedug masjid dengan panjang sekitar 30 meter. Hewan inl katanya bukan makhluk biasa karena punya kekuatan supernatural.


5. Orang Pendek

Makhluk yang katanya beneran ada ini hidup di pedalaman  hutan Taman Nasional Kednci Seblat, Sumatra. Tubuhnya dlpenuhi bulu berwama abu-abu, cokelat, atau hitam. Sama   kayak hewan primata lainnya, Orang Pendek termasuk    pemakan segala. Orang Pendek disebut-sebut punya  kekuatan super yang bisa memotong sulur rotan dengan tangan kosong dan menarlk pohon sampal ke akar-akarnya.


6. Ahool

Di Pulau Seram, masyarakatnya percaya akan keberadaan makhluk menyerupai manusia atau primata yang bersayap dan hobi menculik anak kecil saat malam. Makhluk ini dlkenal    masyarakat Pulau Seram sejak abad ke-15. Menurut mereka, Orang Ball hidup di dalam gua-gua gunung apl non aktif. Berdasarkan deskdpsl mereka, makhluk Inl tlngglnya sekitar 160 cm dan punya kulit merah dengan sayap hitam.


7. Orang Gadang

Orang Gadang adalah makhluk mitos yang berasal dari Sumatra. Dengan tInggl hlngga 12 sekitar meter, makhluk inl sering dlsehut juga sebagai Bigfoot atau Yeti-nya Indonesia. Sudah banyak laporan darl orang-orang yang ketemu sama   Orang Gadang. Makan pokoknya tumbuh-tumbuhan dan pemalu kalau bertemu dengan manusla. Makanya makhluk ini lebih sering keluar sarang di malam hari.







0 Response to "7 Makhluk Mitologi Indonesia yang Fenomenal"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed