-->

9 Jenis Topi / Pelindung Kepala Untuk Mendaki Gunung

Jenis-jenis topi (aksesoris dan pelindung kepala) untuk kegiatan outdoor (mendaki gunung)

Selain untuk keindahan semata, setiap perlengkapan outdoor harus memiliki fungsi pendukung lainnya seperti keamanan. Bahkan untuk aksesoris kepala atau topi sekalipun tentunya untuk lebih mendukung kegiatan outdoor kita, hal sesederhana itupun harus kita perhatikan. Berikit adalah jenis-jenis aksesoris kepala untuk kegiatan outdoor (hikking/mendaki gunung)


1. Ordinary Hat (topi biasa)


Topi adalah aksesoris kepala yang sering di gunakan oleh para pegiat olaraga apapun, lebih dari sekedar aksesoris topi rupanya dapat berfungsi sebagai penghalang sinar matahari yang menuju mata sehingga mata akan terlindungi dengan bayangan dari topi. Dalam kegiatan hikking topi juga dapat melindungi kepala dari goresan ranting serta menjaga kebersihan rambut dari debu.


2. Folding hat


Selain hanya sekedar pelindung kepala sekarang banyak bermuncuk ide-ide baru meski untuk sekedar topi seperti pada pergantian bahan yang menggunakan material lebih ringan dan lebih ringkas yang tak mengurangi fungsi sedikitpun. 

Seperti folding hat yang merupakan topi yang sangat ringan dan dapat di lipat, kita bisa menyimpan topi ini saat tidak digunakan dengan tidak memakan banyak ruang tentunya (jika tidak di gantung).


3. Jungle hat (topi rimba)

Lebih dikenal dengan topi rimba, model yang hampir mirip fishermasn hat ini memiliki pembeda pada ukuran sayap topi yang tergolong lebih lebih membuka serta material yang lebih tebal.


4. Fisherman hat

Sama dengan topi lain yang memiliki fungsi melindungi wajah dari paparan sinar matahari, namun fisherman hat juga melindungi seluruh sisi kepala dari sinar matahari, bahkan untuk ukuran yang besar, fisherman hat dapat melindungi leher bagian belakang juga dari sinar matahari. 

Fisherman hat juga dilengkapi lock rope yang menyesuaikan besar kepala pengguna sehingga tak perlu takut terbang saat terkena angin kencang


5. Sunvisor hat

Sama seperti halnya topi yang berfungsi sebagai pelindungi wajah dari sinar matahari langsung melalui bayangan topi.

 sunvisor hat juga memiliki fitur untuk menutup wajah penggunanya dengan kain sehingga menyisakan bagian matanya saja, hal ini tentunya dapat melindungi debu yang akan masuk ke mulut ataupun hidung.


6. Kupluk beani

Selain melindungi kepala dari sinar matahari, aksesoris kepala lainnya yang tak kalah modis adalah kupluk. Tak hanya di gunung pun, sama seperti topi pada umumnya kupluk sering kita lihat juga digunakan di wilayah perkotaan sekalipun.

Berbeda dengan kebanyakan jenis topi yang melindungi wajah dari paparan sinar matahari, kupluk melindungi kepala hingga telinga dari dinginnya udara. Jadi selain untuk berkegiatan, kupluk ini juga menjadi opsi yang bagus untuk tambahan alat tidur agar kepalamu menjadi lebih hangat


7. Winter heater hat

Lebih di kenal sebagai topi musim salju topi ini memberi kehangatan untuk kepala penggunanya. Topi ini pun memiliki ukuran yang sangat panjang bahkan selain menutup telinga, topi ini juga memberikan kehangatan hingga bawah telinga.

Tak hanya itu, beberapa jenis topi ini pun masih dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari.

Sesuai dengan segala faktor pendukungnya, topi ini pun tergolong sangat mahal.



8. Polar hat

Selain winter heater hat, polar hat juga merupakan jenis topi yang dapat digunakan saat suhu dingin bahkan salju sekalipun. 

Dengan material polarnya yang lebih tebal dari kupluk beani dan model yang masih seperti topi pada umumnya, topi ini memberi perlindungan mulai dari mata akibat paparan sinar hingga menutupi telinga penggunanya.


9. Half dome helmet

Ini merupakan pelindung kepala (helm) yang cocok digunakan dalam kegiatan hikking. Selain ringan, helm ini pun tergolong cukup kuat untuk menghadapi pertimbangan resiko yang ada. 

Beberapa jenis carrier-pun memiliki fitur untuk meletakkan topi ini di luar carrier. Beberapa gunung-pun yang memiliki trek sangat menantang di wajibkan menggunakan helm seperti ini, contohnya Raung via Kalibaru. Selain di tempat yang mewajibkan 100% untum menggunakan ini, kalian juga boleh menggunakan helm ini di tempat-tempat yang sekiranya cocok untuk menggunakannya.


0 Response to "9 Jenis Topi / Pelindung Kepala Untuk Mendaki Gunung"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed