-->

Destinasi Campuhan Ridge Walk Bali: Spot Olaraga di Alam Termurah 2024

Destinasi Campuhan Ridge Walk Bali
Source Instagram _rumahhujan

Destinasi Campuhan Ridge Walk Bali (informasi rute, daya tarik, pesona) - Selain terkenal dengan keindahan pantai dan budayanya, rupanya keindahan di Bali masih banyak tersimpan di tempat-tempat yang tidak terpikirkan, seperti persawahan ataupun jalanan kecil di pedesaan Bali. Salah satu destinasi indah di Bali yang berada di wilayah pedesaan dengan landscape persawahan adalah Campuhan Ridge Walk, atau yang sering juga di sebut dengan Bukit Campuhan. Tempat ini merupakan jalanan kecil di perbukitan Desa Sayan, Ubud, Bali.

Jalanan setapak ini memiliki panjang kurang lebih 2 Kilometer dengan kondisi sekitar padang ilalang dan jurang di kiri dan kanannya. Oleh karena itulah banyak wisatawan yang selali menyempatkan diri untuk di berkunjung kemari saat berada di sekitar Ubud atau datang ke Ubud Monkey Forest. Para wisatawan yang datang kemari biasanya menghabiskan waktu dengan berfoto-foto ataupun berolaraga di sepanjang jalur trekkingnya.

Disclaimer: Isi artikel ini telah diperbarui pada 1 Maret 2024 agar tetap memberikan informasi yang sesuai 

Informasi Wisata Campuhan Ridge Walk

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Ubud pastinya sangat sayang untuk tidak mengunjungi destinasi ini saat di Bali, apalagi keindahan alamnya spektakuler dan tidak perlu membayar tiket masuk. Tertarik untuk data kemari?

Berikut rangkuman informasi dari destinasi Campuhan Ridge Walk yang dapat soat baca terlebih dulu sebelum beranjak mengunjunginya.


Daya Tarik Wisata Campuhan Ridge Walk

Setidaknya ada 2 jalur yang dapat wisatawan gunakan untuk menyusuri area ini. Jalur pertama adalah dari Pura Gunung Lebah yang lokasinya tidak jauh dari The Blanco Renaissance Museum. Kemudian dapat juga wisatawan melalui jalur dari arah utara Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang.

Harga Tiket Campuhan Ridge Walk Gianyar dan Jam Wisata

Sobat tidak perlu membayar tiket masuk apapun saat datang ke Campung Ridge Walk. Destinasi sampingan tujuan para wisatawan ini dibuka selama 24 jam. Namun, wisatawan kerap kali datang ke lokasi ini pada jam-jam tertentu yaitu pagi dan sore dimana pemandangan sunrise dan sunset dapat disaksikan dengan sangat indah. Datang kemari saat menjelang siang juga menjadi waktu yang bagus karena cahaya matahari yang sudah bersinar cerah tentunya dapat memperjelas foto kalian.

Keindahan Alam Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk adalah jalanan yang cukup ekstream dimana kanan dan kirinya adalah jurang. Jalan Campuhan Ridge Walk itu merupakan jalanan setapak sebagai pembelahnya. Keindahan lokasi san alam di jalan setapak inilah yang menjadikan lokasi ini kerap dikunjungi para wisatawan.

Di lokasi ini wisatawan akan disuguhkan indahnya pemandangan rumput ilalang yang sangat luas, tentunya panorama alam ini sangat cocok untuk penghilang stresa. Di lokasi rerumputan itu juga tidak terdapat banyak pohon, ada ada beberapa pohon kelapa yang berjarak dan tertata rapi. Berbeda dengan itu, pemandangan di luar area sabana, diisi oleh pepohonan yang rimbun dan tentunya udaranya juga sangat sejuk.

Meskipun berada di wilayah perbukitan dengan kanan kiri jurang, jangan pernah sobat pikirkan ini adalah jalur yang susah untuk dilewati, karena sejatinya jalur ini sangatmudah untuk di telusuri sepanjang jalannya. Elevasinya hanya sedikit menanjak dan sedikit menurun di sepankang jalur setapak.

Kemudian dibagian tengah bukit ini, menjadi salah satu spot foto favorit bagi para wisatawan yang datang kesana. Berfoto ria dengan pose  memegang floppy hat menjadi gaya andalan pengunjung perempuan saat disi. Karena lokasinya yang memiliki altitude cukup tinggi dan terbuka juga jangan kaget jika angin disini bertiup terus dengan sepoi-sepoinya.

Jalur Trekking Campuhan Ridge Walk

Untuk dapat sampai ke lokasi Campuhan Ridge Walk, sobat dapat melalui 2 jalur. Pertama kalian dapat melalui jalur dari Pura Gunung Lebah. Pura ini terletak tak jauh dari Museum Blanco. Dari sana, kalian berbelok melewati jalan paving block di Ibah Villa & Luxury Spa. Dari sini kalian hanya terus ikuti jalan hingga sampai di area jalur Bukit Campuhan.

Kemudian jika sobat mengawali perjalanan di Campuhan Ridge Walk melalui jalur Gunung Lebah Temple, kalian akan langsung menjumpai area dengan panorama padang rumput, ditambah dengan jurang di kanan dan kiri. Dari sini sudah dapat kalian temui beragam spot foto yang bagus, tapi jangan terburu-buru mengeluarkan kamera dan menghabiskan batre kalian karena lokasi terbaik untuk berswa foto adalah di tengah bukit Campuhan Ridge Walk.

Jalur kedua adalah dari Desa Keliki, Kec. Tegalalang, jalur ini dirasa para wisatawan dengan jalur yang lebih santai. Apalagi karena dijalur ini terdapat banyak cafe dan villa ditambah lagi dengan hamparan petak sawah yang mengisi keindahan disana. Dari area persawahan dan cafe ini jalur trekking menuju Campuhan Ridge Walk lebih kurang berjarak 800 meter.


Spot Sunrise dan Sunset Terbaik Bali

Setidaknya ada 2 jalur yang dapat wisatawan gunakan untuk menyusuri area ini. Jalur pertama adalah dari Pura Gunung Lebah yang lokasinya tidak jauh dari The Blanco Renaissance Museum. Kemudian dapat juga wisatawan melalui jalur dari arah utara Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang.

Menyusuri Sepanjang Jalur Campuhan Ridge Walk

Dengan kontur jalanan yang tidak begitu menanjak,  lebar jalur 1,5 meter dan panjang ±2 km, jalur Campuhan Ridge Walk adalah jalur yang sangat ramah untuk di telusuri bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Tanpa berlama-lama berswafoto, jalur ini dapat kalian telusuri dengan waktu 15-20 menit perjalanan trekking santai. Selain sebagai destinasi tambahan wisatawan, Campuhan Ridge Walk juga kerap kali digunakan sebagai jalur berolaraga oleh warga lokal ataupun wisatawan yang menginap tidak jauh dari sana saat pagi dan sore hari, selain berjalan sendiri atau dengan teman, beberaoa pengunung juga senang membawa hewan peliharaannya untuk menyusuri sepanjang jalur Campuhan Ridge Walk.


Jalur Bersepeda yang Eksotis

Jalannya yang cukup lebar, tidak menutup kemungkinan untuk kalian dapat lakukan kegiatan bersepeda. Panjang Campuhan Ridge Walk yang cukup panjang juga tentunya aangat cocok untuk kalian gunakan sebagai jalur olaraga bersepeda.

Disekitar Ubud dapat kalian temui dengan mudah penyewaan sepeda yang dapat kalian sewa untuk berolaraha di Campuhan Ridge Walk. Apalagi panorama alam yang sangat menawan dengan udara sejuknya, Campuhan Ridge Walk tentunya aktivitas berolaraga sekalipun tidak akan terasa melelahkan meskipun jalurnya cukup panjang.


Fasilitas di Sekitar Campuhan Ridge Walk

Nahh ini dia yang harus sobat perhatikan selain keindahan Camouhan Ridge Walk yang indah, jadi di sepanjang jalur ini sobat tidak akan menjumpai fasilitas-fasilitas umum untuk wisatawan bahkan seperti toilet dan warung jajahan masyarakat sekalipun. Jadi pastikan kalian memoeesiapkan perbekalan terlebih dahulu sebelum kemari khususnya air. Lokasi kafe dan warung baru akan dapat kalian temui di desa Keliki ujung utara jika kalian menuju Campuhan Ridge Walk dari dari area Pura Gunung Lebah.



Lokasi Campuhan Ridge Walk

Wisata jalur trekking yang fenomenal ini terletak di Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya sekitar 35 Kilometer dari  Kuta Bali. Dan dapat ditempuh lebih kurang 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi ataupun sewa sopir. Sementara dari pusat Ubud, lokasi Campuhan Ridge Walk hanya berjarak ±1 km.

The best morning walk view in Ubud šŸ„° Masuknya free jalan santai sekitar 30 menit saja. Pemandangannya bagus buanget. Ga nyesel sama sekali kesini. Cuma masuk gangnya ga keliatan yaa ada campuhan ini. Ga nyasar kok kalo pake google maps. Kalo kesini usahakan sblm siang karna pasti panas banget. Pagi2 udaranya enak dan cocok buat jalan santai ataupun lari pagi-tika ullyatifa

1 Response to "Destinasi Campuhan Ridge Walk Bali: Spot Olaraga di Alam Termurah 2024"

  1. Bukan tempat wisata tapi indah banget destinsi yang satu ini, Campuhan Ridge Walk jangan sampai kelewatan deh kalau liburan di Bali, sekedar hiking, lari-lari pagi atau bersepeda, dijamin memberikan kenikmatan tersendiri apalagi udaranya masih sangat segar..

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed