-->

Wisata Air Terjun Banyumala Bali: Harga Tiket Terbaru 2024

Air terjun yang dikenal dengan nama Banyumala Twin Waterfall ini jadi satu dari sekian banyak air terjun terkenal yang ada di Bali
Foto Air Terjun Banyumala: Sumber instagram tarinaminusta


Wisata Air Terjun Banyumala Bali, (Informasi lokasi, tiket, daya tarik) - Wisata Air Terjun Banyumala Bali dapat menjadi opsi pilihan wisata di Bali jika kalian bosan dengan wisata pura dan pantai di Bali seperti padang-padang dan Tanjung Benoa

Bali adalah pulau yang sangat kaya dengan kekayaan keindahan alam dan keunikan budaya aslinya. Meskipun pulau Bali memiliki ukuran tergolong lebih kecil dari pulau-pulau besar di Indonesja, tetap saja Bali menyimpan bentang pesona alam yang sangat epic, mulai dari spot bawah laut bali, pantai yang indah dan menawan sampai destinasi pendakian gunung yang ada di dalamnya berhasil memikat hati para wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri. Diantara objek destinasi wisata alam yang ada di Bali, wisata Air Terjun Banyumala adalah salah satu destinasi yang cukup menarik perhatian para wisata.

Disclaimer: Isi artikel ini telah diperbarui pada 1 Maret 2024 agar tetap memberikan informasi yang sesuai 

Air Terjun Banyumala, Pesona Alam Bali

Bali yang terkenal dengan pantainya yang indah dan budayanya yang kental, siapa sangkah di Bali terdapat air terjun alam yang sangat indah yaitu Air  Terjun Banyumala, nah oleh karena itu kali ini SobatHiking akan mengulas tentang Air Terjun Banyumala yang ada di Bali sebagai sumber informasi untuk sobat yang hendak pergi kesana.


Lokasi Air Terjun Banyumala

Lokasinya berada 65 km atau sekitar 2,5 jam dari kota Denpasar. Air terjun Kembar Banyumala ini lokasi tepatnya berada di desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Oiya lokasi air terjun Banyumala ini berada di samping danau kembar Buyan dan Tamblingan, jadi 2 destinasi ini dapat menjadi bonus wisata sobat saat berkunjung di air terjun Banyumala.

Jalur rute menuju lokasinya juga cukup mudah untuk sampai ke lokasi Air Terjun Banyumala atau yang sering disebut "Twin Waterfalls Banyumala" apalagi  jalannya yang sudah terawat dan dibeton, tetapi meskipun jalanya sudah agak terawat sobat harus tetap berhati-hati saat menuju kemari terutama pada beberapa titik jalan menuju air terjun Banyumala yang sedikit hancur, jalanan dengan kontur curam dan sempit alias hanya cukup dilalui satu kendaraan roda empat juga ada disepanjang jalan menuju air terjun Banyumala.

Tidak jauh dari lokasi ada banyak penginapan di dekat Air Terjun Banyumala, misalnya Alta Vista Mountain Villa, Giriwood Hotel, Munduk Moding Plantation Nature Resort, dan banyak homestay lain.

Harga Tiket Air Terjun Banyumala

Sesampainya di parking area (area parkir) di Banyumala Twin Waterfalls, sobat masig  harus menyambut perjalanan dengan berjalan ke sekitar 150 meter menuju tempat pembelian tiket masuk air terjun. Harga tiket masuk ke Air terjun Kembar Banyumala sangatlah murah yaitu hanya sebesar Rp 20.000/ orangnya dan Rp 30.000 untuk camping.

Kemudian, dari loket tiket tersebut umtuk menuju air terjun sobat harus kembali berjalan melewati jalanan setapak di area hutan yang masih asri sepanjang lebih kurang 200 meter. Perjalanan menuju air terjun akan terasa cukup melelahkan terutama karena jalur trekking yang naik-turun ditengah hutan dan kebun cengkeh warga sekitar. Jadi, pastikan juga saat datang kemari sobat menggunakan Sepatu Hiking untuk menjaga keamanan saat trekking.

Jangan khawatir sob, selama perjalanan tidak akan membosankan dan menjemukan kok. Di hutan yang nasih asri dan lestari membuat udara sejuk yang mensegarkan diri dan pikiran. Kemudian rindangnya pepohonan ditambah kicaiuan burung akan menemani kalian menuju lokasi wisata Air Terjun Banyumala.

Selama perjalanan menuju lokasi wisata pengunjung akan melewati beberapa anak tangga dari tanah dan kayu. Anak tangga tersebut tentunya memudahkan pengunjung untuk berjalan menuruni kontur tanag disana. Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan keamanan anak tangga itu, karena tangga-tangga tersebut cukup aman dan selalu dirawat oleh pengelolah dari awal sampai anak tangga terakgir menuju lokasi.

Saat akan tiba di lokasi air terjun Banyumala, suara samar-samar  gemericik air terjun akan terdengar dengan jelas dan semakin keras ketika sobatsemakin  mendekati air terjun. Sampai pada akhirnya sobat sudah melihat ujung atas air terjun, lokasi sobat sudah sampa dan perjalanan kalian akan terbayar.


Tips Saat Trekking Menuju Air Terjun Banyumala

  1. Gunakan sepatu outdoor yang benar-benar menjaga keamanan dan kenyaman sobat, terutama pada bagian outsoll pastikan tidak licin untuk digunakan trekking di bebatuan dan tanah,
  2. Lapisi packing barang di tas kalian dengan plastik agar tidak basah.
  3. Siapkan cemilan dan minuman hangat untuk menemani perjalanan trekking kalian.
Banyumala Twin Waterfall terletak di dasar lembah Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Rute Menuju Banyumala Twin Waterfall.
Foto Air Terjun Banyumala


Daya tarik wisata Air Terjun Banyumala Bali

Pesona ketinggian air terjun Banyumala yang mengucur deras ke sela-sela bebatuan yang berselimut cacar air dan lumut. Terdapat juga tumbuhan yang menjalar seolah-olah memisahkan air terjun Banyumala menjadi tiga bagian.

Pemandangan Air yang berlomba jatuh menuju kolam air terjun dan menciptaka aliran deras sungai-sungai kecil di bawahnya. Seolah air saling mengejar, terjun dengan bebas dan tak berbeban. Air yang jatuh dan memenuhi kolam juga sangat jernih dan tenang. Saking jernihnya air disini hingga membuat bebatuan yang ada di bawah kolam air terjun dapat dilihat dari atas ketinggian.

Pemandangan air terjun Banyumala yang membuat hati dan pikiran tenang seolah melepaskan beban stres dari padatnya aktivitas.

Dari berbagai sudut pandang landscape air terjun itu membosankan untuk dipandang dan dinikmati. Terdapat dua air terjun kecil di sisi kanan dan kiri yang mengapit air terjun besar di tengahnya. Air terjun utama membentang sekitar 20 meter keatas dengan megahnya.

Di bawah aliran jatuh air ketiga air terjun tersebut terdapat kolam besar yang terbentuk dengan alami. Kolam berbentuk bulat ini memiliki diameter sekitar 15 meter. Dimana pada moment tertentu sobat dapat menyaksikan pelangi yang muncul membentang melintasi kolam.

Kolam air terjun memiliki kedalaman hingga sekitar setinggi dada orang dewasa. Oleh karena itu tentunya kolam ini aman untuk berenang. Sementara untuk yang tidak bisa berenang bisa merelaksasikan diri dengan berendam di bebatuan pinggir kolam dan bermain air sambil menikmati segarnya udara dan dinginnya air.

Jika sobat berkunjung pada Juli sampai Agustus, selama perjalanan di hutan tadi, sobat  akan ditemani oleh aroma khas cengkeh dan kopi. Karena pada bulan inilah waktu musim petik kopi dan cengkeh disana, dua komoditi ini adalah komoditi terbesar di kawasan perbukitan Bali sisi utara yang terkenal dengan Kopi dan cengkehnya.

Salah satu air terjun yang bagus di Bali. Bisa untuk berenang. Ada beberapa air terjun mini disebelah nya, sehingga bs byk dpt spot2 foto indah. Tersedia toilet & tempat ganti yg cukup bersih. Lokasi tertata cukup rapi dg 2 gazebo besar utk bersantai. Terdapat lokasi camping/berkemah yg bisa muat sampai 10 tenda (@2 pax). Tiket masuk lokal 20k, jk camping 30k. Ada tempat parkir mobil & beruntung yg bawa motor bs parkir lebih mendekat lokasi entry/tiketing. Ada warung disekitar lokasi parkir.-Titus Hastanto

 

1 Response to "Wisata Air Terjun Banyumala Bali: Harga Tiket Terbaru 2024"

  1. Air Terun Banyumala, Bali emang tempat wisata keren..jadi ga cuma pantaii ajaaa yaa yang harus masuk dalam wishlist perjalanan

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed