-->

Shoka Bukit Senja Gunungkidul Jogja - informasi wisata, lokasi, tiket

Shoka Bukit Senja Gunungkidul Jogja - informasi wisata, lokasi, tiket - Yogyakarta atau yang kerap disebut dengan "Jogja" adalah salah satu tempat di Jawa yang masih sangat kental dengan unsur budayanya. Selain terkenal dengan pesona budaya dan bangunan peninggalan (candi) rupanya keindahan alam Jogja juga sangat indah. Salah satunya adalah Shoka Bukit senja di Kabupaten Gunungkidul.

Shoka Bukit Senja Gunungkidul Jogja
Sumber gambar @wisatasdiyogyakarta

Kabupaten Gunungkidul adalah salag satu kabupaten di provinsi Yogyakarta yang mencimpan banyak destinasi wisata indah dan menarik, terutama dengan landscape pegunungan yang masih asri, Gunungkidul menyimoan berbagai destinasi wisata alam yang masih lestari, selain itu wisata pantai di Gunungkidul juga berhasil menarik minat para wisatawan, terutama karena hamparan pasir putihnya yang sangat luas.

Namun ada juga di Gunungkiduk pantai yang tidak berpasir putih namun menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi terutama saat liburan karena keeksotisan pemandangan disana, sebut saja lokasi itu dengan "Shoka Bukit Senja".

Shoka bukit senja adalah destinasi yamg terletak di atas tebing pantai Parangtritis yang terkenal di Jogja. Pada awalnya, shoka bukit senja adalah lahan teebengkalai diatas tebing di garis pantai parangtritis milik pribadi, hingga kemudian diawali oleh seorang traveller yang menjelajahinya dan membagikan foto pemandangan matahari terbenam dari atas bukit tersebut, maka destinasi ini pun mulai ramai di perbincangkan terutama karena lokasi ini menawarkan tempat dan pemandangan yang sangat bagus untuk menikmati senja dan sunset, lokasi ini akhirnya ramai dikunjungi para wisatawan penikmat senja dan sunset hingga saat ini.

Melihat potensi wilayah yang dimilikinya karena kerap didatangi para wisatawan. Akhirnya pemilik lahan setempat mulai merintis usaha bersama rekan-rekannya untuk menjadikan lahan terbengkalai itu sebagai tempat wisata untuk menikmati matahari tenggelam dengan panorama laut selatan pantai parangtritis.

Berbeda dengan berkunjung ke pantai pada umumnya, lokasi tebing ini berada jauh diatas bibir pantai. Lokasi yang sangat terbuka inilah yang menjadikan tempat ini adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Ditambah dengan sejuknya udara yang terus berhembus, membuat wisatawan bakal betah untuk berlama-lama disini.


Shoka Bukit Senja Gunungkidul Jogja
Sumber gambar @jogjascenery


Lokasi dan rute Shoka Bukit Senja

Shoka bukit senja terletak di daerah Dsn Gabug, Desa Giricahyo, kec. Purwosari, kab. Gunungkidul. Lokasinya yang berada diperbatasan antara kabupaten Bantul dan Gunungkidul juga membuat banyak orang menyebut lokasi Shoka Bukit Senja ini berada di Kab. Bantul.

Jalur kendaraan untuk menuju kemaru juga sangat mudah dan sudah tertata rapi, bahkan jika kalian menggunakan kendaraan roda 4 sekalipun. Oiya sob, lokasi Shoka Bukit Senja juga berada satu jalur dengan wisata Paralayang Watugupit yang sudah terkenal lama, jadi wisata ini dapat menjadi destjnasi tambahan saat kalian beekunjung ke Paralayang Watugupit.

Dari pusat kota Jogjakarta, Shoka Bukit Senja berjarak sekitar 30 km dengan lama perjalanan lebih kurang 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, kalian dapat melintasi Jl. Parangtritis kemudian dilanjutkan menuju Gunungkidul, sampai ada simpang 3 (pertigaan), dari sini kalian harua belokl ke kanan yang kemudian nantinya akan disambung dengan jalan cor blok.

Lokasi Shoka Bukit Senja searah dengan jalan menuju Paralayang Watugupit, nahh jadi saat sampai di lokasi paralayang Watugupit itu, kalian juga bakal dapat menemukan petunjuk arah menuju Shoka Bukit Senja.

Perjalanan menuju lokasi masih belum berakhir bahkan saat kalian sudah tiba di parkiran Shoka Bukit Senja. Dari parkiran tersebut kalian masih harus berjalan menyusuri anak tangga yang telah disediakan lebih kurang 300 meter untuk dapat sampai di lokasi Shoka Bukit Senja yang sesungguhnya.

Tenang saja sob, perjalanan kalian tidak akan terasa melelahkan kok. Apalagi disana lokasinya berada si tepi pantai, jadi udara segar akan menemani perjalanan kalian. Dan sesampainya di puncak lokasi Shoka Bukit Senja, perjalanan kalian akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dari atas sini kalian dapat beristirahat di gazebi-gazebi yang telah disediakan sambil menikmati minuman hangat

Jadi, pastikan kalian berangkat tidak terlalu malam agar tidak terburu-buru dalam perjalanan terutama saat trekking di anak tangga yang dapat berbahaya jika kalian kurang berhati-hati. Pemandangan senja yang durasu waktunya juga tidak begitu lama juga sayang jika kalian harus ketinggalan menyaksikannya karena terlambat dalam perjalanan.


Tarif Tiket Shoka Bukit Senja

Sebenarnya ridak ada taeif tiket khusus yang dikenakan untuk wisatawan. Tapi kalian harus mengeluarkan biaya parkir untuk kendaraan kalian. Biaya parkirnya juga masih sangat terjangkau, hanya Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Hanya dengan satu kali bayar tiket karcis tersebut kalian dapat melanjutkan perjalanan menunjuk puncak Shoka Bukit Senja tanpa ada tarif lagi. Beda cerita kalau kalian mau ngopi atau jajan ya sob. Tenang aja, jajanan dan minuman disini harganya masih sangat terjangkau dan gak berbeda dengan di warung-warung jalanan.


Shoka Bukit Senja Gunungkidul Jogja
Sumber gambar @exploreyogyajateng


Fasilitas di Shoka Bukit Senja, Gunungkidul

Meskipun lokasi wisata ini masih dibilang baru berusia beberapa tahun dan dikelola tidak oleh pemerintah. Jangan khawatir dan takit wisata ini kurang ramah karena minim fasilitas. Beragam fasilitas yang dapat pengunjung gunakan selama berwisata disini sudah mulai cukup lengkap mulai dari parkir area yang aman dan terjaga, toilet, warung makan, hingga gazebo-gazebo tempat nongkrong juga sudah tersedia disini. Oiya untuk tambahan, selain menjajahkan makanan camilan dan minuman, variasi menu makanan berat juga ada dijajahkan di warung utama Shoka Bukit Senja, jadi tentunya perjalanan kalian kemari tidak perlu takut kelaparan.


0 Response to "Shoka Bukit Senja Gunungkidul Jogja - informasi wisata, lokasi, tiket"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed