-->

7 Rekomendasi Wisata Bukit Yogyakarta Terpopuler 2024

7 wisata perbukitan indah di Yogyakarta/Jogja - Sebagai kota dengan berbagai julukan mulai dari kota pelajar, kota budaya, kota wisata bahkan kota seni, Yogyakarta merupakan kota yang terkenal di mata wisatawan. Kota ini menjadi destinasi banyak tujuan wisatawan terutama karena pekatnya nilai-nilai budaya yang masih kental di seluruh provinsi ini.

Menjadi kota nomer 4 terbesar di pulau jawa, Yogyakarta atau yang sering di kenal dengan Jogja memiliki berbagai macam destinasi wisata di dalamnya. Tidak hanya terkenal dengan Malioboro, wisata candi dan pantai Parangkritisnya, rupanya Jogja juga memiliki banyak destinasi wilayah perbukitan yang sangat indah. Wisata yang di suguhkan di Yogyakarta juga tergolong sangat ramah di kantong serta memiliki akses yang sangat mudah.

Kali ini Sobat Hiking akan mengulas dan membongkar sedikit destinasi wilayah dengan kontur perbukitan menarik yang ada di Yogyakarta.

Disclaimer: artikel ini diperbarui pada 29 Januari 2024 agar sobat tetap dapat mengakses informasi terbaru seputar pariwisata di Yogyakarta

Rekomendasi Wisata Alam Perbukitan Jogja

Berikut beberapa rekomendasi wisata alam bertema perbukitan yang ada di Yogyakarta,

Shoka Bukit Senja

lokasinya cukup dekat dengan pantai dan hotel yang ada di Parangtritis. Terletak di Padukuhan Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, untuk menuju ke bukit ini tentu saja sangat mudah karena bisa menggunakan segala jenis kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil. Tiket masuk ke Bukit Shokadi kenai biaya parkir dari Rp 3.000-5.000 dan ada biaya tambahan 300.000 jika sobat hiking ingin mencoba sensasi paralayang disini. Selain tersedia fasilitas toilet dan kedai makanan disini juga terdapat tempat bermain untuk anak-anak.


Shoka Bukit Senja
@arkanantafau

Keren banget! The view was so breath taking! Makanannya mulai dr 5rb cuyy, asli worth it banget! Parkir 3 ribu. Cuman buat ke kawasan situ ditarik parkir dua kali, yaitu di gerbang masuk kawasan parangtritis 10.000 satu orang, dan masuk kawasan watu gupit 5rb per orang.-Chenchen

 

Bukit paralayang watugupit

Lokasi Bukit Paralayang Watugupit berada di atas Pantai Parangtritis, tepatnya di Giricahyo, Purwosari, yogyakarta. Untuk dapat masuk di wisata ini wisatawan akan dikenai biaya sebesar 5k per orang, dan untuk wisatawan yang ingin mencoba andrenalin dengan olahraga paralayang cukup membayar 400k. Dan tarif parkir sebesar 2k untuk sepeda motor, 5k untuk mobil.  Butuh waktu sekitar 3-5 menit untuk sampai di puncak dari parkiran dengan berjalan kaki.

Bukit yang memiliki ketinggian 900 mdpl ini cukup membuat kita terkagum dengan pemandangan laut yang terlihat membentang luas. Selain itu bebersoa fasilitas yang ada disini diantara ada mushola, toilet, warung, kursi dan banyak juga penginapan di sekitar sini yaa sob.

Bukit paralayang watugupit
@taufiqurhman_
Pemandangannya indah ketika sunset. Jalan akses kesana pada dasarnya sangat baik, hanya saja kondisi sepeda motor atau mobil harus bagus. Serta pengendara nya juga kudu ahli. Untuk kelengkapan sarana disana cukup baik dan ada kafe kafe untuk melihat pemandangan. Harga juga cukup masuk akal kelas tempat wisata. Untuk healing healing sesaat sangat recommended ini 👌👌-Budhi Prasetyo

 


Puncak sosok

 Puncak Sosok merupakan objek wisata baru yang dibuka pada tahun 2018. Nama Puncak Sosok digunakan karena masyarakat setempat menyebut daerah ini dengan panggilan Sosok. Puncak sosok ini juga kerap dijadikan lokasi kompetisi downhill skala lokal hingga nasional. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam, tiketnya sendiri masih belum di mendapat patokan alias secara sukarelawan. Berlokasi di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Puncak Sosok dapat dicapai dengan melakukan perjalanan darat sejauh 16 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta.

Untuk rutenya, pengunjung hanya perlu menuju Jalan Pleret-Patuk, nantinya sebelum tanjakan menuju Cino Mati pengunjung mengambil arah ke utara dan di sana sudah ada plang petunjuk jalan menuju Puncak Sosok. Disini terdapat fasilitas berbentuk kedai makanan yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang sedang berkunjung. Terdapat warung makan yang menyediakan berbagai makanan, seperti tahu walik, bakso tusuk, sate gajih, siomay, dll.

Puncak sosok
@muhammaddede_dwi
Puncak Sosok, salah satu destinasi wisata malam yang Hits banget. Meski pagi siang hari tetap buka jg. Saran saya kalau datang jgn kesorean karena sdh mulai ramai pengunjungnya. Letaknya di atas puncak Gebang yang dulu sempat viral jg. Jalan menuju tempat ini sdh lmyn bagus jika dibandingkan awal2 dulu. Emang beberapa bagian jalannya ada yg berlubang tp ga masalah. Jalanan menanjak, jd harus hati2 bagi yg belum terbiasa dengan rute naik turun gunung, meski mgkn cm beberapa ratus meter saja jalanan menanjaknya. Tiket masuk FREE, cm bayar parkir kendaraan saja, itupun seikhlsanya, tidak ada patokan. Disana kita bisa melihat pemandangan jogja bagian selatan dg aneka warna bangunan, bagus lagi kalau sore menjelang malam, dapat melihat lampu2 mulai dinyalakan. Buat mengganjal perut, ada camilan gorengan aneka warna, ada jg jagung bakar, nasi bakar, dll. Harga murah meriah.-One 2 Three


Bukit bintang

Wisata Bukit Bintang Yogyakarta menawarkan keindahan kota jogja dari atas bukit. Berada diperbukitan pathuk, Gunung Kidul yang menjadi primadona pecinta wisata malam.

Belum ada biaya tiket masuk untuk memasuki tempat wisata ini, Kawasan wisata bukit ini buka 24 jam, namun pengunjung lebih banyak datang pada malam hari. Pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi hanya akan dikenakan karcis parkir, Di sini juga telah tersedia musala, toilet serta tempat parkir motor dan mobil.

Untuk mencapai Bukit Bintang sangatlah mudah, anda cukup menyusuri jalan menuju Wonosari, Gunungkidul. Bukit Bintang terletak di pinggir jalan setelah naik dari kawasan Piyungan dan sebelum Kecamatan Patuk.

Wisata Bukit Bintang Yogyakarta
@safrilaliyatno
Pemandangan Bukit Bintang bagus sekali. Kayak di Batu, Malang. Hutannya asri, indah, dan terawat. Udaranya sejuk sekali. Serasa di Batu, Malang. Di Bukit Bintang, ada banyak tempat wisata yang menarik, yaitu HeHa Sky View, Pintu Masuk Kabupaten Gunung Kidul, dll. Saya suka tempat ini. Di puncaknya ada tempat wisata yang menarik, yaitu HeHa Sky View. Suasana alamnya asri, sejuk, dan menenangkan. Apalagi, pemandangan alam Bukit Bintang terlihat dari HeHa Sky View. Pemandangan indah dan menyejukkan mata. Di bawah Bukit Bintang terlihat area pedesaan, persawahan, dan pegunungan.-Romi Hanif

 


Puncak becici

 Puncak Becici ini dikenal dengan panormanya yang indah. Kamu bisa melihat deretan pepohonan hijau yang tumbuh rapat-rapat dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Bertempat di desa Muntuk, Bantul. Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus seluas 4,4 hektar. Hanya dengan tiket IDR 3000 tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 19.00 Wib. Disini pengunjung dapat menikmati sunset ataupun berkemah. Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai diserbu pengunjung di akhir pekan

Salah satau ciri khas tempat wisata ini berupa gardu pandang yang berada diatas pohon. Disini pengunjung akan menemukan gardu pandang yang unik. Bentuknya menyerupai rumah Marsupilami, salah satu serial kartun anak.

Puncak Becici
@arif_josselalu
Menempuh perjalanan +- 45 menit dari pusat kota Yogyakarta,  Puncak Becici merupakan salah satu spot Hutan Pinus yang terbaik. Tempat parkir yang luas, mampu menampung belasan BUS dan mobil, juga sajian alam yang sangat indah bisa kita nikmati di sini. Tersedia kamar mandi yang nyaman (ada 2 spot, dekat loket karcis tersedia 8 buah dan di dekat pendopo musholla). Bersih. Bila beruntung, akan ada pertunjukkan yang ditampilkan, waktu syawal kemarin kami disuguhi grup ibu2 yang bersholawat sambil bermain musik dari rebana dan lesung.-Safira Nur Askarina

 


Pinus pengger

 Kawasan wisata hutan pinus ini bisa dikunjungi setiap hari. Pengunjung bisa datang mulai pagi hingga malam hari. Untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan cahaya lampu Kota Yogyakarta bisa datang saat menjelang malam.

Terletak di Jl.Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta disini wisatawan dapat menikmati keindahan alam jogja dari atas gardu pandang. Terdapat beberapa gardu pandang dengan bentuk yang unik dan menarik untuk dicoba.

 Dengan tiket masuk hanya sebesar IDR 3000 pengunjung dapat menikmati gemerlap lampu kota yang membuat kalian betah untuk disini. Adapun fasilitas dan spot gardu pandang unik nan kreatif semakin mempercantik lokasi ini.

Pinus pengger
@mysuitcasejourney
Kalau kesini usahakan malam saja karena lebih bagus sih, Tiket masuk terjangkau 5k. Untuk tempat foto yang 5 jari sangat wort it ada tiket masuknya lagi biar nggak terlalu rame, soalnya kalau langsung masuk pasti lama nungguin orang foto-foto. For your info ya guys disini udah ada tukang foto nya harganya terjangkau dan hasilnya pun sangat memuaskan. Jadi buat kalian yang ingin fotonya lebih bagus ngga perlu ragu-ragu sewa tukang fotonya 👌-Annamaulidiyatur Rizkiyah



Heha Sky View Jogja

HeHa Sky View Gunungkidul memiliki fasilitas yang terbilang complete dan tempatnya sangat terawat.  Sesuatu yamg menarik disini adalah pengunjung dapat menikmati makan dan minuman dengan latar belakang pemandangan kota dan alam Jogja.

Karena masih dikawasan Gunungkidul Sky View ini lingkungan alamnya masih asri, serta tempat resto yang bersih. Disini terdapat pula fasilitas seperti Resto, Spot Selpie, Park, Meeting Room yang dapat digunakan. Berada di kec. Putuk, kab. Gunung Kidul tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini adalah IDR 10.000 pada pukul 10.00-16.00 dan IDR 15.000 pada jam setelahnya sampai 23.00 selain itu dengan menambah biaya sebesar IDR 30.000 pengunjung dapat memasuki spot teras kaca yang terkenal.

HeHa Sky View Gunungkidul
@Narees
Pertama kali kesini rame banget mungkin karna long weekend, gue orang jakarta kesini di bayarin perusahaan karna ada family gathering jadi gatau berapa biaya masuknya😁, tapi di dalem viewnya bagus keliatan jogja dari atas kayanya kalau malam tambah bagus. Di dalam jual berbagai jenis makanan dan minuman kaya kebab, nasi kucing, boba dan lain lain. Range harga dari 10.000-30.000. Dan banyak spot foto disini jadi pas banget yg suka foto foto.-VIN REPTILES

 



0 Response to "7 Rekomendasi Wisata Bukit Yogyakarta Terpopuler 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed