-->

Wisata Alam Air Terjun Tancak di Jember: Harga Tiket 2024

Air terjun Tancak ada di Pegunungan Argopuro. Tempat ini merupakan empat camping terbaik di Jember, Harhga tiketnya Rp 5.000/orang...
Air Terjun Tancak Panti, Dok: Pennulis Sbat HIking

 

Wisata Alam Air Terjun Tancak di Kota Jember - Selain terkenal dengan destinasi wisata yang menarik para wisatawan dari luar daerah Pantai Tanjung Papuma. Rupanya destinasi wisata pada kontur perbukitan di Jember juga tak kalah bagusnya dari pesona pantainya.

Jember memiliki banyak sekali destinasi wisata alam, bahkan ada belasan  hinggan puluhan wisata alam dalam tema air terjun yang bisa dsobat hiking kunjungi saat pergi ke Jember. Masih menjadi bagian dari gugusan pegunungan terpanjang di pulau jawa "Pegunungan Argopuro" menjadikan kota Jember memiliki berbagai destinasi wisata perbukitan dan air terjun sekalipun. 


Informasi Wisata Air Terjun Tancak

Air terjun Tancak adalah salah satu destinasi wisata air terjun yang terkenal di Jember. Masih memiliki jalur yang cukup ekstream untuk menuju air terjun ini membuat wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini tak banyak setiap harinya. Lokasinya yang berada di tengah hutan-pun membuat wisatawan yang ada disini bakal betah menikmati kesegaran air dan udaranya.

Disclaimer: Informasi dalam artikel ini telah diperbarui pada 2 Januari 2024 agar terus bermanfaat bagi pembaca yang ingin berwisata ke Air Tejrun Tancak

Akses Menuju Air Terjun Tancak

Lokasi Air Terjun Tancak terletak di Area Pegunungan Argop, Suci, Kec. Panti, Kabupaten Jember.

Rute dari pusat kota Jember untuk menuju lokasi ini sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju arah Mangli, sesampainya di perempatan besar di pasar Mangli kalian dapat mengambil arah belok ke kanan (dari pusat kota) untuk menuju ke kecamatan Panti. Sementara untuk yang datang dari arah Lumajang, 12 km sebelum pusat kota kalian akan sampai di simpang 3 dengan arah menuju Panti (belok kiri) dan lurus (ke pusat kota). 

Dari 2 rute itu nantinya akan menemui simpangan 3 dengan tanda tong besi yang berada di tengahnya, dari situ sobat hiking dapat berbelok menuju ke arah desa Suci, mulai dari jalur inilah kalian tidak perlu bingung lagi, kalian dapat hanya dengan mengikuti jalur lurus sampai tiba di persimpangan 3 pasar Kemiri, kalian silakan ambil belok ke kiri menuju tempat wisata alam gunung pasang. 

Setelah melewati portal wisata dengan biaya (Harga Tiket Masuk Wana Wisata Gunung Psang) retribusi Rp 5000 rupiah per orang kalian akan melanjutkan perjalanan dengan pemandangan yang jauh berbeda, dimana hamoir di sepanjang jalan akan berada di tepi jurang dalam dengan view kota Jember. Perluh di perhatikan saat kesini hati-hati saat musim hujan karena kondisi jalan yang cukup licin serta dengan belok-belokan yang agak tajam

Setelah melewati jalan dengan keindahan kota Jember itu sepanjang 1-2 km, kalian akan sampai di tempat wisata gunung pasang yang terkenal dengan maskot gerbong kereta kuno nya serta kolam alami yang terbentuk dari bendungan sungai. 

Dari wisata ini untuk menuju ke air terjun Tancak sobat dapat terus mengikuti jalan yang ada sampai tiba di perkampungan teratas disana. Di ujung kampung ini ada rumah terakhir di sebelah kiri yang bisa kalian gunakan sebagai tempat parkir kendaraan pribadi kalian terutama mobil yang tidaj bisa melanjutkan perjalanan ke atas. 

Sepeda motor matic-pun di sarankan memarkirkan kendaraannya disini karena jalur berikutnya adalah jalur tanah berbatu yang menanjak, jadi jika kalian menitipkan kendaraan disini kalian dapat melanjutkan perjalanan melalui jalan tanah berbatu itu dengan jarak 1 km, akan banyak persimpangan di jalur tanah berbatu ini, jalan menuju air terjun ini adalah lurus terus atau kalian bisa menanyakan pada penduduk lokal yang berkebun dan mencari tumbuhan disana. 

Sesampainya perjalanan 1 km itu  kalian akan menemui portal tiket lagi, untuk yang membawa kendaraan pribadi (yang tidak di parkirkan di kampung terakhir) kalin dapat memparkirkannya disini, biaya harga tiket masuk air terjun Rp 5000 per orang. Dari loket parkir dan membeli tiket ini kalian masih harus berjalan ±800meter lagi untuk sampai di air terjun dengan jalanan berbatu di tutupi hutan rimbun.

Medan Perjalanan Menuju ke Air Terjun Tancak

Dari kampung terakhir medan jalurnya sendiri adalah tanah berbatu dengan jalan yang menanjak. Batu-batu yang ada disana berukuran bervariasi mulai kecil dan besar jadi sangat disarankan kendaraan roda dua matic lebih baik di parkirkan di kampung terakhir. 

Jalanan akan tetap begitu sepanjang jalur bahkan pada beberapa titik kondisi tanahnya cukup licin. Sepanjang jalan menuju loket air terjun tancak masih belum ada fasilitas sewa ojek ataupun pos-pos yang digunakan khusus untuk para wisatawan. Jadi saat lelah kalian dapat beristirahat di sepa jang jalur itu sendiri.

 Kondisi lingkungan yang masih asri rimbun dengan pepohonan atau yang bisa dibilang seperti hutan itu membuat tempat ini tidak penulis rekomendasikan dikunjungi saat puncak musim hujan. Tidak ada pula aliran listrik dan lampu sepanjang jalan bahkan saat menuju loket, jadi untuk wisatawan jangan terlalu pulang terlalu sore dari lokasi air terjun.

Dari loket wisatawan akan disambut dengan jalan tangga berbatu yang cukup panjang, selanjutnya jalur tanah yang licin dan jembatan yang terbuat dari kayu berlumut pun akan kalian lewati untuk menuju lokasi ini. 

Sepanjang jalan mulai dari kampung terakhir akan terus menanjak tidak ada turunan, kecuali saat disini nantinya kalian akan mendapat beberapa meter turunan dengan jalur berbatu licin jadi tetaplah hati-hati saat disini. Berjarak ±800 meter dari loket kalian akan disambung dengan suara jatuhan air yang menenangkan, sampainya di air terjun adalah ditandai dengan taman penuh bunga yang tertata rapi disana. 

Suhu air di air terjun ini tergolong dingin, jadi untuk sobat hiking yang mau bermain air sangat disarankan untuk tidak berlama-lama, terutama karena lokasi disana tetap tergolong rimbun, jadi tubuh kalian akan lama basah dan belum lagi perjalanan jauh untuk turun nanti, hal tersebut dapat memicu hipotermia bagi para wisatawan terutama lagi saat musim hujan. 

Di sekitar air terjun hanya ada beberapa gubuk kayu dan meja/kursi kayu  yang di fasilitas untuk pengunjung. Jadi tidak ada mushola khusus ataupun toilet khusus. Meskipun demikian tapii lokasi ini dapat sobat kunjungi untuk camping, berkemah di Air Terjun Tancak akan memberikan pengalaman menarik terutama lokasinya yang berada dilebatnya hutan Argopuro. 

Untuk Camping/Berkemah di Air Tejun Tancak sobat perlu melapor terlebih dahulu ke pos terakhir dan penitipan kendaraan di kampung bawah jika kalian parkir disana. Dalam perjalanan penulis kesini, ada satu tim dari Jawa Tengah yang berkemah selama 3 hari. Yup! tempat ini memang sangat populer, dan termasuk rekomendasi tempat camping terbaik di Jember.

Berikut beberapa tips dari penulis untuk sobat yang ingin berwisata kemari:

Air terjun Tancak menjadi wisata alam terbaik yang menawarkan keasrian pegunungan Argopuro. Tempat ini menjadi rekomendasi tempat camping di Jember, Lokasi Air Terjun Tancak terletak di Area Pegunungan Argop, Suci, Kec. Panti, Kabupaten Jember
Foto Air Terjun Tancak Panti Jember


Harga Tiket Air Terjun Tancak

Jalur menuju gunung pasang di buka mulai pukul 07.00-17.00 wib, jadi sebelum atau sesudah jam itu wisatawan bisa masuk tanpa membeli tiket, tapi saran penulis jangan coba-coba hiking setelah jam tersebut karena udaranya yang dingin dan pastinya sangat gelap.

Diatas penulis telah singgung tentang tiket masuk Air Terjun Gunung Tancak. Untuk berwisata kemari sobat pertama perlu membayar tiket masuk Wana wisata Gunung Pasang sebesar Rp 5.000, kemudian untuk parkir kendaraan (jika parkir di kampung terakhir) sebesar Rp 10.000/motor dan Rp 20.000/mobil, dan yang terakhir Tiket Masuk Air Terjun Gunung Pasang sebesar Rp 5.000.

Meskipun memiliki banyak sekali pos pembayaran, tapi tenang saja perjalanan kalian kemari dijamin terbayar dengan keindahan air terjun Tancak. Tertarik untuk datang kemari?

Tempat terbaik untuk berlibur di alam dengan penuh petualangan..Butuh perjuangan untu sampai ke Air Terjunnya apalagi kalau parkir dibawah, pemandangan air terjunnya keren, airnya dingin segar, meskipun jarang ada orang tapi taman di area air terjun masih terawat, keren! recommended...-Penulis Sobat Hiking


 

0 Response to "Wisata Alam Air Terjun Tancak di Jember: Harga Tiket 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed