-->

Wisata Pantai Papuma Jember: Pantai Tercantik di Jawa Timur 2024

Rekomendasi Pantai Tercantik di Jawa Timur, Pantai Papuma teletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.
Pantai Papuma Jember. Sumber callmeandre

Pantai Papuma, Pasir Putih Malikan Jember (Informasi wisata, lokasi, harga tiket, penginapan) - Papuma menjadi salah satu destinasi wisata alam pantai di Kabupaten Jember yang sudah mendunia. Papuma merupakan kependekan dari Pasir Putih Malikan. 

Nama ini (Papuma) sebenarnya diambil dari 2 pantai yang ada disana yaitu Pantai Pasir Putih yang memiliki hamparan pasir putih yang luas dan tempat bersandarnya kapal-kapal kecil nelayan, dan Pantai Malikan yang merupakan pantai dengan tepian batu-batu putih besar yang berada di balik sisi pantai pasir putihnya.

Pantai papuma menjadi salah satu destinasi incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam dengan panorama birunya laut lepas pantai selatan, udara angin lepas yang tidak terhalang pepohonan kelapa dan beragama keanekaragaman hayati lautnya me jadikan pantai wisata ini sangat ramau dikunjungi baik oleh wisatawan, fotografer ataupun pemancing. 

Wisata Papuma ini jug terletak bersanding dengan wisata pantai populer di Jember seperti Bukit Samboja di Pantai Payangan dan Pantai Asmara.


Informasi Destinas Wisata Pantai Papuma

Salah satu hal yang menarik lagi dari pantai papuma adalah sobat dapat menyaksikan sunrise dan sunset. Jika di gunung mungkin menikmati sunset dan sunrise disatu tempat adalah hal yang biasa, namun berbeda dengan wisata pantai. 

Tidak semua pantai dapat menyajikan pemandangan sunrise dan sunset secara bersamaan. Di pantai Tanjung Papuma ini sobat dapat menikmati sunrise dan sunset secara bersamaan dari tepi pantai. Untuk menikmati sunrise, sobat dapat menikmatinya dari sisi pantai pasir putih, sementara sunset dapat sobat nikmati dari pantai malikan. 

Jarak ke 2 pantai ini sangat dekat yaitu hanya 200-300 meter dan dapat sobat tempuh hanya dengan berjalan kaki saja. Nah kali ini penulis akan memberikan informasi wisata dari pantai Papuma (Pasir Putih Malikan) yang ada di kota Jember untuk media informasi sobat yang ingin berkujung kesana.

Disclaimer: Artikel ini diperbarui pada 2 Januari 2024 dengan informasi terbaru seputar pariwisata Pantai Papuma

Lokasi dan Rute Menuju Papuma

Pantai Papuma teletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai ini berjarak ±40an KM dari pusat kota. 

Rute termudah yang dapat sobat tempuh  saat menuju kemari baik dari arah Lumajang ataupun Banyuwangi, Bondowoso sobat hanya harus menuju Simpang 4 pasar Mangli yang masih merupakan Jalan Nasional. 

Dari simpang 4 pasar Mangli sobat dapat berbelok menuju Wuluan / Ambulu (belok kanan jika dari arah Lumajang, dan belok kiri jika dari pusat kota Jember). Setelah berbelok di arah yang benar dari simpang 4 itu sobat hanya perlu terus lurus saja ±40km sampai nantinya saat sobat sudah masuk desa Lojejer di Kecamatan Wuluan, sobat perhatikan saja nanti ada jalan belok ke kiri dengan gapura kayu besar bertuliskan "PANTAI PAPUMA".

Jalan menuju pantau papuma tergolong masih ekstream, dari jalan utama jalanan masih aspal datar. Baru kemudia saat sobat sampai di gapura PAPUMA, jalanan akan mulai menanjak dan panjang bahkan ada satu tanjakan dengan kemiringan ±50 °

Jalanan yang aspalnya sudah agak hancur dan licin tentu sobat harus sangat berhati-hati dan mengecek kendaraan terlebih dahupu sebelum kemari, pastikan kendaraan sobat dalam kondisi yang benar-benar prima dan memiliki kemampuan mengemudi yang baik.

Tidak adanya lampu di sepanjang jalan tersebut juga kalau bisa sobat hindari perjalanan malam umntuk menuju ke pantai yang eksotis ini.

Meskipun memiliki rute jalan yang berbahaya dan menantang, jangan khawatir sob, karna semua itu terbayar dengan pemandangan eksotis dan asrinya pantai Papuma. Pepohonan yang masih rimbun membuat udara dusana sangat segar dan sejuk. 

Pemandangan pantai yang diisi kapal kecil nelayan yang cantik juga ikut mengisi pemandangan disana. Saat sampai disana, pastinya segala perjuangan perjalanan menuju kemari akan segera hilang dan sobat akan betah serta ingin berlama-lama di pantai indah ini.


Harga Tiket Wisata Papuma dan Jam Buka

Untuk menikmati pantai Papuma, pengunjung akan di tarik tarif tiket yang cukup mahal dibandingkan wisata pantai lainnya, makanya banyak yang mengatakan pantai papuma ini adalah salah satu pantai termahal di Indonesia, bahkan jika sobat mensearching di google "Pantai Termahal di Jawa Timur" pasti sobat akan melihat nama pantai ini.

Memiliki predikat pantai termahal di Jawa Timur, Harga Tiket Masuk Pantai Papuma ini mulai dari Rp 18.000

Berikut adalah tabel tarif harga masuk lengkap yang di berlakukan kepada pengunjung pantai Papuma,
Jenis Tiket Harga TIket
Tiket Masuk WNI (weekday) Rp 18.000
Tiket Masuk WNI (weekend) Rp 25.000
Tiket Masuk WNA (Weekday) Rp 40.000
Tiket Masuk WNA (Weekend) Rp 80.000
kendaraan roda 2 Rp 5.000
kendaraan roda 4 Rp 10.000
kendaraan roda 6 15.000
camping Rp 5.000
fotoprewed (event) Rp 250.000

Meskipun mahal tentunya harga itu masih sepadan ya sob untuk menikmati pemandangan pantai Papuma yang sangat mengagumkan. 

Oiya sob, pantai ini di buka 24 jam jadi sobat dapat berkunjung jam berapapun yang sobat mau, tapi sekali lagi diingatkan yaa untuk sobat agar lebih berhati-hati dan fokus dalam perjalanan saat menuju kemari di malam hari.


Homestay dan Penginapan Tepi Pantai Papuma

Nah untuk sobat yang ingin berlama-lama bermain di pantai berpasir putih ini, selain berkemah (camping). Di kawasan sekitar pantai ini juga sudah terdapat banyak Homestay dan penginapan yang langsung menghadap ke laut. 

Homestay dan penginapan tersebut dipatok dengan harga yang berbeda-beda tergantung jenis homestay dan penginapannya. Berikut adalah data homestay dan penginapan di Papuma yang disediakan pengelolahan wisata:

Jenis Homestay Total Unit Fasilitas Harga Permalam
KAMAR JATI 3 unit AC, TV, lemari ES, kamar mandi, breakfast untuk 2 orang -. idr 300.000 (weekday)
-. idr 400.000 (weekend)
-. idr 750.000 (tahun baru)
KAMAR KAJANG 1 unit Ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang -. idr 300.000 (weekday)
-. idr 400.000 (weekend)
-. idr 750.000 (tahun baru)
RUMAH SENGON 1 unit rumah
(2 kamar dan 1 kamar mandi)
Ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 4 orang -. idr 650.000 (weekday)
-. idr 700.000 (weekend)
-. idr 1000.000 (tahun baru)
KAMAR JABON 3 unit amar menghadap pantai, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang -. idr 250.000 (weekday)
-. idr 350.000 (weekend)
-. idr 550.000 (tahun baru)
KAMAR MAHONI 4 unit AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang -. idr 250.000 (weekday)
-. idr 300.000 (weekend)
-. idr 450.000 (tahun baru)
KAMAR RIMBA 4 unit AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang -. idr 250.000 (weekday)
-. idr 300.000 (weekend)
-. idr 450.000 (tahun baru)

Selain itu disini juga terdapat juga AULA yang dapat sobat sewa untuk keperluan bisnis atau event yang dapat disewa dalam selang waktu jam / hari, dengan tarif:

  • sewa per jam : idr 200.000 (weekday), idr 250.000 (weekday), idr 430.000 (tahun baru)
  • sewa per hari : idr 1000.000 (weekday), idr 1.500.000 (weekend), idr 2.190.000 (tahun baru).
  • Untuk reservasi sobat dapat langsung mengunjungi lobi reservasi tepat di kawasan pantai pasir putih atau sobat dapat melakukan reservasi online di akun instagram @papumajember (whatsapp 082140295013)


    Fasilitas dan Aktivitas Menarik di Pantai Papuma

    Pantai Papuma adalah ikonik tersendiri bagi pariwisata di Jember. Dan mendapat perhatian lebih dari pemkab tentunya destinasi wisata pantai Papuma sudah memiliki berbagai fasilitas yang tersedia untuk pengunjung dan sangat terawat. 

    Fasilitas-fasilitas yang telah ada tersebut antara lain, area parkir, gazebo (rest area), pos penjagaan, homestay / penginapan, camp ground, toilet, mushola dan warung-warung jajahan masyarakat.

    Selain hanya untuk berlibur dan bersantai bermain pasir dan bermain air rupanya sobat dapat melakukan aktiviyas lain yang menyenangkan di pantai ini baik sendiri, bersama teman, pasangan atau keluarga. Aktivitas-aktivitas yang dapat sobat lakukan di sini antara lain,

    Menjadi Pantai Termahal di Jawa Timur,Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan) Jember memiliki keindahan alam yang cantik. Disini sobat juga bisa berkemah ....
    Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Jember
    Bermain Pasir putih dan Ombak Laut Papuma

    Pantai Papuma sisi pasir putih merupakan sisi Papuma yang memiliki pemecah ombak alami sehingga ombak disana menjadi sangat stabil dan tenang. 

    Sisi pasir putih pantai Papuma sangat luas dengan salah satu sisi menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal kecil nelayan disana. Jadi sobat tidak perlu takut umtuk sekedar bermain air dan pasir saat disini. Tapi sobat jangan terlalu bermain di tengah ya, apalagi disini ada aturan dilarang berenang.


    Memancing di Pantai Malikan

    Berbeda dengan sisi pasir putihnya, pantai Malikan di Papuma memiliki ombak yang lebih besar karena merupakan bagian dari laut selatan tanpa pemecah ombak. 

    Pada pantai Malikan ada beberapa siai pantau yang memiliki ombak cukup tenang dan adapula yang keras. Kedalaman di Malikan juga lebih dalam dari pada sisi pantai pasir putihnya. 

    Makanya disini sering dikunjungi para pemancing, berbagai jenis ikan bahkan seperti GT dan kerapu sapat dengan mudah sobat tangkap disini.


    Camping di Papuma dan Malikan

    Aktivitas camping (berkemah) merupakan aktivitas menyenangkan saat dilakukan di pantai. Disini juga terdapat warung-warung dan para nelayan, jadi sobat dapat membeli ikan dengan harga yang relatif lebih murah dari harga di pasar. 

    Berkemah dan membuat api unggun sambil membakar ikan, pastikan sobat jangan melewatkan aktivitas menyenangkan ini saat berkunjung kemari. 

    Saat weekend, sobat akan banyak menemui orang berkemah disini, benar saja Papuma memang menjadi salah satu Tempat Camping Terbaik di Jember.  Pengunjung yang hendak camping disini akan dikenakan biaya tambahan dengan Harga Berkemah di Pantai Papuma ini sebesar Rp 5.000/orang.


    Wisata Sejarah dan Religi

    Masyarakat sekitar Papuma adalah masyarakat hasil pencampuran budaya Jaqa dan China. Jangan kaget jika disana terdapat bangunan masjid berbentuk seperti klenteng dengan motif China. 

    Setiap tahun juga sering diadakan pertunjukan adat Larung Sesaji sebagai wujud syukur masyarakat disana dengan dibarengu pertunjukan Barongsai China.

    Saat perayaan Larug Sesaji, Pantai Papuma ini dibuka secara gratis seharian dalam tanggal tersebut. Jadi saat itu pasti banyak pengunjung yang menyerbu pantai ini. Saran penulis jika tujuan kalian tidak ingin menyaksikan pertunjukan tersebut lebih baik pindahkan jadwal kunjugnan kalian kemari.


    Berswafoto Instagramable di Pantai Papuma

    Berswafoto di pantai Papuma adalah hal wajib saat berkunjung kemari. Disini terdapat spot foto yang sangat beragam, bahkan ada satu spot foto instagramable yang berada tepat diatas bukit tinggi di tepi pantai Papuma. 

    Untuk berswafoto diatas bukit tersebut sobat harus berjalan mendaki anak tangga berketinggian ±50 meter dan harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

    Selain itu berbagai foto menarik yang dapat sobat ambil saat disini antara lain:

    • Sunrise dan sunset
  • Pantai pasir putih 
  • Ayunan di tepi pantai
  • Bukit papuma
  • Pantai malikan
  • Tebing pantai di malikan, dan
  • Tebing pantai di jalur perjalanan sebelum turun ke Papuma
  • Di Papuma kini telah tersedia juga tempat santai diatas bukit terbuka dengan latar lautan luas.

    Menikmati sunrise dan sunset

    Matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) dapat sobat temui dan nikmati dari pantai Papuma. Untuk menikmati sunrise sobat dapat mengunjungi pantai pasir putih, sementara sunset dapat sobat nikmati di pantai Malikan.

    Hiking di Papuma

    Meskipun lokasinya bertema pantai, rupanya aktivitas hiking dapat sobat lakukan di pantai ini. Beberapa tujuan hiking saat sobat kemaru antara lain, Malikan-Pasir Putih-Papuma hill-masjid unik bernuansa china dan sekitaran papuma yang merupakan wilayah rimbun yang masih kerap dijumpai monyet-monyet.

    Berkunjung ke pantai Watu Ulo

    Pantai Watu Ulo adalah salah satu pantai yang tepat bersebelahan dengan Papuma. Pantai ini terkenal karena bentuk batu besar disana yang berbentuk seperti kepala ular, inilah yang menjadi alasan penamaan watu ulo (watu = batu, ulo = ular), sementara menurut ceritanya sisi ekor ular besar ini ada di pantai Parangkritis Yogyakarta. Oiya sob, Pantai watu ulo adalah pantai yang sangat fenomenal pada tahun 90-an sampai 2000-an.

    Berkat keindahan dan kenikannya Papuma ini masuk dalam Rekomendasi Wisata Pantai di Jember, tertarik untuk datang berlibur disini?

    Berlibur di Papuma setiap waktunya selalu menyenangkan, Pagi-Siang-Sore-Malang semuanya menawarkan keindahan. Pantai Papuma juga sangat bersih dan terjaga, tata letak wisatanya juga sangat bagus....kalau laut surut kita bisa jalan di Pantai Malikan sampai ke tengah laut dan nanti kita bisa menemukan kolam laut yang dalam...para pemancing juga basanya memanfaatkan waktu ini-Penulis Sobat Hiking


    0 Response to "Wisata Pantai Papuma Jember: Pantai Tercantik di Jawa Timur 2024"

    Post a Comment

    jangan diisi

    iklan dalam artikel

    iklan display

    Iklan dalam feed