-->

Pantai Papuma, Pasir Putih Malikan Jember (Informasi wisata, lokasi, harga tiket, penginapan)

Pantai Papuma, Pasir Putih Malikan Jember (Informasi wisata, lokasi, harga tiket, penginapan) - Papuma menjadi salah satu destinasi wisata alam pantai di Kabupaten Jember yang sudah mendunia. Papuma merupakan kependekan dari Pasir Putih Malikan. Nama ini sebenarnya diambil dari 2 pantai yang ada disana yaitu pantai Pasir Putih yang memiliki hamparan pasir putih yang luas dan tempat bersandarnya kapal-kapal kecil nelayan, sementara pantau Malikan adalah pantai dengan tepian batu-batu putih besar yang berada di balik sisi pantai pasir putihnya.

Pantai Papuma, Pasir Putih Malikan Jember
Sumber gambar

Pantai papuma menjadi salah satu destinasi incaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam dengan panorama birunya laut lepas pantai selatan, udara angin lepas yang tidak terhalang pepohonan kelapa dan beragama keanekaragaman hayati lautnya me jadikan pantai wisata ini sangat ramau dikunjungi baik oleh wisatawan, fotografer ataupun pemancing.

Satu hal yang menarik lagi dari pantai papuma adalah aobat dapat menyaksikan sunrise dan sunset. Jika di gunung mungkin menikmati sunset dan sunrise disatu tempat adalah hal yang biasa, namun berbeda dengan wisata pantai. Tidak semua pantai dapat menyajikan pemandangan sunrise dan sunset secara bersamaan. Di pantai Tanjung Papuma ini sobat dapat menikmati sunrise dan sunset secara bersamaan dari tepi pantai. Untuk menikmati sunrise, sobat dapat menikmatinya dari sisi pantai pasir putih, sementara sunset dapat sobat nikmati dari pantai malikan. Jarak ke 2 pantai ini sangat dekat yaitu hanya 200-300 meter dan dapat sobat tempuh hanya dengan berjalan kaki saja. Nah kali ini LetsGoHiking akan memberikan informasi wisata dari pantai Papuma (Pasir Putih Malikan) yang ada di kota Jember untuk media informasi sobat yang ingin berkujung kesana.

Lokasi dan Rute Menuju Papuma

Pantau Papuma berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai ini berjarak ±40an KM dari pusat kota. Rute termudah yang dapat sobat tempuh  saat menuju kemari baik dari arah Lumajang ataupun Banyuwangi, Bondowoso sobat hanya harus menuju Simpang 4 pasar Mangli yang masih merupakan Jalan Nasional. Dari simoang 4 pasar Mangli sobat dapat berbelok menuju Wuluan / Ambulu (belok kanan jika dari arah Lumajang, dan belok kiri jika dari pusat kota Jember). Setelah berbelok di arah yang benar dari simpang 4 itu sobat hanya perlu terus lurus saja ±40km sampai nantinya saat sobat sudah masuk desa Lojejer di Kecamatan Wuluan, sobat perhatikan saja nantj ada jalan belok ke kiri dengan gapura kayu besar bertuliskan "PANTAI PAPUMA".

Jalan menuju pantau papuma tergolong masih ekstream, dari jalan utama jalanan masih aspal datar. Baru kemudia saat sobat sampai di gapura PAPUMA, jalanan akan mulai menanjak dan panjang bahkan ada aatu tanjakan dengan kemiringan ±50 °. Jalanan yang aspalnya sudah agak hancur dan licin tentu sobat harus sangat berhati-hati dan mengecek kendaraan terlebih dahupu sebelum kemari, pastikan kendaraan sobat dalam kondisi yang benar-benar prima. Tidak adanya lampu di sepanjang jalan tersebut juga kalau bisa sobat hindari perjalanan malam umntuk menuju ke pantai yang eksotis ini.

Meskipun memiliki rute jalan yang berbahaya dan menantang, jangan khawatir sob, karna semua itu terbayar dengan pemandangan eksotis dan asrinya pantai Papuma. Pepohonan yang masih rimbun membuat udara dusana sangat segar dan sejuk. Pemandangan pantai yang diisi kapal kecil nelayan yang cantik juga ikut mengisi pemandangan disana. Saat sampai disana, pastinya segala perjuangan perjalanan menuju kemari akan segera hilang dan sobat akan betah serta ingin berlama-lama di pantai indah ini.

Tarif Tiket Wisata Papuma dan Jam Buka

Untuk menikmati pantai Papuma, pengunjung akan di tarik tarif tiket yang cukup mahal dibandingkan wisata pantai lainnya, makanya banyak yang mengatakan pantai papuma ini adalah salah satu pantai termahal di Indonesia. Berikut adalah tarif harga yang di berlakukan kepada pengunjung pantai Papuma,


• Tiket Masuk WNI (weekday) : 18.000
• Tiket Masuk WNI (weekend) : idr 25.000
• Tiket Masuk WNA (Weekday) : idr 40.000
• Tiket Masuk WNA (weekend) : idr 80.000
• kendaraan roda 2 : idr 5.000
• kendaraan roda 4 : idr 10.000
• kendaraan roda 6 : idr 15.000
• camping : idr 5.000
• fotoprewed (event) : idr 250.000

Meskipun mahal tentunya harga itu masih sepadan ya sob untuk menikmati pemandangan pantai Papuma yang sangat mengagumkan. Oiya sob, pantai ini di buka 24 jam jadi sobat dapat berkunjung jam berapapun yang sobat mau, tapi sekali lagi diingatkan yaa untuk sobat agar lebih berhati-hati dan fokus dalam perjalanan saat menuju kemari di malam hari.


Pantai Papuma, Pasir Putih Malikan Jember
Sumber gambar

Homestay dan Penginapan Tepi Pantai 

Nah untuk sobat yang ingin berlama-lama bermain di pantai berpasir putih ini, selain berkemah (camping). Di kawasan sekitar pantai ini juga sudah terdapat banyak Homestay dan penginapan yang langsung menghadap ke laut. Homestay dan penginapan tersebut dipatok dengan harga yang berbeda-beda tergantung jenis homestay dan penginapannya. Berikut adalah data homestay dan penginapan yang ada disana

1. KAMAR JATI
• terdapat 3 unit kamar
• fasilitas : AC, TV, lemari ES, kamar mandi, breakfast untuk 2 orang
• harga : 
-. idr 300.000 (weekday)
-. idr 400.000 (weekend)
-. idr 750.000 (tahun baru)

2. KAMAR KAJANG
• terdapat 1 unit
• fasilitas : Ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang
• harga :
-. idr 300.000 (weekday)
-. idr 400.000 (weekend)
-. idr 750.000 (tahun baru)

3. RUMAH SENGON
• Terdapat 1 unit rumah
• terdiri dari 2 kamar dan 1 kamar mandi
• fasilitas : Ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 4 orang
• harga :
-. idr 650.000 (weekday)
-. idr 700.000 (weekend)
-. idr 1000.000 (tahun baru)

4. KAMAR JABON
• Terdapat 3 unit
• fasilitas : kamar menghadap pantai, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang
• harga :
-. idr 250.000 (weekday)
-. idr 350.000 (weekend)
-. idr 550.000 (tahun baru)

5. KAMAR MAHONI
• Terdapat 4 unit
• fasilitas : AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang
• harga :
-. idr 250.000 (weekday)
-. idr 300.000 (weekend)
-. idr 450.000 (tahun baru)

6. KAMAR RIMBA
• Terdapat 4 unit
• fasilitas : AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang
• harga :
-. idr 250.000 (weekday)
-. idr 300.000 (weekend)
-. idr 450.000 (tahun baru)

Selain itu disini juga terdapat juga AULA yang dapat sobat sewa untuk keperluan bisnis atau event yang dapat disewa dalam selang waktu jam / hari, dengan tarif:

• sewa per jam : idr 200.000 (weekday), idr 250.000 (weekday), idr 430.000 (tahun baru)
• sewa per hari : idr 1000.000 (weekday), idr 1.500.000 (weekend), idr 2.190.000 (tahun baru).

Untuk reservasi sobat dapat langsung mengunjungi lobi reservasi tepat di kawasan pantai pasir putih atau sobat dapat melakukan reservasi online di akun instagram @papumajember (whatsapp 082140295013)

Fasilitas dan Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan

Pantai Papuma adalah ikonik tersendiri bagi pariwisata di Jember. Dan mendapat perhatian lebih dari pemkab tentunya destinasi wisata pantai Papuma sudah memiliki berbagai fasilitas yang tersedia untuk pengunjung dan sangat terawat. Fasilitas-fasilitas yang telah ada tersebut antara lain, area parkir, gazebo (rest area), pos penjagaan, homestay / penginapan, camp ground, toilet, mushola dan warung-warung jajahan masyarakat.

Selain hanya untuk berlibur dan bersantai bermain pasir dan bermain air rupanya sobat dapat melakukan aktiviyas lain yang menyenangkan di pantai ini baik sendiri, bersama teman, pasangan atau keluarga. Aktivitas-aktivitas yang dapat sobat lakukan di sini antara lain,

1. Bermain Pasir dan Ombak Laut

Pantai Papuma sisi pasir putih merupakan sisi Papuma yang memiliki pemecah ombak alami sehingga ombak disana menjadi sangat stabil dan tenang. Sisi pasir putih pantai Papuma sangat luas dengan salah satu sisi menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal kecil nelayan disana. Jadi sobat tidak perlu takut umtuk sekedar bermain air dan pasir saat disini. Tapi sobat jangan terlalu bermain di tengah ya, apalagi disini ada aturan dilaramg berenang.

2. Memancing

Berbeda dengan sisi pasir putihnya, pantai Malikan di Papuma memiliki ombak yang lebih besar karena merupakan bagian dari laut selatan tanpa pemecah ombak. Pada pantai Malikan ada beberapa siai pantau yang memiliki ombak cukup tenang dan adapula yang keras. Kedalaman di Malikan juga lebih dalam dari pada sisi pantai pasir putihnya. Makanya disini sering dikunjungi para pemancing, berbagai jenis ikan bahkan seperti GT dan kerapu sapat dengan mudah sobat tangkap disini.

3. Camping

Aktivitas camping (berkemah) merupakan aktivitas menyenangkan saat dilakukan di pantai. Disini juga terdapat warung-warung dan para nelayan, jadi sobat dapat membeli ikan dengan harga yang relatif lebih murah dari harga di pasar. Berkemah dan membuat api unggun sambil membakar ikan, pastikan sobat jangan melewatkan aktivitas menyenangkan ini saat berkunjung kemari.

4. Wisata Sejarah dan Religi

Masyarakat sekitar Papuma adalah masyarakat hasil pencampuran budaya Jaqa dan China. Jangan kaget jika disana terdapat bangunan masjid berbentuk seperti klenteng dengan motif China. Setiap tahun juga sering diadakan pertunjukan adat Larung Sesaji sebagai wujud syukur masyarakat disana dengan dibarengu pertunjukan Barongsai China.

5. Berswafoto Instagramable

Berswafoto di pantai Papuma adalah hal wajib saat berkunjung kemari. Disini terdapat spot foto yang sangat beragam, bahkan ada satu spot foto instagramable yang berada tepat diatas bukit tinggi di tepi pantai Papuma. Untuk berswafoto diatas bukit tersebut sobat harus berjalan mendaki anak tangga berketinggian ±50 meter dan harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Selain itu berbagai foto menarik yang dapat sobat ambil saat disini antara lain:

• sunrise dan sunset
• pantai pasir putih
• ayunan di tepi pantai
• bukit papuma
• pantau malikan
• tebing pantai di malikan, dan
• tebing pantai di jalur perjalanan sebelum turun ke Papuma

6. Menikmati sunrise dan sunset

Mataharu terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) dapat sobat temui dan nikmati dari pantai Papuma. Untuk menikmati sunrise sobat dapat mengunjungi pantai pasir putih, sementara sunset dapat sobat nikmati di pantai Malikan.

7. Hiking di Papuma

Meskipun lokasinya bertema pantai, rupanya aktivitas hiking dapat sobat lakukan di pantai ini. Beberapa tujuan hiking saat sobat kemaru antara lain, Malikan-Pasir Putih-Papuma hill-masjid unik bernuansa china dan sekitaran papuma yang merupakan wilayah rimbun yang masih kerap dijumpai monyet-monyet.

8. Berkunjung ke pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo adalah salah satu pantai yang tepat bersebelahan dengan Papuma. Pantai ini terkenal karena bentuk batu besar disana yang berbentuk seperti kepala ular, inilah yang menjadi alasan penamaan watu ulo (watu = batu, ulo = ular), sementara menurut ceritanya sisi ekor ular besar ini ada di pantai Parangkritis Yogyakarta. Oiya sob, Pantai watu ulo adalah pantai yang sangat fenomenal pada tahun 90-an sampai 2000-an.

0 Response to "Pantai Papuma, Pasir Putih Malikan Jember (Informasi wisata, lokasi, harga tiket, penginapan)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed