-->

Bukit Samboja di Pantai Payangan, Spot Sunset Favorit di Jember

Bukit Samboja di Pantai Payangan adalah destinasi wisata indah di sepanjang garis pantai Ambulu Jember yang mana juga merupakan pesisir selatan pulau Jawa. Bukit Samboja merupakan objek wisata yang berada di pantai Payangan, jadi jika sobat ingin mengunjunginya pastinya kalian harus menuju ke pantai Payangan terlebih dahulu. Lokasi bukit ini berada di atas pantai Payangan, Bukit Samboja menawarkan kepada wisatawan pemandangan landscape alam birunya laut selatan Jawa. Meskipun berada dilokasi pantai, Bukit Samboja ini memilki karakteristik rerumputan hijau segar yang akan memanjakan mata.

wisata pantai di jember
foto: instagram @arti.bintang

Pantai Payangan ini terletak satu garis lurus dengan pantai lain di Jember seperti pantai Asmara, Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma. Jarak antar destinasi pantai lain juga tidak terlalu jauh, hanya berkisar 2-3 KM jadi pastinya kalian dapat berkunjung  ke banyak pantai dalam satu hari saat beerkunjung kemari.

Pantai Payangan yang menjadi lokasi dari Bukit Samboja merupakan pantai yang sering dimanfaatkan masyarakat sebagai lokasi mata pencaharian sebagai nelayan. Kekayaan keanekaragaman hayati laut disini sangatlah melimpah, oleh sebab itu selain menjadi destinasi kunjungan wisata liburan yang menyenangkan, pantai Payangan ini juga menjadi spot tujuan para pemancing ikan karang seperti kerapu.

Sebelum berkunjung kemari ada baiknya sobat memantau dulu keadaan laut melalui media online, karena pada musim-musim tertentu ombak di Pantai Payangan ini sangatlah besar hingga air laut sampai ke akses jalan aspal dan pastinya sangat berbahaya. Meskipun terkadang sangat berbahaya, namun Ketika keadaan alam sedang baik-baik saja keindahan alam di Bukit Samboja dan Pantai Payangan sungguh sangat mempesona, bahkan ombak disini sangatlah cocok untuk bermain surfing.

Bukit Samboja terletak di sisi kiri pantai payangan bersama dengan gundukan bukit atau oleh masyarakat juga disebut gumuk. Meskipun berada di tepi pantai, bukit ini bukanlah bukit karang. Bukit ini adalah bukit tanah yang diwarnai dengan hijaunya rumput. Dari atas sini pemandangan alam menyaksikan birunya laut hinga menyaksikan matahari tenggelam dapat menjadi aktivitas wisata Ketika disini.

Jember memang menjadi kota yang penuh dengan pesona terutama di bidang pariwisatanya, mungkin bagi wisatawan di luar Jember, nama Bukit Samboja dan Pantai Payangan masih kurang terkenal, oleh sebab itu pada kali ini penulis akan membagikan pada sobat informasi mengenai Bukit Samboja dan Pantai Payangan yang akan bermanfaat jika kalian ingin berkunjung kemari tapi masih memiliki sedikit informasi.

Lokasi, Akses dan Rute Wisata

Secara Administrasi lokasi Bukit Samboja ini terletak di Pantai Payangan, Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu atau sekitar 35 KM dari pusat kota Jember. Jika dari arah kota jember atau Rambipuji arah terbaik adalah dengan menuju ke persimpangan pasar Mangli yang kemudian dilanjutkan berbelok ke arah Ambulu atau Wuluhan, dari sini sobat hanya tinggal bergerak lurus mengabaikan persimpangan apapun hingga nanti akan tiba di Kawasan wisata pantai Payangan, sebelum tiba di Pantai Payangan sobat akan menemukan petunjuk arah menuju Pantai watu Ulo dan Pantai Papuma yang juga dapat kunjungi setelah di Bukit Samboja.

Jika sobat datang dari arah Lumajang melalui jalan Kencong, rute terbaik adalah berbelok di simpang 3 Balung menuju Ambulu atau Wuluhan dan setibanya di persimpangan 3 Ambulu kalian tinggal tepatin arah Kembali menuju jalan pantai Payangan. Untuk lokasi spesifiknya kalian dapat klik “Lokasi Bukit Samboja Pantai Payangan”.

Akses jalan menuju kemari sudah merupakan aspal yang cukup baik, jadi jangan khawatir kalian akan menemui jalan aspal yang rusak. Kemudian aksesnya juga sangat ramah bagi berbagai jenis kendaraan baik sepeda motor matic, mobil, bus mini atau truk sekalipun.

Tarif Tiket dan Jam Buka

Meskipun Jember memiliki pantai yang dikenal dengan pantai termahal di Jawa Timur yaitu Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan), tapi jangan khawatir kalian akan mengeluarkan biaya yang besar saat berwisata di Bukit Samboja. Begitupun saat kalian akan memasuki wisata pantai Payangan yang menjadi gerbang masuk menuju Bukit Samboja.

Untuk memasuki pantai Payangan kalian tidak akan dikenakan baiya sepeserpun alias GRATIS, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya untuk tiket parkir di halaman rumah warga sebesar Rp 3000 untuk sepeda moto dan Rp 5000 untuk mobil. Sementara untuk naik menuju Bukit Samboja kalian akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10000, bagaimana? Sangat murah dan seimbang denga napa yang akan didapat bukan.

Disekitar pesisir pantai juga terdapat berbagai kios warga yang menyajikan makanan tradisional sseperti rujak, lontong tahu dan berbagai camilan lainnya. Kemudian disekitarnya juga terdapat kamar mandi umum yang dikelola masyarakat secara perorangan.

Pantai ini dikelola secara bersama oleh masyarakat tanpa campur tangan pemerintah, karena pada umumnya pantai ini merupakan ladang pekerjaan bagi nelayan di sekitar, disini pula kalian dapat menemukan atau membeli ikan dengan harga murah diluar tempat pelelangan ikan. Tidak ada jam buka yang ditentukan di pantai Payangan, namun untuk di bukit Samboja wisatawan sudah tidak diperkenankan naik keatas bukit saat matahari telah tenggelam.

destinasi wisata pantai di jember
foto: instagram @arti.bintang

Menyaksikan Birunya Laut dan Matahari Tenggelam

salah satu tujuan utama saat berkunjung ke Bukit Samboja adalah menyaksikan birunya laut yang terlihat sangat luas. Diatas bukit ini tidak terdapat pepohonan besar, hanya rerumputan hijau jadi pastinya cuaca disini akan sangat panas dari terik matahari saat siang hari jadi pastikan kaliantidak lupa menggunakan sunblock dan memakai topi agar kulit kalian tidak panas. Lokasinya yang terbuka juga membuat Kawasan bukit ini menjadi lebih sejuk darihembusan semilir angin laut. Untuk mendaki tepat keatas bukit kalian tidak akan melakukan perjalanan yang panjang kok, bahkan kurang dari 10 menit kaian sudah bisa sampai, perjalanan mendaki ke bukit ini juga jangan dibayangkan sebagai perjalanan yang ekstream, anak tangga yang telah tersusun rapi telah disediakan untuk memudahkan wisatawan.

Dari atas bukit ini juga kalian dapat menyaksikan pemandangan mathri tenggelam (sunset) yang sangat eksotis, menyaksikan matahari yang perlahan bergulir tenggelam bersama orang tersayang disanding minuman hangat serta dengan latar lautan lepas pastinya quality-tieme kalian akan terasa sempurna.

Bermain Surfing

Ombak di pantai Payangan sangatlah stabildan bagus pada musim-musim tertentu dan bisa juga sangat ganas. Saat keadaan laut sedang bersahabat, banyak orang yang kerap menggunakannya untuk bermain olaraga surfing. Namun untuk surfing disini pastikan kalian telah membawa papan surfing sendiri dan telah menguasai Teknik surfing. Disini tidak tersedia persewaan papan ataupun pelatihan surfing dan juga keamanan dipantai ini menjadi tanggung jawab pribadi. Jadi pastikan kalian sudah benar-benar mengerti tata cara surfing yang benar. Sangat tidak dianjurkan bermain surfing bagi pemula disini karena tidak tersedianya fasilitas pengawasan disepanjang aktifitas surfing kalian.

Memancing

Menjadi tempat bagi nelayan bekerja, pastinya tidak perlu dipertanyakan Kembali mengenai seberapa banyak dan kualitas ikan-ikan disekitar. Selain dapat membeli dengan harga sangat murah, dipantai ini kalian juga dapat memancing ikan berjenis ikan karang atau ikan dasaran seperti kerapu. Pastikan kalian menyiapkan alat pancing dan umpannya lengkap terlebih dahulu karena disii juga tidak tersedia persewaan alat pancing. Biasanya pemancing disini akan memancing dari sebelah bukit Samboja atau diakwasan bebatuan karang raksasa.

Menjadi salah satu Pantai di Jember yang memiliki panorama keindahan alam denagn didampingi kemudahan akses serta harga ekonomis yang sangat terjangkau, Bukit Samboja  pantai Payangan menjadi sebuah rekomendasi wisata di Jember yang penulis sarankan Ketika sobat berkunjung kemari terutama bagi kalian yang datang dari luar Jember dan ingin berlibur di destinasi wisata alam yang lebih berbeda. Pastikan Bukit Samboja pantai payangan masuk dalam wishlist tujuan wisata kalian.

0 Response to "Bukit Samboja di Pantai Payangan, Spot Sunset Favorit di Jember"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed