-->

Pantai Cemara Puger Jember, Wisata Sempurna Menghilangkan Stres

wisata pantai cemara puger jember memiliki pemandangan alam yang indah dengan isi pepohonan cemara yang tersusun rapi
foto: instagram @sungkawaningsih

Pantai Cemara Puger Jember, Wisata Sempurna Menghilangkan Stres - Pantai Cemara Puger berada di sepanjang garis pesisir pantai di puger, Jember dan merupakan destinasi wisata baru yang ramai pada akhir 2020. Pantai Cemara merupakan pantai selatan Jawa yang mana satu garis lurus dengan pulau  Nusa Barong. Berbeda dari pantai pada umumnya yang sering kali dihiasi di pohon kelapa di pesisir garis pantainya, seperti halnya namanya pantai ini diisi dengan rapatnya pepohonan cemara dengan luas bidang yang sangat luas. Rimbunnya pepohonan cemara yang memberikan kesan sejuk dari hembusan angin inilah yang menjadikan wisata Pantai Cemara ini menjadi destinasi liburan keluarga yang menyenangkan.

Pantai Cemara menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Jember, mungkin bagi warga luar Jember hanya mengenal pantai Papuma sebagai pantai paling indah di Jember. Namun lebih dari itu jember masih memiliki banyak destinasi wisata lain seperti Pantai Cemara ini yang tidak kalah indah dengan papuma. Jember memang menjadi salah satu kota dengan berbagai destinasi wisata menarik. Selain wisata dengan pemandangan alamnya yang indah itu wisata di Jember juga masih erat hubungannya dengan kehidupan warga lokal, misalnya saja pantai Papuma menjadi bukti akulturasi budaya dan puncak badean yang behubungan dengan sistem agro masyarakatnya.

Destinasi wisata Pantai Cemara terletak satu garis lurus dan satu jalan utama dari wisata pantai Pancer, Kucur, dan tempat pelelangan ikan (TPA) Puger. Pesona keindahan pohon cemara yang berjejer rapi ini menjadi pemandangan langkah dalam wisata pantai lain di Jember atau mungkin di kota lain. Pepohonan cemara yang berukuran tidak terlalu besar namun sangat rapi, tinggi dan banyak ini membuat kondisi pantai disini menjadi sangat sejuk baik karena angin pantainya yang bebas mengalir serta dengan tertutupnya wilayah sekitar dari pepohonan cemara tersebut.


Informasi Wisata Pantai Cemara Puger

Wisata Pantai Cemara Jember ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang hendak berlibur ke kota Santri ini. terutama bagi kalian yang datang jauh dari luar wilayah, baru dikenalnya pantai ini menjadikan pantai ini tentunya masih agak sepi bahkan oleh wisatawan dari dalam kota sekalipun. Berikut penulis kan sajikan informasi mengenai wisata Pantai Cemara di Puger Jember yang dapat menjadi sumber informasi sebelum kalian kemari.


Lokasi dan Rute Wisata Pantai Cemara Puge

Jalan menuju Pantai Cemara puger satu arah dengan menujupantai pacer yang sudah terkenal. Lokasi tepatnya berapa di Jl. Lintas Selatan, Kalimalang, Mojomulyo, Puger, Kabupaten Jember atau sekitar 40Km dengan jam tempuh sekiatr 1 jam dari pusat kota Jember.

Dari arah pusat kota kalian dapat mengambil arah baik melalui Rambipuji kemudian Balung dan terus menuju arah Puger atau dapat berbelok d persimpangan pasar Mangli menuju arah Ambulu dan belok di simpang 4 Ambulu menuju arah Balung. Namun jika kalian datang dari Arah Lumajang, melalui jalan Kencong adalah opsi terbaik untuk mengunjungi Pantai Cemara puger ini. dari arah manapun nantinya sobat akan sampai di persimpangan 3 di daerah puger dengan arah tujuan jika belok kiri menuju lapangan puger dan tempat pelelangan ikan (TPA) Puger dan dari sanakalian berbeloklah kearah kanan hingga melewati jembatan nantiny akan ada jalan kecil disamping kiri, nah kalian dapat mengambil arah tersebut dan kemudian tinggal ikutin jalan tersebut dan kalian akan sampai di Jalan Lintas selatan disinilah pantai Pancer dan Pantai Cemara berada dalam satu garis pantai yang terletak sejauh 3 KM. untuk lokasi jelasnya kalian dapat klik “Lokasi Pantai Cemara Puger jember”.

Tidak ada akses kendararaan umum untuk menuju kemari dan pastkan sebeum kalian menuju kemari kalian telah mengisi penuh bahan bakar kendaraan kalian dan perhatikan kondisi mesin hingga roda terlebih dahulu karena disepanjang Jalan Lintas Selatan ini sangat panas dan sepi bahkan jarang tedapat rumah, pastinya mogok disini adalah sebuah hal yang tidak diinginkan.


Tiket Masuk Pantai Cemara Puger

Salah satu pertanyaan yang pasti muncul dari setiap wisatawan untuk dapat memenagemen perjalanan mereka adalah “berapa harga tiket wisata?”. Begitupun saat kalian akan berkunjung kemari, pertanyaan mengenai tarif tiket dan pengeluaran lain menjadi sesuatu pertimbangan sebelum kalian berangkat dan berwisata. Nah jadi, Berapa harga tiket mauk ke Pantai Cemara Puger?

Secara administrati pantai ini masih dikelola mandiri oleh masayarakt sekitar tanpa campur tangan pemerintah Jember. Untuk memasuki wisata Pantai Cemara Puger ini kalin tidak akan ditarik biaya masuk alias GRATIS.  Namun kalian perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan sebesar Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Pantai ini tidak memiliki ketentuan jam bukanya sehingga kalian bebas untuk menentukan jam wisata saat berkunjung kemari. Namun demi masalah keamanan penulis tidak merekomendasikan kalian berkunjung kemari saat sudah hampir malam.


Fasilitas Wisata Pantai Cemara Puger

Wisata yang masih baru di Jember ini masih belum mendapat pembangunan fasilitas-fasilitas wisata yang banyak dan komplit seperti halnya lokasi wisata lain. Fasilitas wisatanya sendiri masih sekedar parkir kendaraan dan disekitar lokasi juga terdapat berbagi kios jajanan masyarakat.

Lokasi wisata yang luas menjadikan wisatawan bebas untuk menentukan tempat beristirahat dengan menggunakan matras yang dibawah sendiri. Pepohonan yang rimbun akan melindungi kalian dari sinar matahari saat bersantai di Pantai Cemara, ditambah dengan semilir angin dan suara deburan ombak di pantai pastinya akan menajdikan moment wisata kalian menajdi sangat tenang terutama bagi kalian yang ingin menghilangkan stress di Pantai Cemara puger.


Aktivitas Liburan di Pantai Cemara

Meskipun notabanya adalah wisata air, namun sangat tidak disarankan untuk pengunjung bermain air lansung di pantai ini terutama bagi anak-anak. Disepanjang pantai ini tidak memiliki pemecah ombak sehingga dapat dipastikan ombak disini sangat besar, kemudian di beberapa bagian pantai ini juga memiliki cekungan dalam di dasarnya sehingga akan menambah bahaya jika kalian bermain air secara langsung disini. tapi tenang saja kalian masih dapat menlakukan kegiatan atau aktivitas liburan menyenangkan di Pantai Cemara puger ini dengan beberapa hal seperti bersantai menikmati angin pantai, bermain pasir, bermain hammock di pepohonan serta memanfaatkan pasir pantai yang terbuka untuk bermain laying-layang pantai.

Bermain Ombak Pantai Cemara Puger

Meskipun kalian tidak dapat berenang di perairan Pantai Cemara ini, kalian masihbisa kok menikmati keseruan bermain air dengan membiarkan kaki kalian diguyur ombak pantai. Berjalan-jalan di tepi pantai sambil terkena ombak juga dapat menjadi ide menarik untuk berswa foto saat berlibur di Pantai Cemara Puger. Pastikan kalian tetap berhati-hati dan jangan terlalu berjalan ke tengah saat bermain air di Pantai Cemara.

Menikmati Angin diatas Hammock

Pantai yang memiliki susunan pohon cemara tersusun rapi di pasir pesisirnya membuat kalian dapat mengikat hammock untuk bersitirahat. oiya, disini tidak tersedia penyewaan hammock ya jadi pastikan kalian membawanya sendiri. Bersantai di atas hammock sambil menikmati semilir angin yang segar akan terasa sangat menyenangkan, ditambah dengan hadirnya pepohonan yang lebat akan melindungi kalian dari panasnya sinar matahari saat bersantai di pesisir Pantai Cemara Puger.

Dengan keindahan wisata yang sangat unik dan memiliki karakteristik yang sangat tepa guna meghilangkan stress dari dalam diri. Wisata Pantai Cemara puger di jember ini dapat menjadi pilihan wisata pantai yang wajib dikunjungi. Harganya yang murah, aksesnya yang mudah dengan penyajian pemandangan alam yang sangat indah, tentunya kalian tidak akan rugi saat berwisata ke Pantai Cemara puger.


0 Response to "Pantai Cemara Puger Jember, Wisata Sempurna Menghilangkan Stres"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed