-->

Wisata Pantai Kucur Puger Jember, Kolam Renang di Tepi Pantai

Wisata Pantai Kucur Puger Jember, Kolam Renang di Tepi Pantai – Berwisata di pantai Jember memang tidak akan ada habisnya, Jember memiliki berbagai destinasi wisata pantai yang sangat menarik perhatian wisatawan bahkan dari luar kota. Kecamatan Puger adalah salah satu wilayah di Jember yang memiliki perairan pantai selatan Jawa. Beberapa pantai yang ada di puger ini contohnya, pantai kucur, pancer dan pantai Cemara.

Pantai Kucur di Puger merupakan salah satu pantai yang mana akses menuju lokasinya harus menggunakan sebuah perahu dengan perjalanan lebih kurang 10 menit. Kondisi perairan pantai Kucur berbeda dari pantai lainnya yang ada di Jember, berapa di pertemuan muara dan pantai yang berukuran besar dan nampak seperti sebuah selat kecil, pantai Kucur memiliki kondisi perairn yang relative tenang hingga belasan meter dari bibir pantai. Kondisi bertemunya aliran muara dengan air laut ini hampir sam dengan apa yang terjadi di Pantai Cangaan.

Wisata Pantai Kucur Puger Jember, Kolam Renang di Tepi Pantai, Rekomendasi destinasi wisata alam pantai jember
sumber gambar instagram @erwinfebrnt

Pantai Kucur tidak memiliki pasir pantai yang luas dan merata, kondisi sekitar juga merupakan tanah dengan fegetasi pepohonan lebat. Mirip dengan pantai Papuma, berkat kondisi alamnya yang sedemikian rupa saat berkunjung di pantai Kuncur ini kalian juga besar kemungkinan akan disambut oleh gerombolan monyet liar.

Tidak adanya kendaraan darat bermotor di sepanjang pantai ini menjadikan kondisi udara di pantai ini sangatlah segar dan bersih, ditambah lagi dengan kondisinya di samping lautan terbuka menjadikan semilir angin dapat terasa menenangkan dan sangat tepat untuk menghilangkan stress. Wisata Pantai Kucur Puger ini sudah memiliki nama yang luas di dunia pariwisata bahkan sering dikunjungi oleh wistawan luar kota, jika sobat masih asing dengan wisata Pantai Kucur, kali ini penulis akan memberikan informasi lengkap tentang wisata di Pantai Kucur yang dapat bermanfaat jika sobat ingin mengunjunginya tapi masih memiliki seribu pertanyaan terntangnya.

Lokasi, Tarif Tiket dan Jam Buka

Jika sobat bertanya dimana lokasi pantai Kucur? Pantai Kucur berada di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, dimana untuk dapat mendatanginya kalian harus teelebih dahulu menuju ke tempat pelelangan ikan di Puger atau pasar ikan, kemudian sobat pergi ke dermaga disana dan mencari jasa perahu kecil yang dapat mengantarkan sobat menuju pantai Kucur. Untuk lokasi dan rute jelasnya dalam menuju lokasi Ppantai ini kalian dapat klik “Lokasi Pantai Kucur Puger

Sobat tidak akan dikenakan tarif tiket masuk saat berkunjung ke pantai Kucur, alias GRATIS. Kalian hanya perlu membayar biaya sewa perahu sebesar Rp 15.000 - Rp 20.000 untuk perjalanan pulang pergi. Untuk jamnya sendiri kalian dapat fleksibel atau sesuaikan sendiri kapan jam pulang kalian, kalian dapat berkomunikasi melalui ponsel atau membat perjanjian jam untuk penjemputan kalian. Selain itu jangan lupa juga kalian perlu membayar retribusi parkir di tempat pelelangan ikan sebesar Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 8000 untuk mobil.

Pantai Kucur ini dibuka 24 jam, bahkan saat malam hari tak sedikit banyak orang yang berjualan disana memilih untuk menginap selama beberapa hari disana. Wisata Pantai Kucur hanya ditutup Ketika mendapat himbauan dari pemerintah atau saat kondisi cuaca sedang tidak baik yang membuat perjalanan transportasi laut menjadi bahaya, jadi pastinya kalian datang berwisata di Pantai Kucur ini saat cuaca musim sedang baik dan stabil.

Wisata Pantai Kucur Puger Jember, Kolam Renang di Tepi Pantai, Rekomendasi destinasi wisata alam pantai jember
smber gambar instagram @elvia_rahardian

Keunikan WIsata Alam Pantai Kucur

Sama dengan pantai Jember lainnya yang memiliki karakteristik wilayah unik dibadingkan pantai-pantai pada ummnya. Pantai Kucur juga memiliki beberapa keunikan tersendiri yaitu: terdapat sebuah kolam renang yang berada tepat dari bibir pantai, terdapat tebing tinggi yang mengeluarkan sumber mata air (mata air seribu), terdapat bagian hutan jati ditepi pantai, memiliki 2 pantai yang dipisahkan dengan tebing karang raksasa dan terdapat jalur hikking di tepi pantai yang dapat kalian lalui untuk berjalan-jalan di tepi pantai hingga ratusan meter.

Dengan karakteristik wilayah yang unik tersebut, berikut adalah aktivitas wisata menyenangkan yang dapat kalian lakukan saat berkunjng di Pantai Kucur:

Berenang di Kolam Renang Tepi Pantai Kucur

Berjarak hanya belasan meter dari bibir pantai, terdapat sebuah kolam renang berukuran cukup luas dengan kedalaman hingga 1,5 meter. Air di kolam ini berasal dari sumber mata air yang ada disana. Hadirnya kolam dari sumber mata air alami yang berada sangat dekat dengan tepi pantai tentunya merupakan sebuah keunikan yang jarang ditemui di tempat lain. Kolam di tepi pantailah yang menjadi salah satu ikoniik Pantai Kucur sebagai tujuan pariwisata. Jadi dikolam ini sobat dapat berenang dengan pemandangan sekitar pantai Kucur, ditambah dengan kondisi pepohonan yang rapat membuat sensasi berenang disini menjadi sangat segar dan pastinya kalian dapat mengabadikan moment liburan epic ditempat ini.

Memancing dan Membakar Ikan di Tepi Pantai Kucur

Perairan Puger memang tidak perlu diragukan lagi tentang kekayaan biota laut khususnya ikan yang ada didalamnya. Termasuk di Pantai Kucur, pantai ini berada satu garis lurus dengan pula Nusa Barong. Oleh sebab itu di Pantai Kucur ini terdapat sisi area yang menghadap tepat ke laut selatan Jawa. Disinilah beragam jenis ikan kecil dan besar berkumpul, selain para wisatawan dengan tujuan berlibur banyak juga orang datang dengan tujuan memancing ikan yang ada disana.

Selain memancing, aktivitas membakar ikan di tepi pantai Kucur juga tak kalah menyenangkan. Sobat dapat membeli ikan terlebih dahulu di pasar ikan atau tempat pelelangan ikan Puger terlebih dahulu untuk kemudian dibawa menuju ke pantai Kucur. Saat membat api disini pastikan kalian berada jauh dari pepohonanan dan daun kering yang mudah terbakar serta pastikan juga untuk mematikan apinya saat telah usai.

Bermain Air di Pantai

Berada dilokasinya yang mirip dengan selat, pantai ini memiliki bibir pantai yang aman untuk digunakan bermain air hingga belasan meter. Saat bermain air di pantai Kucur, tak jarang kalian akan menemukan juga ikan-ikan kecil dan kerang dibagian batu-batu karang. Disini juga terdapat sebuah batu karang raksasa yang sering kali digunakan untuk melompat ke pantai, tapi untuk dapat merasakan sensasi melompat dari batu karang besar tersebut pastikan kalian menunggu air pasang terlebih dahulu agar kedalaman disana tidak terlalu dangkal untuk meompat.

Hiking di Sepanjang Garis Pantai

Jika di pantai lain kalian hanya dapat berjalan-jalan disekitar pantai yang tidak terlalu panjang hingga ratsan meter, dipantai inilah kalian dapat merasa sensasi berwisata di pantai yang berbeda. Dari titik utama wisata Pantai Kucur atau diarea kolam renang alami tersebut, kalian dapat berjalan ke arah selatan dengan melewati perbukitan di tepi pantai. Ada beberapa spot yang kalian akan temui, pertama adalah sumber mata air seribu yaitu sebah tebing terjal diselimuti akar dan lumut yang mengeluarkan air. Kemudian, kalian akan sampai di salah satu pantai ke dua di wisata Pantai Kucur, dipantai kedua ini kondisi pasir lebih luas ditambah dengan vegetasi popohonan yang sudah berubah menjadi jati, jika ters berjalan kalian akan berjalan disekitar pepohonan jati tepi pantai dan kemudian tiba di gugusan karang yang berada tepat menghadap kearah pantai selatan. saat kalian berada di gugusan karang ini pastikan kaian berhati-hati, selain karangnya yang tajam, bebatuan karang disini juga tidak beraturan dan berada tepat di tepi laut selatan tanpa pembatas, pastinya akan jadi hal mengerikan jika kalian terjatuh kesana.

Bagaimana? Sangat menarik perhatian bukan pantai kucur ini untuk digunakan sebagai destinasi wisata saat berkunjng ke Jember. Selain jah dari polusi udara kotor kendaraan bermesin, pastikan kalian juga turut menjaga kebersihan saat berwisata di Pantai Kucur dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak alam disana.

 

0 Response to "Wisata Pantai Kucur Puger Jember, Kolam Renang di Tepi Pantai"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed