-->

Pantai Cangaan Jember, Wisata Alam Tersembunyi Jarang Dikunjungi

Pantai Cangaan Jember, Wisata Alam Tersembunyi Jarang Dikunjungi – saat berwisata di kota Jember, wisata alam adalah tema lokasi destinasi liburan yang tidak akan lepas. Dari pada wisata buatan seperti kebun binatang, kolam renang atau taman bermain, wisata alam adalah hal yang sangat menggambarkan pariwisata Jember. Kondisi alam Jember yang menjadi bagian dari penggunungan Argopuro dan Pantai Selatan Jawa pastinya membuat kota Jember sangat kaya akan lokasi alam yang menarik untuk dikujungi. Berbagai titik wisata yang menarik di kujugi karena ke eksotisannya di kota Jember biasanya masih memiliki kondisi jalan yang cukup sulit untuk dilalui, contohnya saja wisata pantai  Canggaan, Bandealit dan Nanggelan.

Pantai Cangaan Jember, Wisata Alam Tersembunyi Jarang Dikunjungi, matahari terbit
sumber gambar instagram @vvianz7

Dari pada wisata lain yang berada di daerah pegunungan atau hutan, pantai adalah objek wisata yang sangat familiar dengan pariwisata Jember. Pantai-pantai di kota Jember ini kerap kali memiliki karkteristik keunikan yang membuatnya berbeda dari pantai lainnya, keunikan inilah yang menyebabkan wisata pantai di Jember sangat tertarik ntuk dikunjungi hingga banyak juga wisatawan dari luar kota yang datang untuk berkunjung di pantai di Jember. Beberapa pantai di Jember yang memiliki keunikan tersendiri diantaranya: pantai papuma yang menyajikan pemandangan sunset dan sunsite, bukit samboja Payangan yang memiliki rumput hijau, pantai cemara dengan gugusan pohon cemara serta pantai Cangaan ini yang memiliki keunikan memiliki sebuah rawa di tepi pantainya yang saat air pasang memungkinkan untuk kedua sumber air ini menyatu jadi satu.

Pantai Cangaan memang jarang didengar dan diketauhi oleh wisatawan yang datang Jember, bahkan bagi orang Jember sendiri, pantai Cangaan jarang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata. Dari pada oleh wisatawan, nama pantai Cangaan lebih dikenal luas oleh para pemancing. Hal tersebut menjadi sebuah kelebihan tersendiri yang membuat pantai ini menjadi terjaga kebersihannya. padahal pemandangan alam disini sangatlah menenangkan dan indah untuk dijadikan sebagai tujuan wisata yang jauh dari suasana perkotaan dengan landscape lantai.

Lokasi, Tarif Tiket dan Jam Buka

Pantai Cangaan terletak di Kebonsari, Sabrang, Ambulu, Kabupaten Jember atau berjarak kurang lebih 40 KM, pantai  Canga’an dapat kalian tempuh dengan durasi perjalanan 1,5-2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Sobat dapat dengan kendaraan roda 2 atau 4 berukuran kecil, sementara kendaraan seperti minibu akan sangat kesulitan saat menuju ke tempat ini, tidak ada juga angkutan umum yang membawa kalian ke pantai. Untuk menuju ke pantai  Canga’an, kalian akan melewati jalanan di hutan jati dengan kontur tanah yang licin dan kadang berlumpur saat musim hujan, jadi pastikan kondisi kendaraan sobat sangat prima sebelum berkunjung kemari.

Rute yang harus kalian ambil untuk menuju ke pantai  Cangaan sejalur dengan menuju ke pantai Payangan atau Pantai Watu Ulo dari arah kota, namun karena jalannya yang melaui jalan kecil, penulis tidak akan menuliskan secara rinci untuk meminimalisir kesalahan karena kondisi sekitar yang berubah. Untuk mengetauhi detail rute menuju pantai Cangaan, kalian dapat klik “Lokasi Pantai  Canga’an”.

Tarif tiket yang dikenakan untuk berkunjung ke pantai Cangaan adalah sebesar Rp5.000 perorangnya, dan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 8.000 untuk mobil.

Jam operasi pantai Canga’an mulai sejak pukul 6 pagi, namun untuk kalian yang hendak berkemah kalian dapat melaporkannya terlebih dahulu kepada pengelola agar nantinya sepeda kalian akan diletakan ke tempat parkir lain yang aman atau dapat juga kalian bawa ke tepi pantai didekat tenda kaian.

Pantai Cangaan Jember, Wisata Alam Tersembunyi Jarang Dikunjungi
wumber gambar instagram @saiful_ar

Keunikan Pantai Cangaan

Pantai Cangaan ini dulunya lebih dikenal dengan nama “Pantai Rowo Cangak”, penamaan ini diambil dari kondiri disana yang terdapat sebuah rawa atau dalam bahasa Jawa “Rowo”, dan “Cangak” yang berarti hewan kecil dari lumpur, penamaan nm aini dihubungkan dengan kondisi rawa dan laut disana yang sangat kaya dengan biota alaminya. Di rawa disana kalian dapat memancing dengan mudah ikan-ikan kecil atau bahkan menjaring udang.

selain terdapat sebuah rawa, di pantai Cangaan juga terdapat sebuah bukit tinggi yang dapat kalian daki untuk melihat pemandangan sepanjang pantai Cangaan dengan luas dan terbuka, selain itu disini juga terdapat batu karang raksasa yang berukuran panjang, jika kalian naik ke atas batu karang tersebut kalian akan menemukan sebuah bibir pantai kecil yang tersembunyi di balik batu karang tersebut. Luas pantai tersembunyi ini tidak sampai 20 meter persegi, namun lokasinya yang tersembunyi memiliki nuansa tersendiri saat berkunjung kemari.

Keunikan wilayah yang ada dipantai Cangaan, membuat sobat apat melakukan kegiatan menyenangkan saat berkunjng ke pantai ini, diantaranya yaitu:

Memancing

Dari pada didatangi para wisatawan untuk tempat wisata yang menyenangkan, pantai ini lebih sering di datangi oleh para pemancing. Pantai Cangaan memiiki garis pantai dangkal dengan dasaran pasir dan arus ombak yang kuat, oleh sebab itu tempat ini kerap dikunjungi para pemancing yang mencari ikan konsumsi dengan karakteristik laut dangkal berpasir seperti ikan kuro, ikan pindang dan ikan cencaru.

Selain itu dengan berjalan melewati sebuah bukit yang ada disekitar pantai Cangaan, jika mengerti jalan disana maka akan membawa kalian menuju pantai Nanggelan yang juga menjadi surganya pemancing ikan laut.

Bermain Air dan Mencari Ikan di Rawa

Pantai Cangaan memiliki arus ombak yang cukup kuat, bahkan saat kalian berkemah pastikan kalian mendirikan tenda sangat jauh dari pantai, saat malam dan dinihari air di pantai ini dapat meluap hingga 25 meter dari bibir pantai rata-rata saat siang hari. Oleh sebab itu kalian tentu tidak disarankan untuk bermain air di pantai, namu jangan khawatir, kalian masih dapat bermain air menyenangkan di area rawa.

Rawa ini memiliki kedalaman hingga 2 meter, disini kalian dapat berenang,bermain perahu dari batang pohon apung, berburu udang dan sebagainya. Di rawa ini juga terdapat berbagai ikan kecil, udang dan biota laut lainnya yang dapat kalian tangkap baik dengan alat pancing, jaring atau perangkat bambu. Tak jarang saat kalian datang kemari maka kalian akan dapat melihat beberapa pancing di biarkan semalam ditepi rawa untuk memancing ikan.

Mendaki Bukit

Diantara rawa dan laut pantai cangaan, selain batu karang raksasa kalian juga akan menemukan sebuah bukit besar yang diisi dengan beragam tumbuhan hingga pepohonan besar. Kalian dapat mendaki ke atas bukit itu dan berjalan-jalan disana, pastikan kalian mengingat jalan kalian karena disinterdapat banyak persimpangan jalan yang dapat menyesatkan kalian. Bukit ini juga yang kerap kali digunakan para pemancing untuk memotong jalur antara pantai Cangaan dan pantai Nanggelan agar dapat dijangkau dengan berjalan kaki dan dengan durasi waktu yang singkat.

Spot Olaraga Outdoor

Jalan menuju pantai Cangaan diisi dengan jalan tanah di are terpencil di tengah hutan jati, saat musim panas jalan akan menjadi licin karena pasir, sedangkan saat musim hujan jalan akan licin dengan lumpur. Beginilah kondisi yang harus kalian tempuh hamppir sejauh 8 km untuk sampai di Pantai Cangaan. Oleh sebab itu lokasi ini sangatlah cocok kalian gunakan untuk spot olaraga trail running atau sepeda gunung.

Pantai Cangaan Jember, Wisata Alam Tersembunyi Jarang Dikunjungi, sepeda gunung di pantai
sumber gambar instagram igank_080

Berkemah

Aktivitas berkemah di pantai Cangaan saat weekend menjadi salah satu pilihan yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan stress dengan kondisi perkotaan. Lokasi pantai Cangaan jarang menjadi tempat berkemah sehingga saat berkemah disini kalian akan dapat merasakan ketenangan dan kesegaran yang membat kalian menjadi segar Kembali.

Berkunjung di Kebun Warga

Tidak jauh dari garis pantai Cangaan, lebih kurang hanya berjarak 100 meter, disini terdapat perkebunan warga dari beragam komoditas, salah satunya adalah semangka. Sebuah kebun tanaman buah di lokasi pantai adalah hal yang Langkah dan tidak banyak dapat kalian temui ditempat lain. Kalian juga dapat membeli buah semangka tersebut dengan harga murah meriah saat erkunung kemari.

Pantai Cangaan yang berada di Jember ini adalah salah bentuk pilihan destinasi wisata alam bertema pantai yang dapat kalin kunjungi untuk mencari ketenangan dan keasrian. Beragam aktivitas menyenangkan dengan pemandangan alam mengagumkan dapat sobat rasakan dengan berkunjung dipantai dengan biaya yan sangat murah. Pantai Cangaan sebagai salah satu wisata alam tersebumnyi pastinya memiiki alam yang masi terjaga, pastikan kalian tidak membuat kerusakan atau bahkan membuang sampah sembarangan saat berkunjung ke pantai Cangaan Jember.

 

 

 

0 Response to "Pantai Cangaan Jember, Wisata Alam Tersembunyi Jarang Dikunjungi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed