-->

HUT ke-35, Begini Cara PT Semen Tonasa Berkontribusi Pada Pembangunan Negeri

HUT ke-35, Begini Cara PT Semen Tonasa Berkontribusi Pada Pembangunan Negeri

PT Semen Tonasa merupakan salah satu produsen semen terbesar khususunya di wilayah Indonesia Timur. Berdiri dilahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, perusahaan semen ini memiliki 4 unit pabrik dengan total kapabilitas mencapai 5.980.000 ton semen per tahun.

Berdiri sejak 35 tahun lalu atau tepatnya pada1986, proses produksinya lahir dari kegiatan penambangan tanah liat dan batu kapur di kawasan tambang tanah liat dan pegunungan batu kapur sekitar pabrik. Selama 35 tahun PT Semen Tonasa telah menjualkan produknya baik untuk keperluan pembangunan di dalam hingga di luar negeri, kualitasnya yang di kontrol langsung oleh satuan Quality Control membuat hasil produk PT Semen Tonasa menjadi sangat baik dan dipercayakan sebagai material pembangunan.

Terdapat beberapa jenis produk semen yang dihasilkan PT Semen Tonasa dimana dengan karakteristik berbeda penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan, beberapa produk tersebut antara lain: Semen Portland Tipe I (OPC) untuk kebutuhan bangunan umum dengan tekanan tinggi seperti gedung, perumahan, jembatan dan landasan bandar dara, kemudian Semen Portland Komposit (PCC) untuk kontruksi beton umum seperti pemasangan batu bata dan pagar dinding serta produk Semen Portland Pozzolan (PPC) yang merupakan semen hidrolis dimana dapat digunakan untuk material konstruksi beton umum dan konstruksi beton massa seperti bendungan.

Lebih dari sekedar perseroan yang berfokus pada bisnis industri, PT Semen Tonas turut berkontibusi pada pembangunan negeri serta peningkatan mutu lingkungan. Hal ini sesuai dengan visi perusahaan “Menjadi perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia yang efisien dan berwawasan lingkungan”, tidak hanya sekedar kalimat belaka berikut adalah beberapa peristiwa atau program yang pernah dilaksanakan PT Semen Tonas sesuai dengan visinya,

1.    pada 22 April 2014, PT Semen Tonasa menyelenggarakan Gerakan Tabungan Pohon Desa/ Kelurahan lingkar di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep.

2.    15 Agustus 2014, PT Semen Tanosa memberikan bantuan kepada korban bencana kebakaran di Kampung Pandang Lau dan Bulu-Bulu, Kelurahan Anrong Appaka, Pangkep.

3.    Penanaman pohon di areal pelabuhan Biringkassi pada 06 Februari 2015.

4.    18 November 2015, perseroan memberikan bantuan obat-obatan pada masyarakat warga Gudang Arang sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

5.    11 Maret 2015, PT Semen Tonasa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar dalam pembangunan tapal batas wilayah di 14 kecamatan.

6.    16 November 2015, PT Semen Tonasa membangun sanggar seni di Desa Biring Ere, Kec. Bungoro, Kab. Pangkep.

7.    20 Desember 2016, PT Semen Tonasa memberikan bantuan kepada korban bencana gempa di Pidie Aceh melalui kerjasamanya dengan PMI serta membangun sebuah masjid.

Dan masih banyak lagi bentuk wujud kontribusi PT Semen Tonasa untuk pembangunan negeri baik melalui bidang kemanusiaan dan konservasi lingkungan guna perbaikan iklim. Selain memiliki segudang wujud nyata dalam pembangunan negeri, PT Semen Tonasa juga memiliki segudang penghargaan, diantaranya yaitu:

1.      Medali Emas / Gold pada Konvensi Internasional GKM Asia Pasific Quality Organization (APQO) di Singapore-Thailand tanggal 16-22 Oktober 2011.

2.      4 medali emas & 3 medali perak untuk GKM & SS pada Konvensi Mutu Nasional di Makassar dan Balikpapan pada Desember 2013.

3.      Meraih penghargaan GOLD AWARD (Kategori tertinggi) dalam ajang International Convention on Cirle (ICQCC) di Colombo-Srilangka pada tanggal 13 Oktober 2014.

4.      Memperoleh penghargaan Social Bussiness Innovation Company 2016 Category Cement Industry dan Best Green CEO 2016 Special Mention In Cement Industry "Program Tonasa Pemberdayaan Masyarakat" dari Warta Ekonomi

5.      Memperoleh penghargaan In recognition of their generous contributions to Sampoerna Academy Boarding School dari Sampoerna Academy Boarding School pada Agustus 2016.

6.      Meraih penghargaan Performance Exellence Growth peringkat Bronze dan Emerging Industry Leader dengan skor 601 dari Indonesian Quality Award pada November 2016.

7.      Meraih medali platinum dan 5 medali emas pada Konvensi Nasional Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional yang diadakan oleh PT Wahana Kendali Mutu.

Dan masih banyak lagi beragam penghargaan membanggakan dan sertifikasi atas kualitas akan hasil kerja PT Semen Tonasa yang dapat kalian akses melalui laman website resminya. 

Kini PT Semen Tonasa telah menginjak usia 35 tahun, berdirinya perseroan ini hingga kini pastinya merupakan sebuah wujud dari kepercayaan akan kualitas produk yang terus digunakan dalam beragam wujud pembangunan. Sebagai wujud apresiasi akan bertambahnya usia dan kualitas produk yang terus dijaga, kami tim dari Sobat-Hiking mengucapkan “Selamat hari jadi PT Semen Tonasa yang ke 35 tahun, semoga terus mendapati kesuksesan dan penuh prestasi, serta tetap wujudkan kontribusi nyata dalam mewujudkan visi misi perusahaan.”


2 Responses to "HUT ke-35, Begini Cara PT Semen Tonasa Berkontribusi Pada Pembangunan Negeri "

  1. ininih yang kita butuhkan, perusahaan besar dengan kontibusi yang besar

    ReplyDelete
  2. Jarang bgt ada perseroan besar yg penuh kontribusi

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed