-->

Pantai Bandealit, Wisata Alam di Meru Betiri Jember yang Terjaga Keasriannya

 

Pantai Bandealit, Wisata Alam di Meru Betiri Jember yang Terjaga Keasriannya – Bentangan alam kota Jember yang sangat indah dan bervariasi membuat kota swar-suwir ini menjadi memiliki primadona tersendiri di dunia pariwisata. Pantai Bandealit adalah sebuah pantai yang menjadi destinasi wisata yang populer di Jember, tempatnya yang masih sangat asri dan terjaga kelestariannya menampilkan citra tersendiri sebagai destinasi kunjungan wisata. Pantai ini terletak di Taman Nasional Meru Betiri, sebab itu pantai ini juga terkenal sebagai tempat dimana kalian dapat menjumpai penyu-penyu yang bertelur di pantai. keasrian yang sangat terjaga dan faktor alam sejak lama, pada musim-musim tertentu berbagai jenis penyu mulai penyu hijau, penyu sisik dan lain-lain datang ke pantai Bandealit ini untuk bertelur.

pantai Bandealit Taman Nasional Meru Betiri Jember
sumber foto: instagram @arti.bintang

Destinasi ini sangat jarang dikunjungi wisatawan secara ramai, tidak seperti wisata lainnya di Jember dimana akses jalan sudah diperbaiki atau sekalipun pantai Papuma yang mempunyai akses jalan cukup ekstream, untuk datang menuju ke pantai Bandealit ini wisatawan harus menempuh jalur yang sangat ekstream, jalurnya memang tidak menanjak seperti pada bukit Batu Jubang atau air terjun tancak, namun jalan disini adalah bebatuan dengan jalur jalan yang sangta panjang. Bahkan wisatawan membutuhkan waktu lebih dari 4 jam untuk sampai ke Pantai Bandealit dari gerbang masuk jika menggunakan kendaraan tidak berbasis offroad. Jalur yang menantang ini membuat wisatawan yang datang ke pantai Bandealit Meru Betiri ini khususnya pada saat weekend sering kali didominasi oleh komunitas mountain-bike atau trail-runing.

Berada dikawasan Taman Nasional Meru Betiri, pantai Bandeait ini sudah sangat terkenal keberadaannya. Hampir seluruh masyarakat Jember dan kota di sekitarnya mengerti, akan tetapi jalurnya yang sangat menantang itu membuat pantai ini jarang dikunjungi oleh masyarakat. Dari sisi konservasi tentunya ini adalah hal yang sangat baik, namun bagi kalian yang ingin berkunjung ke pantai ini kali ini penulis akan membagikan informasi seputar pantai Bandealit, pesan penulis mohon kalian tetap jaga keasrian keanekaragaman hayati yang ada di Pantai Bandealit saat berkunjung.

Lokasi, Rute dan Tarif Tiket Pantai Bandealit

Berada di Taman Nasional Meru Betiri, lokasi tepatnya dari pantai Bandealit ini berada di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Lebih kurang jaraknya dari pusat kota adalah 65 Km. untuk datang ke Pantai bandealit ini kalian dapat menuju ke arah Kecamatan Temurejo, hingga kalian menuju ke Desa Andongrejo, dari sinilah kalian mulai dapat mengikuti arah menuju Kawasan Taman Nasional Meru Betiri sebagai gerbang dari Pantai Bandealit, untuk lokasi tepatnya kalian dapat klik “lokasi Pantai Bandealit”.

Tarif tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung untuk datang ke pantai Bandealit adalah sebesar Rp 5.000 per-orangnya. Jangan lupa jika sebelumnya penuis telah menginformasikan kondisi jalan menuju pantai Bandealit yang cukup ekstream, pastikan kalian mempersiapkannya terlebih dahulu.

Jam Buka Wisata dan Fasilitas yang disediakan

Seperti kebanyakan destinasi wisata pantai Jember lainnya, pantai Bandealit ini dibuka selama 24 jam setiap harinya. Jadi pastinya kalian dapat sesuaikan dengan waktu luang kalian Ketika ingin berkunjung kemari. Perjalanan yang akan memakan waktu lama karena akses jalannya yang masih hancur itu pastikan jika kalian ingin berkunjung ke pantai Bandealit tanpa berkemah, kalian datang saat pagi dari dan jangan pulang terlalu malam. Kemudian saran penulis, jangan berkunjung kemari saat sedang musim hujan, atau kalian juga dapat mempersiapkan pakaian seperti jas hujan. Sepanjang jalannya yang merupakan hutan dengan pepohonan rapat tanpa penerangan dan rumah warga pastinya akan sangat berbahaya jika kalian melaluinya Ketika malam hari ataupun jika kalian terjebak saat hujan.

Disini belum tersedia fasilitas wisata untuk menunjang kegiatan aktivitas pengunjung, bahkan termasuk warung jajahan yang menjual camilan, semuanya tidak akan kalian temui disini. Hal inilah yang membuat wisata Pantai Bandealit ini tetap terjaga kebersihan wilayahnya, jadi sebelum berkunjung kemari kaian dapat mempersiapkan terlebih dahulu perbekalan makanan dan minuman serta jangan sampai membuang sampahnya di Kawasan konservasi.

pantai Bandealit Taman Nasional Meru Betiri Jember
sumber foto: instagram @besitua_21


Aktivitas Liburan Menyenangkan di Pantai Bandealit

Meskipun tidak memiliki fasiitas wisata seperti taman bermain, tidak perlu khawatir liburan kalian disini akan membosankan, pasalnya masih banyak akvitas menyenangkan yang dapat kalian lakukan saat berkunjung kemari. Berikut adalah runtutan aktivitas liburan menyenangkan yang dapat kalian lakukan saat berkunjung di pantai Bandealit Meru Betiri.

Memancing Ikan

Pantai Bandealit yang jarang ter-ekspose oleh manusia membuat kelebihan ersendiri bagi kelestarian keanekaragaman hayati disana. Biota laut seperti ikan adalah salah satu kekayaan yang dimiliki pantai Bandealit. Tak jarang biasanya wisatawan yang datang kemari berlatar belakang pemancing laut yang berniat menangkap ikan disini, terutama ikan karang seperti kerapu. Spot mancingnya sendiri sebenarnya bebas terserah kalian, namun para pemancing biasanya mengambil spot dari bebatuan karang disekitar pantai Bandealit.

Berkemah dan Menikmati Alam Seakan Pantai Pribadi

Pantai Bandealit ini dapat kalian sebuah tujuan wisata pantai untuk berkemah, kalian dapat berkemah di tepi pantai di bagian lapangan hijau yang ada disana agar tidak terlalu dekat dengan pantai. Kalian dapat menggabungkan aktivitas memancing dan berkemah sehingga moment liburan kalian disini akan terasa lebih sempurna. Destinasi yang jarang dikunjungi orang ini pastinya aka menyenangkan jika digunakan untuk berkemah, karena besar kemungkinan kalian akan berkemah sendiri jadi seakan pantai Bandealit menjadi pantai pribadi kalian.

Spot Olaraga Ekstream Moutain-bike dan Trail-running

Jalannya yang menyusuri area hutan Taman Nasional Meru Betiri yang mana akses jalannya masih sangat sulit membuat lokasi ini adalah jalur yang sempurna untuk berolaraga sepeda gunung atau mountain-bike dan trail-runing. Setelah melintasi lebatnya hutan Meru Betiri kalian akan disambut dengan indahnya pantai Bandealit yang masih asri, pastinya aktivitas olaraga ini sangat baik untuk Kesehatan fisik dan mental. Disini kalian juga dapat bermain kayak di aliran muara yang tenang.

pantai Bandealit Taman Nasional Meru Betiri Jember
sumber foto: instagram @wongdeso_022

Menagabadikan Moment di Pantai Bandealit yang Menawan

Pantai yang sepi dan sangat terjaga keasriannya ini pasti akan menjadi spot foto yang berbeda dari pada pantai lainnya. Foto kalian disini tidak akan dihiasi oleh pemandangan sampah dan orang-orang lain, disini juga terdapat tulisan besar di tepi pantai bertuliskan “I LOVE BANDEALIT”, tulisan ini bukan tanpa makna, keindahan Bandealit yang tidak dapat ditemui di tempat lain sangat cocok digambarkan dengan tulisan tersebut.

Misteri Pantai Bandealit

Disekitar pantai Bandealit terdapat sebuah goa Jepang yang mana untuk mengunjunginya kaia harus menempuh perjalanan hiking sejauh 2,7 KM terlebih dahulu. Hadirnya goa Jepang ini melahirkan suatu misteri dari pantai Bandealit ini yaitu adanya sosok manusia kerdil dengan tinggi kurang dari 1 meter yang dijuluki dengan “Siwil”. Banyak orang yang mengakuti pernah menemuinya secara langsung atau jejak kaki siwil saat berkunjung ke pantai Bandealit. Secara ilmiah mahluk misterius siwil ini dapat dikaitkan dengan keberadaan goa Jepang, dimana pada masa penjajaha, banyak orang yang bersembunyi di hutan dan mulai terbiasa dan beradaptasi di dalam hutan sehingga sifat asli manusianya mulai memudar.

Dibalik kemisteriusannya dan keasrian alamnya yang sangat terjaga, pantai Bandealit yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri Jember ini adalah spot destinasi wisata alam yang sangat pantas untuk dikunjungi. Pastikan saat berkunjung ke pantai Bandealit ini kalian tetap menjaga kelestarian alam dan tidak membuang sampah semabarangan.

0 Response to "Pantai Bandealit, Wisata Alam di Meru Betiri Jember yang Terjaga Keasriannya"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed