-->

Wisata Batu Jubang Suco:Bukit Paralayang Mumbulsari Jember 2024


Batu Jubang Mumbulsari atau paralayang Jember ini terletak di kawasan kebun suco Mumbulsari. Wisata Batu Jubang Mumbulsari menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan kota Jember dari atas sebuah bukit yang bebas polusi dengan udara yang segar. Oleh sebab itu, wisata Batu Jubang Mumbulsari ini dapat menjadi lokasi tempat berkemah yang ekosotis di Jember.
Pemandangan Pagi di Bukit Jubang (Paralayang) sumber foto: penulis

Wisata Batu Jubang Mumbulsari, Tempat Berkemah Eksotis Di Jember – kekayaan alam di Jember memang selalu menampilkan keindahan yang sangat sayang untuk ditinggalkan. Keindahan alam di jember sudah banyak yang terbentuk sebagai destinasi wisata sehingga tentunya sudah dapat dikunjungi dengan mudah. 

Wisata alam di Jember sangatlah beragaman, seperti air terjun tancak yang berada di pegunungan Argopuro, Bukit Samboja yang nampak seperti di kepulauan Nusa Tenggara, dan masih banyak lagi. Wisata Batu Jubang Mumbulsari menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan kota Jember dari atas sebuah bukit yang bebas polusi dengan udara yang segar. Oleh sebab itu, wisata Batu Jubang Mumbulsari ini dapat menjadi lokasi tempat berkemah yang ekosotis di Jember.

Batu Jubang merupakan nama tempat wisata yang mulai viral sejak 2018 dan kebanyakan orang menyebutnya dengan paralayang Jember. Karena untuk mengunjungi wisata ini membutuhkan trekking yang lumayan menguras tenaga makanya wisata ini juga sering menjadi tujuan bagi para pendaki gunung, pecinta tek tok (pendakian sehari) dan rekomendasi tempat camping di Jember.

Informasi Destinasi Wisata Batu Jubang Mumbulsari

Lokasinya berada di perbukitan dengan ketinggian altitude setinggi 381 mdpl, dari atas ketinggian ini tentunya sobat dapat menemukan keindangan pemandangan awan yang menyelimuti kota seperti halnya saat mendaki gunung. Tempat wisata Batu Jubang ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas, makanya banyak wisatawan yang tidak menyadari jika Jember memiliki destinasi wisata berbasis hiking ini.

Padahal wisata ini memiliki pesona keindahan alam yang dapat bersaing dengan wisata lainnya. Sangat sayang jika destinasi Batu Jubang Mumbulsari ini tidak mendapat perhatian di dunia pariwisata. Pada artikel berikut penulis akan menjelaskan dan memberikan informasi kepada sobat travelling mengenai destinasi wisata Batu Jubang Mumbulsari sehingga kalian dapat mengenal lebih dan ingin untuk berkunjung ke destinasi wisata ini.

Disclaimer: Artikel ini telah diperbarui pada 12 Januari 2024 agar tetap memiliki informasi terbaru dari Wisata Batu Jubang untuk sobat pembaca

Lokasi Wisata Batu Jubang dan Kondisi Jalan

Lokasi wisata Batu Jubang Mumbulsari atau paralayang Jember ini terletak di kawasan kebun suco Mumbulsari. Lokasi ini terletak dekat dari lapangan golf dan bandara Notohadinegoro (Jember) jadi jika kalian sedang berwisata di Jember dan ingin berlibur di kota Tembakau ini destinasi Batu Jubang dapat menjadi tujuan pertama setibanya di bandara.

Dari pusat kota Jember lokasinya berjarak lebih kurang 20 km, untuk menuju kemari jika kalian berwisata dengan model backpacker pastikan untuk mencari sewa kendaraan atau menggunakan ojek online agar dapat menuju ke wisata Batu Jubang, untuk menuju ke wisata ini tidak ada angkutan umum yang mengarah langsung kesana jadi pastinya kalian harus menggunakan opsi lainuntuk datang mengunjunginya.

Rute yang kalian harus lalui untuk dapat sampai di tempat wisataini sangat beragam, mulai dari jalan aspal hingga jalanan pedesaan tanah, jadi pastikan kalian periksa terlebih dahulu kondisi kendaraan kalian sebelum berlibur kemari. Dikarenakan akses menuju lokasinya yang masih cukup rumit, kalian dapat memanfaatkan google maps.


Wisata Batu Jubang (Paralayang) Mumbulsari menjadi rekomendasi wisata camping terbaik di Jemebr 2023
Sunrise di Batu Jubang Mumbulsari, foto: @dhim_mz


Tarif Tiket Masuk Wisata Batu Jubang

Batu Jubang merupakan destinasi yang kerap dikunjungi untuk berkema hdan menyaksikan pemadangan kelap-kelip kota Jember yang indah di malam hari. Udara pagi hari yang sangat segar juga menjadi alasan lain pengunjung datang dan berkemah kemari. bahkan karena jalur pendakian (trekking) cukup panjang, untuk kalian yang hanya ingin menyaksikan sunset atau matahari tenggelam, penulis tetap sarankan kalian untuk berkemah dari pada harus melakukan hiking dimalam hari, kondisi jalan yang tidak memiliki penerangan dan pagar ditepian jalan yang pada beberapa titiknya menjadi jurang yang cukup dalam menjadi alasan agar kalian lebih baik berkemah disini dari pada berjalan turun saat malam hari.

Harga Tiket Masuk wisata Batu Jubang ini sebesar Rp 5.000/orang saat weekday dan Rp 10.000/orang saat weekend. Harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan muli dari Rp 5.000, perlu diketauhi juga jika tarif hanya untuk kunjungan satu hari saja. Sementara harga camping di Batu Jubang (Paralayang) Mumbulsari ini dikenakan tarif Rp 10.0000-Rp20.000 tergantung hari dan belum termasuk parkir kendaraan.

Harga diatas juga hanya untuk sewa tempat ya sob, disini tidak tersedia penyewaan tenda jadi pastikan kalian membawanya dari rumah.


Jalur Trekking Batu Jubang Mumbulsari yang Menantang

Bagi yang mau berkemah selalu direkomendasikan untuk memarkir kendaraan di Kampung, sebenarnya untuk sepeda motor bisa dibawa keatas tapi alangkah baiknya jika dititipkan saja karena medan kemiringan disini sangatlah terjan dan banyak sepeda motor yang kesulitas saat naik dan turun terutama pada sepeda motor matic.

Jalur trekking disini memiliki 2 post istrahat berbentuk kursi kayu untuk kalian beristirahat. Sepanjang jalur menuju puncak Batu Jubang ini akan terus menanjka dengan sedikit jalan landau, jadi pastikan kalian melakukan olaraga terlebih dahulu sebelum mencoba mendaki kemari.

Jarak pendakiannya sendiri dari parkir motor dibawah lebih kurang 750-900 meter, namun dengan elevasi kemiringan yang cukup miring, jarak hampir satu kilometer ini setidaknya rata-rata dibutuhkan waktu 1-2 jam untuk dapat sampai keatas dengan berjalan kaki. Jasa ojek motor dari warga sekitar juga tersedia disini, untuk ojek motor menuju atas sendiri setidaknya kalian memerlukan biaya Rp 25.000-Rp30.000.

Disepanjang jalur pendakian hanya sedikit terdapat pepohonan besar yang akan melindungi kalian dari panasnya sinar matahari, jadi penulis juga tidak sarankan bagi kalian untuk trekking kemari saat tengah hari yang panas. Waktu terbaik untuk berkunjung kemari adalah pagi hari dan sore hari. Jika kalian berkunjung saat weekend jangan heran jika Batu Jubang Mumbulsari ini juga akan ramai dengan orang yang sedang berolaraga baik trail-running ataupun bersepeda mtb.

Dengan medan jalur tanah berbatu jalur ini membuat kaki menjadi cepat lelah saat mendaki, pastikan kalian menggunakan sepatu outdoor yang tepat saat mendaki kemari. sepanjang jalur trekking di Batu Jubang Mumbulsari juga tidak memiliki sumber air, baru dipuncak nanti terdapat pipa air yang dapat kalian gunakan, jadi pastikan kalian perbekalan khususnya air yang cukup agar perjalanan kalian tidak kehausan.

Disepanjang perjalanan trekking kalian akan diisi dengan pemandangan perkebunan sayur masyarakat sekitar yang tertata rapi dan menenangkan pikiran, udara yang segar dan semilir angin di tempatyang terbuka akan membuat tekking disini menjadi lebih terasa ringan. Akhir dari perjalanan trekking ini akan ditandai dengan terlihatnya sekumpulan gazebo tepat di puncak Batu Jubang.


Pemandanagn Bukit jubang di Malam hari dari Bukit Jubang Paralayang Mumbulsari Jember
Pemandangan Kota Jember sat Malam Hari dari Bukit Jubang foto @nininnia19


Fasilitas Wisata Batu Jubang Mumbulsari

Suasana puncak sendiri selain berdiri banyaknya gazebo untuk bernaung jika tidak membawa tenda disitu juga terdapat mushola, 2 kamar mandi serta fasilitas wifi gratis yang dapat digunakan.

Setibanya di area punca, untuk dapat mendirikan tenda di lokasi sunrise view dengan dengan kontur tepaat di tepi tebing terbuka berlandscape kota jember serta bayangan gunung semeru yang megah, kalian masih harus mendaki anak tangga berjumah lebih kurang 50 buah terlebih dahulu dan melewati gapura besar bertuliskan “Batu Jubang”.

Perlu diperhatikan tanah camp ground cukup keras untuk digunakan sebagai pasak sehingga disarankan untuk berkemah mengunakan jenis tenda camping yang bisa didirikan tanpa pasak. Camping ground utama disini dapat menampung lebih kurang 10 tenda berukuran biasa, jadi kalian juga dapat bersama dengan komunitas untuk berkemah disini.

Saat pagi hari suasana pemandanga disini akan diisi dengan terihatnya awan tipis dan kabut yang menyelimuti kota Jember, dengan udara yang cukup dingin karena hembusan angin di udara terbuka jadi jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian hangat saat berkemah disini.

Pemadangan matahari terbit juga menjadi ikonik tersendiri dari wisata berbasis pendakian ini, Batu Jubang menjadi salah satu wisata alam di Jember yang menawarkan pemandangan sunrise dengan sangat indah dari sebuah bukit perkebunan setinggi 380 mdpl.

Sementara ini saat malam hari, pemandangan kalian disini akan dihiasi dengan gemerlap lampu kota yang indah dan bintang-bintang yang bertaburan jika cuaca sedang cerah ditambah lagi kalian bisa membuat api ungun untuk menambah keseruan liburan anda. Begitulah rincian keindahan dan informasi wisata dari Batu Jubang Mumbulsari, pastikan sobat hiking tidak melewatkannya saat berwisata ke kota Jember.

Batu Jubang Mumbulsari  dulunya dikenal denga Paralayang Jember. Tempat wisata ini menjadi rekomendasi tempa camping di Jember,
Pemandanga Pagi Hari di Batu Jubang Paralayang Jember

Sebagai informasi tambahan, sebelum masuk ke jalur pendakian Batu Jubang disini telah dibangun wahana permainan kolam pemandian dan rest area yang diatndai dengan bangunan seperti pura atau candi. Tiket masuk pemandian Batu Jubang ini hanya Rp 10.000 tempat ini bisa menjadi tempat santai atau melepas lelah setelah trekking ke puncak Batu Jubang.

Beberapa kali datang dan camping disini benar-benar menakjubkan ga bikin bosen...camping lebih baik saat cuaca cerah, meski cuma bukit tadi pagi hari masih bisa merasakan kabut dingin dan waktu malam bisa lihat pemandangan kota Jember yang indah...-Penulis Sobat Hiking

 

0 Response to "Wisata Batu Jubang Suco:Bukit Paralayang Mumbulsari Jember 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed