-->

8 Destinasi Wisata Sumba Timur Paling Eksotis

8 Destinasi Berbudaya dan Eksotis di Sumba -Wilayah timur di Indonesia merupakan wilayah yang memiliki banyak sekali kepulauan, bahkan di pulau-pulau kecil sekalipun tak jarang masih ada pemukiman yang mendiaminya. Wilayah timur Indonesia juga merupakan tempat yamg kaya akan destinasi wisata eksotis yang terkanal hingga ke mata pariwisata luar negeri. Tidak hanya Bali yang terkenal dengan banyak wisatanya, ataupun wilayah Papua yang sangat kaya dengan sumber daya alam dan terkenal dengan Raja Ampatmya yang mendunia. Di wilayah Nusa Tenggara, khususnya di wilayah Sumba, juga terdapat banyak destinasi wisata mulai dari yang bertema pantai, air terjun hingga pemukiman tradisional yang sangat tua. Tak jarang pula banyak yang menyebut keindahan di Sumba mirip dengan keindahan pantai di Hawaii ataupun hamparan sabana di Swiss. Berikut adalah rangkuman 8 tempat rekomendasi untuk sobat hiking kunjungo saat berada di Sumba.


1. Bukit Wairinding 


Bukit Wairinding
 Sc: pict by @srih968

Terletak di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai, sekitar 30 menit dari pusat kota Sumba Timur. 

Bukit Wairinding merupakan tempat yang tepat bagi para pengunjung yang ingin menikmati kesunyian, keheningan dan keindahan yang masih sangat alami. Hamparan rerumputan yang tertiup angin akan memanjakan mata. Padang savana berwarna hijau saat musim hujan, dan berwarna kuning saat kemarau. Selain lanskap perbukitannya yang eksotis, keindahan bukit ini pun terasa lengkap dengan lanskap humaninterest dengan adanya sekumpulan anak-anak lokal di Wairinding yang hampir setiap harinya terlihat bermain di sekitar area perbukitan.


2. Pantai Puru Kambera 


Pantai Puru Kambera
Sc: pict by @constantinathanty

Pantai Puru Kambera terletak 25 kilometer arah timur Kota Waingapu.

Lokasi Pantai Puru Kambera berada di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Panorama pasir putih nan cantik serta air laut berwarna biru jernih bisa kamu temukan di sini. Terdapat pula hamparan savana hijau di sekitar pantai. Disini sobat juga akan menjumpai beberapa kuda terlihat sedang menikmati santapannya di padang hijau tersebut. Disekitar pantau juga terdapat deretan pohon cemara yang menjulan tinggi sehingga banyak orang yang menyebut pantau ini dengan pantai Cemara. Ombak yamg relatif tenang juga dapat membuat sobat melakukan aktifitas seperti snorkling. 


3. Persawahan Mauliru 


Persawahan Mauliru
Sc: pict by @aqshlyslam29

Siapa sangka kalau kawasan persawahan juga bisa menjadi destinasi yang dapat dikunjungi karena keindahannya. Persawahan Mauliru menjadi salah satu daya tarik di Sumba Timur. Hamparan hijaunya sangat indah dan menawan, bisa menenangkan hati dan pikiran. Selain itu, berfoto dengan latar belakang persawahan Mauliru ini juga sangat Instagramable dan menjadi salah satu tujuan banyak wisatawan saat di Sumba Timur ataupun sebagai tujuan tambahan saat disini.


4. Danau Weekuri  


Danau Weekuri
Sc: pict by @lynnhaloanto



Danau Weekuri dikenal memiliki air yang asin. Danau ini berada di Kabupaten Sumba Barat Daya. Air danaunya memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga mampu mengapungkan tubuh wisatawan yang berenang. Birunya air laut pasti akan membuat sobat berlama-lama dan menikmati keindahan yang ada. Nama Weekuri diambil dari bahasa Sumba yang berarti air hasil serapan karang yang menerobos ke daratan kemudian membentuk danau. Dalam danau ini sekitar 2,5 meter dan dikelilingi oleh karang kokoh berwarna cokelat juga banyak bebatuan eksotis dan membuat mata terpanah.


5. Pantai Mandorak  


Pantai Mandorak
Sc: pict by @explore.sumba


Pantai Mandorak menduduki posisi kedua setelah Danau Weekuri sebagai objek wisata terbaik di Sumba. Berada di Kabupaten Sumba Barat Daya, pantai ini tak kalah indah dari Hawaii. Uniknya, pantai ini berada di balik tebing curam. Saat sore hari, semburat cahaya matahari terbenam turut andil memperindah panorama Pantai Mandorak. Beberapa titik di pantau ini juga memberikan ombak yang cukup besar sehingga pantai ini sering dikunjungi karena dapet dijadikan tempat surfing yang mengagumkan. Ditambah lagi dengan 2 batuan karang yang mana kita dapat berenang diantara sela-selanya.


6. Air Terjun Lapopu 


Air Terjun Lapopu
Sc: pict by @naomi.talk


 Air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Dari kota ini sobat dapat menempuh jarak kurang lebih 30 km yang dapat ditempuh sekitar 30 menit namun dengan kondisi jalan yang masih minim rambu dan petunjuk.

 Air terjun bertingkat ini memiliki keunikan dimana jatuh airnya tidak langsung ke dalam kolam, tapi masih berundak-undak. Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba. Pastinya kondisi alam yang masih terjaga dan terawat itu akan membuat jiwa dan pikiran tenang dan senang saat mengunjunginya.


7. Pantai Nihiwatu  


Pantai Nihiwatu
Sc: pict by @djuliami

Meski tidak sepopuler pantai di Bali, Nihiwatu juga menjadi incaran para traveler, terutama peselancar. Bahkan, pantai ini juga dikenal dengan sebutan God's Left oleh para surfer. Ombak di Pantai Nihiwatu menjadi tantangan terbaik bagi para peselancar dunia. Terletak di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Membuat tempat ini cocok dijadikan destinasi tujuan untuk menjauh dari keramaian kota. Pantai Nihiwatu dikelola oleh sebuah resort internasional bernama Resort Nihiwatu. Tidak semua orang dapat bebas memasuki lokasi pantai ini, karena penjagaan yang ketat. Hanya tamu Resort Nihiwatu saja yang diperbolehkan.


8. Pantai Ratenggaro 


Pantai Ratenggaro
Sc: pict by @yudiantosofyan


Selain Pantai Nihiwatu, Pantai Ratenggaro juga cocok untuk berselancar. Lokasi tepatnya di di Desa Ratenggaro, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ombaknya yang cukup tinggi dan panjang menjadi daya tariknya. Pantai yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya ini mengombinasikan wisata alam dan budaya. Di dekat pantai juga terdapat kampung adat Ratenggaro. Selain terdapat rumah-rumah tradisional, terdapat juga 304 makam peninggalan jaman megalitik yang usianya diperkirakan sudah 4.500 tahun. 






0 Response to "8 Destinasi Wisata Sumba Timur Paling Eksotis"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed