-->

Pantai Puru Kambera, Keindahan Pesisir Sumba Timur

Pantai Puru Kambera memberikan keindahan alam perairan Sumba Timur yang sangat mempesona


Pantai Puru Kambera, Keindahan Pesisir Sumba Timur -  Destinasi perairan laut di Indonesia bagian timur memang terkenal akan keindahan alam yang sangat mempesona. Mungkin Sebagian masyarakat meng-klaim jika Wisata Bali memiliki keindahan alam terbaik termasuk wilayah pantainya seperti Tanjung Benoa. Namun, dilain sisi Kawasan Indonesia timur juga turut menghadirkan wilayah pantai dengan pesona keindahana alam yang memiliki keunggulan dalam keasrian dan kelestariannya, seperti Pantai Puru Kambera yang terletak di Sumba Timur ini.

Pantai Puru Kambera ini menampilkan keindahan pantai di Sumba Timur yang masih sangat terjaga kelestarianya, pantai yang dipenuhi dengan pepohonan cemara disekitar pantainya seperti halnya pantai cemara jember mampu menciptakan perasaan tenang dan senang saat berkunjung kemari.

Memiliki ombak yang cukup tenang dengan hamparan pasir putih luas, pantai Puru Kambera merupakan destinasi alam terbaik yang dapat menjadi rekomendasi Wisata Sumba Timur. Pantai ini kerap kali menjadi tujuan wisata dari berbagai wisatawan khususnya yang datang dari luar pulau.

Meskipun memiliki kondisi perairan yang cukup bersahabat, dasar perairan Pantai Puru Kambera ini diisi dengan bebatuan dan terumbu karang sehingga sobat tidak dapat bermain air dengan lebih leluasa. Tapi tenang saja sob, kalian masih dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan saat berlibur di salah satu surga alam Sumba Timur ini.

Berikut adalah informasi mengenai destinasi alam Pantai Puru Kambera di Sumba Timur yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan dan dapat masuk dalam wish list perjalan saat sobat berwisata di Sumba Timur.


Informasi Wisata Pantai Puru Kambera Sumba Timur

Lokasi dan Rute Pantai Puru Kambera

Sebagai salah satu landscape bukti keindahan alam Sumba Timur, Pantai Puru Kambera ini terletak di Desa Mondu, Kec. Haharu, Kab. Sumba Timur, Prov. Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk menuju ke pantai ini setidaknya dari Ibu Kota Sumba Timur atau Waingapu ini, sobat harus menempuh perjalanan satu jam dengan jarak lebih kurang 25 kilometer. Detail Lokasi dari lokasi pantai ini sobat dapat klik "Lokasi Pantai Puru Kambera".

Rute yang dapat sobat tempuh dalam mengujungi Pantai Puru Kambera dari Waingapu ini adalah menuju ke Desa Modul, kemudian sobat tinggal mengikuti tanda perjalanan yang ada. Akses jalan menuju pantai dapat dilewati baik kendaraan roda dua maupun roda empat, namun kondisi jalan disini tidak terlalu bagus jadi pastinya sobat untuk berhati-hati dan mengecek kondisi kendaraan sebelum menuju kemari.

Dalam perjalanan menuju Pantai Puru Kambera, perjalanan sobat akan dihiasi dengan pemandangan alam Sumba Timur yang mempeosna seperti barisa pepohonan hingga hamparan savana luas yang juga menghadirkan binatang-binatang yang hidup disana. 


Jam Buka dan Harga Tiket Pantai Puru Kambera

Pantai ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, oleh sebab itu pantai ini dapat dikatakan terbuka 24 jam bagi para pengunung. Pantai Puru Kambera ini juga tidak memiliki tarif tiket masuk, sehingga saat berkunjung kemari sobat hanya perlu membayar biaya pasrkir saja.


Daya Tarik dan Aktivitas Wisata di Pantai Puru Kambera

Bersantai di Rimbunnya Pepohonan Cemara

Pantai ini memiliki karakteristik alam yang cukup menarik dimana pesisir Pantai Puru Kambera ini diisi dengan bentangan pepohonan cemara. Oleh sebab itu, pantai ini memiliki tempat yang sangat sejuk bahkan saat siang hari. Hembusan angin yang ada juga akan terasa lebih nikmat di pantai Puru Kambera berkat terbukanya wilayah sekitar.

Pepohonan cemara ini dapat juga dimanfaatkan untuk mengaitkan hammock sehingga pengunjung dapat beristirahat dengan lebih nyaman saat berkunjung di pantai puru kambera. Lokasinya yang jauh dari pusat kota dan memiliki kelestarian alam yang terjaga membuat Pantai Puru Kambera ini menjadi lokasi terbaik bagi sobat untuk memanjakan diri dengan udara yang segar dan pemandangan eksotis.


Snorkling di Pantai Puru Kambera

Ombak di Pantai Puru Kambera ini tidak terlalu tinggi dengan dasar pantai memiliki banyak bebatuan, kondisi air yang sangat bersih terlihat biru dan seiras dengan pemandangan langit saat cuaca cerah membuat pantai ini juga menjadi spot snorkling di Sumba Timur.

Namun pastikan sobat membawa set perlengkapan snorkling secara pibadi yak arena disekitar tidak ada yang menyewakan. Pastikan juga untuk tidak terlalu ketengah karena ombak yang menjadi semakin besar dan tidak baik untuk melakukan snorkling.


Berswafoto dengan Landscape Keindahan Alam Sumba Timur

Pantai yang membentan sejauh lebih kruang 5 km ini memiliki pasir berwarna putih bersih, ditambah dengan ombak yang ramah membuat perairan disini nampak cukup tenang dengan warna biru indah. Saat cuaca cerah sobat dapat menyaksikan birunya laut bertaut dengan birunya langit. Pepohonan cemara disekitar sini juga turut mengisi keindahan alam salah satu destinasi Sumba Timur ini dengan pemandangan yang epic.


Berkemah di Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera menjadi spot berkemah yang cukup popular bagi pegiat alam disekitar atau bagi mereka yang ingin merasakan keindahan alam sumba timur ini lebih lama. Namun pastikan saat berkemah disini sobat pertama kali melaporkan pada penjaga kendaraan sobat dan meminta rekomendasi camping-ground disini. Pastikan sobat juga tidak mendirikan tenda terlalu dekat dengan air laut.

Disini tidak terdapat tempat penyewaan tenda camping dan perlengkapan berkemah lainnya, jadi pastikan sobat untuk membawanya secara pribadi ya. Disini juga tidak terdapat toilet umum dan warung-warung masyarakat yang selalu buka sehingga pastikan juga sobat untuk mempertimbangkan logistic sobat sebelum berkemah di Pantai Puru Kambera.


Ulasan Wisatawan Tentang Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera telah mendapat lebih dari 100 ulasan dengan rate 4,7. Sebagai salah satu wisata alam di Sumba Timur yang sangat populer, Pantai ini berhasil memikat perhatian wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Namun sayangnya banyak pengunjug yang mengeluhkan masih adanya sampah-sampah berserakan disekiitar pantai ini.

Bagi sobat yang hendak berkunjung di Pantai Puru Kambera, pastikan untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kelestarian sekitar. Jangan merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan. Wisata ini merupakan salah satu destinasi di Sumba Timur yang berhasil memikat perhatian sehingga banyak orang yang merekomendasikannya sebagai tempat yang wajib dikunjungi saat di Sumba Timur.


0 Response to "Pantai Puru Kambera, Keindahan Pesisir Sumba Timur"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed