-->

Danau Weekuri, Danau Air Asin Icon Sumba Barat Daya

Danau Weekuri merupakan danau air asin di Sumba Barat Daya, NTT yang terbentuk dari air lau yang berhasil melalui celah-celah batu karang


Danau Weekuri, Danau Air Asin Icon Sumba Barat Daya – Keindahan Alam Indonesia Timur memang terkenal dengan keindahan pesona alam yang masih kental akan kelestarian dan keindahannya. Salah satu tempat di Indonesia bagian Timur tersebut yang telah terkenal adalah pulau Nusa Tenggara Timur (NTT). Disebut juga dengan Negeri Seribu Bukit, NTT menjadi terkenal berkat kehadiran perbukitan segar seperti di Bukit Wairinding.

Wilayah Sumba memang menjadi kawasan di NTT yang memberikan pesona alam spektakuler yang berhasil memikat hati khususnya bagi wisatawan dari luar pulau. Tidak hanya perbukitan seperti julukan kotanya, keindahan pesisir pantai juga memiliki keindahan tersendiri seperti yang ditampilkan Pantai Puru Kambera serta terdapat juga destinasi langkah berupa danau air asin yaitu Danau Weekuri yang juga menjadi Icon dari Sumba Barat Daya.

Secara Etimologi, nama "Weekuri" ini diambil dari bahasa sumba, "Wee" yang berarti air dan "Kuri" parutan atau percikan, maka dapat disimpulkan bahwa nama Weekuri ini memiliki arti "air hasil parutan atau percikan" dimana pengartiannya merujuk pada air yang menerobos karang menuju daratan dan membentuk sebuah danau.

Danau Weekuri yang memiliki keindahan air sangat jerning ini memiliki bentuk lonjong dengan panjang lebih kurang 150 meter ke daratan dan lebar terjauh sekitar 50 meter, kedalaman dari danau ini juga beragam jadi wisatawan juga dapat berenang dengan aman di danau ini pada batasan tertentu.

Danau Weekuri ini menjadi salah satu destinasi kebanggaan yang berhasil memnarik minat wisatawan bahkan tokoh terkenal seperti Anang Hermansyah. Sebagai salah satu tujuan wisata populer, berikut penulis sajikan informasi wisata dari Danau Weekuri in mulai dari lokasi, rute, harga tiket serta daya tarik alamnya.


Informasi Destinasi Wisata Danau Weekuri

Lokasi dan Rute Menuju Danau Weekuri

Danau Weekuri ini berada di Desa Kalenarongo, Kec.Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur atau bejarak lebih kurang 60 Km dari Ibu Kota Sumba Barat Daya. Rute terbaik untuk datang kemari dari Tambolaka adalah dengan menuju ke arah Weekuri melalui jalanan aspal dengan pemandangan yang asri. Untuk berkujung kemari, karena tidak adanya transportasi umum yang dapat menuju ke lokasi Danau Weekuri jadi pastikan sobat menyiapkan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan.

Untuk menuju ke Danau Weekuri, dari parkir area perjalanan masih harus dilanjutkan dengan hiking melewati anak tangga dan jalan yang telah disediakan dengan baik. Untuk detail lokasi dan mencari rute terbaik dari tempat kalian, sobat dapat klik “Lokasi Danau Weekuri”.


Jam Buka Wisata Danau Weekuri

Jam buka untuk wisatawan yang datang di Danau Weekuri ini mulai dibuka pada pukul 08.00 Pagi hingga Pukul 17.00. Tidak terlalu pagi dan tidak terlalu malam, jam terbaik untuk berkunjung ke lokasi ini memang saat cuaca sedang cerah, keindahan birunya danau yang jernih dengan lebatnya pepohonan sekitar akan menghiasi pandanganan sobat sejauh mata memandang.


Harga Tiket Danau Weekuri

Meskipun memiliki keindahan alam yang spektakuler, sobat tidak perlu takut akan harga tiket yang mahal. Harga Tiket yang diberlakukan untuk berwisata di Danau Weekuri ini hanya sebesar Rp 5.000 saja per orang, untuk biaya lainnya sobat dapat keluarkan seperti biaya sewa fotografer lokal disekitar danau dan menyewa sebuah perahu kecil untuk menuju ke tengah Danau Weekuri sebesar Rp 20.000 perorang.


Daya Tarik Destinasi Danau Weekuri

Pesona Alam Sumba yang Asri

Jika di Bali sobat dapat menemukan Danau Ulun Danu Bratan yang diisi keindahan tempat ibadah Pura, maka di Sumba Barat Daya ini spbat dapat menemukan sebuah danau yang terletak disebelah laut. Saat mengunjungi Danau Weekuri, Sobat akan dimanjakan dengan pemandangan alam langkah dimana sebuah danau air asin terbentuk dari air laut yang melewati celah-celah bebatuan. Danau berwarna biru jerning merupakan ciri khas danau ini meskipun tedapat juga gradasi warna lain seperti kehijauan di beberapa tempat di danau ini.

Pemandangan hijaunya pepohonan yang tumbuh lebat disekitar danau menjadi pelengkap dari suasana alam spektakuler yang ditawarkan di Danau Weekuri. Meskipun berkunjug saat siang hari, berkat kondisi alam sekitar yang masih sangat terjaga keasriannya, sobat masih dapat merasakan kesegaran terutama bersihnya udara sekitar.


Berenang di Danau Berwarna Biru

Danau air asin yang menjadi icon dari Sumba Barat Daya ini tidak hanya memiliki keindahan yang dapat dirasakan, pengunjung yang datang kemari dapat juga bermain air disekitar danau pada kedalaman yang aman. Lebih uniknya lagi, kondisi air danau yang memiliki gradasi warna berbeda mulai dari biru hingga agak kehijauan ini juga berpengaruh pada kondisi suhu air dimana air danau ada yang terasa cukup dingin dan hangat.

Meskipun tidak memiliki arus yang menarik wisatawan ke tengah danau dan dasar danau yang relative ramah, tetap jangan lupa untuk fokus dan berhati-hati terutama dalam mengawasi anak-anak. Kedalaman danau yang berbeda-beda ini menjadi perhatian yang harus diprioritaskna saat sobat bermain air di Danau Weekuri


Ulasana Netizen Tentang Danau Weekuri

Destinasi Danau Weekuri ini telah mendapat lebih dari 110 ulasan dengan rating 4,7. Para wisatawan yang datang selalu merasa puas berkat keindahan alam yang ditawarkan disekitar sangatlah mengagumkan bahkan tak jarang banyak yang mengeluh karena wisatawan datang dengan persiapan yang kurang jadi tidak bisa merasakan kesegaran bermain air di danau.

Danau weekuri ini menjadi destinasi wisata yang berada di tengah pesona alam Sumba Barat Daya, oleh sebab itu pengunjung yang datang diwajibkan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan ataupun merusakan tanaman dan berbagai dasiitas yang ada disana.

Wisatawan yang datang di danau weekuri ini selalu dimanjakan dengan keindahan alam Indonesia Timur yang sangat epic. Destinasi ini menjadi tujuan yang sangat sempurna bagi kalian yang hendak menghilangkan stress, menjauhi hiruk piruk kota serta ingin merasakan kesegaran alam. Harga tiket yang sangat murah disini menjadikan wisata ini terbilang cukup ramai dikunjungi.



0 Response to "Danau Weekuri, Danau Air Asin Icon Sumba Barat Daya"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed