-->

Pantai Mandorak, Berwisata dengan Keakraban Masyarakat Sumba Barat Daya

Pantai Mandorak di Sumba Barat Daya memiliki keunikan pasir pantainya yang kecil dan dua batu karang raksasa

Pantai Mandorak, Berwisata dengan Keakraban Warga Sumba Barat Daya – Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki ragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Daya tarik wisata di bagian Indonesia Timur ini memang tidak pernah lepas dari keindahan alam spektakuler yang ditawarkan serta masyarakat lokal yang sangat ramah.

Dari segi keindahan alamnya memang NTT ini memiliki keindahan yang sangat menarik dan unik, seperti sebuah Danau Weekuri yang merupakan danau air asin yang berasal dari air laut. Masyarakat Indonesia Timur yang ramah serta memiliki kebiasaan, budaya, serta mobiltas yang menarik ini juga menjadi alasan tersendiri dari wisatawan datang berkunjung kemari. seperti contohnya di Bukit Wairinding yang menawarkan keindahan landscape perbukitan dengan kuda-kuda masyarakat lokal. Sedangkan di pantai Mandorak ini sobat dapat merasakan sensasi berlibur dengan ditemani keakraban dari anak-anak kecil disana.

Berbeda dari pantai pada umumnya yang memiliki keindahan berkat bentangan pasir dengan landscape lautan luas terbuka seperti di Pantai Puru Kambera, Sumba Timur. Pantai Mandorak ini memiliki karakteristik pantai yang cukup unik, dimaa pantai ini memiliki ikon dua batu karang raksasa yang saling berhadapan.

Luas pasir di Pantai Mandorak ini hanya sebatas sekat kedua batu karang raksasa ini, meskipun demikian rupanya pantai Mandorak ini juga menjadi destinasi wisata terkenal yang kerap dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Berikut rangkuman Informasi destinasi wisata Pantai Mandorak.


Informasi Wisata Pantai Mandorak

Lokasi dan Rute Pantai Mandorak

Pantai mandorak berlokasi di Desa Pero Batang, Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya, Prov. Nusa Tenggara Timur atau sekitar 30 menit perjalanan jika sobat berangkat dari Desa Pero. Akses Jalan yang baik dalam perjalanan menuju Pantai Mandorak ini dapat diakses dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dengan mudah. Untuk detail Lokasi dan Rute menuju pantai ini sobat dapat klik “Lokasi Pantai Mandorak”.


Harga Tiket Pantai Mandorak

Memiliki keindahan yang cukup indah dan menarik perhatian meski ukuran pantainya yang tidak terlalu lebar, namun sayangnya pengelolaan wisata khususnya administrasi dari Pantai Mandorak masih kurang baik. Banyak wisatawan yang kerap mengeluhkan harga tiket dari pantai ini, dimana kerap kali berbagai wisatawan ditarik biaya masuk oleh oknum setempat dengan harga yang terlalu tinggi mulai dari Rp 50.000-Rp 100.000.

Namun, kini rata-rata pengunjung yang datang ditarik biaya rata Rp 20.000 per orangnya dan sudah termasuk dalam tiket parkir. Kemudian, hal yang lain yang juga dikeluhkan ialah gerombolan anak-anak setempat yang kerap kali berkerubung dan meminta uang kepada wisatawan Pantai Madorak.

Meskipun sapaan dari anak-anak lokal tersebut menjadi keunikan saat berwisata di Indonesia Timur rupanya ini kerap dikeluhkan karena wisatawan terkadang merasa tidak nyaman. Tak jarang juga sobat dapat menemukan anak-anak yang menjual minuman kelapa muda dan membuka layanan sewa fotografer untuk mendapatkan uang dari wisatawan. Oleh sebab itu saat sobat berkunjung ke Pantai Mandorak ini pastikan untuk membawa uang kecil dan makanan-makanan rinngan. Serta untuk menggunakan fasilitas toilet sobat perlu mengeluarkan biaya lagi sebesar Rp 20.000.


Jam Buka Pantai Mandorak

Pantai Mandorak ini dibuka 24 jam setiap harinya, jadi sobat tidak perlu khawatir untuk berkunjung kapanpun ke pantai ini jika sobat sedang berwisata di wilayah Sumba Barat Daya. Pada Umumnya pengunjung yang berkunjung di Pantai Mandorak ini datang pada siang hari untuk menikmati pemandangan pasir yang bersih dengan keunikan batu karang raksasa. Ada juga pengunjung yang datang dipantai ini pada sore hari untuk menikmati keindahan matahari tenggelam.


Daya Tarik Destinasi Pantai Mandorak

Keindahan Pantai Mandorak yang Tiada Duanya

Karakteristik dari Pantai Mandorak ini sangat menarik dimana memiliki ukuran pasir yang tidak terlalu luas yang ada diantara dua batu karang raksasa. Hadirnya batu karang tersebut membuat ombak yang ada di pantai itu menjadi tidak terlalu besar.

Jika sobat hendak melihat keindahan lautan lepas Indonesia Timur, sobat dapat naik disalah satu batu karang raksasa tersebut, pastikan untuk tetap hati-hati dan jangan terlalu kepinggir. Keindahan pantai dengan pasir putih, pepohonan disekitar serta air laut berwarna biru dan hijau tosca membuat pantai ini memiliki keindahan yang sangat epic.

Pantai Dengan Keindahan Budaya Lokal

Budaya lokal yang dapat sobat rasakan saat berkunjung kemari tidak hanya pada keramahan masyarakatnya saja, jika sobat naik di batu karang sebelah kiri nantinya akan terlihat sebuah pendopo besar berbentuk ciri khas masyarakat setempat dan dibantuk dengan material alam asli. Tempat ini dapat digunakan untuk beristirahat sambal menatap lautann lepas dari Pantai Mandorak.


Ulasan Netizen Tentang Pantai Mandorak

Keindahan Pantai Mandorak berhasil memikat wisatawan yang datang, hal ini dibuktikan dengan ulasan positif serta destinasi ini mendapat rating star 4,7 dari lebih 370 ulasan. Keindahan pantai ini menjadi salah satu keunggulan yang berhasil minat pengunjungdari dalam maupun luar negeri. 

Namun, sayangnya ulasan negative terkait administrasi Pantai Mandorak ini masih sering dilontarkan para pengunjung dimana terdapat oknum-oknum yang memasang harga tiket terlalu tinggi atau dapat dikatakan tempat ini belum ditentukan nilai administrasinya.

Pantai Mandorak yang teletak di Sumba Barat Daya ini merupakan sepetak keindahan Indonesia Timur yang mengagumkan, oleh sebab itu ketika sobat berkunjung ke pantai ini pastikan sobat untuk menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan yang ada dan jagalah sopan santun.




0 Response to "Pantai Mandorak, Berwisata dengan Keakraban Masyarakat Sumba Barat Daya"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed