-->

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Bisnis Convertible dengan Konektivitas 4G LTE

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop pertama ASUS Business dengan kemampuan koektivitas 4G LTE yang diluncurkan pada 7 Juni 2022


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Bisnis Convertible dengan Konektivitas 4G LTE– ASUS Business hingga kini telah menghadirkan beragam variasi laptop bisnis yang sangat memumpuni. Kualitas terbaik dan berbagai fitur-fitur penting semuanya dipadu menjadi satu dalam setiap produk laptop bisnis bentukan ASUS Business ini.

ASUS sendiri telah mengeluarkan beberapa series laptop bisnis seperti Proart Studiobook, Zeenbook, Chromebook serta Expertbook. Diantara ke-empat seri tersebut, seri Expertbook memiliki sebuh inovasi produk yang baru dikenalkan pada 7 Juni 2022 dengan keunggulan multifungsi berkat four modes of change dan menjadi produk laptop bisnis pertama ASUS yang memiliki konektivitas 4G dengan internal modem.

Dijuluki sebagai salah satu “Laptop Bisnis Terbaik” karya ASUS Business, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dibawakan dengan seperangkat komponen terbaru dan fitur-fitur bermanfaat yang sangat memumpuni untuk berbagai kebutuhan jenis bisnis seperti content creator, desainer, data analytics dan lain sebagainya. 


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) Sebagai Laptop Bisnis Terbaik

“Menurut sobat apa yang harus ada dalam sebuah laptop bisnis terbaik?”

Sebagai laptop yang ditujukan untuk urusan produktivitas, sebuah laptop bisnis harus sangat memumpuni untuk digunakan sebagai perangkat kerja baik dari segi performa, fitur hingga kemampuan daya tahannya. Selain itu, sebuah laptop bisnis haruslah memiliki sistem keamanan yang konkrit baik untuk dalam mengatasi kemungkinan bocornya data dari firmware hingga software.

Sebagai salah satu best seller dari ASUS Business di tahun 2022, produk ini dapat menjadi percontohan dari sebuah laptop bisnis terbaik dimana laptop ini telah menyajikan berbagai kebutuhan untuk urusan bisnis. Dari segi komponen pembentuk kinerjanya, Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics sehingga tak diragukan lagi kehandalannya untuk mengerjakan pekerjaan berat sekalipun seperti rendering. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga merupakan laptop convertible yang memiliki kemampuan perubahan menjadi Laptop mode, Standing mode, Tent mode dan Tablet mode. Selain itu laptop ini juga dikemas dengan tampilan elegan dan ramah untuk digunakan secara dinamis dimana laptop dengan dimensi 12.60" x 7.99" x (0.35"-0.59") ~ 0.59" hanya memiliki berat 0.88 kg – 1.01 kg.

Dalam penggunaan secara dinamis, sobat tidak perlu khawatir terhadap berbagai kondisi dan terjadinya kemungkinan yang tidak diinginkan saat penggunaan di berbagai tempatnya lantaran ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)  telah lolos uji militer meiputi Hinge Test, Port Durability Test, Panel Pressure Test dan Drop test serta memiliki kontruksi solid yang kedap air hingga 330 cc.

Dari sisi storage, laptop ini telah dikemas dengan penyimpanan SSD up to 1 TB sehingga sobat tidak perlu khawatir lagi akan kombinasi besarnya ruang penyimpanan seperti HDD dan memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. Selain itu untuk menunjang kebutuhan multitasking, laptop bisnis ini telah didukung dengan Memory 16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB, pastinya tidak perlu diragukan lagi kemampuan dari ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sebagai laptop bisnis terbaik. 


Keunggulan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Selain apa yang telah dijelaskan di atas, disini penulis akan menjelaskan lebih rinci dari keunggulan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sebagai laptop bisnis terbaik yang dapat menjadi perangkat kerja dari segala jenis produktivitas bisnis.


Features 4 change modes

Sebagai laptop convertible, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memungkinkan penggunanya untuk merubah bentuk laptop menjadi empt jenis berbeda, yaitu:


Laptop mode : Wujud seperti laptop pada umumnya dimana pengguna dapat mengakses keyboard dan menatap tampilan monitor.

Standing mode : Perubahan dimana bagian body dan keyboard menjadi bagian penampang dan layar monitor ditampilkan berdiri sendiri sehingga pengguna dapat menatap layar monitor dengan leluasa dan meletakkannya di bidang datar dengan stabil. Mode ini dapat digunakan untuk menonton video dan virtual meeting.

Tent mode : Serupa dengan Standing Mode dimana tampilan monitor menjadi prioritas pengguna, namun pada mode ini wujud perubahan berbentuk seperti sebuah tenda segitiga dengan masing-masing sisi bawah monitor dan body atau keyboard sebagai penampangnya.

Tablet mode : Pengguna dapat melipat body dengan monitor sehingga akan nampak seperti sebuah tablet. Penggunaan ini sangat bermanfaat jika pengguna hendak menggunakannya untuk mengerjakan pekerjaan desain dengan menggunakan stylush pen.


Empat wujud perubahan yang ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini memberikan keluwesan bagi penggunannya untuk menggunakan laptop dengan fleksibel sesuai dengan aktivitasnya. Oleh sebab itu laptop ini menjadi produk yang dapat digunakan oleh berbagai jenis produktivitas bisnis serta memberikan kemudahan bagi penggunanya saat melakukan virtual meeting dan presentasi.

Dalam pembelian produk ini sobat juga akan mendapat sebuah stylus pen berkualitas dengan keunggulan pengisian daya 15 detik untuk penggunaan 45 menit serta komponen garage stylus yang ada di body laptop. Maka dari itu sobat tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli stylus pen jika sobat hendak menggunakan laptop ini untuk keperluan design graphic pada tablet mode. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)  memiliki 4 mode perubahan yaitu (Laptop, Tent, Tablet dan Standing mode)


Laptop Elegan dengan Ketangguhan Military-Grade

Dikemas dengan warna Star-Black, Rapi, elegan, dan minimalis menjadi pengambaran dari laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Segi tampilan laptop bisnis ini juga semakin menarik berkat hadirnya ASUS NumberPad 2.0 yang merupakan keypad numerik becahaya LED yang dapat diatur pengaturan cahaya serta aktif-tidaknya. Meskipun memiliki wujud penampilan modern dan dilengkapi fitur touch-screen, sobat jangan berpikiran jika laptop ini sangat sensitif dan tidak memiliki daya tahan yang tangguh. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini bentuk dengan solid construction yang memberikan kekuatan strukural ekstra sehingga dapat menghadapi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan dalam penggunaan sehari-hari. Beberapa point kontruksi penguat dari laptop ini adalah hadirnya braket keyboard internal, braket baja pada Port I/O dan lapisan Water-resistant pada keyboard yang mampu menahan kerusakan pada tumpahan cairan hingga 330 cc.

Ketangguhan dari laptop bisnis ini bukan sekedar teori dari komponen yang ada, namun ketangguhan pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) telah dibuktikan dengan lolosnya uji Military grade MIL-STD 810H yang meliputi:


Hinge Test: Menjalankan siklus buka tutup dengan seluruh kemampuan putaran engsel sebanyak 30.000 kali sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika sering melakukan perubahan wujud laptop.

Port Durability Test : Memilik Port I/O (USB 2.0 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-A, Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, HDMI 2.0a dan 3.5mm Combo Audio Jack) Pengujian ini dilakukan untuk menguji daya tahan Port I/O, Adapun pelaksanaany dengan menjalankan siklus lepas-pasang sebanyak 15.000.

Panel Pressure Test : Sebagai laptop dengan layar touch-screen, pengujian ketahanan tekanan panel ini dilakukan dengan memberikan beban 25 Kg pada bagian belakang monitor saat ditutup. Hasil test ini tidak menemukan adanya kerusakan pada panel LCD.

Drop Test : pengujian ini dilakukan dengan menjatuhkan laptop dari ketinggian 120 cm dengan posisi aktif untuk mensimulasikan kecelakan di meja kerja.


Tidak berhenti sampai disana, fakta ketangguhan lain dari produk terbaru ASUS Business ini juga dibuktikan oleh standar ISO 22196 dimana fitur Antibacterial protection (ASUS Antibacterial Guard) yang ada pada komponen keyboard, touchpad, dan palm rest ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri lebih dari 99% selama periode 24 jam.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) berhasil menjalani serangkain test militer seperti  Hinge Test, Port Durability Test, Drop Test and Panel Pressure Test.


Sistem Keamanan yang Kompatibel

Storage pada laptop bisnis pada umumnya digunakan untuk menyimpan data-data baik client, bisnis yang dijalankan dan sebagainya. Oleh sebab itu sebuah laptop bisnis menjadi sebuah penting yang harus memiliki konfigurasi sistem keamanan terbaik untuk mencegah terjadinya kebocoran data dari firmware hingga software.

Sebagai laptop bisnis yang diusung dengan komponen-komponen ternama, sistem keamanan pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dipadukan dari empat jenis sistem keamanan yaitu:


Computrace ready from BIOS : perangkat di motherboard guna mengirimkan sinyal GPS yang menampilkan lokasi.

Trusted Platform Module (TPM) 2.0 : Pelindung data dan informasi transaksi data berteknologi crypto-processor guna mengola penyimpanan dan pembatasan penggunaan kunci kriptografi.

Fingerprint sensor integrated with Power : Sistem keamanan dengan perlindungn biometrik ini menjadikan laptop menjadi lebih aman dari kemungkinan orang lain mengaksesnya secara langsung, selain itu hadirnya sistem keamanan ini juga membuat sobat tidak perlu lagi menggunakan kata sandi atau PIN.

Webcam shield : sistem keamanan ini berupa penutup webcam saat tidak digunakan, hal ini dapat menjadi pelindung privasi paling aman dari peretasan webcam. 

KeyKensington Security Slot™: Untuk menjaga keamanan laptop saat sobat sedang tidak berada didekatkan, sistem keamanan yang dapat diibaratkan gembok ini memberikan keamanan yang cukup untuk mencegah pencuri pergi membawa laptop.


Hadirnya sistem keamanan yang kuat untuk menjaga kerahasiaan informasi merupakan pertimbangan yang harus diperhatikan dalam sebuah laptop bisnis. Perpaduan sistem keamanan seperti pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) menjadi sebuah percontohan dari sebuah laptop bisnis yang memiliki keamanan kemampuan dalam menjaga data-data penting didalamnya.

Security System ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dibentuk dengan konfigruasi berbagai komponen yang memberikan perlindungan dari bocornya data dari firmware hingga software


Performa Handal dan Fitur Mobile Terbaik

Dalam menjalankan perannya sebagai perangkat kerja dimana memungkinkan untuk mengerjakan tugas berat,  Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) atau Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Processor yang diusung dalam produk ini memiliki keunggulan dalam memberikan keamanan dan keandalan kinerja, adapun spesifikasi CPU ini meliputi:

1. Memiliki 4 core atau unit pemrosesan pusat mandiri dalam satu komponen komputasi (keping atau chip) dan 8 urutan instruksi terurut dasar yang dapat dilewati atau diproses dengan CPU satu core.

2. Frekuensi maksimum yang mampu dijalankan prosesor sebesar 4.70 gigahertz (GHz), atau miliar siklus per detik.

3. Area memori cepat yang ada di prosesor sebesar 12 MB dan memungkinkan semua inti berbagi akses secara dinamis ke cache tingkat terakhir.

4. Memiliki subsistem yang mentransfer data antar komponen komputer atau antar komputer berkecepatan 4 GT/s dengan tipe front side bus atau FSB, direct media interface atau DMI, dan Quick Path Interconnect (QPI).

5. Frekuensi Konfigurasi TDP lebih tinggi sebesar 2.80 GHz dengan Konfigurasi TDP lebih tinggi senilai 28 W serta Frekuensi Konfigurasi TDP lebih rendah sebesar 1.20 GHz dengan Konfigurasi TDP lebih rendah senilai 12 W.

Oleh sebab itu, tidak diragukan lagi jika ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan salah satu perangkat bisnis terbaik yang mampu memberikan kinerja performa handal dan ramah penggunaan daya. Berkat processor ini, laptop bisnis ini mampu menjalakan memori DDR4-3200 atau LPDDR4x-4267 berukuran maksimal 64 GB dan memiliki 2 saluran memori guna mengoptimalkan kinerja dalam penggunaan multi-tasking.

Hadirnya Grafis Intel® Iris® Xᵉ dengan Frekuensi Dinamis Maks Grafik 1.30 GHz pada perangkat perangkat ini juga membuat laptop ini mampu memberikan Resolusi Maksimum (HDMI)‡ 4096x2304@60Hz, Resolusi Maksimum (DP)‡ 7680x4320@60Hz ataupun Resolusi Maksimum (eDP - Panel Datar Terintegrasi)‡ 4096x2304@60Hz.

Sebagai laptop bisnis unggulan, fitur-fitur untuk kebutuhan mobile juga telah diberikan untuk melengkapi kebutuhan para pebisnis terutama dalam penggunaan secara daring (online). ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan produk pertama ASUS Business yang mendukung konektivitas 4G LTE serta memiliki komponen internal modem sehingga pengguna dapat memasang SIM Card seperti pada sebuah smartphone untuk terhubung ke internet. 

Dalam menjawab kebutuhan virtual-meeting yang lebih baik, laptop bisnis ini telah dilengkapi dual kamera beresolusi 13 MP berteknologi 360°3D noise-reduction (3DNR) yang mampu mengurangi noise visual hingga 94%, serta menghadirkan Fitur Two-way AI noise-canceling audio technology yang dapat menyaring noise audio didekitar speaker dan membersihkan noise dari audio yang keluar. 

Tampilan monitor dari ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dibentuk dengan Multi-touch with eye-care technology sehingga dapat memberikan emisi cahaya biru rendah dan memberikan perlindungan pada mata. Beberapa teknologi canggih dari Intel lainnya yang ada dalam perangkat ini ialah: Intel® Smart Sound Technology, Intel® Wake on Voice, Intel® High Definition Audio, Intel® Deep Learning Boost (Intel® DL Boost), Intel® Adaptix™ Technology, Intel® Speed Shift Technology, Intel® Turbo Boost Technology, Intel® Hyper-Threading Technology, Teknologi Thermal serta Intel® VMD (Volume Management Device).

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki konektivitas internet 4G LTE,  dual kamera beresolusi 13 MP berteknologi 360°3D noise-reduction (3DNR), serta fitur Fitur Two-way AI noise-canceling audio technology


Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Produk ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini ditawarkan dengan beberapa komponen yang memiliki spesifikasi berbeda seperti kapasitas memori dan ruang penyimpanan, jadi dalam pembelian perangkat ini sobat dapat tentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun spesifikasi dari laptop bisnis ini yaitu:


Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
Color Star Black
Operating System Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 10 Pro Education
*Some devices for academic use will automatically be updated to Windows 10 Pro Education with the Windows 10 Anniversary Update.
Processor Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz, 4 cores)
Intel® Core™ i3-1115G4 Processor 3.0 GHz (6M Cache, up to 4.1 GHz, 2 cores)
Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz, 4 cores)
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory) Intel® UHD Graphics
Display Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %, With stylus support
Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %, With stylus support
Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:80 %
Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %
Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:80 %, With stylus support
Memory 4G DDR4 on board, 4GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB
8G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB
16G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB
8G DDR4 on board, 8GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB
Storage 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
128GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
I/O Ports 1x USB 2.0 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery 1x HDMI 2.0a
1x 3.5mm Combo Audio Jack 1x RJ45 Gigabit Ethernet
Micro SD card reader + SIM card slot
Expansion Slots 1x DDR4 SO-DIMM slot 1
x M.2 2280 PCIe 3.0x4
Expansion SlotsKeyboard & Touchpad Backlit Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard, Support NumberPad
Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard, Support NumberPadBacklit Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard
Camera 720p HD camera With privacy shutter 13.0M camera
Audio Built-in speaker
Built-in array microphone
with Cortana support
Network and Communication Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 1*1 + Bluetooth 4.2Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 4.24G LTE support (in selected territories)
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Power Supply TYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
Weight 1.61 kg (3.55 lbs)
Dimensions (W x D x H) 2.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")
Built-in Apps MyASUS, McAfee
MyASUS Features System diagnosis, Battery health charging, Fan Profile, Splendid, Tru2Life, Function key lock, WiFi SmartConnect, AppDeals, Link to MyASUS
Microsoft Office 1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required. Office Home and Student 2021 included
Military Grade US MIL-STD 810H military-grade standard
Regulatory Compliance EPEAT, Energy star
Security Computrace ready from BIOS
Trusted Platform Module (TPM) 2.0
Kensington Security Slot™
Fingerprint sensor integrated with Power Key
Included in the Box (Optional) Wired optical mouse, Wireless optical mouse, Backpac,k Carry bag, MPP 2.0 garaged stylus
Price Start From Rp 14.262.000,00


Kesimpulan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) Sebagai Laptop Bisnis

Produk yang diluncurkan ASUS Business pada pertengahan 2022 ini telah dibentuk dengan menjawab berbagai keperluan para pebisnis baik dari segi fleksibelitas, sistem keamanan yang kuat, kinerja performa hingga fitur untuk aktivitas mobile. Selain unggul karena kehandalannya, ketangguhan dari laptop yang memiliki tampilan modern ini juga patut mendapat apresiasi positif dimana kekuatannya telah terbukti dari serangkaian uji militer. Setelah membaca serangkaian penjelasan dan spesifikasi diatas, makanya tak heran jika ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) menjadi rekomendasi laptop bisnis terbaik untuk segala jenis pebisnis.


0 Response to "ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Bisnis Convertible dengan Konektivitas 4G LTE"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed