-->

Destinasi Bukit Wairinding, Pesona Alam Sumba Timur

Bukit Wairinding di Sumba Timur merupakan destinasi yang menawaran keindahan alam wilayah perbukitan dan rerumputan

Destinasi Bukit Wairinding, Pesona Alam Sumba Timur - Kawasan Timur indonesia memang memiliki kekayaan yang sangat fenomenal, mulai dari suku budaya yang berkembang, keindahan alam, hingga keanekaragaman hayati semuanya bertaut menjadi satu dalam keistimewaannya. Seperti misalnya keindahan alam Bukit Wairinding di Sumba Timur, berkat keindahan pesona alam yang ditawarkan makanya tak heran jika tempat ini menjadi pilihan background darifilm Pendekar Tongkat Emas.

Bukt Wairinding sendiri merupakan gambaran keindahan alam Sumba Timur yang diisi dengan perbukitan berselimut rumput segar dimana feel dari lokasi lokasi ini dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi musim, sehingga menjadikannya sebagai salah satu objek Wisata Alam Sumba Timur Terbaik.

Memiliki Landscape hamparan rerumputan luas sejauh mata memamndang dengan gundukan perbukitan yang berbaris rapi, Bukit Wairinding ini menjadi objek yang berhasil memikat daya tarik orang luar untuk datang mengunjunginya saat berlibur di Sumba Timur.

Diisi dengan hamparan rerumputan yang luas, tak heran jika pada musim kemarau Bukit Wairinding ini akan nampak seperti kawasan afrika dengan luasya rerumputan kering berwarna kuning, sementara saat musim hujan Bukit Wairindin ini akan nampak berwarna hijau segar seakan dinegara New Zealand. Tidak hanya pemandangannya saja yang berhasil menggugah selera, disekitar area ini sobat juga dapat menemukan kuda-kuda miliki masyarakat lokal yang berlarian bebas di rerumputan luas. Oleh sebab itulah objek destinasi Bukit Wairingin di Sumba Timur ini menjadi salah satu tujuan kunjungaan wisatawan yang berhasil memikat hati karena perpaduan keindahan alam dan kehidupan asli masyarakat lokal.

Berikut penulis paparkan beragam informasi seputar Bukit Wairinding mulai dari lokasi, Harga tiket, jam kunjungan terbaik serta daya tariknya sebagai destinasi wisata di Sumba Timur.


Informasi Objek Destinasi Bukit Wairinding di Sumba Timur

Lokasi dan Rute Bukit Wairinding

Bukit Wairinding ini terletak di Desa Pambotanjara, Kota Waingapu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Lokasi tepat dari Bukit Wairinding ini berada sekitar 25 km dari pusat kota Waingapu. Dalam perjalanan menuju kemari, sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di kota. 

Tidak perlu khawatir akan akses jalan, meskipun berada di wilayah Timur dan terletak seakan diwilayah terpencil rupanya akses jalan menuju Bukit Wairinding ini telah diaspal dengan bagus dan dapat dilewati baik oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Rute terbaik untuk datang menuju Bukit Wairinding ini adalah melewati "letter S" yang merupakan jalan trans Waingapu-Waikabubak dengan medan berbelok-belok seperti diarea pegunungan. Dari pusat kota setidaknya sobat memperluhkan waktu 30-60 menit perjalanan.

Setelah tiba di area parkir dari Bukir Wairinding, sobat masih harus melakukan pendakian sejauh 50 meter untuk dapat tiba di spot utama Bukit Wairinding yang berada di ketinggian altitude 100-200 mdpl dengan pemandangan perbukitan dan rerumputan. Untuk lebih lengkapnya sobat dapat klik “Lokasi Bukit Wairinding”.


Jam Buka Bukit Wairinding

Bukit Wairinding ini menjadi destinasi yang sering dikunjungi saat pagi, siang serta spot menonton sunset terbaik di Sumba Timur. Namun tidak ditentukan secara resmi jam buka dari Bukit wairinding, namun pastinya sobat jangan datang mengunjungi Bukit Wairinding ini pada malam hari.


Waktu Terbaik Berkunjung di Bukit Wairinding

Pada dasarnya wisatawan yang datang di Bukit Wainding ini dikarenakan keinginan untuk melihat hamparan reremputan segar di perbukitan Sumba Timur dengan langit terbuka atau menonton matahari terbenam yang spektakuler. 

Maka, jam terbaik untuk mengunjungi wisata Bukit Wairinding ini tentunya dapat sobat sesuaikan dengan tujuan wisata sobat. Namun, jika kalian ingin datang dan menikmati pemandangan rerumputan segar, penulis sarankan untuk datang megunjunginya pada musim hujan karena pada saat musim kemarau tentunya rerumputan disini menjadi berwarna kuning dan juga pastikan datang pada saat cuaca cerah untuk memaksimalkan peson alam disana.


Harga Tiket Bukit Wairinding Sumba Timur

Memiliki keindahan alam yang menakjubkan, siapa sangka harga tarif tiket wisata ini masih sangat murah. Untuk datang berkunjung ke Bukit Wairinding Sumba Timur setidaknya sobat harus menyiapkan dana sebesar Rp 10.000 perorang dan tiket parkir Rp 5.000-Rp 10.000. Disekitar area Bukit Wairinding ini juga terdapat penyewaan kain batik lokal mulai dari Rp 25.000-50.000 yang dapat sobat gunakan untuk berswafoto lebih bagus, serta terdapat juga masyarakat lokal yang menawarkan pengunjung untuk bermain menaiki kuda hanya dengan biaya Rp 50.000.


Daya Tarik Bukit Wairinding Sebagai Wisata di Sumba Timur

Spot Sunset Terbaik di Sumba Timur

Jika di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kita mengenal Shoka Bukit Senja sebagai objek wisata yang menawarkan tempat terbuka untuk menonton sunset dengan memandang luasnya lautan, maka Bukit Wairinding ini sobat dapat menyaksikan moment matahari terbenam tersebut dengan memandang luas perbukitan dan rerumputan dilengkapi dengan angin segar. 

Bukit Wairinding memang menjadi tempat menonton sunset terbaik di Sumba Timur, makanya tak heran jika destinasi ini juga menjadi lebih ramai dikunjungi saar sore menjelang sunset dan menjadi tempat incaran para fotografer landscapers.


Landscape Alam Bukit Wairinding yang Menyegarkan

Terletak di wilayah dataran rendah dan jauh dari beragam polusi, Bukit Wairinding menjadi tujan terbaik untuk menikmati hari dan mengistirahatkan diri dari hiruk piruk kota. Udara yang sangat segar dengan pemandangan epic pastinya menjadikan destinasi ini menjadi tujuan terbaik untuk berwisata di Sumba Timur.


Komentar Netizen Tentang Bukit Wairinding

Berdasar penilaian di Google, Bukit Wairinding ini telah memperoleh ulasan lebih dari 700 kali dengan rate bintang 4,7. Netizen sendiri kerap memberikan penilaian yang serupa dimana keindahan dari Bukit Wairinding ini sangat menakjubkan khususnys bagi mereka yang datang dari luas pulau. Pemandangan Sumba Timur yang tergambar di Bukit Wairinding ini menjadi lokasi yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Kebersihan wilayah serta pengelolahan yang baik juga memiliki nilai positif dari para wisatawan yang telah berkunjung. Sebagai destinasi yang berada di area alam terbuka, pastikan saat berkunjung kemari sobta untuk menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak keanekaragam hayati disana. Selain itu pastikan juga untuk menjaga tata krama dan prilaku yang baik saat berkunjung kemari.


0 Response to "Destinasi Bukit Wairinding, Pesona Alam Sumba Timur"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed