-->

Pura Ulun Danu Bratan Bedugul: Wisata Bali Terpopuler 2023

pemandangan pura ulun danu bratan Bali
Foto Pura Ulun Danu Bratan. sumber @shawneastmanphotography

Pura Ulun Danu Bratan, Wisata Spektakuler di Dataran Tinggi Bali - Pura Ulun Danu Baratan menjadi salah satu destinasi wisata pura di Bali dengan konsep arsitektur bangunan ibadah umat Hindu yang sangat indah. Berbeda dengan wisata pura lain yang biasanya terletak di tepi laut seperti Ulu Watu dan Tanah Lot, ataupun Pura Gunung Kawi yang terleta di lembah.

Ciri-ciri Pura Ulun Danu Bratan ini sangat ikonik, dengan puncaknya yang semakin menjulang tinggi semakin mengecil. Yup! sobat tidak salah, bangunan inilah yang ada pada gambar belakang uang pecahan 50.000 tahun 2015.


Informasi Destinasi Pura Ulun Danu Bratan 2023

Pura Ulun Danu Baratan ini terletak di dataran tinggi dengan ketinggian hingga 1200 mdpl. Lokasinya yang berada di dataran tinggi itu membuat suasana disini menjadi lebih mengagumkan karena minimnya polusi udara dan memiliki landscape alam yang eksotik. Udara yang bersih dan kebersihan danau yang terjaga juga membuat wisatawan akan betah saat berkunjung kemari.

Disclaimer: Artikel ini diperbarui pada 30 Desember 2023 untuk update sesuai denga kondisi pariwisata di Pura Ulun Danu Bratan



Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bratan

Lokasi Pura Ulun Danu Baratan ini terletak di Jalan Raya Bedugul, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Jika sobat sedang berwisata di wilayah Kuta, pastikan kalian menyempatkan waktu untuk berkunjung kemari.

lokasinya hanya memerlukan waktu lebih kurang 2 jam saja menggunakan kendaraan pribadi. Untuk lokasi dan rute jelasnya kalian dapat klik “Lokasi Pura Ulun Danu Beratan Bedugul”.

Meskipun memiliki pesona alam dan bangunan pura yang sangat menawan, untuk dapat berkunjung kemari sobat jangan khawatir akan merogoh dompet dalam. Berikut adalah table biaya tarif tiket yang dikenakan kepada pengunjung.

TIKET MASUK Dewasa (Domestik) Rp 30.000
Anak-anak (Domestik) Rp 20.000
Dewasa (Turis Internasional) Rp 75.000
Anak-anak (Turis Internasional) Rp 50.000
TIKET PARKIR Sepeda Motor Rp 3.000
Mobil Rp 5.000
Bus Rp 10.000

Jam buka wisata Pura Ulun Danu Baratan ini mulai pukul 07.00-19.00 WITA. Namun untuk jam terbaik dapat kalian sesuaikan dengan keinginan kalian, jika ingin menikmati sejuknya udara dataran tinggi berkujung waktu pagi adalah pilihan yang tepat, namunjika kalian ingin menikmati sensasi memancing jam terbaiknya adalah siang hingga sore hari.

Bagi kalian yang ingin mencari penginapan di dekat Pura Ulun Danu Bratan, ada berbagai pilihan dengan jarak mulai dari 650 meter saja dengan harga start from 100 an ribu, seperti: Pelangi Homestay RedPartner, Villa SINTA, dan Umah Lumbung Bedugul.

Foto Pura Ulun Danu Bratan Bedugul terbaru 2023
Foto Pura Ulun Danu Bratan, Sumber : weltumrunder.de


Aktivitas Wisata Seru di Danau Ulun Danu Baratan

Pura Ulun Danu Baratan masuk dalam 10 besar wisata Bali incaran turis, keindahan disini memang bukan main, luasnya danau dengan pemandangan pura yang agak menjorok ke arah danau dapat menjaadi spot foto indah. Di Danau yang ada disekitar ini sobat juga dapat menyewa boat/perahu seharga Rp 150.000 perkapalnya untuk berkeliling.

Kalau kalian belum tau, Pura Ulun Danu Baratan inilah yang terdapat pada lukisan belakang uang lembaran 50.000 keluaran tangun 2005-2016. Meskipun sudah terletak di dataran tinggi yang notabannya sudah memiliki udara yang sejuk, disini terdapat lagi kebun Bungan dengan berbagai jenis sehingga keindahan hayati disini jangan dihiraukan lagi.

Oiya sebelum mulai kepembahasan lebih dalam, ada 2 pura dengan nama Pura Ulun Danu di Bali, nah agar kalian tidak salah kali in kita akan membahas Pura Ulun Danu yang lokasinya berada di di danau Bratan  bukan di danau Batur di Kabupaten Bangli. Nah berikut adalah keseruan yang dapat kalian rasakan saat berwisata disini.

gambar lokasi dibalik uang Rp 50.000
Gambar Pura Ulun Watu Bratan di Uang 50.000. sumber @surya_ir


Berswafoto Dengan Landscape Pura di Tepi Danau

Jika di Tanah Lot sobat dapat berfoto dengan pemandangan pura yang menjorok ke laut, disini kalian dapat berfoto dengan landscape pura yang menjorok ke danau. Hamparan danau yang sangat bersih dengan bayangan pegunungan dibelakangnya akan menambah kesan eksotis pada foto kalian. Pastikan kalian datang saat cuaca disini sedang cerah agar foto kalian menjadi lebih sempurna.

Selain foto dengan landscape alam tersebut, disini juga terdapat kebun bunga yang indah untuk menjadi backgrounf foto kalian. Kemudian disini juga tersedia wahana foto Bersama binatang-binatang yang dipelihara oleh pihak pengelola seperti  ular piton kuning, burung hantu, kelelawar, bunglon, elang hingga burung rangkong.

Berkeliling Danau Bratan Dengan Speedboat

Danau yang luas memang memberikan nafsu tersendiri untuk mengelilinginya. Nah untuk kalian yang ingi berkelilingin menyurusi perairan danau Bratan, kalian dapat menggunakan speedboat dengan tarif harga 100.000-200.000 sekali putarannya, oiya harga ini untuk satu kapal yang berisi 4-8 orang ya, jadi bukan biayaperorang dan pastinya sangat murah. Kemudian untuk kalian yang ingin berkeliling santai disekitaran danau, opsi perahu angsa apat menjadi pilihan yang tepat terutama bagi kalian yang datang bersama orang kesayangan.

Memancing Ikan di Danau

Danau memang menjadi ekosistem alam yang memiliki kekayaan didalamnya terutama pada keanekaragaman hewani didalamnya. Biasanya para pemancig disini mencari tangkapan di jembatan arah sisi kiri pura. Bagi kalian yang datang dari jauh dan tidak mau direpotkan dengan membawa alat pancing ikan, disini telah tersedia fasilitas penyewaan alat pancing lengkap dengan umpannya mulai dari 10.000 rupiah saja.

Berwisata Kuliner dan Mencari Buah Tangan

Disekitar Kawasan pura ini terdapat banyak tempat yang menawarkan makanan lezat mulai dari camilan,es krim hingga makanan berat baik dengan tema tradisional Bali atau menu restoran mewah dengan harga yang menyesuaikan kualitas tentunya.

Disekitaran gerbang keluar dari wisata Pura Ulun Danu Bratan tedapat banyak kios warga yang menjual beragam pernak pernik atau souvenir dengan citra Bali seperi kaos, gantungan kunci, camilan tradisional dan sebagainya.

Dari lovina mampir ke danau Beratan terletak di Baturiti, Kabupaten Tabanan di Bali sebelum balik ke denpasar. Di sini terdapat Pura Ulun Danu Beratan merupakan salah satu dari sembilan “Pura Kahyangan Jagat” yang mengelilingi Pulau Bali, sehingga menjadi salah satu Pura terpenting bagi masyarakat Bali, khususnya bagi umat Hindu. Untuk area parkir uas rapi dan bersih, Lokasi Sangat Bersih,  Pengunjungnya dari berbagai daerah dan negara. Pemandangan indah dan hawa yang sejuk serta taman yang luas untuk berjalan-jalan dan poto². Terdapat jasa fotografer di dalam pura dan foto bisa langsung dicetak sebagai kenang-kenangan. Tempatnya bersih sangat tertata rapi dengan fasilitas resto dan wisata danau.-Era Artha

0 Response to "Pura Ulun Danu Bratan Bedugul: Wisata Bali Terpopuler 2023"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed