-->

Destinasi Wisata Bali Terpopuler Sepanjang Tahun 2024

19 destinasi wisata di Bali tujuan ternama wisatawan luar negeri dan domestik - Sudah tidak dapat dipungkiri apabila Pulau Dewata Bali yang memiliki keindahan alam dan eratnya budaya dapat menjadi salah satu tujuan para wisatawan dari belahan dunia. Mulai dari keindahan pantai, megahnya bangunan pura, kekentalan budaya dqpat menjadi alasan ternama pulau ini sering dikunjungi dan menjadi target wisata tujuan.

Diantara banyaknya tempat yang dapat dikunjungi di pulau Dewata, tentunya ada beberapa destinasi yang sudah memilki nama mendunia dan menjadi tujuam utama wisatawan saat di pulau ini, diantata banyamnya destinasi di pulau yang tergolong kecil ini, penulis akan merekomendasikam 19 tempat destinasi di Bali yang menjadi tujuan teenama wisataqan baik dari luar maupun dalam negeri.


Rekomendasi Wisata di Bali

Tertarik untuk datang berlibur ke Pulau Dewata Bli? Berikut penulis sajikan 19 rekomendasi wisata di Bali paling populer dimata wisatawan yang dapat masuk dalam wishlist perjalan sobat saat kemari.

Hutan Monyet Ubud

Tempat ini berupa pura, hutan lebat dan habitat alami ratusan monyet. Wisatawan tertarik ke tempat ini karena pesona, udara segar, sejuk, dan ditemani monyet-monyet yang lucu selama kunjungan.

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar

Harga Tiket Masuk: Start from Rp 60.000

Salah satu tempat wisata yang sangat terawat dan indah berada di kawasan ubud yang begitu indah dan tenang, kalau ke ubud wajib kesini karena kita bebas melihat begitu banyak monyet dimana-mana tetapi tetap harus berhati hati karena monyet nya mungkin bisa nakal. Overall cocok lah mengajak keluarga berwisata kesini…-Egi Tyo Kristy

Tempat ini berupa pura, hutan lebat dan habitat alami ratusan monyet. Wisatawan tertarik ke tempat ini karena pesona, udara segar, sejuk, dan ditemani monyet-monyet yang lucu selama kunjungan.
Foto Monkey Forest Ubud, Sc: @Rachelroamsearth

Seminyak

Lingkungan integral ini adalah tempat dimana dapat ditemukan hampir semua hal - mulai dari toko tradisional yang sederhana hingga butik desainer kelas atas. Lingkungan ini juga memiliki bagian dari pantai yang indah, dengan deretan bar dan restoran yang ramai yang tetap buka hingga larut malam.

Lokasi: Free

Harga Tiket Masuk: Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta


Seminyak adalah sebuah kawasan pariwisata di Bali yang berupa kawasan resort pantai. Di kawasan wisata ini anda sangat mudah menemukan resort mewah
Foto Seminyak, Bali. Sc: @Thebalichili

Terasering Sawah Tegallalang

Sawah berukir Bali ini menawarkan wisatawan kesempatan untuk menikmati alam dan sekilas budaya dan adat istiadat lokal yang berharga. Wisatawan bisa menjelajahi desa dan bertemu warga.

Lokasi: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar

Harga Tiket Masuk: Start From Rp 10.000

Tempat ini merupakan wisata alam dengan pemandangan sawah sawah undakan atau terasering. Klo sawah sawah nya belum panen pasti bakal lebih bagus pemandangan hijaunya. Pintu masuknya dapat diakses dari pinggir jalan raya atau tempat makan yang ada di sepanjang Jalan Raya Tenggalang. Untuk harga tiket masuk + parkir motor nya 10rb/orang, tapi kalau mau nyebrang lagi ke area sawahnya harus bayar lagi 5-10rb/orang. Disini juga ada wahana untuk spot foto, setiap wahana spot foto akan dikenakan biaya lagi. Cocok untuk menikmati udara sejuk sambil makan dan minum melihat pemandangan hijau disini. Waktu kunjungan-Aji Suryana

Sawah Terasering Tegallalang: Bentangan Permadani Hijau di Ubud. Sobat Pesona pasti sudah nggak asing lagi dengan wilayah paling hijau di Pulau Bali. Kaki bukit berundak indah yang memiliki sawah di tengah pepohonan rimbun, ditambah zip line dan ayunan hutan.
Foto Teraseing Sawah Tegalalang. Sc: @Aswegetlost

Pasar Seni Ubud

Ubud adalah pusat budaya Bali dan rumah bagi banyak seniman tradisional yang menghasilkan produk unik dan otentik yang mewakili pulau tersebut. Wisatawan dapat menemukan apa saja di sini, mulai dari karya seni hingga suvenir sederhana.

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar

Harga Tiket Masuk: Free

Kalo kesini pasti ngileeeerr... Kalo harga lumayan ya say, harus pinter banget nawar. Btw aku rekomen beli di pintu masuk atau yg ngemper, lebih murah dikasihnya drpd yg di dalam. Parkir bayar 10rbuan untuk Mobil.. Parkir nya persis di depan pasar ya gaiiss-Kiki Rizki Amalia

Pasar Seni Ubud adalah syurga untuk para wisatawan yang ingin berbelanja kerajinan tangan khas Bali. Ubud Art Market yang secara lokal dalam penyebutannya sebagai 'Pasar Seni Ubud' yang terletak di seberang Puri Saren Royal Ubud Palace
Foto Psar Seni Ubud, Sc: @Penidago

Pantai Padang Padang

Mungkin paling dikenal karena kemunculannya dalam film Eat, Pray , Love (2010), permata yang dulu tersembunyi ini memenuhi hype. Tempat yang sempurna untuk bersantai di tepi pasir, berenang melewati bangunan berbatu yang mengagumkan, atau berselancar di ombak dari tebing.

Lokasi: Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung

Harga Tiket Masuk: Start From Rp 20.000

Akses ke pantai nya menarik, melewati sela-sela batu koral besar. Pantainya masih asri, Pasirnya putih dan air lautnya biru diselingi batu-batu koral besar. Banyak monyet berkeliaran di pohon-pohon. Sayangnya tempat penjualan makanan maupun penyewaan alat berenang dan surfing belum tertata dengan baik.-Sahru Maskur

Pantai Padang atau populer dengan sebutan Taplau adalah sebuah pantai yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat. Pantai ini terletak pada kawasan padat perkotaan di Kecamatan Padang Barat, dan membentang dari daerah Purus hingga muara Batang Arau.
Foto Pantai Padag Padang Bali, Sc: @Chloe_dups

Gunung Batur

Mendaki gunung selama dua jam akan membawamu ke tempat terbaik di pulau untuk berjemur di bawah sinar matahari pertama. Saksikan matahari terbit dengan Gunung Abang dan Danau Batur sebagai latar belakang. 

Lokasi: 

Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

Harga Tiket Masuk: Start from Rp 50.000

Very beautiful mountain. Cantik sekaligus seram. Danau Batur purba disebelah kanan dan lautan sisa lahar hitam disebelah kiri. Sangat menarik dan bikin puas mata yg memandanginya. Sehari nggak akan puas. Apalagi ada desa Trunyan yg sangat menarik utk dikunjungi. Destinasi wisata yg harus dikunjungi!-arayuta

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Sisi tenggara dari kaldera yang berukuran 10×13 km ini sebagian besar berisi danau kaldera
Foto Gunung Batur Bali, Sc: @Jaydeep.trivedi

Istana Kerajaan Ubud

Ubud dulunya adalah kota kerajaan, sehingga tidak mengherankan jika kawasan ini dipenuhi dengan istana-istana menakjubkan yang masih berdiri sebagai landmark budaya dan sejarah. Istana Kerajaan Ubud, atau Puri Saren Ubud, termasuk yang terbesar dan dapat ditemukan di jantung lingkungan sekitar.

Lokasi: 

Jl. Raya Ubud No.8, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar

Harga Tiket Masuk: Free

Ini termasuk salah satu pura yang unik di daerah pusat Ubud, karena memiliki kolam lotus atau tanaman teratai... Kalau lihat di google sih, pernah ada pertunjukan tari di pura ini, namun sejak pandemi, seperti pura yang lain, kegiatan tari menari menjadi tidak sesering biasanya Tempat masuk pura ini agak tersembunyi, karena harus melewati cafe Starbucks dulu ,😁😁😁-Permadi Sri Herlambang

Istana Ubud, secara resmi Puri Saren Agung, adalah kompleks bangunan bersejarah yang terletak di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia. Istana adalah tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Ubud.
Foto Istana Kerajaan Ubud. Sc: @Prita.dy

Pantai Pandawa

Selain laut biru yang berkilau dan putihnya pasir yang halus, Pantai Pandawa juga merupakan landmark budaya; tempat yang menampung tokoh-tokoh indah dari lima karakter Pandawa heroik dari epik Mahabharata, dan tempat pertunjukan budaya termasuk kecak yang terkenal, atau tarian api. Disini kalian juga dapat menikmati hari yang menyenangkan dengan kano di perairan yang tenang.

Lokasi: Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung

Harga Tiket Masuk: Start From Rp 20.000

Indah banget. Ada tempat sight seeing yang cocok banget pas sunset. Pasirnya lembut dan bersih. Akses jalannya juga mudah dan teratur. Untuk harga tiket kurang lebih 20rb/orang. Space parkir, banyak banget.-Nyoman Satcitta Ananda

Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia. Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti
Foto Pantai Pandawa. Sc: @Blondeontheroad___

Goa Gajah

Gua besar ini, juga sebuah kuil Budha, dipenuhi dengan cerita pahatan dan tokoh suci. Kuil ini memiliki kolam pemandian besar, dibangun untuk membersihkan jiwa dan mengusir roh jahat, demikian menurut legenda.

Lokasi: Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali

Harga Tiket Masuk: start from Rp 30.000

Ke goa gajah pada siang hari, merupakan pilihan yang tepat untuk memakai sunscreen andalan. Sinar mataharinya nyata terasa. Harga tiketnya Rp 30.000,-/orang. Harap menjaga kesopanan dalam bertutur kata, bersikap, dan berbusana di tempat ini. Tersedia guide yang menjelaskan history tempat ini dan berbagai macam hal lainnya. Guide disini juga lihai membantu mengambil foto pengunjung. Terdapat pohon kapas yang usianya ratusan tahun kalau kata tour guidenya. Terdapat mata air untuk mencuci muka dan airnya bisa diminum.

Gua Gajah adalah gua buatan dari masa purbakala yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Gua ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali; berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar.
Foto Goa Gajah. Sc: @Ainhoa_martin_

Amed

Snorkeling dan menyelam di Amed akan memberi pengalaman dengan  pemandangan terumbu karang warna-warni, ikan tropis, dan bahkan bangkai kapal Jepang. Pantai Amed terkenal dengan pasir vulkanik hitamnya yang luas.

Lokasi: Jl. Raya Amed Bunutan, Bunutan, Abang, Bunutan, Abang

Harga Tiket Masuk: Free

Pantai Amed ini indah sekali, selain kalian bisa mnikmati pemandangan pantai, kamu juga bisa bersenokling dngan alam bawah laut yang bagus sekali. Tidak ketinggalan kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise di pantai ini. Pantai nya terdapat tebing yang dapat kamu manfaatkan untuk spot foto, lokasi memang jauh dari kuta atau denpasar, akan tetapi akan sangat wortit dengan pemandangan alam yang akan kamu liat, oh iya hotelnya juga disini murah-murah tinggal pilih aja. Happy Travelling-Yudha Rahman

Pantai Amed yang berlokasi di karangasem bali ini merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi yang mempunyai banyak sekali spot foto menarik.
Foto Bawah Laut Amed. Sc:@Abiharland_

Lovina

Wisatawan tertarik ke Lovina karena berbagai alasan, salah satunya adalah kesempatan untuk menyaksikan lumba-lumba di lautnya yang tenang. Daerah ini juga merupakan tujuan snorkeling dan menyelam ramah pemula yang populer.

Lokasi: Desa Kalibukbuk

Harga Tiket Masuk: Free

Dikenakan hanya biaya parkir 5k/mobil. Utk motor kurang tau. Pantainya bersih. Di sini lebih menawarkan wisata di tengah lautnya utk melihat taman laut, kasih makan ikan, melihat lumba². Namun utk lumba² hanya bisa di pagi hari. Harga sewa 150k/perahu isi 5 org. Tempatnya lumayan sejuk karena banyak pepohonan. Penjual makanannya juga relatif murah.-Desti Rahmadhani

Pantai Lovina atau Lovina adalah pesisir pantai yang terletak sekitar 9 km sebelah barat kota Singaraja. Daerah ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara.
Foto Sunset di Pantai Lovina Sc: @Romy.personaltouchtravel

Tanjung benoa

Tanjung Benoa sejauh ini merupakan tempat paling populer untuk olahraga air di Bali , di mana wisatawan dapat menemukan hampir semua aktivitas pantai dan laut, termasuk banana boat, sea walking, flyboarding, dan scuba diving. Kawasan ini juga dikemas dengan resort mewah bagi mereka yang ingin bermalam.

Lokasi: Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung

Harga Tiket Masuk: Start From Rp 5.000


Lokasi pantai Tanjung Benoa ada di kawasan tempat wisata Bali selatan, berdekatan dengan kawasan wisata Nusa Dua Bali. Alamatnya adalah Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Foto Sunset di Pantai Tanjung BenoaSc: @Tijilibenoa.artotelcurated

Teluk Jimbaran

Restoran tepi laut yang berbaris di sepanjang Teluk Jimbaran menyajikan hidangan laut terbaik dan segar di pulau ini . Sebagian besar restoran memiliki area tempat duduk luar ruangan yang diterangi cahaya lilin, di mana kalian dapat bersantap dan bersantai dengan kaki di pasir.

Lokasi: Jalan Pantai Kedonganan, Jimbaran, Kuta

Harga Tiket Masuk: Free

Jimbaran Bay atau Teluk Jimbaran, merupakan sebuah teluk di Bali. Di Jimbaran bay ini terdapat 3 pantai yang saling berbatasan.
Foto Teluk Jimbaran Bali Sc: @Joshstockdalee
Desa Munduk

Desa pegunungan ini memiliki lingkungan yang bersih, hijau, udara yang segar, sejuk, dan wisata alam yang menawan. Air terjun dan perbukitan menjadikan Munduk sebagai tujuan trekking yang populer, dan selama era kolonial itu adalah tempat peristirahatan gunung favorit Belanda, karenanya arsitektur Eropa, bangunan bersejarah dan komoditas yang berkembang.

Lokasi: Munduk, Banjar, Kabupaten Buleleng

Harga Tiket Masuk: Free

Desa Munduk Singaraja, menawarkan keindahan alam pegunungan yang sejuk dengan perkebunan cengkeh, kopi, air terjun dan danau Tamblingan di Buleleng Bali.
Foto Pemandangan Desa Munduk BaliSc: @Yourbaliexperience
Pantai Kuta

Ini mungkin bukan pulau yang terbaik dalam hal keindahan alam (meskipun masih sangat luar biasa), tetapi Pantai Kuta terkenal di dunia, dan dengan alasan yang bagus. Saat ini, tempat ini adalah salah satu tempat paling ramai di pulau itu, menawarkan aktivitas menyenangkan yang tak terhitung jumlahnya - mulai dari berselancar hingga makan dan berbelanja, dari fajar hingga larut malam.

Lokasi:  kecamatan Kuta sebelah selatan Kota Denpasar

Harga Tiket Masuk: Start from Rp 5.000

Pantai yang sangat populer di Bali, yang sayangnya sangat kotor! Entah sampah yang terbawa arus dari tempat lain atau dari pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Masuknya gratis, pemandangan sunsetnya juga indah. Banyak penjual yang menawarkan minuman, tatoo (non permanen). Bisa jadi sangat ramai saat musim liburan (Juni dan desember). Jadi lokasi favorit untuk para turis untuk surving karena ombaknya bagus. Pemandangan malam dari pantai sangat indah, lampu kota berkelap indah dan pemandangan pesawat yang datang dan pergi. Semoga dilain hari pantai ini jadi lebih bersih dan terawat ❤️-Annisa Kanon

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di kecamatan Kuta sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an.
Foto Sunset di Pantai Kuta Bali Sc:@Crina.m33
Garuda Wisnu Kencana

Taman budaya besar di Bali, Garuda Wisnu Kencana memiliki banyak atraksi berbeda untuk dinikmati - ruang pameran, patung besar yang terinspirasi dari cerita rakyat, teater jalanan, taman festival, dan banyak lagi. Berputar di sekitar karakter Garuda dalam epos Mahabharata, pengunjung juga dapat mempelajari legenda yang membentuk banyak aspek budaya Bali dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.

Lokasi: Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung

Harga Tiket Masuk: Start from Rp 95.000

Pertama kali berkunjung kesini beserta rombongan. Kesan pertama saya saat lihat Patung Garuda Wisnu Kencana sangat kagum, sering lihat di foto di internet seperti tidak terlalu besar ukurannya tapi ternyata setelah lihat sendiri ukurannya begitu besar dan bisa dibilang raksasa. Untuk pelayanannya pegawai disini ramah-ramah, kondisi tempatmya pun keseluruhan bersih dan nyaman. Patung-patung disini juga terawat dengan baik, kebetulan saat berkunjung pas ada Tarian Bumbung, benar-benar berkesan bagi saya. Yang saya suka adalah pemandangan dari atas tempat Patung Wisnu kita bisa melihat laut dan danau juga perkotaan di Bali, pemandangan yang sangat memanjakan mata saya. Untuk fasilitas pendukung disini ada Mushola, Toilet, Tempat Makan dan Minum, serta ada Tempat untuk belanja suvenir, semua tempat bersih dan nyaman pokoknya. Diarea parkir mobil atau bis juga ada mini market, dan warung-waurng kecil yang menjajakan makanan dan minuman juga. Semoga suatu saat nanti saya dan keluarga bisa berkunjung kesini untuk Family TimeπŸ˜πŸ˜ŠπŸ‘πŸ™-Hernanda Restu

Air Terjun Banyumala Kembar
Foto Garuda Wisnu Kencana Bali Sc: @Juna.aerial
Air Terjun Banyumala Kembar

Air Terjun Kembar Banyumala masih mempertahankan keindahan alamnya yang murni. Air terjun yang menakjubkan ini berada di jalan tepi kawah antara Munduk dan jalan raya utama dari Singaraja ke Denpasar. Definisi "tidak ada yang berharga yang datang dengan mudah", karena ini bukanlah pendakian yang mudah atau bahkan air terjun yang mudah ditemukan, tetapi pasti sepadan dengan berjalannya.

Lokasi: Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng

Harga Tiket Masuk: Start from Rp 20.000

Pemandangannya air terjunnya cantik dan bersih. Untuk sampai di air terjunnya cukup jauh ya. Masih harus turun dengan jalan yang agak terjal dan licin. Sebaiknya pakai alas kaki yang memadai dan dipastikan pakem supaya tidak terpeleset. Naiknya juga cukup makan energy karena anak tangganya lebar². Untuk jalan ke pintu masuk daerah waterfall nya bisa pakai mobil sih, tapi lumayan sempit kalau ada mobil yg papasan 2 arah. Ada semacam kedai dekat loket. Rasanya biasa aja & tergolong mahal untuk porsi & rasanya. Tapi ya cukup membantu untuk tempat istirahat setelah balik dari waterfall.-angie roderica

Air terjun Kembar Banyumala berlokasi di desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Lokasi air terjun Banyumala tepat berada di sebelah danau kembar Buyan
Foto Air Terjun Banyumala Kembar Sc: @Clembm13011
Campuhan Ridge Walk

Terletak di Ubud yang sibuk dan cukup modern, jalur pendakian lembah pegunungan yang indah ini pasti merupakan tempat peristirahatan yang bagus untuk menghirup udara segar. Sepanjang sembilan kilometer perjalanan trek bukit, disini pengunjung akan ditemani oleh pemandangan lereng bukit yang paling luar biasa dan lembah Sungai Wos yang subur.

Lokasi: Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar

Harga Tiket Masuk: Free

Jalannya gak terlalu mulus, tapi masih bisa dilewati anak-anak dan orang tua. Tidak cocok untuk pengguna kursi roda ataupun kereta dorong bayi, karena jalan tidak mulus untuk dilewati roda. Disarankan mendaki pada jam sepi: pagi hari atau sore hari jam 5:30. Saran itinerary: Mulai di jam 5:30pm. Anda akan sampai di puncak pada jam 6. Nikmati pemandangan sawah dengan langit merah jingga. Singgah sebentar di local caffè. Pulang di jam 7:00pm dan anda akan sampai di tempat parkir pada jam 7:30pm. Jangan lupa menggunakan senter karena tidak ada penerangan. Namun, sangat aman dan damai!-Adi Kurniawan

Campuhan ridge walk: Lokasi menghijau indah dengan jalur pendakian yang landai & hamparan pemandangan dari puncak bukit.
Foto Campuhan Ridge Walk Sc: @Nonamutii
Pantai Kelingking Nusa Penida

Bali memiliki banyak pantai yang menakjubkan dan bahkan populer di seluruh dunia karena keindaahan alamnya. Pantai Kelingking yang berada di pulau nusa penida juga pasti layak mendapatkan tempat di daftar tempat yangbharus dikunjungi ketika ke Bali. Bagaimana tidak dengan tebing yang sudah fenomenal sebagai jalan menuju titik rahasia surga yang sudah tersembunyi. Tebingnya yang curam tetapi masih merupakan jalan yang aman jika sobat berhati-hati dalam melangkah. Pemandangan di sudut pandang keluar dari dunia ini dengan pemandangan menghadap ke perairan biru jernih dan bentuk tebing yang jelas seperti T-Rex.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk: Start From Rp5.000

Tempat yang indah sekali. Masih natural. Spot foto yang pas sangat ramai, harus antri. Kalau tidak mau antri, harus turun tangga ke bawah. Tidak semua tangga sudah tertata rapi dengan anak tangga yang sudah di cor. Bagian bawah masih jalan berbatu, namun tetap ada railling. Kalau mau tantangan, bisa jalan sampai pantai yang ada di bagian bawah. Namun perlu benar2 ada tekad yang kuat. Jalan ke pantai cukup terjal. Harus hati-hati.  Ada beberapa area di bawah yang raillingnya agak rusak. Harus berpegangan batu. Turun ke bawah lebih mudah daripada naiknya yang seperti rock climbing. Turun sekitar 30 menit, naiknya cukup membutuhkan banyak tenaga, sekitar 45-1 jam. Usahakan pakai sepatu atau sandal yang nyaman, soalnya batu-batunya cukup tajam. Bisa keseleo atau tersandung Kalau tidak hati-hati. Tapi, kalau sampai di pantai, terbayar sudah usahanya. Pantainya indah sekali Beautiful place and beach i've ever seen😍😍😍-Dian Eka Puspitasari

Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali menjadi pantai buruan wisatawan. Pantai memiliki pemandangan indah dengan cekungan mirip T-Rex.
Foto Pantai Kelingking Nusa Penida Bali Sc: @Penodago


0 Response to "Destinasi Wisata Bali Terpopuler Sepanjang Tahun 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed