-->

Pantai Nihiwatu di NIHI Sumba, Resort Mewah yang Menawarkan Keindahan Alam dan Budaya

Pantai Nihiwatu merupakan pantai private yang hanya dapat dikunjungi oleh wisatawan yang menginap di Resort NIHI Sumba


Pantai dengan keindahan terbaik se asia dan menjadi salah satu spot surfing terbaik yang memiliki ombak dengan julukan God's Left dan lokasinya ada di Indonesia, coba tebak dimana dikawasan mana pantai itu berada?

Jika, sobat berpikiran itu ada di Bali maka sobat salah. Pantai di Bali memang sangat terkenal dengan keindahannya dan memumpuni untuk pantai berkegiatan air seperti surfing dan diving, misalnya saja Pantai Lovina. Tapi, rupanya pantai yang dimaksud pada paragraf di atas terletak lebih ke timur dari Bali, yup! Masuk ke kawasan  Indonesai timur atau lebih tepatnya Sumba Barat, terdapat sebuah pantai fenomenal dengan nama “Pantai Nihiwatu”. Penamaan Pantai Nihiwatu yang memiliki arti "Batu Mortar" hal ini karena pada saat penemuannya, terdapat susunan bebatuan disepanjang garis pantainya.

Pantai Nihiwatu menjadi objek kunjungan di Sumba Barat yang sangat populer dalam memberikan daya tarik kegiatan air seperti surrfing, snorkeling dan diving serta memiliki pesona keindahan alam luar biasa dan masih menjaga culture budaya masyarakat lokal.

Pantai Nihiwatu sendiri merupakan pantai tertutup yang dikelola pihak hotel NIHI Sumba, jadi singkatnya sobat perlu menyewa sebuah vila terlebih dahulu untuk berwisata di pantai ini. Disamping informasi tersebut, berikut penulis sajikan berbagai informasi wisata dari pantai legendaris di Sumba Barat ini yang pastinya sangat bermanfaat untuk sobat ketauhi sebelum datang kemari.


Informasi Pariwisata Pantai Nihiwatu

Memiliki keindahan alam yang eksotis dan menawarkan keindahan budaya lokal Indonesai timur, Pantai Nihiwatu ini berada dibawah pengelolahan NIHI Sumba. Keindahan dari pantai ini memang tiada duanya, hal ini juga dibuktikan dengan keberhasilan NIHI Sumba dalam meraih predikat sebagai hotel terbaik di dunia selama 2 tahun berturut-turut. 

NIHI Sumba mengangkat hotel ini dengan tema “Luxury on The Edge Of Wildness”, Jadi kemewahan di hotel ini menawarkan keindahan alam dan budaya yang masih sangat terjaga kelestariannya. Hal ini tidak hanyaterlihat dari keindahan alam yang dapat dinikmati, bergai pertunjukan dan berdirinya bangunan-bangunan bernuansa budaya setempat turut hadir mengisi pesona di kawasan ini.

Sejarah singkat dari NIHI Watu sendiri berasal dari pasangan suami istri Claude dan Petra Graves yang tiba di Sumba pada tahun 198. Graves merupakan peselancar profesional dan perjalanan mereka berdua kala itu bertujuan untuk mencari ombak legendaris bernama God's Left.

Setelah menemukan tempat legendaris yang di impikanya, pasutri ini mulai akrab dan suka dengan kehidupan masyarakat Sumba sehingga memunculkan sebuah harapan membangun sebuah resort di Sumba agar dapat mengenalkan keindahan disana keseluruh dunia dan kebudayaan disana.

Selanjutnya, pada tahun 2012 cerita keindahan Nihiwatu ini telah terdengar oleh Christopher Burch seorang entrepeneur Amerika, ia juga mendengar jika Claude untuk memperluas resort disana. Burch kemudian mulai menghubungi seorang rekannya James McBride dari Hotel Carlyle New York yang merupakan president Hotel YTL di singapura.

Burch mengajak McBride untuk berkunjungke Sumba bertujuan memantau lokasi tersebut serta di tahun yang sama ia datang kembali dengan mengajak tiga anak lai-lakinya. Dalam perjalanan inilah, Burch mulai mengakuisisi NIHI dan kemudian bermitra dengan McBride. Berkat akuisisi tersebut NIHI bergagnti nama menjadi NIHI Sumba dan kini berhasil berkembang hingga mendapat penghargaan hotel nomor satu di dunia dalam World’s Best Awards majalah Travel + Leisure.



Tarif Bermalam di NIHI Sumba

Sudah dijelaskan jika syarat untuk berkunjung kemari adalah dengan menginap di hotel berkelas ini, namun perlu diketauhi lagi jika untuk menginap di hotel ini pengunjung minimal dapat menyewa kamar hotel selama 3 malam, jadi bukan hanya semalam saja.

NIHI Sumba memang tergolong sebagai resort kelas atas yang tentunya memiliki tarif cukup tinggi. Tarif yang dikenakan di NHI Sumba sendiri terdiri dari 3 kategori yaitu: Green Season, Shoulder Season, dan High Season. Berikut adalah tabel tarif harga bermalam di NIHI Sumba pada setiap periode,

Periode Jumlah Kamar Tarif Harga/Malam Fasilitas
Green Season – High Season 1 Rp12 juta – Rp 41 juta Tempat tidur besar, Round Bathub indoor, kolam renang private, are makan dan hiburan outdoor,
beach bag, sandal, jubah mandi, brankas, AC, pembasmi serangga, cermin dengan lampu,
lemari besar, hair drye, minibar, WiFi, matras yogas, dan Guest Kapten.
Green Season – High Season 2 Rp19 juta – Rp136 juta
Green Season – High Season 3 Rp85 juta – Rp103 juta
Green Season – High Season 4 Rp54 juta – Rp182 juta
Green Season – High Season 5 Rp170juta – Rp223 juta
Green Season – High Season Owner’s Estate Rp199 juta – Rp275 juta tempat tidu besar, outdoor shower, kolam renang private, area makan dan hiburan indoor dan outdoor,
walking-in closet, balkon dengan view laut dan bathub, meja kerja, beach bag, sandal, jubah mandi,
brankas, AC, pembasmi serangga, kipas angin gantung, cermin dengan lampu, lemari besar, hair dryer,
minibar, WiFi, matras yoga, dan Guest Kapten.


Kategori-kategori yang ada di NIHI Sumba ini ditentukan oleh jenis musim dan memiliki penanggalan tertentu, berikut adalah detailnya:


Green Season, NIHI Sumba

Gren Season merujuk para periode msuim hujan dan cuaca hangat yang terjadi di Afrika. NIHI Sumba sendiri menerapkan periode waktu Green Season ini pada periode waktu,

8 Januari - 31 maret 2022 

9 Januari - 31 Maret 2023


Shoulder season, NIHI Sumba

Periode waktu ini berada di puncak masa liburan dan musim sepi liburan yang terjadi pada 25 April -31 Mei 2022 dan 1 September - 15 Desember 2022.


High Season, NIHI Sumba

HIgh Season ini ditetapkan pada masa puncak liburan tahunan. Diperiode ini juga resort menjadi lebih ramai dengan datangnya pengunjung dari seluruh dunia, makanya di periode ini juga tarif menjadi lebih tinggi. Periode ini berlangsung pada, 

1 Juni - 31 Agustus 2022 

16 desember 2022 - 8 Januari 2023


Daya Tarik Pantai Nihiwatu di NIHI Sumba

Tidak hanya memiliki ombak spektakuler dan kebanggaan para peselancar, Pantai Nihiwatu juga menampilkan berbagai pesona lainnya yang berhasil memikat hati wisawatan meskipun memiliki harga yang relatif tinggi.


Pesona Keindahan Budaya Lokal Masayarakat Sumba

Meskipun menjadi sebuah resort mewah, rupanya NIHI Sumba selalu berupaya untuk melesatrikan alam dan pesona budaya Sumba. Kearifan budaya yang diangkat NIHI Sumba bisa dilihat dari berbagai hal seperti arsitektur yang ada dengan desain autentik, serta atraksi budaya dari masyarakat lokal.


Konsep Ekoturisme di Pantai Nihiwatu

Meskipun menjadi sebuah resort mewah, rupanya NIHI Sumba selalu berupaya untuk melesatrikan alam dan pesona budaya Sumba. Kearifan budaya yang diangkat NIHI Sumba bisa dilihat dari berbagai hal seperti arsitektur yang ada dengan desain autentik, serta atraksi budaya dari masyarakat lokal.


Resort NIHI Sumba Diatas Tebing

Menikmati keindahan lautan samudra hindia tidak hanya bisa dilakukan di tepi pantainya saja. Resort NIHI Sumba yang dijadikan tempat bemalam para pengunjung juga menatap lepas lautan Indonesia Timur dari atas ketinggian tebing. Bahkan tersedia juga vila-vila dengan kolam renang pribadi yang juga berada di tempat terbuka dengan landsape lautan lepas, pemandangan ini pastinya sangat mengesankan dan mempesona.


NIHI Sumba Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Lokal

Meskipun sebagai resort mewah, rupanya NIHI Sumba tidak semena-mena dalam menanggapi masyarakat lokal. NIHI Sumba merupakan sebuah resort yang turut menagngkat perekonomian warga lokal dengan enyediakan berbagai lapangan pekerjaan, selain itu NIHI Sumba juga turur erkontribusi dalam penyediaan layanan kesehatan, makan siang untuk anak sekolah hingga membantu akses air bersih disana.


Keeksotisan Pantai Nihiwatu Sumba

Pantai Nihiwatu ini merupakan kawasan perairan yang menghadap langsung ke Samudra Hindia, jadi wajar saja jika omba disini cukup besar untuk bermain surfing. Memiliki keindahan alam yang eksotis, pantai ini juga sangat terjaga kebersihannya, selain itu karena pantai ini merupakan patai private resort NIHI Sumba pastinya pantai ini cukup sepi dan melegahkan saat berlibur menjauhi keramaian.

Ombak yang ditawarkan di Pantai Nihiwatu merupakan ombak-ombak berkelas internasional yang diincar para peselancar profesional, namun rupanya keindahan lautnya tidak hanya ada pada ombak. Keindahan bawah laut Indonesia Timur yang sangat mempesona juga menjadi tujuan utama wisatawan dari seluruh dunia, oleh sebab itu NIHI Sumba juga menawarkan pengalaman Diving dan Snorkeling saat sobat datang kemari.

Resort NIHI Sumba dibangun dengan gaya dan model tradisional budaya lokal masyrakat Sumba


Lokasi Pantai Nihiwatu dan NIHI Sumba

Lokasi dari NIHI Sumba yang menawarkan keindahan Pantai Nihiwatu ini berada di wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) atau setidaknya berjarak 60 Km dari Bandara Tambolaka. Atau jika sobat datang menggunakan jalur darat maka akses terbaik menuju lokasi ini adalah dari Pelabuhan Bai (Bali) - Pelabuuhan Lembar (Lombok Barat) - Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur) - Pelabuhan Poto Tano (Sumbawa) - Pelabuhan Sape (Bima) - dan smenuju Pelabuhan Waikelo (Sumba Barat Daya)

Atau jika sobat datang menggunakan jalur darat maka akses terbaik menuju lokasi ini adalah dari Pelabuhan Bai (Bali) - Pelabuuhan Lembar (Lombok Barat) - Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur) - Pelabuhan Poto Tano (Sumbawa) - Pelabuhan Sape (Bima) - dan smenuju Pelabuhan Waikelo (Sumba Barat Daya). Untuk mengetauhi Rute terbaik selanjutnya dalam menuju Pantai Nihiwatu, NIHI Sumba, sobat dapat klik “Rute Pantai Nihiwatu”.


Fasilitas dan Keseruan di Resort NIHI Sumba

Sebagai resort kelas atas, pastinya lokasi ini menawarkan lebih dari sekedar pemandangan alam Pantai Nihiwatu dan budaya masyarakat lokal. Disini tersedia berbagai kegiatan menarik yang dapat kalian lakukan untuk mengisi waktu liburan dengan lebih menyenangkan, berbagai keseruan itu antara lain,

1. Keseruan di Lautan Pantai Nihiwatu: surfing, kite surfing, hydrofoiling, fishing and spearfishing, bermain di pantai dengan kuda, survival apnea, berkeliling dengan kapal, stand-up-paddle, snorkeling dan bermain jet-ski.

2. Keseruan dbermain di darat: Sumba Expedition, trekking di Blue Waterfall, Berpetualang di Sungai Wanukaka, Rice Island Tek & Brunch, Nihioka Treak & breakfast, Lamboya highlands trek, bersepeda di gunung, spa safari Nihioka, Menunggani kuda, dan bermain golfish.

3. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan kebudayaan lokal dengan aktivitas Sumba foundation tour, mengajar anak-anak bahasa Inggris, Natural remedies workshop, menyaksikan tenun ikat, Tur market & art shop, dan NIHI Pasola.

4. Sementara untuk bersenang-senang dengan pengalaman kuliner, NIHI Sumba menghadirkan Mixology class, kelas memasak traditional food, kelas memasak japan-food serta Chris and Charly's Chocolate Factory.

5. Terdapat juga kapal Rascal Voyage dan Aqua Blu untuk berkeliling di pulau-pulau sekitar Pantai Nihiwatu.

6. Kegiatan seru khusus untuk bermain anak-anak juga disediakan dengan menghadirkan kids pony club, kids spa-tcular dan NIHI Wildlings.

7. NIHI Sumba juga menghadirkan keseruan untuk relaksasai wisatawan dengan aktivitas Yoga seperti Hatha Yoga, Vinyasa Flo, Yin Yoga, Katonah Vinyasa,Restorative Yoga, Kundalini Yoga, Moon Yoga, Meditation & Breath-work, Sumba Warrior, Private Lessons dan Spesial workshops.

8. Sementara untuk relaksasi diri lainnya NIHI Sumba memiliki spa relaksasi pijat,journey, body treatments, enhancement & facial serta Kids Spa-Tacular (Spa untuk anak-anak).

ResortNIHI Sumba juga menghadirkan fasiliats pengalaman menyenangkan dengan berpetualang di BLUE WATERFALL SUMBA


Kesimpulan Berwisata di Pantai Nihiwatu, Resort NIHI Sumba

Meskipun memiliki harga yang cukup tinggi bahkan menerapkan minimum sewa, berwisata di NIHI Sumba merupakan pilihan yang tepat jika sobat ingin berwisata mewah dengan penuh pengalaman menyenangkan dari keseruan berwisata alam dan menikmati keindahan budaya lokal.

Berbagai keseruan telah disediakan di berbagai fasilitas mulai dari aktivitas di laut, darat, hingg kegiatan menyusuri budaya lokal disana. Destinasi NIHI Sumba ini memang pantas meraih penghargaan hotel terbaik di dunia, bukan hanya karena keindahannya tapi juga karena hadirnya berbagai kebahagiaan yang ditawarkan.

Tertarik untuk berwisata kemari? Yukk segera siapkan modal dan langsung reservasi libruan kalian. Untuk reservasi sobat dapat melakukan chat whatsapp wa.me//+6281138212910 serta untuk informasi lebih lanut sobat dapat akses website resmi NIHI Sumba.


0 Response to "Pantai Nihiwatu di NIHI Sumba, Resort Mewah yang Menawarkan Keindahan Alam dan Budaya"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed