-->

Air Terjun Lapopu, Wisata Alam Sumba di Taman Nasional Matalawa

Air Terjun Lapopu, Wisata Alam Sumba di Taman Nasional Matalawa


Kawasan Indonesai bagian timur memang tak pernah mengecewakan untuk dikunjungi. Keeksotisan alam yang masih terjaga dan memiliki keindahan terbaik menjadi gambaran dari pariwisata disini. Tak hanya itu, keunikan kehidupan masyarakat lokal juga kerap menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dikunjungi, misalnya saja adat budaya, rumah tradisional dll.

Salah satu wilayaah di Indonesia timur yang berhasil menarik minat wisatawan dari dalam hinga luar negeri adalah Sumba Barat. Kawasan Sumba ini tak ada henti-hentinya dalam menawarkan keindahan alam mulai dari pantai, perbukitan bahkanair terjun sekalipun.

Jika membahas wisata yang berhubungan dengan perairan di Sumba Barat, objek wisata yang pasti tepintas dipikiran adalah danau weekuri dan pantai mandorak, kedua wisatawan ini merupakan objek wisata danau air asin dari perairan laut dan sebuah pantai dengan dihimpit dua batu raksasa yang memiliki keindahan terutama berkat warna air yang sangat indah.

Pantai di Indonesia memang sangat indah dan layak dikunjungi seperti pantai di Bali. Terlepas dari perairan pesisir pantainya, di Sumba Barat juga terdapat wisata alam dengan landscape air terjun sangat indah yang sayang untuk dilewatkan saat sobat berkunjung kemari, namanya “Air Terjun Lapopu”.


Air Terjun Lapopu, Keindahan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (MaTaLaWa)

Air Terjun Lapopu merupakan destinasi wisata alam andalan Sumba Barat yang terletak di kawasan Taman Nasional Matalawa. Air terjun yang terletak di dalam area hutan konservasi ini menjadi teempat sempurna jika sobat hendak berwisata di alam yang masih asri.

Air Terjun Lapopu sendiri kerap dikunjungi berkat keindahan aliran air setinggi 90 meter berundak batu-batu yang kolamnya dapat dimanfaatkan untuk berenang. Keindahan hutan yang asri, air terjun mempesona dengan warnana yang biru serta kebersihan wilayah yang sangat terjaga, wisata ini menjadi objek destinasi wisata terbaik di Sumba Barat.

Berikut penulis sajikan informasi pariwisata Air Terjun Lapopu yang beradap di kawasan Taman Nasional Matalawa, Sumba Barat.



Lokasi dan Rute Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu terletak di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur dan termasuk dalam bagian Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (MaTaLaWa). Dari Waikabubak/Tambolaka setidaknya sobat peru menempuh perjalanan sekitar 30 Km untuk tiba di Air Terjun Lapopu. Jalan menuju Air Terjun ini bisa dikatakan tidak sepenuhnya baik, namun masih dapat diakses baik oleh kedaraan roda 2 maupun roda 4.

Untuk mendapat rute menuju Air Terjun Lapopu sobat dapat mengakses link “Rute Air Terjun Lapopu”.

Perjalanan menuju Air Terjun Lapopu tidak hanya sekedar menggunakan kendaraan, sobat masih perlu melakukan hiking selama 10 menit dengan emenyusuri area hutan lindung Tana Daru. Perjalanan yang harus dilalui ini memiliki kontur tanah bebatuan serta jembatan bambu sederhana, jadi selain membawa perlengkapan bermain air pastikan juga sobat menggunakan sepatu outdoor yang baik.

Air terjun Lapopu di SUmba Barat merupakan air terjun tertinggi Sumba dengan ketinggian 92 meter


Jam Buka Tiket Air Terjun Lapopu

Wisata Air Terjun Lapopu dapat dikunjungi pengunjung saat pagi dan siang hari, sangat dianjurkan untuk tidak datang ketika sore atau pulang dari air terjun saat sore hari, hal ini karena saat menjelang malam pastinya jalur hiking menuju air terjun ini menjadi gelap, serta tidak tersedianya penerangan disini.

Jam terbaik untuk pengunjung datang ke Air Terjun Lapopu ini adalah pada saat pagi hari, udara segar yang ada di area hutan ini akan menemani perjalanan sobat serta setibanya dilokasi air terjun langit siang yang cerah akan memberikan pencahayaan pada air yang jernih dan nampak biru.


Harga Tiket Tiket Air Terjun Lapopu

Memiliki keindahan yang sangat indah dengan pemandangan alam terbaik, tak perlu khawatir sobat perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk berwisata kemari. Untuk berwisata di Air Terjuun Lapopu, setidaknya sobat perlu membayar tiketmasuk sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 untuk wisatawa luar negeri.

Selain itu sobat juga perlu membayar biaya tiket parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil, kemudian terdapat juga biaya sebesar Rp 50.000 untuk soat yang menginginkan perjalanan dengan ditemani seorang guide profesional. Guide tersebut tidak hanya akan memberikan arahan jalan yang benar, namun juga akan membantu perjalanan sobat saat melewati jembatan bammbu atau melalui aliran air sungai yang deras.

Disekitar air terjun juga telah tersedia fasilitas toilet untuk pengunjung berganti pakaian setelah bermain air serta terdapat juga warga yang menjual kalapa muda untuk melepas penat sehabis bermain air dengan minuman yang segar.


Daya Tarik Air Terjun Lapopu

Sebagai destinasi wisata kebanggaan di Sumba Barat, air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri, jadi bukan sekedar air terjun biasa. Berikut adalah daya tarik Air Terjun Lapopu yang menjadikannya sebagai tempat tujuan pada traveller,


Air Terjun Tertinggi di Sumba dengan Kolam Biru

Memang air terjun in tidak terlihat seperti air terjun yang aliran air yang jatuh bebas secara vertikal seperti pada umumnya dan malah nampak seperti aliran air di batu yang berundak-undak. Tapi rupanya, air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di Sumba dengan ketinggian hingga 92 meter.

Kolam Air Terjun Lapopu ini memiliki kedalaman hingga 2 meter, dengan kedalaman yang cukup dalam itu kolam ini pastinya dapat digunakan untuk bermain air. Ditambah dengan warna air yang nampak biru segar akan memikat para pengunjung untuk datang dan menceburkan air ketika disini. Tapi saat berain air disini, tidak disarankan untuk melakukan lompat dari bebatuan, karena dasar kola tersebut masih terdapat banyak bebatuan besar yang dapat berbahaya jika sobat kurang hati-hati.


Bermain Air di Tengah Hutan yang Asri

Air terjun Lapopu meenjadi salah satu air terjun yang berada di Taman Nasional Matalawa  selain Air Terjun Laputi dan Air Terjun Matayangu. Berada dikawasan konservasi yang dijaga erat sudah pasti jika area tersebut memilikipesona alam yang eksotis.

Disekitar Air Terjun Lapopu yang berundak juga masih diisi dengan hijaunya tumbuhana hutan. Pemandangan birunya aliran air dan hijaunya tanaman hutan akan menjadikan liburan sobat dengan penuh ketenangan dan kenyamanan. Apalagi wisata air terjun ini memang masih sangat sepi, bahkan ada netizen yang menuturkan bahwa ia pernah berlibur kemaridengan 2 orang temannya tanpa ada orang lain selain guide yang mengantar.wee


Kesimpulan Air Terjun Lapopu Wisata Terbaik Sumba

Di Google sendiri Air Terjun Lapopu telah mendapat rating bintang 4.7 dari lebih 340 ulasan. Banyak wisatawan yang senang dan merekomendasikan destinasi ini saat sobat berkunjung ke Sumba. Destinasi alam yang dijaga kelestariannya, tidak ada pungli dan memiliki keindahan alam terbaik. Namun sayangnya kekecewaan pengunjung ada pada jalan yang harus dilalui dimana 1,5 Km jalan bisa dikatakan cukup rusak. Meskipun begitu, rasa lelah diperjalanan pasti akan terobati dengan indahnya Air Terjun Lapopu yang eksotis dan membuat betah.


0 Response to "Air Terjun Lapopu, Wisata Alam Sumba di Taman Nasional Matalawa"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed