-->

Blogger Traveller: Menulis Cerita Berbagi Rasa di Jejaring Sosial Dunia Maya

Travel Blogger berguna untuk membagikan dan mengenalkan destinasi wisata untuk membantu perekonomian warga


“Menyenangkan bukan bisa bepergian ke berbagai tempat dan membagikannya di media sosial?”

Berbagi gambaran keceriaan saat bepergian di tempat-tempat menarik  sekarang bukan lagi sebuah hal yang susah, bahkan kini kita dapat membagikannya secara langsung di jam dan dimanapun tempat kita berada. Kita sendiri sering menjumpai rekan-rekan atau bahkan diri sendiri yang membagikan foto dan video untuk menggambarkan keseruan liburan.

Menanggapi seseorang yang kerap membagikan moment bahagia saat bepergian, sobat jangan langsung berpikiran negatif dengan menganggapnya pamer. Tau tidak? Jika kegiatan posting di dunia maya ini rupanya juga memiliki manfaat bagi banyak orang di dunia nyata.

Seperti halnya apa yang penulis lakukan, kini tidak hanya membagikan perjalanan berupa foto dan video di media sosial. Lebih dari sekedar untuk ditonton, penulis mulai mengembangkan sebuah blog pribadi untuk membagikan informasi pariwisata dan pengalaman perjalanan bepergian di berbagai tempat.

Sebut saja dengan “Travel Blogger”, disamping sekedar menuangkan rasa dari setiap perjalan serta kebahagiaan pribadi, rupanya penulis juga menemukan hal lain yang sangat bermanfaat dan tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain.

Sebagai Travel Blogger penulis membuktikan jika manfaat internet untuk menghubungkan orang-orang di dunia maya memang menimbulkan manfaat yang besar jika kita bisa memaksimalkan penggunaannya. 

Penasaran bagaimana peran tulisan perjalanan di internet ini dapat bermanfaat untuk banyak orang? Yuk, aku jelasin.

 

Dari Dunia Maya Untuk Dunia Nyata

Kebanyakan orang beranggapan bahwa bepergian menuju destinasi wisata hanya berguna untuk kebahagiaan diri sendiri, padahal selain dampak dari aktivitas pariwisata ini sangat besar bahkan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat serta sumber pemasukan besar devisa negara. 

Manfaat besar dari pariwisata ini seperti halnya menurut penjelasan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahudin Uno dikutip dari website resmi CNBC Indoneisia, 

"By the way pariwisata penyumbang devisa terbesar nomor dua setelah migas", ujarnya dalam wawancara khusus Prime World CNBC Indonesia  Rabu (22/12/2021).

Kita sendiri juga pasti pernah menjumpai secara langsung, bagaimana pengelolahan destinasi wisata yang menggandeng masyarakat guna meningkatkan perekonomian sekitar. Jadi dengan kita membagikan destinasi-destinasi menarik yang telah dikunjungi artinya sama dengan kita mempromosikannya.

Live streaming, postingan beranda ataupun postingan cerita 24 jam, meskipun banyak yang hanya menampilkan diri sendiri tapi tetap saja semua hal itu merupakan bentuk pengenalan destinasi ke khalayak ramai. 

Mengoptimalkan hal tersebut guna mengenalkan destinasi dengan lebih luas dan berisi informasi terlengkap, disinilah peran Travel Blogger memanfaatkan jaringan internet untuk menuliskan berita dan pengalaman pejalanannya.

Dari impresi hasil tulisan tersebut, Travel Blogger tidak hanya membantu mengenalkan destinasi, namun juga membantu memberikan edukasi lebih bagi pada wisatawan baik dengan rincian perjalanan, informasi seputar destinasi hingga saran-saran yang dapat membantu perjalanan wisatawan.

Pariwisata memberikan dampak besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar


Berbagi Tanpa Batas dengan Jaringan Tanpa Batas

Saat kita membagikan sebuah rencana atau awal dari perjalanan di media sosial, salah satu hal yang diharapkan penonton adalah saat kita berbagi kembali hal terbaru yang terjadi, entah itu pemandangan indah, kegiatan seru dan sebagainya.

Berbagi foto dan video terbaru ini merupakan langkah yang tepat untuk menggambarkan betapa menariknya destinasi itu untuk dikunjungi. Sebagai Travel Blogger, langkah itu bisa dijadikan batu loncatan besar untuk mendapatkan pembaca yang penasaran dengan destinasi tujuan dalam postingan atau cerita yang telah dibagikan sebelumnya.

Berbagi moment perjalanan secara terkini bukan lagi hal yang tidak mungkin, jaringan internet yang telah tersebar hingga ke wilayah terpencil membuat kita bisa tergabung dalam jaringan kapanpun dan dimanapun.

PT Telkom Indonesia kini telah menghadirkan layanan produk jaringan internet dengan jangkauan yang luas hingga keseluruh pelosok negeri. Memiliki peran yang sangat besar dalam konektivitas jaringan, sudah wajar jika layanan IndiHome pantas dijuluki Internetnya Indonesia. 

Jaringan internet dari IndiHome sendiri banyak kita jumpai saat melakukan perjalanan dan berhenti sejenak seperti di kafe, rest area hingga penginapan. Menawarkan konektivitas jaringan internet hingga berkecepatan 300 Mbps yang bahkan dapat digunakan untuk 30 perangkat sekaligus sudah pasti layanan ini dijamin anti lelet.

Berkat kecepatan koneksi yang stabil dan tahan terhadap cuaca, sobat tak perlu lagi bingung untuk menggunakan jaringan internet saat diberbagai tempat dan beragam kondisi baik untuk membagikan moment, bekerja ataupun melalukan panggilan tanpa pulsa. 


Kesimpulan Manfaat Internet Dari Travel Blogger

Bagi Travel Blogger menuliskan berita perjalanan sama halnya dengan berbagi kebahagiaan dan keluh kesah yang menjadi pengalamanan seru setelah datang berkunjung ke suatu tempat.  Mempromosikan destinasi wisata melalui tayangan di media sosial dan situs Blog pribadi menjadi hal yang menarik, disamping manfaat untuk diri sendiri, mengenalkan kepada khalayak ramai tentang suatu tempat yang indah menjadi sesuatu yang membanggakan.

Edukasi yang diberikan dalam tulisan hasil perjalanan pastinya sangat bermanfaat untuk bekal pembaca sebelum pergi mengunjunginya. Secara tidak langsung, tulisan dapat mengundang wisatawan untuk membakar gairah datang mengunjunginya. 

Semakin banyak wisatawan yang datang, tidak hanya menguntungkan bagi pihak pengelolah. Selain itu, tidak dapat dipungkiri jika di area destinasi wisata, pasti ada masyarakat lokal yang hidup dengan mengandalkan daya tarik pariwisata. 

Penggunaan internet yang benar memang dapat memberikan dampak positif termasuk bagi pertumbuhan ekonomi, pemanfaatan jaringan internet yang merata juga menjadi dorongan bagi kita agar menggunakan internet dengan bijak dimanapun kita berada. 

Mau coba jadi Travel Blogger? Yuk, tuliskan petualanganmu.


0 Response to " Blogger Traveller: Menulis Cerita Berbagi Rasa di Jejaring Sosial Dunia Maya "

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed