-->

Wisata Puncak Badean Bangsalsari Jember: Destinasi Termurah 2024

Wisata Puncak Badean Bangsalsari Jember lokasinya terletak di desa Badean, Kec. Bangsalsari, Kab. Jember. Rekomendasi tempat camping terbaik di Jember...
Puncak Badean Jember: source instagram/puncakbadean

Wisata Puncak Badean Bangsalsari Jember (Info Lokasi, Tiket, Pesona Alam) - Wisata Puncak Badean adalah salah satu destinasi wisata baru si Jember yang ada pada 2020. Kota Jember yang memiliki bentang geografi mulai dari perairan pantai, hutan dan dataran rendah yang masih satu bagian di pegunungan Argopuro menyimpan banyak destinasi wisata yang dapat sobat kunjungi.

Kota yang terkenal karena festifal JFC (Jember Fashion Carnival) yang sudah mendunia juga memiliki spot wisata yang sudah mendunia dan dikenal dalam dunia pariwisata. Contohnya saja Pantai Tanjung Papuma, Watu Ulo dan Air Terjun Tancak

Masyarakat Jember yang terdiri dari banyak etnis seperti Jawa, Madura, Arab, China juga membuat keunikan tersendiri bagi kota yang masuk bagian wilayah tapal kuda dan karesidenan Besuki ini. 

Masyarakat Jember yang ramah juga membuat point tambahan dari sisi pariwisata, tak jarang banyak turis dari manca negara yang senang mengunjungi kota Jember. 

Sama seperti di Yogyakarta yang setiap sudut kotanya menarik untuk di jelajahi, kota Jember memberikan pesona yang membuat para pelancong betah berlama-lama untuk berada di kota ini. Panasnya pantai, dinginnya udara di dataran rendah, wisata religi, kafe-kafe unik, alun-alun kota yang menarik dan wisata pendidikan juga dapat kalian temui di Kota Jember.

Diantara banyaknya pesona yang ada di Kota Jember, salah satunya adalah destinasi wisata alam Puncak Badean. Nah sob, kali ini penulis akan memberikan detail informasi dari tempat wisata Puncak Badean Jember ini spesial untuk sobat hiking.


Informasi Objek Wisata Puncak Badean Bangsalsari

Berikut penulis tuliskan ragm informasi dari wisata Puncak Badean untuk sobat yang tertari datang berlibur di destinasi alam ini,

Disclaimer: Informasi dalam artikel ini telah diperbarui pada 2 Januari 2022 agar sobat pembaca dapat mengakses berita terbaru dari wisata Puncak Badean Bangsalsari.

Lokasi dan Rute Wisata Puncak Badean

Wisata Puncak Badean terletak di desa Badean, Kec. Bangsalsari, Kab. Jember destinasi wisata ini berjarak ±20 km dari pusat kota Jember. Untuk mendatangi tempat ini sobat dapat melalui kec. Rambipuji kemudian di lanjut ambil jalan ke Desa Rambigundam, sampai di Jembatan "Gladak Kudung", kalian lewati jembatannya, kemudian ada simpang 3 kalian bisa ambil lurus terus atau belok kanan, jika ambil lurus di persimpangan 3 selanjutnya kalian belok kiri, semantara jika sebelumnya sobat belok kanan maka persimpangan 3 selanjutnya sobat tinggal lurus. Ke 2 rute sebelumnya bertemu di persimpangan 3 kedua ini jadi jangan khawatir tersesat.

Selanjutnya dari simpang 3 kedua kalian lurus saja melewati jalan dengan kanan dan kiri gudang penyimpanan tembakau, kemudia belok kanan melalui jalanan menanjak. Simpang 3 berikutnya kalian belok kiri, lurus terus dan belok kanan di simpang tiga balai desa kemuningsari.

Kemudian sobat hanya tinggal lurus terus sampai ±4 km, sampai sobat menemui persimpangan huruf Y dengan masjid di tengahnya sobat tinggal ambil jalan ke kiri. 1 km dari sana sobat akan tiba di lapangan Badean, tepat di sebelah kiri lapangan Badean ada jalan menuju wisata puncak Badean. Sobat hanya tinggal melalui jalan itu ±2 km


Harga Tiket Wisata Puncak Badean

Saat berwisata ke wisata Puncak Badean ini sobat tidak akan dikenakan harga tiket masuk sama sekali alias GRATIS, sobat hanya perlu membayar tiket parkir sebesar Rp 3000/motor dan Rp 5000/mobil. Dan jangan takut ada pungli seperti di kebanyakan tempat wisata lainnya.


Fasilitas Wisata Puncak Badean Bangsalsari

Meskipun baru di buka pada tahun 2020 siapa sangka sebelum genao setahun sekalipun, berbagai fasilitas wisata sudah ada lengkap di wisata yang berada di dataran rendah ini. 

Dengan landscape pemandangan pegunungan nampak jelas dan indah ditambah kebun kopi warga dan kebun jeruk yang dapat sobat manfaatkan untuk dimakan disana, destinasi ini memberikan kenyaman tersendiri dengan udara sejuknya.

Taman Wisata Puncak Badean adalah wisata yang berbasis permainan air (sungai), air terjun dan agrowisata. Beragam fasilitas yang ada di tempat wisata ini antara lain, area parkir, gazebo-gazebo, toilet / kamar ganti, camping area, penyewaan ban dan warung-warung camilan jajahan masyarakat.


Taman Wisata Puncak Badean adalah wisata yang berbasis permainan air (sungai), air terjun dan agrowisata. Beragam fasilitas yang ada di tempat wisata ini antara lain, area parkir, gazebo-gazebo, toilet / kamar ganti, camping area, penyewaan ban dan warung-warung camilan jajahan masyarakat.
souce penulis


Aktivitas Menyenangkan dan Daya Tarik Wisata Puncak Badean

Destinasi wisata ini selain dikenal dengan landscapenya yang menarik, indah, asri dan lestari. Rupanya banyak aktivitas menarik yang dapat sobat lakukan saat berkunjung di taman wisata satu ini. 

Tempatnya yang bersih, tertata rapi, dan masyarakatnya yang ramah membuat tempat ini sangat pantas untuk sobat berwisata sekeluarga, bersama teman, pasangan ataupun reuni dan kopi darat. Disini sobat dapat mekukan berbagai aktivitas menarik mulai dari bermain air hingga camping sekaligus. Aktivitas menarik yang dapat sobat lakukan antara lain,


Bermain Air di Sungai Badean Dari Pegunungan Argopuro

Nah aktivitas pertama yang paling ikonik dari wisata ini adalah bermai air di aliran sungai yang ada disana. Air yang berasal dari pegunungan Argopuro ini memiliki suhu yang dingin dan bersih. Sobat jangan khawatir akan terseret arus atau ada hal buruk lainnya. 

Sungai disini sudah dibendung menjadi seperti kolam dengan kedalaman yang ramah untuk anak-anak, ada juga sisi sungai lain yang dibendung untuk orang dewasa. Lalu pengawasan disekitar sungai juga sangat ketat oleh masyarakat yang berjualan disana. Saat cuaca di daerah pegunungan mulai terlihat akan turun hujan, pengunjung disana juga dihimbah untuk naik dari sungai.

Udara yang sejuk, ditambah dengan air yang dingi, bersih, tidak licin dan aman untuk bermain anak, tentunya ini adalah salah satu aktivitas menarik di destinasi wisata puncak yang dapat sobat lakukan. Mungkin bermain air sungai memang bisa dilakukan di berbagai tempat bahkan kota sekalipun, tapi dengan kondisi air yang dingin dan bersih itu tentunya sobat tidak akan menemukannya di semua tempat.

Wisata Puncak Badean Bangsalsari menjadi rekomendasi tempat camping terbaik di Jember. Tidak perlu membayar tiket masuk, lokasinya dekat dengan pakis.
Air Sungai di Puncak Badean Jember

Memetik Jeruk di Kebun Jeruk

Kalau di Batu Malang kita bisa berwisata sekaligus memetik apel hijau seperti di Petik Apel Agrowisata, di taman wisata Puncak Badean sobat dapat memetik buah jeruk. Disini telah disedikana lahan khusus sebagai lahan jeruk yang masuk bagian dari wisata ini sebagai fungsinya sebagai agrowisata. 

Disini sobat dapat memetik jeruk dan memakannya langsung disana, tapi tentu saja kalian tidak diperbolehkan jika ingin memetiknya untuk dibawa pulang ya sob. Meskipun kulit jeruk yang dapat terurai alami, pastikan sobat tidak membuangnya sembarangan dan tetap menjaga kebersihan disana ya, disekitar sana sudah banyak tempat sampah, jadi sobat tidak perlu bingung akan dibuang kemana.


Bermain di Air Terjun Badean

Meskipun lokasinya yang hanya berjarak kurang dari 50 meter dari jalanan aspal, siapa sangka jika disini rupanya ada satu air terjun kecil alami yang menambah keunikan dan pesona alam yang ada disana. 

Air terjun yang memiliki ketinggian ±5 meter ini juga memiliki air yang dingin, volume air yang cukup deras, dan tempat jatuh air yang cukup luas. Jadi sobat dapat bermain air bersama kawan sobat sambil berswafoto menarik di air terjun Badean ini.


Bersantai di Gazebo
Setelah lelah bermain air baik di sungai ataupun air terjun, bersantai di gazebo sambil menikmati makanan jajahan masyarakat yang masih sangat murah dan pemandangan landscape pegunungan Argopuro yang nampak jelas adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. 

Disini terdapat banyak gazebo-gazebo berbagai ukuran sehingga sobat jangan khawatie untuk kehabisan tempat dan berebut dengan wisatawan lainnya ataupun gazebo yang kurang luas jika kalian berkunjung bersama keluarga.

Berkunjung di Wisata Kampung Durian Pakis
Berjarak ±2 km jika sobat menggunakan kendaraan roda dua sobat dapat mengunjungi wisata kampung durian Pakis. Sementara untuk roda 4 karena aksesnya yang hanya bisa dilalui roda 2 jadi sobat harus memutar sejauh ±7 km. 

Wisata kampung durian adalah wisata kolam air alami yang berada di pakis (kampung durian), bukan tanpa sebab, pemberian namanya itu karena wilayah ini adalah perkebunan durian terbesar di kota Jember. 

Berbagai jenis durian dengan harga murah juga dapat sobat temui disini. Selain itu, aktivitas bermain tubbing di arus arum jeram juga dapat lakukan saat berkunjung di kampung durian. Kemudian terdapat juga peternakan lebah watga yang dapat sobat kunjungi. 

Jika sedang panen madu, sobat dapat ikut menyaksikan prosesnya secara langsung. Dan terkadang setiap tahunya pemkab Jember juga mengadakan festival makan durian gratia di kampung durian ini.

Meskipun tergolong sebagai destinasi wisata baru, Puncak Badean ini berhasil memikat daya tarik wisatawan berkat pesona alamnya yang indah. Masyarakat Bangsalsari yang ramah juga menambah kesan menyenangkan saat berwisata kemari. 

Sebagai wisata alam yang dikelola desa, pastikan saat bekunjung kemari kalian tidak membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan terlebih lagi di aliran sungai yang ada di Puncak Badean.


Berkemah di Puncak Badean

Meskipun tidak seperti puncak gunung/bukit yang menawarkan keindahan dari ketinggian seperti di Batu Jubang. Tapi Puncak Badean ini jug sering menjadi tempat camping bahkan oleh instansi seperti UKM Universitas. Berkemah di Puncak Badean memang menjadi pilihan yang bagus, fasilitasnya yang lengkap, tidak jauh dari pemukiman dan memiliki udara sejuk, tempat inipun kini menjadi Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Jember.

Untuk berkemah disini pastikan pastikan sobat melapor terlebh dahulu ke pengelolahan Puncak Badean, jika bingung ingin mencarinya kemana, datangi saja rumah disamping parkir area. Tertarik untuk camping/berlibur di Puncak Badean?

Tempatnya nyaman banget buat refresing, udaranya sejuk, air di sungai juga sangat dingin, lokasinya aman banget buat wisata keluarga. Ada penyewaan ban, dan fasilitas lain juga sangat terawat, dan yang paling kusukai warga disana ramah-ramah, rekomendasi wisata keluarga terbaik di Jember!-Penulis Sobat Hiking


0 Response to "Wisata Puncak Badean Bangsalsari Jember: Destinasi Termurah 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed