-->

Kampung Durian Pakis, Wisata Alam Jember

Kampung Durian Pakis, Wisata Alam Jember



Kampung Durian Pakis, Wisata Alam Jember – Salah satu kota Tapal Kuda Besuki ini memang menyimpan berbagai keindahan menarik, hal ini berkat kondisi geografi yang sangat kaya dan masih asri mulai dari perairan pesisir pantai termasuk yang masih dikelolah Taman Nasional Meru Betiri hingga pegunungan Argopuro dalam pengawasan BKSDA.

Berkat kekayaan terebut Jember tidak hanya menyimpan berbagai destinasi alam yang menarik, namun juga memiliki komoditas lokal untuk memberikan label ciri khas dari Jember. Makanya tak Heran di Jember juga kerap menghadirkan wisata yang berpadu dengan kekayaan lokal seperti Puncak Badean dengan perkebunan jeruk.

Komoditas perkebunan di Jember memang cukup terkenal, seperti contohnya: tembakau, durian, cacao dan kopi. Tak hanya di destinasi alam saja, di wisata seperti Jember Mini Zoo juga menghadirkan wahana bermain gardening untuk memberikan edukasi tanaman.

Berbagai komoditasnya turut mengangkat nama wisata jember dengan ciri khasnya tersendiri, seperti di Kampung During Pakis. Wisata ini mulanya terkenal akibat diberlangsungkannya acara “Makan Durian Bersama” oleh Pemkab Jember yang dapat dikunjungi oleh semua orang secara gratis.

Wisata Pakis kini juga telah mengalami berbagai perkembangan yang pesat. Penasaran dan tertarik untuk datang kemari?


Informasi Wisata Kampung Durian Pakis

Berikut ragam informasi wisata Kampung Durian Pakis yang telah penulis rangkum mulai dari lokasi, rute harga tiket hingga berbagai aktivitas menyenangkan untuk sobat lakukan disini:


Lokasi dan Rute Kampung Durian Pakis

Lokasi wisata ini terletak di area perkebunan warga Desa Pakis, Kecamatan Panti, Jember. Jika dari pusat kota setidaknya wisata ini berjarak lebih kurang 22 Km dengan aksesjalan yang sudah bagus dan bisa dilalui berbagai jenis kendaraan.

Baik dari Lumajang, Tanggul, Bangsalsari atau Jember Kota, ruter terbaik adalah dengan melalui persimpangan Polsek Rambipuji belok ke arah Desa Rambigundam, lurus terus hingga tiba di Pasar Gladak Kudung kemudian sobat dapat belok kiri melewati jembatan dan belok kanan di simpan tiga pertama.

Lurus terus hingga sampai di Desa Gugut, lurus di simpang tiga pertama dan si simpang tiga huruf “Y” sobat dapat ambil kanan dan lurus terus lalu belok kiri.

Ikuti terus jalan lurus sampai tiba di Desa Pakis, nanti sobat akan menemui pertigaan dengan tanda masjid di tengahnya, disana sobat ambil kanan dan terus lurus hingga tiba ditujuan.


Harga Tiket Kampung Durian Pakis

Harga Tiket Wisata Kampung Durian ini adalah Rp 0,- alias Gratis. Sobat hanya perlu membayar biayaparkir sebesar Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Lokasi parkiran e spot uatam wisata ini berada bersebrangan dan hanya berjarak lebih kurang 10 meter saja.


Aktivitas Liburan di Kampung Durian Pakis

Wisata Kampung Durin Pakis memang terkenal berkat komoditas durian yang ada disana, berbagai jenis urian seperti montong, musang king dll semuanya ada disini, makanya destinasi ini juga menjadi tujjuan utama para pecinta durian terlebih lagi saat musim durian tiba.

Disekitar wisata banyak warung warga dan rumah-rumah yang menjual durian dengan harga murah, jika sobat ingin menikmati kebun durian disana, dari spot wisata sobat tinggal terus lurus melalui jalan aspal menuju arah kebun warga sepanjang 1 Km.

Disamping komoditas durian, warga sekitar juga ada yang beternak lebah madu.  Jika sobat beruntung sobat dapat menyaksikan proses pemanenan.

Tapi, spot utama dari wisata Kampung Durian Pakis ini berupah taman alam berupa sebuah lahan asri yang memiliki pepohonan menjulang tinggi dan sebuah aliran sungai dibendung selayaknya kolam. Area ini kini juga telah dilengkapi dengan spot foto kayu, camp ground, tempat istirhat, ornament tori-gate dan masih banyak lagi.

Bermain di kolam dengan air jernih dan dingin ini menjadi incaran wisatawan yang datang kemari untuk meredahkan stress. Berjarak 8Km dari dari wisata ini sebenarnya ada sebuah Air Terjun Dewi Rengganis, namun sudah tidak beroperasi lebih dari 3 tahun sehingga lokasi ini kini menjadi sangat rimbun dan sangat susah untuk menjumpainya.

Berikut video documenter singkat dari pengalaman penulis di Air Terjun Dewi Renganis,




Berkemah di Kampung Durian Pakis

Tepat diatas kolam sungai ini telah dibangun semacam petak dermaga kecil dan berdiri tenda-tenda untuk wisatawan. Wisatawan yang datang dapat memesan tenda tersebut untuk camping dengan biaya Rp 100.000, atau sekedar berfoto saja.

Berkemah di Wisata Kampung Pakis ini memberikan nuansa alam yang menyegarkan, kondisi udara asri, bersih dan berada di daerah dengan altitude cukup tinggi bersanding dengan pegunungan Argopuro membuat destinasi ini menjadi rekomendasi spot camping terbaik di Jember.


2 Responses to "Kampung Durian Pakis, Wisata Alam Jember"

  1. Dulu inget ramai bnget pas pemkab ngadain festival makan durian di Pakis, selesai makan bisa langsung maen air di sungai yang seger. Bisa juga sewa ban bua santai. yang paling seru kalau maen tubbing di sungai belakang, arusnya kenceng banget...

    ReplyDelete
  2. Kampung durian pakis sama Puncak Badean Bangsalsari. lokasi keduanya sangat dekat, puya keunikan sendiri....tapi yang pasti, eman banget kalau gajumpain keduanya wkwk

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed