-->

Rangkuman pendek pohon Akasia - Acacia auriculiformus A.



AKASIA - Acacia auriculiformis A.

Dalam ilmu tumbuh-tumbuhan akasia dikenal dengan nama Acacia auriculiformis  yang termasuk dalam suku Mimosaceae. Jenis ini berupa pohon yang dapat mencapai tinggi 15m dengan penampang batang dapat sampai 50 cm. Batangnya umumnya kelabu cokelat dengan alur sempit dan dangkal. Daun tunggal yang berbentuk bulan sabit merupakan daun semu. Daun sejatinya berupa daun majemuk yang menyirip. Bunganya tersusun dalam bentuk bulir yang keluar dari ketiak daunnya. Masing-masing bunga berukuran kecil yang secara menyeluruh tidak menarik. Polinhnya terpiliin, berbiji gepeng, berwarna hitam.

Akasia berasal dari kepulauan Kei, Irian Jaya, Papua Nugini dan Australia Utara. Di Jawa jenis ini banyak ditanam di kota-kota besar sebagai tanaman peneduh jalan dan sebagai jalur hijau tubuhnya sangat baik di tanah rendah dan tempat-tempat dengan ketinggian sampai 600 mdpl. Umumnya tanaman ini tahan terhadap kekeringan yang tidak terlalu keras dan masih dapat tumbuh di tempat-tempat yang tanahnya cukup miskin akan sumber hara. Oleh Dinas Kehutanan jenis ini ditanam untuk penghijauan tanah-tanah kritis.

kayunya ringan dan digolongkan dalam kelas keawetan III dan kelas kekuatan II-III. Cabangnya mudah patah. Kadang-kadang kayu Akasia digunakan sebagai bahan bangunan. Di tempat-tempat yang bebas dari tanah basa kayu ini dapat bertahan hingga 10 tahun. selain itu jenis Ini menghasilkan kayu bakar dan Arang yang bermutu tinggi.

 Akasia merupakan jenis yang mudah sekali tumbuh dan pertumbuhannya sangat cepat. Perbanyakan dapat dilakukan dengan bijinya atau dengan setek. Bijinya perlu disemai lebih dulu. Setelah mencapai tinggi tertentu, semai tersebut dapat dipindah. Biji yang tua dapat disimpan untuk waktu yang cukup lama, asal tempatnya kering dan penyimpanannya baik.
Di Jawa pohon akasia ini berbunga sepanjang tahun. Pada bulan-bulan Juli sampai November biasanya menghasilkan bunga lebih banyak.

Sumber informasi:
Kayu Indonesia, Lembaga Biologi Nasional - LIPI
Wikimedia commons
Wikipedia


0 Response to "Rangkuman pendek pohon Akasia - Acacia auriculiformus A."

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed