-->

Rangkuman lengkap pohon BAROS/MANGLID -Manglietia glauca



BAROS - Manglietia glauca

Dalam ilmu tumbuh-tumbuhan Baros atau manglid disebut Manglietia glauca yang termasuk suku Magnoliaceae. Pohon yang dapat mencapai tinggi 40 meter atau lebih dengan diameter batang sampai 150 cm. Batangnya bulat, lurus, halus, berwarna coklat keabu-abuan dan umumnya tanpa banir. Tajuknya agak bulat, lebat, percabangannya berbentuk garpu yang dimulai jauh dari atas tanah. Daunnya tebal lebar dan pada bagian bawah berbintik-bintik biru atau abu-abu. Bunganya tersusun tunggal pada ujung ranting, berwarna putih kekuning-kuningan. Buahnya seperti kerucut Tumbuhan berwarna coklat tua.

Jenis ini terdapat secara alami di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi, dan di luar Indonesia terdapat di Semenanjung Malaya dan Indocina. Manglid tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 mdpl sampai 2400 mdpl dalam hutan campuran yang lembab, pada tanah yang subur dan selalu lembab. Hidupnya berkelompok atau kadang-kadang tersebar.

Kayu jenis ini disukai orang terutama oleh penduduk di Jawa Barat. permukaan yang mengkilap, strukturnya padat, halus dan kuat. Teras kayu yang masih basah berwarna coklat kehijau-hijauan, tetapi kalau dikeringkan di udara warna bagian ini berubah menjadi coklat muda atau kuning kotor. Kekuatan kayunya digolongkan dalam kelas III dan keawetannya kelas II. kayu Manglid termasuk jenis kayu yang ringan sehingga Mudah dikerjakan. Kegunaannya banyak sekali antara lain untuk pembuatan keperluan rumah tangga, bangunan Perumahan dan jembatan. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur jenis ini kurang dikenal sehingga jarang dimanfaatkan.

Penanamannya biasanya dilakukan dengan biji atau setek. Daya perkecambahan biji mudah hilang, karena itu biji yang dikumpulkan harus cepat ditanam. Bijinya disebarkan oleh angin sampai sejauh 50 m dari pohon induknya. Pertumbuhannya cepat sampai ketinggian kira-kira 35 m sesudah itu kecepatan pertumbuhannya menurun.

Sumber informasi:
Kayu Indonesia (Lembaga Biologi Nasional - LIPI)
wikipedia

0 Response to "Rangkuman lengkap pohon BAROS/MANGLID -Manglietia glauca"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed