-->

Rangkuman Lengkap pohon Bengang - Neesia altissima



BENGANG - Neesia altissma

Jenis ini termasuk satu Suku dengan durian, yaitu suku Bombacaceae. Pohonnya besar dengan tinggi sampai 40 m dan diameter sekitar 40 cm. Batangnya bulat dengan kulit yang berwarna coklat keabu-abuan, retak sampai agak beralur, kadang-kadang mengelupas dalam keping-kepingan. Pepagannya tebal, berwarna merah kecoklat-coklata. Tajuknya lebat berbentuk hampir seperti silinder dan membulat di ujungnya. Daunnya tunggal, tebal, berbentuk bundar terbalik sampai bundar panjang, ujungnya rata atau berlekuk, permukaan bawah kadang-kadang berbulu dan berbulu lebat bila masih muda. Urat daunnya menonjol pada permukaan bawah, tangkai daun panjang membengkak pada ujung dekat lembar daun.

Bunganya agak besar berwarna merah jambu-putih, tubuh berkelompok pada ranting di ketiak bekas daun. Buahnya besar hitam berupa buah kotak yang pecah bila kering. Buah tersebut berbentuk bulat telur, berduri pendek, tajam. Bagian dalamnya berbulu coklat keemasan dan gatal bila kena badan.
Jennis ini tersebar di Sumater, Jawa barat dan Tengah, Kalimantan, Semenanjung Malaya dan Sarawak. tempat tumbuhnya adalah hutan hujan primer yang selalu lembab, pada ketinggian 50 sampai 1300 mdpl. Musim berbunganya dalam bulan Juni-Juli dan berbuah sampai dengan bulan September.

kayunya bergumpal putih dan berteras coklat, ringan dan tidak terlalu berat, dengan kelas kekuatan III dan kelas keawetan IV-V. Kayu bengang yang hijau itu, dapat digunakan untuk pembuatan perahu, papan dan peti.

Jenis ini belum banyak dibudidayakan. Di Kebun Raya Bogor jenis ini tumbuh baik. Diperkirakan bengang baik untuk reboisasi karena pertumbuhannya yang cepat.


Source: 
Kayu Indonesia (Lembaga Biologi Nasional - LIPI)
wikipedia
Monaconatureencyclopedia

0 Response to "Rangkuman Lengkap pohon Bengang - Neesia altissima "

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed