-->

Rangkuman pohon Gempol - Nauclea orientalis / Nauclea coadunata



GEMPOL - Nauclea orientasli / Naucle coadunata

Gempol berkayu yang agak lunak, mudah untuk dikerjakan, agak ringan dan termasuk kelas keawetan IV dan kelas kekuatan III. Oleh penduduk kayu ini dipakai untuk kontraksi ringan, bangunan rumah dan kadang-kadang untuk bahan pembuat perahu, dan tampaknya baik pula untuk pulp dan kertas.
Gempol yang dalam ilmu botani disebut dengan Nauclea coadunata termasuk dalam suku Rubiaceae. Pohonnya berukuran sedang, dengan tinggi sampai 35 m dan diameter batang sampai 50 cm, dan bagian bebas cabang 5 sampai 15 meter. Batangnya lurus tapi kadang-kadang sedikit bengkok, bentuknya bulat dengan bagian pangkal sedikit berbanir. Kulitnya agak kasar dan sedikit mengelupas, kuning sampai coklat. Percabangan kecil-kecil lurus lurus dan agak lebat, daunnya besar berbentuk bulat telur atau Jorong kadang-kadang berbulu halus dan letaknya berpasangan, tangkainya pendek bila dibandingkan dengan daunnya yang besar. Bunganya majemuk tersusun dalam bonggol bulat terletak di ujung ranting yang berdaun, berwarna kuning pucat. Buahnya buah majemuk berbentuk bulat.

Tumbuhan ini hidup tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara sampai Irian Jaya. Pada ketinggian 0 sampai 1300 mdpl. Tumbuh baik terutama pada ketinggian antara 10 sampai 600 mdpl. Gempol tumbuh dalam hutan primer, di belukar dan juga di pakai sebagai tanaman pioner di perkebunan gula.

Di alam, Gempol berkembang biak dengan biji. bijinya mudah tumbuh. Tanaman ini dapat pula diperbanyak dengan cangkokan yang berasal dari pucuk-pucuk batang yang mudah, cangkokan ini setelah ditanam cepat tumbuh.

Sumber informasi:
Kayu Indonesia (Lembaga Biologi Nasional - LIPI)
wikipedia

0 Response to "Rangkuman pohon Gempol - Nauclea orientalis / Nauclea coadunata"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed