-->

Snorkling di Gilli Ketapang Probolinggo, Cerita Liburan Menggunakan Paket Organizer Lokal

Snorkling di Gilli Ketapang Probolinggo, Cerita Liburan Menggunakan Paket Organizer Lokal - Berwisata di laut menjadi kegiatan liburan yang sangat menyenangkan untuk mengistirahatkan diri dari stress. Jika sobat ingin berwisata di daerah pantai tapi sudah osan dengan suasana hanya liburan yang sering kali hanya diisi dengan menikmati ombak dan angin laut, maka di pulau Gili Ketapang ini sobat dapat merasakan sensasi yang berbeda.

spot foto underwater di Snorkling Jatim Gili Ketapan Probolingo

Pulau Gili Ketapang Probolinggo tidak hanya menawarkan keindahan pantai yang indah, pemandangan bawah laut disini juga sangat indah dengan terumbu karang yang dilestarikan serta ribuan jenis ikan berwarna-warni cantik berbagai ukuran. Keadaan ombak yang relative sangat tenang menjadikan kegiatan snorkling menjadi sangat menyenangkan untuk dilakukan di Gili Ketapang, ditambah lagi dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam hanya 2-3 meter untuk spot foto snorklignnya dan ditemani oleh guide profesional tentu saja lokasi ini sangat cocok bagi wisatawan yang tidak memiliki basic snorkling atau diving sekalipun.

Jika sobat mencari di internet atau media sosial banyak sekali jasa trip organizer yang menawarkan kepada kalian paket wisata snorkling bawah laut di Gili Ketapang dengan harga yang sangat terjangkau. Mungkin pada awalnya sobat akan berfikiran dengan harga yang sangat murah ini mungkinkah trip ini berjalan dengan sangat berkualitas mulai dari management, guide, sarana prasarana dan sebagainya. Pada Artikel ini penulis SobatHiking akan membagikan pengalaman berwisata snorkling di Gili Ketapang dengan menggunakan salah satu trip organizer lokal yang sudah berjalan selama bertaun-taun yaitu “Snorkling Jatim”.

Snorkling Jatim sendiri menawarkan beberapa paket di Gili Ketapang mulai dari paket snorkling dengan tarif harga 100-120 ribu serta banana boat mulai dari 300 ribu untuk 6 orang. Pada perjalanan wisata disini penulis mengunakan paket snorkling VIP seharga IDR 120.000 dengan fasilitas: Kapal pp dari Pelabuhan tanung tembaga, Set perlengapan snorkling, Foto underwater, Video undewater, Spot snorkling Zebra dan Badut, makan siang pasmanan 1x dengan menu ikan bakar, ikan goreng, sambal dan bumbu kecap khas gili, serta cumi-cumi, minuman air putih kemasan, foto upwater, foto kegiatan, rest area, profesional guides, asuransi, seta rumah transit dari luar kota saat tiba di Probolinggo pada malam hari.

Adapun paket wisata itu meliputi destinasi wisata snorkling bawah laut, pantai ujung berkelok, pasir muara dan sobat juga dapat mengunjungi goa kucing (diluar paketwisata). Durasi paketnya sendiri dapat disesuaikan dengan waktu sobat stand by di Pelabuhan tanjung tembaga dengan selang waktu mulai dari 05.00-10.00 dan out jam dari pulau Gili mulai pukul 15.00-17.00. oiya sob, biaya yang ada pada paket wisata ini belum termasuk biaya masuk Pelabuhan tanjung tembaga sebesar IDR 2.500 perorang dan biaya parkir sebesar IDR 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi Gili Ketapang dan Penjemputan

Berada sekitar 8 Km dari laut utara Probolinggo, Gili Ketapang masuk ke dalam selat Madura yang secara administratifnya pulau ini terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Sehingga penyebrangan kapal sobat dapat lakukan dengan menggunakan kapalkecil dari Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Pelabuhan Tanjung Tembaga juga menjadi start awal dari trip kalian di Gili Ketapang. Disini setelah melakukan reservasi online kalian akan ditunggu oleh seorang guide untuk memandu kalian menuju kapal penyebrangan. Guide yang bertugas untuk mengarahkan kalian ke kapal ini sangatlah ramah dan fast respon dalam mejawab pesan kalian sehingga pastinya kalian tidak akan ditelantarkan di Pelabuhan.

Perjalanan penyebrangan mengunakan kapal ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit, selama perjalanan sobat mungkin tidak akan ditemani oleh guide, namun guide sudah menitipkan kalian kepada crew kapal sehingga sobat akan mendapat perhatian selama perjalanan. Sesampainya di pantai ujung Gili Ketapang, sobat akan dijemput oleh guide lainnya untuk menuju ke rest area Snorkling Jatim. Di rest area ini terdapat banyak sekali gazebo yang langsung menatap laut terbuka sebagai tempat kalian beristirahat. Di rest area ini penyajian makanan seafood untuk prasmanan juga disiapkan sehingga kalian akan dapat merasakan kesegaran aroma ikan bakar. Rentetan toilet juga telah disediakan disini, total ada belasan toilet sehinga sobat tidak perlu lagi mengantri panjang dengan peserta trip lainnya. oiya karena paket ini bersifat open trip bukan private trip jadi pastinya kalian akan disatukan dengan rombongan lainnya, namun jika sobat datang Ketika weekday seperti penulis, sobat mungkin akan dapat merasakan private trip, karena waktu penulis menggunakan trip ini tidak ada rombongan lainya yang tergabung dalam kloter snorkling penulis.

pemandangan  indah di Pantai di Gili Ketapang Probolinggo

Sobat tidak akan langsung melakukan snorkling Ketika tiba di Gili Ketapang, jadi sobat dapat berkeliling pulau atau pinggiran pantai terlebih dahulu. Sangat banyak spot foto aestethic disekitar pantai, lokasinya yang bersih juga membuat foto kalian disini menjadi lebih indah. Pantai yang terbuka tanpa pepohonan dan pasir yang menjorok ke pantai sehingga ujung pantai seakan diapitoleh dua perairan di kanan dan kiri akan membuat lokasi pantai ini menjadi sangat berbeda disbanding pantai lainnya.

Aktivitas Snorkling yang Ramah dan Aman

Sebelum memulai kegiatan sorkling di Gili Ketapang, Sobat terlebih dahulu akan mendapatkan pengarahan dan persiapan mulai dari pemanasan, informasi kegiatan yang akan dilakukan, setup alat dan sebagainya. Guide yang sangat ramah akan memberi kalian pengarahan dengan sangat baik sehingga kalian tidak peru merasa takut salah dan sebagainya.

Jarang spot snorkling dari bibir pantai kuranglebih 100 meter, trip organizer kini telah memiliki 3 buah kapal yang dapat digunakan untuk mengangkut wisatawan menuju spot snokling, namun jika rombongan kalian tidak terlalu banyak kalian dapat meminta untuk pergi menuju spot snorkling Zebra dan Badut dengan cara bernang dari tepi pantai. Tidak perlu khawatir, perlengkapan snorkling mulai dari pelampung, kacamata hinga alat bantu pernafasan disinisangatlah terjaga kualitasnya dan juga jika sobat ingin berenang dari tepi pantai juga akan dipandu oleh guide yang ikut berenang.

Kegiatan snorkling pada awalnya menuju kesalah satu spot Zebra atau Badut, disini wisatawan dapat bergantian berfoto underwater. Tidak perlu khawatir jika kalian tidak bisa berenang, pada mulanya guide akan meminta kalian untuk melepas pelampung dengan tetap berpegangan padanya kemudian guide memberikan arahan tentang apa yang harus dilakukan untuk berfoto underwater. Dalam foto underwater salah satu guide akan mendorong kalian ke dalam yang kemudian didalam laut kalian dapat berpegangan pada papan spot yang telah disediakan untuk difoto oleh guide lainnya. Jika sobat telah selesai atau tidak kuat menahan nafas, sobat dapat langsung naik ke permukaan atau melepaskan pegangan yang nantinya sobat akan di tangkap oleh guide dan memasangakan kembali pelampung.

Kegiatan berwafoto underwater ini dilaksanakan hinga 1 jam, setelah bergantian berfoto pada spot pertama selanjutnya sobat akan berpindah ke spot lainnya dengan jarak lebih kurang 15 meter dengan cara berenang. Saat kalian snorkling aka nada perahu miliki trip organizer yang menemani, sehingga kalian dapat naik dan beristirahat jika mulai lelah. Perjalanan kembali ke pesisir pantai juga dapat sobat lakukan dengan berenang kembali dan tidak menggunakan perahu jika sobat ingin sambal menikmati terumbu karang yang indah.

Oiya sob, Selama proses snorkling barang bawaan kalian akan diletakan di rest area yang ada. Kalian tidak perlu khawatir akan barang kalian hilang. Pengawasan oleh crew Snorklng Jatim disini sangatlah ketat, jadi sobat tidak akan kepikiran barang saat sedang snorkling di Gili Ketapang.

Prasmanan Pasca Snorling Gili Ketapang

Setelah melakukan snorkling, di rest area sobat dapat terlebih dahulu berganti pakaian dan setelahnya menu prasamanan yang masih hangat akan siap untuk dihidangkan. Beragam menu mulai dari ikan bakar, ikan goreng hingga cumi-cumi dengan bumbu khas Gili akan disajikan bersama nasi hangat dan beragam jenis sambal. Pastinya rasa lelah yang sobat rasakan akan hilang karena nikmatinya masakan.

Menu Seafood ikan bakar, ikan goreng, cumi-cumi dan bumbu sambel khas gili di  Snorkling Jatim Gii Ketapang Probolinggo

Tidak perlu berlama-lama juga sobat untuk dapat melihat hasil foto atau video underwater, setelah berganti pakaian ini sobat sudah dapat memiliki file foto baik dengan share whatsapp atau transfer data manual menggunakan OTG. Setelah kegiatan snorkling dan prasmanan ini sobat juga tidak akan langsung dibawah kenbali ke Pelabuhan tanjung tembaga. Sobat masih dapat beristirahat di gazebo atau berkeliing pantai kembali.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Saat Snorkling

Sebelum kalian mengambil trip wisata di Gili Ketapang pastikan kalian melakukan persiapan mulai dari renang atau lari terlebih dahulu pada H-2, hal ini dilakukan untuk melemaskan otot-oto kalian sehingga kalian akan dapat releks dan tidak kaku saat melakukan foto underwater. Persiapan dengan berenang juga membantu kalian dalam bergerak, meskipun mengunakan pelampung jika kalian tidak dapat melakukan gaya renang dengan benar pastinya kalian akan kesusahan untuk bergerak. Tekanan air didalam yang sudah cukup membuat telinga terkenan juga dapat sobat siapkan dengan aktivitas berenang tersebut. Selanjutnya, sarapan pagi sebelum snorkling juga harus sobat lakukan. Durasi snorkling yang cukup panjang dan cukup melelahkan meskipun menggunakan pelampung akan dapat membuat perut kalian menjadi lapar saat kegiatan snorkling.

Jika kalian mengalami kram selama snorkling sobat dapat langsung meaporkannya pada guide yang menemani, dan pastikna juga kalian tidak snorkling terlalu jauh dengan guide meskipun kalian telah mengunakan pelampung. Perhatikan juga lokasi snorklig kalian, jangan terlalu dekat kapal agar kalian tidak tertabrak. Untuk melakukan reservasi kalian dapat hubungi melalui Instagram @snorklingjatim atau dapat lansung melakukan chat whastapp ke (08123499974) selaku bagian administrasi Snorkling Jatim.

Hasil perjalan penulis pada kegiatan snorkling di Gili Ketapang menggunakan layanan jasa travel and transportation Snorkling Jatim sangatlah memuaskan. Beragam fasilitas yang disediakan telah didukung dengan kualitas yang tinggi, guide yang ramah, management perjalanan yang sangat baik menjadikan Snorkling Jatim menjadi layanan kegiatan Snorkling yang profesional.

Pulau Gili Ketapang di Probolinggo ini merupakan sebuah pulau yang memiliki keindahan sangat memukau baik di pantai atapun dalam lautnya. Kegiatan snorkling yang menjadi kegiatan khas yang dapat sobat lakukan disini merupakan aktivitas liburan yang sangat menyenangkan, menonton terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni serta ikut berswafoto bersama didalamya menjadi sebuah aktivitas yang sangat epik. Pastikan sobat untuk tidak melakukan perusakan terumbu karang atau mengotori Gili Ketapang dengan sampah saat berkujung kemari.

0 Response to "Snorkling di Gilli Ketapang Probolinggo, Cerita Liburan Menggunakan Paket Organizer Lokal"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed