-->

Wisata Bukit Jaddih dan Goa Poteh Bangkalan Madura

Bukit Jaddih dan Goa Poteh Bangkalan, Wisata Instagramable Bekas Tambang Kapur! – Pulau Madura merupakan bagian dari Jawa Timur yang masyakaratnya masih menjaga erat kebudayaan asli. Kebudayaan di Madura memang masih sangat kental misalnya saja, Karapan sapi, sate madura, dsb. Namun disamping itu Wisata di Madura rupanya juga menyimpan daya tarik yang sangat spektakuler seperti pantai dengan oksigen no 2 terbaik di dunia serta kawasan bekas tambang batu kapur yang kini disulap menjadi tempat unik menarik untuk dikunjungi yaitu Bukit Jadiih dan Goa Poteh.

Lokasi dari Bukit Jaddih dan Kolam Renang Goa poteh ini sama-sama terletak di Desa Jaddih, Kab. Bangkalan, Madura. Buki Jaddih ini merupakan objek wisata dengan landscape bukit-bukit bekas tambang kapur, sementara kolam renang goa poteh ini masih merupakan objek wisata pemandian yang bersebelahan dengan bukit Jaddih dan masih satu kompleks dalam bukit-bukit kapur yang ada.

Sebagai wisata yang memiliki karakteristik serupa yaitu dengan hadirnya bukit-bukit kapur yang mengelilingan, kini sobathiking akan mengulas berbagai informasi wisata dari destinasi bukit jaddih dan goa poteh yang sangat instagramable dari tanah Madura.


Wisata Bukit Jaddih

Selain dikenal sebagai wisata yang terletak di tambang batu kapur, rupanya Bukit Jaddih juga diyakini sebagai peninggalan bunker Belanda. Namun diluar itu, Bukit Jaddih merupakan objek wisata sangat terkenal berkat keindahan yang dikatakan mirip dengan Cappadocia Turki. Bukit Jaddih ini terletak di tambang batu kapur besar yang kini sebagian wilayahnya telah beralih fungsi menjadi destinasi wisata. Tidak heran, lokasi bekas tambang ini memiliki rupa pemandangan yang sangat eksotis dengan menghadirkan tembok-tembok bukit batu kapur bersanding dengan kolam air berwarna hijau kebiruan.

Lebih dari sekedar tempat berfoto ria, apa saja kegiatan yag dapat pengunjung lakukan? Dan bagaimana lokasi rute serta informasi lain dari Bukit Jaddih? Berikut adalah rangkuman informasi seputar Wisata Bukit Jaddih.

Bukit Jaddih merupaka destinasi wisata alam di Bangkalan, Madura yang memiliki landscape tambang batu kapur


Harga Tiket Bukit Jaddih

Di buka setiap hari mulai dari pukul 08.00-16.00, Bukit jaddih ini menjadi tempat yang sangat digandrungi masyakarat madura bahkan dari luar madura sekalipun. Pemandangan langkah dari pertambangan Bukit Kapur yang menghasilkan tempat menarik untuk didatangi ini pada dasarnya selalu ramai setiap harinya terutama pada saat weekend dan musim libur.

Bukkit Jaddih merupakan tempat favorit untuk berlibur bersama keluarga, tidak hanya karena keindahannya, tempatnya yang ramah dan memungkinkan untuk sobat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama membuat wisata ini pastinya sangat cocok baik untuk anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Meskipun memiliki keindahan yang sangat menawan, untuk datang berkunjung di Bukit Jaddih ini wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/Orang serta tambahan tarif parkir Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

Fasilitas wisata Bukit Jaddih

Meskipun Tarif tiket masuk Bukit Jaddih tergolong sangat terjangkau, tapi tidak perlu dikhawatirkan lagi akan fasilitas-fasilitas yang ada, lantaran disini beragam fasilitas dan berbagai wahana telah disuguhkan untuk menemani liburan pengunjung. Adapun beberapa fasilitas tersebut antara lain: Parkir luas dan aman, warung-warung warga, pusat informasi pengunjung, spot foto instgramable, gazebo dan tempat istrirahat, wahana permainan, toilet umum, mushola, waterpark (kolam pemandian) dan danau dengan wisata perahu.


Lokasi Wisata Bukit Jaddih

Terletak di Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, akses menuju Buit Jaddih ini jika dari Surabaya dapat ditempuh melalui jembatan Suramadu kemudian melaluijalan Raya lebang hingga jalan Raya Jaddih di Parseh. atau sobat juga dapat menggunakan kapal ferry, setibanya di pelabuhan Ujung Kamal sobat dapat melanjutkan perjalanan menuju Socah dan di simpang tiga Dusun Klobugan dapat ambil arah menuju kawasan Jaddih. 


Aktivitas Wisata Menyenangkan di Bukit Jaddih

Bukit Jaddih memang terlihat menyenangkan untuk berlibur, tidak hanya bermain air berikut adalah aktivitas wisata menyenangkan yang dapat sobat lakukan saat berkunjung kemari.


Bermain Air di Wahana Pemandian Bukit Jaddih

Di Bukit Jaddih ini terdapat wahana kolam pemandian sangat besar yang patut sobat nikmati kesegarannya saat berkunung kemari. Dikelilingi oleh bukit kapur raksasa menjadikan kolam pemandian ini memiliki nuansa yang sangat segar, kondisi sekeliling yang nampak kering dengan birunya kolam membuat kolam ini berhasil memikat wisatawan yang datang dan beah berlama-lama disini.

Berkeliling Perahu di Danau Kapur Bukit Jaddih

Selain Kolam air untuk berenang, di Bukit Jaddih juga terdapat sebuah genangan air besar seperti danau yang menjadi ciri khas tersendiri dari wisata ini. Danau dengan kedalaman hingga 2,5 meter ini terbentuk akibat galian tambang dengan warna air hijau kebiruan, wisatawan yang datang kemari dapat berkeliling disekitar danau mengunakan perahu didampingi leh masyarakat lokal dengan biaya tambahan Rp 5.000 perorang.


Komentar Ulasan Pengunjung Bukit Jaddih

Wisata Bukit Jaddih ini telah mendapat ulasan sebanyak +5000 dengan rating rata-rata bintang 4. Banyak pengunjung yang sangat merekomendasikan tempat ini sebagai destinasi tujuan saat sobat berwisata di Bangkalan. Disamping itu banyak juga pengunjung yang mengeluhkan medan jalan yang tidak begitu bagus dalam menuju wisata ini serta mengeluhkan kondisi tambang yang terkesan penuh debu saat panas dan angin berhembus. 

Kunjungan yang kesekian kalinya bersama keluarga besar, tempat tambang dan suasana bukit kapur putih tertata bekas tambang. Goa poteh yg artistik dari hasil potongan penambang. Menghasilkan lubang goa yg menarik. - Andi Surya Putra

Menyikapi ulasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa Bukita Jaddih menjadi destinasi yang berhasil memikat dan memuaskan pengunjung, namun pastikan saat sobat berkunjung kemari untuk mengecek terleih dahulu kondisi kendaraan dan pastikan membawa pakaian untuk menghindari panas.


Kolam Renang Goa Poteh

Masih terletak satu komplek dalam wilayah tambang batu kapur objek wisata Bukit Jaddih, Kolam Goa Poteh merupakan salah satu destinasi wisata Madura yang juga berhasil minat wisatawan berkat pemandangan unik dan menarik dari bukit kapur raksasa. 

Goa Poteh yang secara etimologi diartikan sebagai “Gua Putih” merupakan penamaan dari bebatuan kapur raksasa yang mengelilingi sebuah kolam pemandian dengan megah dan nampak seakan membentengi wilayah tersebut. Pemandangan eksotis dari bebatuan alam dan birunya air kola mini menjadikan wisata kolam pemandian ini dinilai berbeda dari pemandian pada umumnya.

Goa Poteh merupakan kolam pemandian di Bangkalan, Madura yang dikelilingi oleh tebing batu kapur raksasa


Informasi Umum Wisata Goa Poteh

Terletak bersanding dengan Bukit Jaddih, wisata Goa Poteh juga jangan ketinggalan untuk dikunjungi. Tempat ini tak kalah indah dan menyenangkan, berikut penulis telah sajikan ragam informasi pariwisata dari destinasi ini.


Jam Buka dan Tarif Tiket Goa Poteh

Berenang disekeliling megahnya bebatuan kapur raksasa merupakan moment wisata yang tidak dapat dijumpai di sembarang tempat. Namun meskipun tergolong sebagai wisata yang menawarkan sensani berbeda rupanya untuk berkunjung di kolam pemandian Goa Poteh ini pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.000 perorang dan biaya parkir tambahan sebesar Rp 5.000-Rp 10.000. 

Objek wisata Goa Poteh dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00. karena lokasinya berada di area tambang kapur, jam terbaik jika sobat ingin menujunginya untuk berenang adalah pagi atau sore hari. Area wisata yang terkesan terbuka ini akan sangat terasa cukup panas saat siang hari dan tentunya tidak nyaman jika digunakan untuk berenang.

Fasilitas Wisata Goa Poteh

Disekitar kolam pemandian Goa Poteh ini terdapat berbagai warung warga yang menjual berbagai makanan dan minuman, jadi tak perlu khawatir jika sobat datang kemari tanpa membawa bekal. Kamar mandi umum juga telah disediakan untuk sobat membilas bersih diri dan bergant pakaian, serta penyewaan ban juga ada disekitar kolam yang luas ini. Meskipun kola mini terbilang sangat lebar, kedalaman dari olam pemandian Goa Poteh ini hanya satu meter saja, jadi tidak terlalu bahaya untuk anak kecil.

Lokasi dan Rue Menuju Goa Poteh

Lokasi dari Goa Poteh dapat dikatan sama dengan Bukit Jaddih, rute terbaik jika sobat ingin berlibur ke Goa Poteh dari Surabaya adalah dengan melalui jembatan Suramadu kemudian dilanjut melwati bawah fly over kedua dengan berpindah menuju arah desa Morkepek, Kec. Labanghingga nanti akan tiba di desa Sendang Dajah, dari sana sobat dapat menemukan arah menuu desa Sanggar Agung dan rute menuju Bukit Jaddih yang terletak bersebelahan dengan Goa Poteh. Untuk Detail rute dan lokasinya sobat dapat klik “Lokasi Goa Poteh”.

Sebagai objek wisata yang memiliki karakteristik keindahan mempesona dan berbeda dari wisata lainya, Destinasi Bukit Jaddih dan Goa Poteh merupakan menjadi rekomendasi wisata spektakuler dari tanah madura. Saat berkunjugn kemari pastikan sobat untuk menjaga tata kramadan mentaati berbagai peraturan yang berlaku.


0 Response to "Wisata Bukit Jaddih dan Goa Poteh Bangkalan Madura"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed