-->

Savana Sadengan TN Alas Purwo, Spot Menyaksikan Satwa Liar

Savana Sadega merupakan spot populer di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi yang memiiki daya tarik pemadangan habitat satwa liar di padang rumput,.
Savana Sadengan TN Alas Purwo

Savana Sadengan TN Alas Purwo, Spot Menyaksikan Satwa Liar-Savana Sadengan merupakan salah satu spot destinasi wisata populer yang ada di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Daya tariknya sendiri berupa padang rumput segar sebagai habitat tempat tinggalnya satwa langkah di kawasan konservasi ini.

Sama seperti Baluran, Taman Nasional Alas Purwo juga cukup terkenal sebagai Wisata Banyuwangi berupa area konservasi yang memiliki banyak satwa jenis Banteng (Bos javanicus), Rusa (Cervus timorensis) hingga Macan Tutul (Panthera pardus).

Keanekaragaman hayati yang ada menjadi sebuah pemikat bagi pawa wisatawan untuk datang kemari, oleh sebab itu pihak pengelolah Taman Nasional Alas Baluran juga turut memfasilitasi wisatawan yang datang kemari dengan tujuan melihat satwa tersebut secara langsung.

Lokasinya tepat dengan salah satu basecamp pengamatan satwa disana, “Savana Sadengan” merupakan spot yang menghadirkan atraksi pemandangan kehidupan satwa-satwa liar di padang rumput Alas Purwo.

Disini sobat dapat menyaksikan pemandanga alam liar dari Menara pandang berukuran tinggi, berbagai fasilitas untuk wisatawan juga telah berdiri disini. Tertarik untuk datang ke Savana Sadengan? Berikut informasi pariwisatanya.


Lokasi Savana Sadengan Alas Purwo

Savana Sadengan ini terletak di Taman Nasional Alas Purwo area Semenanjung Blambangan, Purworejo, Kalipait, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Dari pintu masuk TNAP tempat registrasi pengunjung, sobat masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 4 Km dengan kurang lebih 1 Km kalian akan melewati jalana makadam. Oleh sebab itu jika hendak datang kemari, pastikan dulu kondisi kendaraan dan usahakan menghindari bekujung pada saat cuaca hujan.

Akses dari pintu gerbang juga sudah sangat jelas, jadi tak perlu lagi menggunakan bantu google maps. Jika ingin menikmati pemandangan kehidupan sat wa di Savana Sedegan pastikan kalian tiba pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB karena dijam-jam itulah berbagai satwa muncul termasuk Burung Merak.


Tiket Masuk Savana Sadengan Alas Purwo

Untuk berwisata di Savana Sadengan Asobat peru membayar tarif masuk Taman Nasional Alas Purwo yang diatur dalam PP No. 12 tahun 2014 tentang jenis tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak, yaitu sebesar Rp 5.000-Rp 7.500 untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 untuk turis manca negara.

Selain itu sobat juga perlu mebayar retribusi kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Oiya, tarif tiket diata merupakan biaya perhari ya dengan jam operasional mulai pukul 07.00-15.00 WIB, jadi jika kalian ingin berkemah tentu harus membayar sebesar total hari disana. 



Tips Berkunjung ke Savana Sadengan

Jika sobat ingin datang ke Savana Sadengan untuk menyaksikan satwa dengan pemandangan alam yang baik setidaknya ada beberpa tips wisata yang perlu sobat ketauhi, yaitu:

  • Tiba di area Savana Seengan sebelum pukul 09.00
  • Usahakan datang pada saat cuaca cerah
  • Periksa kondisi kendaraan sobat khususnya mesin dan roda
  • Sobat bisa membawa bekal atau minuman sendiri
  • Jika ingin memotret satwa dengan jelas pastikan membawa kamera DSLR dengan lensa zoom.


Fasilitas di Savana Sadengan

Sebagai salah satu spot paling menarik perhatian wisatawan di Alas Purwo, di Savana Sadengan telah terdapat berbagai fasilitas wisata untuk para pengunjung seperti: Kantin, mushola, toilet umum, Menara pengawasan satwa tiga lantai serta penginapan untuk peneliti satwa yang telah mengantongi ijin.


Ulasan Wisata Savana Sadengan

Menyajikan pemandangan spektakuler, sudah tak heran jika Savana Sadengan di Alas Purwo ini berhasil menarik minat wisatawan untuk dtang mengunjunginya. Wisata ini sendiri berdasar search engine google telah memperoleh sebanyak lebih dari 1.190 ulasan dengan rating star 4.6, Berikut adalah beberapa ulasannya.

Padang Savana ini masih menjadi satu kesatuan dari Taman Nasional Alas Purwo.

Tidak perlu memakai maps ataupun bertanya, untuk kesini hanya butuh ketelitian karena setiap jalan sudah ada petunjuk arahnya.

Jalan menuju ke Savana ini lumayan berbatu dan seperti masuk hutan memang, jadi jangan khawatir itu bukan tersesat..

Rekomendasi waktu berkunjung ke Savana memang pagi hari, karena ketika siang (seperti saya) hanya ada beberapa ekor saja yang keluar, yang lainnya berteduh.

Tempat cukup difasilitasi pagar pembatas, dan menara kecil untuk melihat jauh ke Savana..

Tempatnya cukup bersih, terdapat gazebo gazebo untuk sekedar duduk menikmati alam. - Nanda Has

Savana Sadengan Alas Purwo merupaka sebuah spot wisata dengan keindahan keanekaragaman hayati. Makanya jangan lupa untuk wisatawan yang datang kemari untuk tidak membuang sampah sembarang, merusak lingkungan atau membuat kegaduhan.



0 Response to "Savana Sadengan TN Alas Purwo, Spot Menyaksikan Satwa Liar"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed