-->

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran Terlengkap

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran, Savana Bekol dan Pantai Bama Terlengkap


Informasi Wisata Taman Nasional Baluran Terlengkap – Banyuwangi menyimpan berbagai tempat dengan keunikan dan keindahan menarik untuk dikunjungi. Tak hanya sekedar pantai, gunung dan perbukitan saja, destinasi alam disini kerap kali menghadirkan sesuatu yang tak dapat sobat jumpai di tempat lain.

Destinasi alam spektakuler tersebut contohnya saja, Samudra Awan Guung Ranti, Gunung Ijen dengan fenomena alam blue fire, Gunung Raung dengan jalur pendakian terekstream di pulau Jawa serta Savana Baluran Banyuwangi yang nampak mirip seperti tanah Afrika.

Berbeda dari kebanyakan tempat wisata lainnya, Taman Nasional Baluran ini tidak ada menyajikan satu daya tarik keindahan alam saja, disini sobat dapat menikmati alam Baluran mulai dari padang savana perlintasan satwa, objek peninggalan Jepang, hingga pantai indah dengan ombak aman untuk bermain air.

Sebagai salah satu Taman Nasional, tak perlu heran lagi jika saat berkunjung kemari ketetatan aturan yang berlaku khususnya mengenai konservasi memang ditegaskan untuk para wisatawan. Berkat itulah saat sobat berkunjug kemari, pemandangan ekosistem alam yang masih asli akan menemani perjalan liburan disini.

Daya tarik yang ada di wisata Baluran ini berhasil memikat wisatawan lokal hingga internasional untuk datang mengunjunginya. Oleh karenanya, berbagai informasi pariwisata Baluran terbaru selalu diburu untuk membantu perjalanan liburan kemari. 

Memenuhi kebutuhan wisatawan yang hendak datang kemari, berikut penulis sajikan beragam informasi pariwisata dari Taman Nasional Baluran:


Lokasi Wisata Baluran

Sebenarnya lokasi pintu masu dari Wisata Baluran ini tidak terletak di Banyuwangi, melainkan di Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Akan tetapi, luas Taman Nasional mencakupi beberapa kabupaten termasuk Banyuwangi serta beberapa spot seperti Pantai Bama juga telah masuk dalam administrasi kawasan dari Kota Gandrung.

Dari Pelabuhan Ketapang, pintu masuk wisata Baluran ini terletak sekitar 38 Km dengan medan jalan aspal sangat bagus, Jadi baik dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat semuanya bisa jadi akses transportasi menuju kemari.

Sedangkan jika sobat datang dari arah barat khususnya yang menggunakan angkutan umum kereta api, rute terbaik yang dapat sobat ambil adalah dengan berhenti di Stasium Karangasem dan selanjutnya menyewa motor didekat stasiun dengan tarif Rp 75.000/hari.

Opsi lain adalah sobat turun di Staisun Banyuwangi Baru, kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum (bus atau angkot) menuju Asembagus/Situbondo, sobat juga dapat menggunakan layanan ojek yang ada.

Namun, opsi kedua ini cukup tidak direkomendasikan, khususnya karena dari pintu masuk wisata, spot utama dari Baluran masih berjarak 12 Km sehingga jika sobat tak menggunakan kendaraan sendiri pastinya akan sangat merepotkan.

Selain itu, belum tentu juga sobat menemukan angkutan umum untuk pulang jika perjalanan hendak dilakukan satu hari, jadi sobat harus meginap di homestay terdekat (Desa Kebangsaan) atau menginap di tempat yang telah disediakan pengelolah (Tidak boleh camping mendirikan tenda).



Harga Tiket Masuk Wisata Baluran

Meskipun memiliki daya tarik menakjubkan, rupanya sobat tidak perlu membayar biaya tiket yang mahal. Tarif masuk wisata kawasan Taman Nasional Baluran ini adalah sebesar Rp 5.000/WNI saat weekday dan Rp 7.500/WNI saat Weekend yang mana tiket tersebut berlaku untuk satu hari, jadi jika sobat menginap pastinya harus membayar dengan total berapa hari sobat disana.

Sementara untuk wisatawan luar negeri, harga tiket masuk Baluran ini berlaku sebesar Rp 150.000/hari dan Rp 225.000/hari. Selain itu juga berlaku harga tarif yang berbeda dengan kriteria lain, seperti:

Rombongan Pelajar/Mahasiswa (Minimal 10 orang)

Untuk pelajar/mahasiswa WNI, harga tiket berlaku sebesar Rp 3.000/orang/hari pada saat weekday, dan Rp 4.500/orang/hari saat weekdend.

Sementara untuk pelajar/mahasiswa luar negeri tarif tiket berlaku sebesar Rp 100.000/orang/hari (weekday) dan Rp 150.000/orang/hai (weekend).


Rekreasi Alam Bebas (Pengamatan Kehidupan Liar)

Tarif harga untuk kegiatan pengamatan hidupan liar ini berlaku sebesar Rp 5.000/orang/paket/kegiatan untuk rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang) dan Rp 10.000 untuk wisatawan umum.


Kegiatan Sosial

(Tidak ada tarif/Gratis), Berlaku hanya untuk warga lokal sekitar kawasan serta Pemegang Izin Usaha penyediaan Jasa Wisata Alam yang melakukan kegiatan sosial, seperti: penanaman pohon, pengamatan hutan bersama masyarakat, pengendalian kebakaran hutan bersama masyarakat, evakuasi korban serta kegiatan masyarakat untuk memenuhi kegiatan sehari-hari.


Kegiatan religi

(Tidak ada tarif/Gratis) Berlaku hanya untuk masyarakat lokal yang melakukan kegiatan religi.


Iuran Izin Pengambilan Sampel Penelitian (Mati/ Bagian-Bagian)

Pengambilan dan pengangkutan sampel spesimen tumbuhan dan satwa liar untuk tujuan penelitian 50% x harga patokan sebagaimana dalam Peraturan MenLHK No. P.86/Menlhk/Setjen/Kum.I/11/2016.

Tarif yang berlaku untuk izin ini adalah sebesar Rp 50.000/izin untuk WNI dan Rp 500.000/izin untuk WNA.


Pungutan Administrasi Pemanfaatan Tumbuhan Dan Satwa Liar

Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri (SATS-DN) Rp. 35.000,-/SATS


Tarif Harga Snapshot Film dan Foto Komersial Di Baluran

Selain tiket masuk wisata umum, jika sobat berniat untuk melakukan pengambilan gambar/video komersial di Baluran, akan ada biaya lain yang diberlakukan sebesar Rp. 10.000.000,-/paket untuk video komersil, Rp. 1.000.000,-/paket untuk pengambilan menggunakan handycam, dan Rp. 250.000,-/paket untuk pengambilan foto.


Tarif Harga Penelitian di Baluran

Sementara untuk tujuan penelitian dalam jangka waktu 1-12 Bulan, berlaku biaya harga berbeda yaitu sebesar:

Peneliti Mancanegara/ Mahasiswa Perguruan Tinggi Mancanegara (Foreign Researcher)

a) 1 bulan Rp. 5.000.000,-/orang 

b) 1 bulan – 6 bulan Rp. 10.000.000,-/orang 

c) 7 bulan – 12 bulan Rp. 15.000.000,-/orang


Peneliti Nusantara (Indonesian Researcher)

a) 1 bulan Rp. 100.000,-/orang 

b) 1 bulan – 6 bulan Rp. 150.000,-/orang

c) 7 bulan – 12 bulan Rp. 250.000,-/orang 

d) 7 bulan – 12 bulan Rp. 250.000,-/orang


Booking Online Tiket Baluran

Perubahan administrasi pada penjualan tiket wisatawan juga dilakukan Tanam Nasional Baluran untuk mengatasi permasalahan pandemi yang sebelumnya terjadi. Perubahan ini dilakukan degan penerapan aturan baru berupa pemesanan tiket yang dilakukan secara "Booking Online" melalui google form yang telah disediakan.

Untuk akses menuju pemesanan tiket secara online ini sobat dapat akses melalui laman istagram resmi @btn_baluran dan klik highlight bertajuk "Booking Online".

Tiket Wisata Baluran dijual Secara Booking Online


Penginapan di Kawasan Taman Nasional Baluran

Sobat memang tidak bisa camping di Baluan, namun pihak pengelolah telah menyediakan sarana dan prasarana penginapan didalam kawasan Taman Nasional Baluran. Penginapan wisma bekol ini terletak di Taman Nasional Baluran, Seksi I Bekol Jl. Raya Banyuwangi-Situbondo KM 35 Banyuputih Situboondo, untuk menginap disini sobat dapat langsung menghubungi pihak pengelolah.


Daya Tarik Wisata Baluran

Daya tarik wisata Baluran tidak hanya sekedar menatap savana yag nampak seperti di tanah Afrika, saat berkunjung kemari wisatawan akan mendapati berbagai keindahan alam lain yang tak kalah menakjubkan dan pastinya berhasi membuat betah berlama-lama disini.


Goa Jepang Baluran

Tidak hanya wisata alam bebas, Baluran juga menyajikan wisata bersejarah berupa goa peninggalan Jepang. Goa dengan luas seitar 12 meter ini dulunya digunakan sebagai gudang persenjataan. Lokasi dari Goa Jeapng Baluran ini terletak di dekat pintu masuk Taman Naisonal Baluran.


Savana Bekol Baluran

Landscape pemandangan ciri khas dari Baluran ini digambarkan dengan hamparan savana tandus (lebih hijau segar saat musim tertentu), spot Savana Bekol Baluran yang ampak seperti di Afrika memang memberikan hasi foto yang instagramable jadi jangan heran meskipun lokasinya terbuka sangat panas, disini banyak wisatawan yang betah berlama-lama.

Savana Bekola ini juga memiliki aera yang disebut “Evergreen”, area ini merupakan perlintasan satwa pada saat pagi dan sore hari. Meskipun terdapat banyak satwa, saat berwisata kemari pastikan sobat tidak memberi makan dan mengganggu keberadaan mereka.


Pantai Bama Baluran

Kata siapa Baluran hanya menyajikan lokasi wisata alam terbuka yang terasa panas saja, di dalam wisata Baluran sobat juga dapat menemui sebuah pantai cantik Bernama “Pantai Bama”. Dari Savana Bekol, pantai ini bejarak kurang lebih 3 Km, pantai Bama memiliki ombak yang relatif tenang edngan warna biru cerah. Tak hanya itu, disekitar pantai Bama sobat juga dapat menumpai segerombolan binatang seperti  monyet hingga rusa.

Informasi Wisata Taman Nasional Baluran, Savana Bekol dan Pantai Bama Terlengkap


Dermaga Hutan Mangrove Bama

Sebagai tama nasional tak heran jika kita bisa berwisata dengan sensasi konservasi. Seperti yang ada di Baluran ini, tidak jauh dari Pantai Bama kearah selatan, ada sebuah dermaga yang dikelilingi tanaman Mangrove.a

Jarang pengunjung yang mengetauhi tempat ini, dermaga Magrove ini memiliki keindahan alam yang berpadu degan ketenangan, jadi ini menjadi spot sempurna untuk berkeliling santai dari pantai Bama.


Syarat Tiket Masuk Baluran

Waktu ditengah pandemi Covid-19, Taman Nasional Baluran memberilakukan aturan syarat masuk KTP dan surat keterangan sehat/dokter (masa berlaku 3 hari)  untuk wisatawan dari dalam provinsi dan wajib menyertakan tambahan hasil negatif rapid test antibodi yang berlaku tiga hari untuk wisatawan dari luar provinsi.

Namun, aturan tersebut kini telah berubah, seperti yang dituturkan akun google Wasito BWI dalam forum tanya jawab di Internet, perjalanannya ke Baluran pada Maret, 2022 tidak lagi menggunakan persyaratan apa-apa dan dapat langsung membeli tiket di OTS. Meskipun demikian sobat jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan.


Tips Berwisata di Baluran

Merangkum pengalaman perjalanan para wisatawan di Baluran, setidaknya  sobat dapat belajar beberapa hal dan menjadi sebuah tips yang dapat membantu perjalanan sobat kemari. Beberapa tips tersebut antara lain:

Berkunjung saat pagi atau sore hari jika ingin menyaksikan pemandangan binatang liar di Savana Bekol

Menggunakan pakaian panjang jika sobat menggunakan motor, gunakan juga pelembab kulit dan sunscreen jika perlu

Jangan memberi makan binatang liar

Pastikan bahan bakar kendaraan sobat cukup banyak saat masuk ke area wisata Baluran

Membawa perbekalan minuman

Selain itu sebagai Wisata Banyuwangi berupa destinasi alam yang berada di area Taman Nasional, sobat juga peru mematuhi aturan yang berlaku sepereti menjaga kebersihan dari sampah, tidak memberi makan binatang liar, serta menjaga keanekaragaman hayati yang ada di wisata Baluran ini.


1 Response to "Informasi Wisata Taman Nasional Baluran Terlengkap"

  1. Datang ke Baluran waktu musim penghujan juga seru si, bisa terlihat agak ijo wkwkwk,, kalau mau liat satwa di Savana Bekol jam terbaiknya ya sore itu

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed