-->

Air Terjun Telunjuk Raung, Wisata Alam Songgon Banyuwangi

Wisata Air Terjun Telunjuk Raung merupakan salah satu wisata alam populer di kawasan Songgon, Banyuwangi

Air Terjun Telunjuk Raung, Wisata Alam Songgon Banyuwangi – Kota yang mendapat julukan dengan “Kota Gandrung” ini memang memiliki pariwisata yang cukup terkenal hingga berhasil menarik wisatawan luar negeri untuk datang berkunjung.

Memiliki bentangan alam yang lengkap mulai dari pesisir pantai sampai gunung berketinggian lebih dari 3000 mdpl, tak heran lagi jika kota paling ujung dari Pulau Jawa ini menyimpan berbagai destinasi wisata alam spektakuler.

Tidak hanya unggul karena keindahaanya, wisata di Banyuwangi juga kerap dikenal karena keunikannya, misalnya saja Savana Baluran ibarat tanah Afrika di Pulau Jawa, Gunung Raung dengan jalur pendakian ekstream, Samudra awan Gunung Ranti, Fenomena alam Blue Fire dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, di Banyuwangi terdapat satu kecamatan yang menyimpan banyak destinasi alam keren dengan panorama yang masih asri. Yup! Dimana lagi kalau bukan Wisata Songgon, sebagai salah satu kecamatan yang terletak dekat dengan Gunung Raung, tak heran jika Songgon memiliki banyak sekali tempat menairk untuk dikunjungi.

Rata-rata wisata di Songgon ini merupakan destinasi outdoor, contohnya saja seperti air terjun kembar arum yang sangat sempurna untuk menikmati kesegaran sumber air lereng Gunung Raung dan kolam pemandian alam Green Gumuk Candi (GGC) yang menawarkan keindahan alam terbuka.

Masih tentang “Raung”, gunung ini tidak hanya memiliki jalur pendakian yang ekstream saja. Gunung ini juga menghadirkan beberapa air terjun dengan keindahan yang berhasil menarik minat wisatawan, seperti salah satunya yang paling fenomenal adalah “Air Terjun Telunjuk Raung”.


Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung

Terletak di Sumber Asih, Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Air Terjun Telunjuk Raung ini  Berjarak lebih kurang 40 Km dari Alun-alun kota Banyuwangi dan 50 Km dari Stasiun Kereta Api Kalibaru. 

Akses jalan menuju ke lokasi wisata sudah terbilang bagus, jadi tak perlu khawatir lagi jika sobat akan datang baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, sekitar 5 Km dari lokasi wisata ini jalan masih kurang baik, jadi pastikan kendaraan sobat dalam kondisi yang prima.

Selain itu, wisata ini juga menjadi bagian dari Wisata Songgon, jadi selain datang kemari sobat juga dapat membuat wish list perjalan terlebih dahulu dari wisata di sekitarnya, apalagi jarak antar wisatanya semuanya cukup dekat dan pastinya sayang untuk dilewatkan. 


Harga Tiket Masuk Air Terjun Telunjuk Raung

Memiliki keindahan alam yang masih asri dan kesegaran air terjun dari sumber di Gunung Raung, wisata ini memang cukup terkenal khususnya bagi masyarakat Banyuwangi. Meskipun menjadi salah satu destinasi fenomenal, untuk berkunjung kemari sobat tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar kok, Haga Tiket Masuk Air Terjun Telunjuk Raung  ini hanya dibandrol Rp 10.000 saja perorangnya.



Fasilitas Wisata Air Terjun Telunjuk Raung

Wisata alam Air Terjun Telunjuk Raung ini telah memiliki beberapa fasilitas yang dapat membantu aktivitas liburan para wisatawan disini. Beberapa fasilitas tersebut antara lain: parkir area yang luas, camping ground, akses anak tangga menuju lokasi air terjun, mushola, gazebo, warung warga hingga ruang ganti telah tersedia disini.

Jika sobat perhatikan, salah satu fasilitasnya ialah Camping Ground. Tak salah lagi, selain menikmati kesegaran air terjun dan alam sekitarnya, sobat juga dapat berkemah jika ingin menikmati alam sekitar lebih lama. Jangan lupa untuk melapor dulu pada petugas yang ada kalau kalian ingin berkema disini yaa.

Berkemah disini pastinya suhu udara saat malam dan pagi hari akan terasa sangat dingin, jadi pastikan sobat membawa perlengkapan camping yang memadai dan janga membuat api unggun yang dapat merusak rumput.

Wisata Air Terjun Telunjuk Raung merupakan salah satu wisata alam populer di kawasan Songgon, Banyuwangi


Jam Buka Operasional Wisata

Air Terjun Telunjuk Raung ini dpat dikunjungi dari pagi hingga sore hari, tapi pastikan juga sobat tidak pulang terlalu malam karena akses jalan sekitar air terjun masih tidak teraliri listrik dan terbilang cukup jauh, serta akses perjalanan kendaraan juga cukup gelap saat malam hari.

Termasuk  bagi sobat yang ingin berkemah, pastikan untuk tidak mendekati air terjun saat malam hari. Udara yang lebih, kondisi jalan gelap serta jalan anak tangga  cukup jauh pastinya dapat menjadi masalah tersendiri jika sobat mendatangi air terjun saat malam hari. 


Tips Berkunjung ke Air Terjun Telunjuk Raung

Belajar dari pengalaman perjalanan wisatawan kemari, terdapat beberapa tips yang dapat sobat lakukan saat berkunjung kemari untuk membantu perjalanan sobat agar lebih lancar dan menghindari kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Beberapa tips untuk berkunjung ke Air Terjun Telunjuk Raung ini antara lain:

Jangan Pulang terlalu malam (Jika tidak berkemah)

Bawa pakaian hangat dan kering, jaket serta mantel jika memungkinkan

Datang saat cuaca cerah (Lebib baik hindari puncak musim hujan)

Periksa kondisi kendaraan sebelum kemari

Gunakan sepatu outdoor atau sandal yang tidak licin

Bawa makanan/minuman hangat (Sobat juga dapat membelinya di warung warga)

Gunakan tenda double layer dan sleeping bag jika berkemah

Hati-hati batu licin saat bermain air

Selain itu saat berkunjung ke Air Terjun Telunjuk Raung  ini pastikan sobat menjaga kebersihan area sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak tanaman atau fasilitas serta tidak membuat kegaduhan.


2 Responses to "Air Terjun Telunjuk Raung, Wisata Alam Songgon Banyuwangi"

  1. Langganan spot berkemah pramuka dan pecinta alam buat yang cari tempt camp di area songon. Tapi kalau malem sangat gadisarankan maen di Air Terjun...jangan lupa baw baju hangat meskipun siang,

    ReplyDelete
  2. Datang ke Songgon jangan sampai melewatkan Air Terjun Telunjuk Raung, tapi sebelum berangkat perhatikan dengan teliti kesehatan kendaraan yang akan dipake, galucu ges kalau ad apa apa disana

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed